alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Pisau /
Baja Yang Digunakan Sebagai Bahan Pisau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d40e0f017608c66f000006/baja-yang-digunakan-sebagai-bahan-pisau

Baja dan Bahan-Bahan Lain Yang Umum Digunakan Sebagai Bilah Pisau

Tampilkan isi Thread
Halaman 28 dari 52
Quote:


Prinsipnya Ki jauh lebih murah beli SK5 atau K460 daripada menyulap aisi 1020 jadi 1084 emoticon-Shakehand2
Quote:


eehh... iya yah .... salaman dulu dah...

Quote:



pernah baca (lupa baca dimana) emoticon-Big Grin
proses penambahan kadar karbon menggunakan abu jerami, bener ya ki?
Quote:


pernah juga sih baca seperti itu
cuma lupa baca dimana dan bagaimana pelaksanaannya

Quote:


Iya iya bener juga... Malah ane gak kepikiran
Gan, numpang nanya ya...

kalau bahan tabung gas ( biasa di pakai untuk las / oksigen di rumah sakit ) apakah bisa di pakai ?

thanks
Quote:


Nubie mencoba sedikit share...

Dari referensi yang ane baca, empu zaman dulu memang ada (bahkan banyak) yang main tambah/kurang kadar karbon baja pakai arang/charcoal, cuman memang lebih banyak dari luar ketimbang nasional (karena lagi literatur luar lebih banyak). Bahannya biasa disebut oroshigane/orishigane (atau bloom steel/bloomery steel, mahasiswa teknik mesin dan metallurgi pasti tau. Cuman memang lebih dikenal nama jepangnya karena empu nihonto/katana sering pakai teknik ini karena baja yang mereka dapat seringkali gak sesuai harapan). mau tambah atau kurangi kadar karbonnya tergantung dari perlakuan blower saat tungku dinyalakan (kalo ini mungkin agan udah paham).

Kalo dari ane sih, sah-sah aja. Cuman ya, cara ini lebih banyak dipakai sama empu tradisional yang seringkali dapat baja yang di luar ekspektasi. kalau maker sekarang, kan tinggal cari spek, pesen deh emoticon-Big Grin

Ane belom sempet nyoba karena memang bahan yg dibutuhkan sangat banyak, belum lagi prosesnya yang lama (dari sumber ane, buat menghasilkan lima kilogram baja orishigane butuh hampir satu karung/ 50 kg arang, bahkan lebih tergantung berapa kadar karbon yg dibutuhkan si maker, dan waktu berjam-jam biar karbonnya merata). tapi beberapa video di Youtube ada kok (misal di serial Man-at-Arms, si maker pakai baja seperti ini buat bikin longsword, atau di dokumenter Japanology episode nihonto. (videonya di bawah)).

Spoiler for Video:



Quote:


wew keren
thanks infonya

Permisi gan... Sy baru blajar bikin pisau. Nyari bahan baja per bekas mobil aga susah, akhirnya beli baja plat d toko baja yg biasa bikin pager gitu. Itu baja tipe apa ya? Cocok ga klo misalnya sy bikin pisau? Tanya ke si abangnya ga tau jenis apaan. Mohon pencerahannya para master..
Quote:


plat baja bangunan biasanya ber-carbon rendah, gak bagus buat pisau
biasanya di sebut baja strip

nyari per bekas gak sulit kok, coba cari di bandar besi bekas / besi tua / lapak barang bekas / bengkel reparasi per
mau tanya gan..... klu mau bikin pisau atau golok yang bisa potong paku bagusnya pake baja apa??? trus apa proses HT juga menentukan???
Quote:


proses HT adalah nyawa dari sebuha bilah
soal bahan-- pakai limbah per juga bisa kok. udah cukup. tinggal sesuaikan bentuk edge nya
tapi kalau saya mau potong paku tetap pilih menggunakan tang / geget / gergaji besi / grinda
eman2 pakai golok... gak efektif dan sayang goloknya

Mau tanya dong bos klo bar sinsaw di bikin pisau atau golok bagus gak ya.. Ada merk2 tertentu ga gan, yg bagus merk apa ja dan madein mana ya.. Maaf nubie pingin tau sekiranya para master pisau sudi memberikan pencerahan ..
Quote:



bagus boss....
udah dari dulu pade besi pada tau kalau bahan barchainsaw bagus buat dibikin pisau / golok
yg saya tau yg cukup bagus merk STIHL, oregon canada, menurut literatur bahannya dai baja :L6

Baja Yang Digunakan Sebagai Bahan Pisau
Diubah oleh catros
Ilmu yang mencerahkan,numpang Bbukmark ah untuk kunjungan ulang,siaapa tau ada apddeutannn teranyar bbuat teknologi perbbilahannya...trimsiii...
Quote:


silahkan gan

Permisi, numpang tanyak
Tiang klep kapal itu baja jenis apa ya?
Soalnya di sulawesi bahan ini menjadi faforit

Trimakasi
Quote:


untuk tau pasti bahannya apa sangat sulit masbro
kecuali dibawa ke Lab atau dari sumber/vendor nya sendiri

umumnya klep kapal bagus dibikin pisau
di kampus bamboe sudah pernah beberapa kali bikin pisau kecil dan besar dari klep kapal
dan hasilnya bagus performanya

Quote:


Saya punya agak banyak baja bahan dasar per keong mobil, berupa batangan sebedar jempol dan balok,limbah pabrik per..........dimana bisa pesan bentuk golok,pisau skinner, selainCibatu, Cileungsi dan Rawabelong?


Quote:


tinggal dimana masbro ?
di kampus bamboe - pd cabe bisa belajar sekalian bikin sendiri
atau bawa ke kampung pande - prigi - ciseeng
di bekasi juga ada



Halaman 28 dari 52


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di