alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50cd95216112432256000000/penting--sekolah--buang-buang-waktu
Thumbs up 
Penting : Sekolah = Buang-buang waktu
Dengan bersekolah banyak orang yang berharap mendapatkan masa depan

yang cerah. Namun, nyatanya bersekolah hanya buang-buang waktu, karena:

1. Sebagian besar mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah tidak
bisa diterapkan
dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam
kehidupan sehari-hari emoticon-Cape d... (S)

2. Tidak ada sekolah yang menjamin lulusannya mendapatkan
pekerjaan yang layak sesuai keahliannya emoticon-Cape d... (S)

3. Sebagian besar lulusan smu dan smp bekerja di luar keilmuannya
yang dipelajari disekolah. emoticon-Cape d... (S)

4. Sebagian anak usia sekolah memilih tidak bersekolah karena mereka tahu
ilmu yang mereka pelajari sangat sedikit manfaatnya kelak

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Silakan agan-agan buktikan pernyataan ane.
Lihatlah dilapangan. Lihatlah realita sesungguhnya.
Jangan hanya berkutat dengan buku yang penuh teori.

Note : hal-hal diatas tidak berlaku untuk sekolah kejuruan

Makasih banyak gan, atas komen-komennya.
Ane lihat sebagian agan kaskuser setuju dengan ane, bahwa sebagian besar
ilmu yang dipelajari di sekolah tidak bisa diterapkan di dunia kerja dan di kehidupan bermasyarakat. emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Ane minta ma'af kalo seabagian post/komen gak ane balas krn
koneksi jaringan ane lemot

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
kayana banyak ilmu praktikal yang bisa dapat di internet ya gan.. udah ngga usah sekolah lagi ya gan .. nomercantikxl.blogspot dot com .. thanks sharingnya gan.
pertamax gan......

ane setuju ni gan.. emang skolah bNyak ilmu yg gk kepake...


mending blajar di lapangn... d
an praktek langsung
sebagai anak sma ane ngerasa kalo sekolah emang gak penting, buang buang waktu. tapi gimana lagi ini sebuah formalitas

Sekolah itu penting (at least ijazahnya)

Sekolah itu penting.
Ambil contoh lulusan SMA/STM, S1, dan yang ga Lulus SMA/STM.

Karyawan:
Tidak Lulus SMA : Susah Dapat pekerjaan kalaupun dapat gaji <Rp 1.000.000. Paling-paling Rp.500.000
Lulusan SMA/STM : Lumayan mudah dapet kerja Gaji UMR(1-1,5jt)
Lulusan S1 : (2-5jt)

Pengusaha (sebagai contoh bidang mekanik)
tidak lulus SMA : Tambal ban pinggir jalan dengan Omset <500.000 perbulan.
Lulusan STM : Buka Bengkel kecil-kecilan dengan Omset 2-5 Jt
Lulusan S1 : Buka bengkel Resmi dengan Omset (>10 jt perbulan).

Mungkin agan-agan yang masih pada sekolah ga akan tau manfaat matematika, fisika, biologi, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll itu apa. tapi kalo agan udah turun dilapangan agan akan mengerti manfaat ilmu2 diatas. Walaupun ga secara langsung terpakai, tapi dari pola pikir, logika, dan gaya bahasa ilmu-ilmu diatas punya peran.

Silahkan ambil kesimpulan sendiri. emoticon-Cape d... (S)

setuju ama atas ane, sekolah itu penting
jaman sekarang mau kerja jadi buruh aja ditanya ijazah, minim SD
Quote:Original Posted By ksd
Sekolah itu penting.
Ambil contoh lulusan SMA/STM, S1, dan yang ga Lulus SMA/STM.

Karyawan:
Tidak Lulus SMA : Susah Dapat pekerjaan kalaupun dapat gaji <Rp 1.000.000. Paling-paling Rp.500.000
Lulusan SMA/STM : Lumayan mudah dapet kerja Gaji UMR(1-1,5jt)
Lulusan S1 : (2-5jt)

Pengusaha (sebagai contoh bidang mekanik)
tidak lulus SMA : Tambal ban pinggir jalan dengan Omset <500.000 perbulan.
Lulusan STM : Buka Bengkel kecil-kecilan dengan Omset 2-5 Jt
Lulusan S1 : Buka bengkel Resmi dengan Omset (>10 jt perbulan).

