alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cf2c047e1243f440000066/apakah-it-harus-dikenalkan-dari-sd--atau-cukup-di-sma
Poll: Setujukah IT dihapus dari smp ?
Ya (Setuju dihapus dari smp) 13% (128 votes)
Tidak (Tidak setuju dihapus dari smp) 20% (192 votes)
Lebih baik IT diajarkan dasarnya mulai dari SD 66% (638 votes)
Breaking News! 
icon-hot-thread
Apakah IT harus dikenalkan dari SD ? atau cukup di SMA ?
cocok di bp apa enggak ane ga paham, namun sumbernya jelas.

ane ambil dari garis besar di site kemdikbud, entah ini jadi opini atau tidak karena beberapa guru khawatir.

mau taro di lounge peminatnya ane rasa akan sepi.

kalo ane sendiri ngajar IT, udah pilah2 tingkatannya ane riset materi ini sampai beberapa tahun.

tapi nampaknya akan selesai di 1 sekolah ini, khan IT bukan materi utama di negara ini

-------

Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.

Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

Sejumlah hal yang menjadi alasan pengembangan Kurikulum 2013 adalah (a) Perubahan proses pembelajaran [dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu] dan proses penilaian [dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output] memerlukan penambahan jam pelajaran; (b) Kecenderungan akhir-akhir ini banyak negara menambah jam pelajaran [KIPP dan MELT di AS, Korea Selatan]; (c) Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat, dan (d) Walaupun pembelajaran di Finlandia relatif singkat, tetapi didukung dengan pembelajaran tutorial

Sementara itu, Kurikulum 2006 memuat sejumlah permasalahan diantaranya: (1) Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; (2) Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; (3) Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (4) Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; (5) Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (6) Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (7) Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.

Kedua, kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.

Tiga faktor lainnya juga menjadi alasan Pengembangan Kurikulum 2013 adalah, pertama, tantangan masa depan diantaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan.

Ketiga, fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial (social unrest). Yang keempat adalah persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.

http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id...main/pengantar jika ingin download PDF kurikulum 2013 silahkan klik link ini.

-----------

kesimpulan ane :

1. ini tulisan dari web kemdikbud, coba liat webnya jarak antar paragraf ga jelas, pusing bacanya apakah ini bentuk kemajuan IT ?

2. kemdiknas bilang jam belajar negara ini relatif singkat coba baca ini :

http://www.gayabelajar.net/jam-belaj...tasi-anak.html

standar jam belajar di negara ini melebihi ketentuan unesco,

jam belajar anak Sekolah Dasar (SD) di Indonesia mencapai 1.400 jam per tahun, melebihi standar jam belajar 800 jam per tahun yang telah ditetapkan UNESCO. ”Standar belajar UNESCO 800 jam per tahun untuk anak SD, sedangkan anak SD di Indonesia belajarnya mencapai 1.400 jam.

3. pelajaran IT dihapus dan akan dimasukkan ke pelajaran sehari-hari, anehnya patokan kurikulum sekarang AS dan Korsel, tau sendiri di kedua negara ini IT sudah maju internetnya dan listrik boleh dibilang cukup merata,

ada beberapa guru IT menganggap penghapusan pelajaran IT sebagai bentuk lepas tangan kemdiknas ? mengingat Internet dan listrik tidak adil dan tidak merata sabang sampai merauke dan seharusnya sejak SD mereka dibimbing bagaimana menggunakan Komputer dan internet secara bijak.

coba baca berita ini :

http://tekno.kompas.com/read/xml/201...cepat.di.Dunia

1. Korea Selatan
2. Finlandia
3. Swedia
4. Jepang
5. Perancis

seharusnya mereka malu speed internet masih ga beres, up to, pake kuota dan mahal dah gitu pelajaran IT mau dihapus.

ada beberapa yang ane setuju, tapi tuk penghapusan IT ane sendiri sependapat dengan guru lain, tidak setuju dihapus.

HOT THREAD emoticon-Matabelo

Apakah IT harus dikenalkan dari SD ? atau cukup di SMA ?

Alhamdulillah, 2 tahun ngaskus ada 1 thread ane HOT.

btw setelah sekian lama ngajar di sekolah, sekarang ane siap2 nech minggat dari sekolah, IT di sekolah ane akan ditutup akibat ulah kemdiknas.

kalo ngomongin gaji dari sekolah cuma 300rb sebulan, banyak yang ogah jadi guru IT emoticon-Ngakak ini aja dah mau 2 bulan lom gajian, tapi entah ane masih suka ngajar. emoticon-Big Grin

sudah lah....

tuk murid2 ane belajar yang rajin ya....


parah juga nih asal ngapus aja, ntar kalo anak bangsa pada gaptek gimana?? belom lagi nasib guru-guru yang mengajar dibidang tersebut emoticon-Berduka (S)

kemdiknas emang GOBLOK kok, gua udah maklum emoticon-Malu (S)
efek IT belom merata ke daerah juga nih jadinya pelajaran IT juga tidak bisa merata. harusnya tetap ada pelajaran IT untuk SD, jaman sudah serba IT
di korea n jepun...pengenalan robotic dari usia dini padahal...^^

negara kapir n kapitalis terlalu membebani anak didiknya...^^
hapus aja, kalo kurikulum nya gak jelas arahnya kemana malah bikin ribet siswa aja, gak ada objektif nya kemana, tapi komputer dan internet tetap harus disumbang oleh negara
Tu Batu ,
Berhubung Batu Merah Kawanku.

