alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d2da337d1243184100006b/pesona-raja-ampat-bagi-para-diver
Pesona Raja Ampat bagi para diver
Pesona Raja Ampat bagi para diver

Kalau kita mendengar Raja Ampat pasti yang terbayang adalah keindahan bawah lautnya yang sangat eksotis. Raja Ampat ini terletak di provinsi Pupua Barat di bagian timur Indonesia. Raja Ampat yang diibaratkan seluas wilayah Swiss hanya dihuni berkisar 50.000 penduduk dan dianggap sebagai "Amazon" dunia bawah laut karena berada di jantung pusat segitiga karang dunia (coral triangle). Di sinilah rumah beragam jenis ikan yang jarang ditemui di perairan lain di dunia. Raja Ampat memiliki keindahan taman bawah laut yang masih terawat dengan baik dan telah menjadi daya tarik luar biasa bagi pecinta petualangan bawah laut.

Pesona Raja Ampat bagi para diver

Raja Ampat yang berupa pulau-pulau indah mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, di sini ada sekitar 75% spesies laut dunia yang menakjubkan.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia berduyun-duyun datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan. Keindahan yang alami, seolah benar-benar tidak tersentuh telah menjadi daya tarik utama di sini. Biasanya penikmat wisata bahari yang datang ke Raja Ampat ikut dalam tur agen perjalanan wisata. Anda tidak perlu mahir menyelam untuk mengikuti tur menyelam ini, karena agen perjalanan wisata menyediakan tur bagi penyelam yang bukan penyelam profesional atau terlatih.

Pesona Raja Ampat bagi para diver

Jika Anda terbang dari Jakarta maka akan memakan waktu 6 jam penerbangan ke Sorong dan berhenti di Manado. Anda juga dapat mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana. Dari Sorong ke Raja Ampat tersedia dua kapal feri cepat dengan lama perjalanan 2 jam dan feri biasa selama 3 jam. Harga tiketnya berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp120.000,-. Tersedia pula layanan cepat menggunakan speedboat dengan ongkos Rp5.000.000,-. Biaya ini tidak dapat dibandingkan dengan pengalaman dan kepuasan berlibur di surga bahari dunia ini.

Bila Anda belum bisa atau memang tidak suka menyelam, pilihan yang dapat Anda lakukan di Raja Ampat Ampat bervariasi. Anda bisa menikmati wisata bahari dengan berjalan-jalan dengan menyewa speedboat di antara pulau-pulau kecil yang jumlahnya sekitar 700 pulau.

Pilih speedboat yang ramping agar bisa menyelip di antara pulau-pulau kecil yang indah. Anda bakal merasakan sensasi tersendiri saat boat menyelip di antara pulau-pulau kecil itu sambil Anda mengabadikan gambar dari jarak jauh.

Ratusan pulau di Raja Ampat rata-rata berbentuk bukit-bukit karang kecil warna hijau oleh aneka pepohonan yang tumbuh di atasnya. Salah satu di antaranya ada pulau karang berbentuk lancip seperti pensil sehingga disebut Pulau Pensil.


Lokasi untuk melihat lanskap unik khas kepulauan ini antara lain di Teluk Kabui yang menyerupai labirin dengan dinding-dinding karang eksotis. Di antara pulau-pulau yang tersebar terdapat sejumlah gua alam yang menjadi tempat sarang ratusan kelelawa. Ada juga pulau yang terdapat beberapa tengkorak dan tulang-tulang manusia. Tidak ada yang tahu pasti siapa yang dimakamkan di sana.

Lanjutkan ke Eden Bay. Untuk mencapai teluk ini, sebaiknya memang Anda menggunakan perahu boat kecil karena harus menyelinap beberapa pulau. Keunikan teluk ini ada padang pasir di bawah genangan airnya.

Pilihan lain Kepulauan Wayag yang memiliki banyak pasir putih dan pantai biru muda yang sebagian kecil dari keindahannya dapat Anda lihat tanpa perlu masuk ke dalam laut atau menyelam. Pulau Wayag yang menjadi ikon Raja Ampat memiliki banyak bukit-bukit karang yang menantang didaki untuk melihat pemandangan menakjubkan dari puncaknya.