Mungkin agan-agan yang masih pada sekolah ga akan tau manfaat matematika, fisika, biologi, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll itu apa. tapi kalo agan udah turun dilapangan agan akan mengerti manfaat ilmu2 diatas. Walaupun ga secara langsung terpakai, tapi dari pola pikir, logika, dan gaya bahasa ilmu-ilmu diatas punya peran.

Silahkan ambil kesimpulan sendiri. emoticon-Cape d... (S)



agan kurang jeli melihat thread ane, lihat lagi ane sudah kasih catatan/note bahwa thread ane tidak berlaku untuk SEKOLAH KEJURUAN
Agan mengatakan at-least ijazahnya. Jadi disini yang paling dipentingkan adalah ijazahnya bukan ilmunya.
Yah, beginilah sistem di Indonesia yang lebih menghargai ijazah daripada ilmu
emoticon-Cape d... (S).
Gan, ane sekarang udah bekerja dan hanya sebagian kecil ilmu yang ane pelajari di SMP dan SMU yang dapat ane terapkan di dunia pekerjaan ane
Jadi yang sebagian besarnya tidak bisa ane terapkan. emoticon-Berduka (S), padahal
ane sudah sekolah 12 tahun , belum lagi biaya sekolah yang sudah dikeluarkan oleh orang tua ane. emoticon-Berduka (S)


pilih ijazah apa ilmu

Quote:Original Posted By Cah.Sindoro
setuju ama atas ane, sekolah itu penting
jaman sekarang mau kerja jadi buruh aja ditanya ijazah, minim SD


Jadi, yang ditanya ijazahnya gan, bukan ilmunya/keahliannya
semuanya punya sisi positif dan sisi negatif gan
ni gan dngerin "penntingkah sekolah" dari om dedy corbuzier..
dijamin keren..

link : http://m.soundcloud.com/deddy-corbuzier-full

kalo bole ane minta cendolnya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By 081381443481
semuanya punya sisi positif dan sisi negatif gan


Aku setuju sama agan ini...
Quote:Original Posted By 081381443481
semuanya punya sisi positif dan sisi negatif gan


dalam masalah ini, sisi negatifnya mendominasi emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By aku.member
Dengan bersekolah banyak orang yang berharap mendapatkan masa depan

yang cerah. Namun, nyatanya bersekolah hanya buang-buang waktu, karena:

1. Sebagian besar mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah tidak
bisa diterapkan
dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam
kehidupan sehari-hari emoticon-Cape d... (S)

2. Tidak ada sekolah yang menjamin lulusannya mendapatkan
pekerjaan yang layak sesuai keahliannya emoticon-Cape d... (S)

3. Sebagian besar lulusan smu dan smp bekerja di luar keilmuannya
yang dipelajari disekolah. emoticon-Cape d... (S)

4. Sebagian anak usia sekolah memilih tidak bersekolah karena mereka tahu
ilmu yang mereka pelajari sangat sedikit manfaatnya kelak

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Silakan agan-agan buktikan pernyataan ane.
Lihatlah dilapangan. Lihatlah realita sesungguhnya.
Jangan hanya berkutat dengan buku yang penuh teori.

Note : hal-hal diatas tidak berlaku untuk sekolah kejuruan


1.sebagian besar? yakin lo? itu pendidikan kewarganegaraan,matematika,bahasa indonesia,bahasa inggris,biologi,kimia,fisika sama sekali ga ada pengaruhnya dalam kehidupan sehari2? trus gimana caranya lo berhitung? gimana caranya lo bercocok tanam? gimana caranya lo ngomong ke orang lain dan menulis ? gimana caranya lo menghitung kecepatan? pake jari? emoticon-Ngakak

2.lah kan sekolah cuma untuk menimba ilmu bos,bukan untuk menjamin bakal dapet pekerjaan yang sesuai,itu kan tergantung orangnya bukan tergantung sekolahnya emoticon-Sorry

3.maksud lo yang jurusan ipa bekerja dibidang jurusan ips dan sebaliknya gitu? itu smp mang ada bidang keilmuan? bukannya bidang keilmuan itu diambil ketika masuk kuliah? bingung gw sama pernyataan lo

4.bukannya karena kurang biaya ya? dimana2 juga orang pengen bersekolah,itu yang udah berkecukupan terus berhenti bersekolah berarti emang ga niat sekolah bukan karena tidak ada manfaatnya.

