alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d6576e2d75b4da0800000c/tolak-perubahan-kurikulum-pendidikan
Tolak Perubahan Kurikulum Pendidikan


Petition by

Koalisi Tolak Perubahan Kurikulum Pendidikan

Jakarta Selatan, Indonesia

Teman-teman,

Koalisi Pendidikan, Praktisi Pendidikan, Federasi Serikat Guru Indonesia, Orang Tua Murid, dan ICW menolak perubahan kurikulum pendidikan KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum tidak memiliki latar belakang yang kuat dan terkesan terburu-buru. Alih-alih menyempurnakan kurikulum yang ada, perubahan ini seperti membongkar secara keseluruhan kurikulum yang ada dan tidak dapat menjamin pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Kami menolak perubahan kurikulum dengan alasan:
1. Tidak ada alasan dan latar belakang yang jelas mengapa kurikulum harus diubah.


2. Perubahan kurikulum dilakukan secara reaktif, tanpa ada visi yang jelas mengenai pendidikan.

3. Perubahan kurikulum tidak didahului dengan riset dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum KTSP 2006.

4. Perubahan kurikulum tidak melibatkan para guru dan pakar pedagogik dalam proses penyusunan kurikulum.

5. Perubahan kurikulum terkesan dipaksakan dan asal-asalan yang akan berakibat pada guru dan murid menjadi korban.

6. Perubahan kurikulum hanya akan menguntungkan penerbit buku.



Terkait hal tersebut, maka kami memberikan rekomendasi, yaitu:

1. Menolak perubahan kurikulum, dan mengajak masyarakat untuk bergerak menolak karena perubahan kurikulum tidak di dasari oleh paradigma yang jelas, mengenai pendidikan itu sendiri.

2. Orientasi pendidkan harus mengacu pada konstitusi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan pada selera kebutuhan pasar.

3. Menyadari hal ini, Kami berharap pemeritah lebih fokus pada:
peningkatan kualitas guru (62% guru SD tidak pernah mendapatkan pelatihan, rata-rata guru di kota besar hanya menikuti pelatihan hanya 1 kali dalam 5 tahun, bahkan ditemukan guru PNS yang terakhir mengikuti pelatihan pada tahun 1980)1. Program-program peningkatan kualitas guru tidak memiliki dampak yang signifikan, termasuk UKG tidak memiliki dampak peningkatan kualitas pendidikan.

4. Perubahan kurikulum harus didasarkan pada riset yang jelas dan seluruh stekhoder terkait, serta bukan sekadar uji publik tetapi harus dilakukan melalui uji coba.

Melalui petisi ini, Kami ingin mengajak teman-teman untuk menyuarakan penolakan teman-teman terhadap perubahan kurikulum pendidikan yang akan dilakukan oleh Kemendikbud secara bersama-sama.

5 Desember 2012



Cerita personal dari Pangeran Siahaan yang menulis sebuah artikel:

Dalam Indeks Kecakapan Berbahasa Inggris (English Proficiency) terbaru yang dirilis EF (English First), Indonesia menempati urutan 34 dari 44 dengan "kemampuan sangat rendah."

Dari 13 negara Asia yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, Indonesia menempati urutan kesepuluh - di atas Vietnam, Thailand dan Kazakhstan.

Ini bukan rahasia. Selain golongan kelas menengah ke atas yang bisa melafalkan “Caramel Machiato” saat memesan kopi di Starbucks, Bahasa Inggris adalah sebuah kemewahan bagi banyak warga. Padahal, kebutuhan berbahasa Inggris hampir tidak bisa dihindari.

Kebanyakan sumber informasi dan pengetahuan di internet berbahasa Inggris. Buku teks Universitas kebanyakan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris diperlukan untuk jutaan TKI kita yang bekerja di luar negeri. Bahasa Inggris menjadi salah satu prasyarat penting untuk menghadapi globalisasi.

Lalu solusi apa yang ditawarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan?Semester depan, hapus Bahasa Inggris dari sekolah dasar! Alasannya? Agar bahasa Indonesia mereka menjadi lebih baik.

Saya sama sekali tidak anti berbahasa Indonesia. Bahkan terkadang saya setuju bahwa masih banyak penggunaan bahasa Indonesia yang belum benar. Tapi apakah alasannya karena diajarkannya Bahasa Inggris yang 3 jam pelajaran per minggu itu? Padahal 37 jam pelajaran sisanya diajarkan mengunakan Bahasa Indonesia.

Lebih parah lagi, pelajaran seperti IPA dan IPS akan dimasukkan ke pelajaran Bahasa Indonesia? Rasa keingintahuan siswa SD akan manusia dan alam semakin dipertumpul.

Masalah pendidikan di Indonesia, banyak. Tapi adanya pelajaran-pelajaran seperti Bahasa Inggris, IPA dan IPS bukanlah salah satunya.

Ayo kita selamatkan Pendidikan Indonesia dari Kemendikbud!

https://www.change.org/petitions/tol...ns_dialog_true
kita dukung dulu program pemerintah..
kayaknya bagus tuh kurkulum 2013 . . emoticon-thumbsup
iyadeh semoga aja terjalankan emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Udah gak sekolah, jadi gak ngefek langsung ke saya emoticon-Stick Out Tongue

Tapi mungkin ngefek ke adek saya dan anak2 yg lain masih sekolah emoticon-Big Grin

Tapi emang udah 7 tahun sejak 2006, udah lama juga, mungkin gak perlu dirubah total, tapi direvisi.

Revisi itu perlu. Buku teks saja direvisi (dan diupdate). Masak sistem pendidikan gak mau direvisi ?
Saya pribadi sangat tidak setuju dengan perubahan kurikum.
Dengan alasan :
1. Kurikulum yang baru tidak bisa menyentuh terhadap daerah yang jauh dari fasilitas yang memadai dan masyarakat miskin. contoh : Pelajaran bahasa Inggris dan TIK dihilangkan maka kesempatan anak didik mulai dari SD- SMP untuk dapat mengenyam atau setidaknya mengenal akan Bahasa Inggris dan TIK akan semakin susah, bisapun mereka harus kursus dan itu pun harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.
2. Tingkat putus sekolah di Indonesia masih tinggi sekitar 10,268 juta siswa usia wajib belajar (SD dan SMP) yang tidak menyelesaikan wajib belajar sembilan tahun dan sekitar 3,8 juta siswa yang tidak dapat melanjutkan ke tingkat SMA ( data tahun 2011)., gimana mereka bisa mengenyam atau mengenal Bahasa Inggris walaupun basic. maka jurang pendidikan akan semakin jauh yang kaya yang berpendidikan dan survive yang miskin tetap miskin dan punah atau kasarannya yang miskin kelaut aja. emoticon-Mad (S)
3. Kurikulum 2006 KTSP masih belum matang. Banyak sekolah sekolah yang sampai sekarang masih bingung dan perlu di bina untuk membuat kurikulum 2006 KTSP koq langsung diganti lagi dengan kurikulum 2013 ini maunya apa ?

Untuk sementara 3 alasan tersebut yang secara pribasi saya menolak kurikulum 2013
Menapakkan kaki mndukung penolakan perubahan kurikulum emoticon-Paw