Cara lain menikmati Raja Ampat kalau tak suka menyelam adalah dengan ber-snorkeling, untuk menikmati keindahan bawah lautnya tanpa harus masuk ke dalam lebih jauh.

Hampir semua divespot di atas menjadi pilihan untuk bersnorkeling. Kalau Anda juga tak suka ber-snorkeling, cukup bersantai di sejumlah pantai pasir putihnya. Hampir sebagian besar pulau-pulau di Raja Ampat berpantai dengan pasir putih halus nan bersih.

Aktivitas lainnya, memberi makan aneka ikan warna-warni di pantai Selat Dampier layaknya memberi makan ikan-ikan di akuarium raksasa tanpa batas. Lokasi Selat Dampir adalah salah satu kawasan konservasi laut di Distrik Meosmansar. Pulau Waigeo Selatan. Masyarakatnya sangat menjaga kelestarian hidup ikan dan terumbu karang di dasar perairannnya. Di Pantai Waiwo, Pulau Waisai Anda juga bisa memberi makan ikan di laut yang berair jernih.

Pilihan lainnya bird watching yakni melihat satwa burung terutama Burung Cenderawasih. Burung khas papua ini beda dengan cendrawasih yang ada di daratan Papua. Cenderawasih di Raja Ampat itu bulunya didominasi merah karenanya disebut Cenderawasih Merah. Lokasinya di Bukit Hau, Kampung Sawinggrai, Pulau Gam. Di bukit ini, selain Cenderawasih Merah juga ada burung kakaktua raja, kakaktua putih, merah, nuri, dan maleo. Pulau Gam dapat ditempuh dengan speedboat sekitar 35 menit dari Waisai.

Menurut Udin, pemandu wisata yang biasa memandu wisatawan yang ingin melihat Cenderawasih mengatakan tidak semua pengunjung beruntung dapat melihat burung cenderawasih saat "bercinta".

"Waktu terbaik melihatnya mulai pukul 6 pagi dan mulai pukul 4 sore. Biasanya Cendrewasih bermain di atas Pohon Lolan dengan ketinggian sekitar puluhan meter di perbukitan," jelasnya.

Kalau Anda mau berhasil melihat burung asli Papua itu, syaratnya jangan berisik supaya burung-burung cenderawasih itu mau menclok di atas dahan Pohon Lolan, kalau mau memotretnya, sebaiknya membawa kamera bertele minimal 200 meter.

Masih banyak aktivitas non diving yang dapat Anda lakukan di Raja Ampat. Selain menjelajahi pulau dengan perahu, Anda bisa bermain kayak, memancing menggunakan cara tradisional papua, tracking ke air terjun, memberi makan kus-kus, membeli kerajinan anyaman di Arborek, melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar di gua pra sejarah di Tomolol serta menyaksikan beragam kesenian berupa tari-tarian tradisional saat penyelenggaraan Festival Budaya Raja Ampat. Dan tentu saja memotret baik pemandangan alam maupun kehidupan masyarakatnya.

Kadisbupar Raja Ampat Yusdi Lamatenggo menjelaskan Kabupaten Raja Ampat adalah kabupaten yang baru terbentuk 6 tahun lalu. Kabupten ini memiliki 610 pulau dengan Waisai sebagai Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Baru 35 pulau yang berpenghuni, sisanya tak berpenghuni dan sebagian besar belum bernama. Empat pulau besarnya yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

Nah, bagi yang ingin kesana nih monggo saja tapi tentunya harus ada modal yang sangat menguras dompet nih. Ya memang karena di sana transportasi sangat jauh selain itu juga cukup sulit tapi bagi yang berduit nih, pasti yang enteng aja... So, mari rame'in wisata Indonesia...... emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Ane masih newbie gan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) Kalau boleh ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan atau emoticon-Rate 5 Star aja juga gak apa gan....
Sumber :http://alam-negeri.blogspot.com
emoticon-Sorryemoticon-Sorry Sepi amat gan....
cakep banget yah pesona raja ampat emoticon-Matabelo
50jeti kurangemoticon-Leh Uga
Ongkosnya Ga nahan emoticon-Leh Uga