seharusnya elo yang membuka mata,lihat realita bro,elo bisa menulis dan buka kaskus karena elo bersekolah,klo ga bersekolah dapet duit darimana lo?
buku penuh teori? ga salah tuh? klo bukan dari buku terus elu dapet ilmu darimana? dari bertapa di goa? emoticon-Ngakak
agan bisa buat thread dikaskus dengan menulis/ngetik didpt dr sekolah tdk?bisa baca tulis krna sekolah tdk?bisa berhitung karna sekolah tdk?bisa tau baik dan buruk krna sekolah tdk?klo ga mw sekolah ga apa2.
Quote:Yg serba mengharukan gan emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka :
Kisah ibu dan ke3 anak laki2nya gan :mewek :marah
Cerita mengharukan Best Friend dari Jepang tentang biru2 :mewek
Kisah mengharukan kakak beradik dari Jepang gan :mewek

yakin buang buang waktu? emoticon-Big Grin ngaca dulu gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By MyNameIsNaB


1.sebagian besar? yakin lo? itu pendidikan kewarganegaraan,matematika,bahasa indonesia,bahasa inggris,biologi,kimia,fisika sama sekali ga ada pengaruhnya dalam kehidupan sehari2? trus gimana caranya lo berhitung? gimana caranya lo bercocok tanam? gimana caranya lo ngomong ke orang lain dan menulis ? gimana caranya lo menghitung kecepatan? pake jari? emoticon-Ngakak

2.lah kan sekolah cuma untuk menimba ilmu bos,bukan untuk menjamin bakal dapet pekerjaan yang sesuai,itu kan tergantung orangnya bukan tergantung sekolahnya emoticon-Sorry

3.maksud lo yang jurusan ipa bekerja dibidang jurusan ips dan sebaliknya gitu? itu smp mang ada bidang keilmuan? bukannya bidang keilmuan itu diambil ketika masuk kuliah? bingung gw sama pernyataan lo

4.bukannya karena kurang biaya ya? dimana2 juga orang pengen bersekolah,itu yang udah berkecukupan terus berhenti bersekolah berarti emang ga niat sekolah bukan karena tidak ada manfaatnya.

seharusnya elo yang membuka mata,lihat realita bro,elo bisa menulis dan buka kaskus karena elo bersekolah,klo ga bersekolah dapet duit darimana lo?
buku penuh teori? ga salah tuh? klo bukan dari buku terus elu dapet ilmu darimana? dari bertapa di goa? emoticon-Ngakak


1.coba agan pikir lagi pernyataan agan. ilmu matematika jg belajar persamaan kuadrat, luas/volume suatu bangun, coba agan pikir dimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari emoticon-Bingung (S)

2. mustinya sekolah harus menjamin, karena untuk sekolah perlu waktu yang lama dan biaya yg tidak murah. trus tenaga dan pikiran yang tersita. 3 tahun SMP. 3 tahun SMA

3. baca lagi gan pelan-pelan emoticon-Cape d... (S)

4. setahu ane ada beasiswa/bantuan bagi yang tidak mampu.
mereka gak niat sekolah karena gak ada manfaatnya/untungnya

ane rasa elo yang kurang memahami dunia pendidikan di indonesia.
gak usah sekolah tinggi2 kalo cuma pingin bisa tulis dan baca.
tamat SD cukup.
Ilmu itu ada yang pasti(SAINS) dan gak pasti(NON-SAINS).
Jadi teori ilmu gak pasti(NON-SAINS) bisa benar bisa salah.
jangan2 agan pernah baca teori yang salah emoticon-Ngakak

hmmm, ente baru sekolah 12 tahun kok udah bisa bilang kek gitu gan... kalo sekolah nggak berguna, orang tua ente ga bakalan nyekolahin ente gan...

ane udah sekolah 17 tahun gan, dan Emang bener sebagian besar ilmu yang ente pelajari di sekolah nggak kepake dalam dunia nyata.

Semakin tinggi tingkatan ilmunya, semakin spesifik yang bakalan ente pelajari. Selama 12 tahun ente sekolah, terutama sekolah umum, (non kejuruan), ente dididik mengembangkan POLA PIKIR. Kenapa ente harus susah-susah belajar Persamaan Linear Dua Variabel ? Kenapa ente harus susah2 belajar Fisika Kuantum atopun Kimia Atom ? Kenapa ada bejibun soal yang harus ente kerjakan selama dua belas tahun itu ?

Rahasianya banyak :
1. Dengan mempelajari itu semua, membentuk pola pikir agan dalam menghadapi persoalan-persoalan
kehidupan. Filosofi kehidupan ada di dalam ilmu-ilmu yang kita pelajari, bahkan sejak SD.

