alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ce452d7e1243a15500003a/40-persen-anak-indonesia-tidak-biasa-sarapan
40 Persen Anak Indonesia tidak Biasa Sarapan
40 Persen Anak Indonesia tidak Biasa Sarapan
Quote:Sekitar 20 hingga 40 persen anak-anak Indonesia tidak terbiasa untuk sarapan, demikian menurut pakar gizi Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Hadinsyah, MS.

"Padahal sarapan ini sangat penting dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas," kata Hadinsyah dalam acara Kampanye Sarapan Sehat di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Ahad (16/12).

Prof Hadinsyah menyebutkan berdasarkan hasil Riskesdas 2010 kontribusi energi dan zat gizi sarapan anak Indonesia usia 2-12 tahun dibawah 25 persen dari kebutuhan Angka Kebutuhan Gizi (AKG).

Sarapan sehat setidaknya menyumbang 25 persen asupan gizi. Selain itu, rata-rata 50 persen anak yang mempunyai kebiasaan sarapan sehat sebelum berangkat sekolah.

Sementara itu, berdasarkan referensi dari hasil survey yang dilakukan Hardinsyah dan Aris pada 2012, pada 35.000 anak usia sekolah (6-12 tahun) diketahui 26,1 persen anak hanya sarapan dengan minuman (air, teh dan susu).

"Hasil survey lainnya 44,6 persen anak sarapan dengan kualitas rendah atau jumlah konsumsi energi kurang dari 15 persen AKG," katanya.

Lebih lanjut Prof Handinsyah mengemukakan, kualitas kesehatan dan perilaku makan anak sekolah secara nasional masih rendah. Hal ini nampak dari kualitas sarapan anak Indonesia yang masih sangat rendah.

"Berdasarkan hasil peneltian, anak usai sekolah dengan status gizi kurang apabila tidak sarapan akan terjadi penurunan kemampuan kognitif atau daya tangkap," katanya.

Menurut Prof Herdinsyah, sarapan tersebut penting sebagai pilar gizi seimbang, sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Dalam undang-undang tersebut menyebutkan, salah satu upaya perbaikan gizi masyarakat baik perorangan ataupun kelompok adalah dengan gizi seimbang.

Di dalam Undang-Undang dijelaskan gizi seimbang adalah asupan makanan minuman yang memenuhi kebutuhan gizi sehingga tercegah dari gizi kurang dan gizi lebih. "Indikatornya sederhananya gampang, liat orang itu kekurangan atau lebih gizi," katanya.
untung ane selalu sarapanemoticon-Big Grin
wah mestinya selagi masih bisa mah sarapan aja
Quote:Original Posted By stratocruiser
untung ane selalu sarapanemoticon-Big Grin

berarti agan masih beruntung bisa sarapanemoticon-Matabelo
realita memang gan, ane juga ngerasain.
butuh sarapan
Ane termasuk orang yg ga suka sarapan dari kecil
Klo sarapan bawaannya sakit perut pas di sekolah . Pdhl makanannya steril (buatan bunda)
pada bangun kesiangan juga tuh alasannya emoticon-Malu