Aku ikut ngramein tritmu saja ya Tu. emoticon-Smilie

Maklum Tu ,
Aku lhoo gak pandai IT IT an. emoticon-Malu (S)
tanamkan pendidikan dari dini hari, jgn mau kalah sama yang lain emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By rizkizulfikar
Kalau bisa taroh di page one, ane juga gk setuju gan kalau Ane guru matpel TIK di salah satu sd swasta disamarinda gan menurut ane kalau Persepsi pemerintah menghilangkan TIK, karena beranggapan bahwa para peserta sudah mengenal lebih jauh teknologi seperti pemanfaat komputer, internet dan telekomunikasi. Bagi masyarakat perkotaan hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka, akan tetapi bagi daerah terpencil apalagi ane posisi di samarinda pengetahuan dan kehidupan keluarga yang ekonomi kebawah hal tersebut bisa dikatakan awam bahkan buta teknologi.

Alangkah bijaknya bila kurikulum 2013 yang digulirkan nanti bisa memahami apa yang ada dilapangan sekarang. Guru siap selalu atas adanya perubahan, tetapi guru juga tak pernah lelah untuk menerima kemajuan. Hilangnya TIK ini menjadi tantangan sendiri apakah para generasi masa depan bisa siap bersaing dengan minimnya ilmu yang embannya. Tantangan zaman penguasaan bahasa dan teknologi harus terus ditanamkan pada anak didik.

Bukti ane kalau guru TIK narsis dikit yaaa
Apakah IT harus dikenalkan dari SD ? atau cukup di SMA ?
Ini foto pas ane lagi ngajar Animasi

Bakalan kangen murid kesayangan ane ini, namnya Delfina ank yg memiliki tingkah laku yg spesial, punya bakat dlm menggambar, senang bgt kalau sudah waktunya pelajaran TIK karena ane sering ajak dia menggambar

Apakah IT harus dikenalkan dari SD ? atau cukup di SMA ?

KALAU PEKERJAAN INI TERBUKA KARENA PANGGILAN HATI, GAK BAKAL BISA DIHITUNG DENGAN MATERI, ANE BAKAL KANGEN BERAT KALAU MEMANG KEADAAN BISA BERUBAH KAPAN SAJA



Update Ga muat diatas

Quote:Original Posted By Khoontol
Tu Batu ,
Berhubung Batu Merah Kawanku.

Aku ikut ngramein tritmu saja ya Tu. emoticon-Smilie

Maklum Tu ,
Aku lhoo gak pandai IT IT an. emoticon-Malu (S)


thanks gan...

ane sich ngarep IT bisa maju.
belajar wor sma excel aja dulu, kalo dah jago belajar yang lain
gara2 waktu masih sd.,
diajari komptr ma sodara ane,
pas dia gk ada drumah. .
ane gk sengaja nemu gbr2 porn,
dan smenjak itulah ane tau apa itu porn. . emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wwiissnnuu
gara2 waktu masih sd.,
diajari komptr ma sodara ane,
pas dia gk ada drumah. .
ane gk sengaja nemu gbr2 porn,
dan smenjak itulah ane tau apa itu porn. . emoticon-Big Grin


sudah ga heran... kurangnya pengarahan beginilah jadinya.

kementrian IT ngeblokir site porn tetep aja masih bisa diterobos.
kasian boss anak sd butuh waktu main bersosialisasi
jangan mulu pelajaran
sudah bahasa inggris, arab (yang ngaji), mandarin (yg skolah inter), ditambahi komputer, les menggambar, les kumon, les sempoa, les musik, apalah lagi
mampus dah bocah2 SD sekarang
anak boss ane kelas 1 SD aja pulang jam 3 sore emoticon-Cape d...
sebaiknya dari tk gan ... lihat saja anak2 sekarang masih tk atau sd sudah main game komputer
pengenalan komputer ya,,,
di ajarin ngetik2, cara make komputer, n berinternet yang baik emoticon-Malu (S)

gw pikir dari sd udah di ajarin ngoding, ngoprek hardware emoticon-Malu (S)
salah sasaran klo kek gitu emoticon-Malu (S)
semua ada positif dan negatifnya si ga asal milih,
IT yang mana yang dipelajarin
kenyataan anak lebih cepat belajar english via IT
aspek kehidupan apa yang tidak disentuh oleh IT
bahkan dapur bakal online kalau lihat di videonya microsoft
Kayaknya kita terlanjur salah kaprah kalo yg namanya pembelajaran itu musti lewat kurikulum. Gimana kalo dibikin aja sentra IT di kota-kota, kalo pihak sekolah mewajibkan anak didiknya belajar disitu boleh, kalo nggak jg nggak apa2. Jadi sifatnya suplemen gitu gan. Lama pembelajaran jg bisa variabel kan?

Orang dewasa di Indonesia jg banyak yg belom melek IT. Kalo mereka mau ikutan belajar di situ juga silahkan. Kalo gitu kan malah berguna bagi masyarakat banyak, bukan cuma anak sekolahan aja.
Mau diapus?
Di tempat ane kuliah aja banyak yg masih gagap pake Ms. Word, padahal PTN superbeken dengan teknologinya. emoticon-Malu (S)

Gimana kalo dari SD ud diapus?
TI ga masuk pelajaran resmi, tapi diajarkan langsung implementasi dengan pelajaran yang resmi.

Misal tugas bahasa di kirim lewat email, dll
ga setuju gan kalo pelajaran IT DIHAPUS.... lha wong yg ada pelajaran IT saja gurunya sama siswanya pada gaptek apalagi kalau dihapus..
dari SD jg gak masalah.. tapi jangan banyak teori, langsung praktek aja.. jangan jadi pelajaran sejarah.. emoticon-Najis