2. Ente tidak berpikir untuk berhenti belajar kan ? karena hidup ini adalah proses belajar yang terus-menerus, dan berkelanjutan. Bayangin ente setelah lulus kuliah, ente kerja, pasti ente juga belajar menjalani pekerjaan ente, belajar dan mencoba mencari cara gimana menignkatkan produktivitas kerja, menghasilkan pekerjaan yang lebih baik, Naik jabatan, dapat promosi, dan seterusnya.
setelah itu, ente menikah, ente juga akan belajar lagi gimana jadi suami / istri yang baik. ente akan belajar lagi gimana mandiin bayi, gimana menenangkan bayi, gimana Mendidik anak agan nanti kalo dia SD, dan seterusnya.
the point is, sekolah membiasakan agan untuk belajar. 12 tahun di awal untuk membiasakan agan belajar sampai akhir kehidupan agan.

3. Dari segi materi, pelajaran-pelajaran SD SMP SMA pasti akan kepake di kehidupan agan. Walopun agan ketika main basket ga perlu menghitung tenaga yang harus dikeluarkan, lintasan parabola, dan kecepatan bola ketika masuk Ring. Dulu waktu ane kuliah, ane nyari uang tambahan dengan ngajar les anak SMP dan SMA... lumayan kepake kan ilmu ane ? bisa buat cari duit, gajinya 12500 tiap pertemuan. tapi setelah ane lulus, ane kerja dengan ijazah dan kemampuan ane, gaji 4-5 juta perbulan pun dapet. jadi intinya sekolah itu penting .


Quote:Original Posted By aku.member


1.coba agan pikir lagi pernyataan agan. ilmu matematika jg belajar persamaan kuadrat, luas/volume suatu bangun, coba agan pikir dimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari emoticon-Bingung (S)

2. mustinya sekolah harus menjamin, karena untuk sekolah perlu waktu yang lama dan biaya yg tidak murah. trus tenaga dan pikiran yang tersita. 3 tahun SMP. 3 tahun SMA

3. baca lagi gan pelan-pelan emoticon-Cape d... (S)

4. setahu ane ada beasiswa/bantuan bagi yang tidak mampu.
mereka gak niat sekolah karena gak ada manfaatnya/untungnya

ane rasa elo yang kurang memahami dunia pendidikan di indonesia.
gak usah sekolah tinggi2 kalo cuma pingin bisa tulis dan baca.
tamat SD cukup.
Ilmu itu ada yang pasti(SAINS) dan gak pasti(NON-SAINS).
Jadi teori ilmu gak pasti(NON-SAINS) bisa benar bisa salah.
jangan2 agan pernah baca teori yang salah emoticon-Ngakak



wakkwkakaw
asli ngakak gw

1.woi lu beneran hidup di gua ya? lu ga pernah melihat rumah? ga pernah menghitung luas lapangan sepak bola? ga tau volume tangki bensin kendaraan bermotor (berarti lo ngisi bbm cuma bilang "penuh bang" kali ye?)? apakah disitu tidak diterapkan matematika? semua yang ada di dunia ini punya hitung2annya bro,orang mw make listrik ada hitung2annya,lu ngetik juga ada programnya,dan itu ada bilangan matematikanya bukan tinggal ngetik langsung muncul huruf emoticon-Ngakak

2.sekolah menjamin elo berpikiran positif,berguna bagi masyarakat. bekerja itu pilihan bro,bisa aja klo dia hobi otomotif bekerja di bengkel padahal dia bukan anak sains.ga mesti harus di sains kan? sekolah ga menjamin dia akan bekerja di mana,karena itu termasuk hak seseorang.

3.makanya gw bilang bidang ilmu kejuruan itu baru ada sewaktu kuliah,pas smp dan sma itu itu cuma dasar bro....jadi klo bilang smp dan sma belajar diluar bidang keilmuannya gw jadi bingung,bidang keilmuan yang mana ni?

4.memang ada beasiswa bagi yang kurang mampu,gw rasa juga udah banyak program2 beasiswa di sekolah2 bagi siswa yang kurang mampu
klo yang ga niat sekolah berarti ga niat punya kehidupan lebih baik,orang yang sekolah aja belum tentu sukses apalagi yang ga bersekolah?

gw emang ga paham dunia pendidikan
tapi gw tau manfaatnya pendidikan
itu baca tulis juga butuh sekolah kan? berarti sekolah itu penting kan?emoticon-Ngakak
buku jelas aja mengandung teori,klo praktek itu berarti dunia nyata
apa hubungannya dengan sains dan non sains? ngelantur lo kejauhan

gini aja de,lo bilang ga usah sekolah,coba lo berikan manfaat ga sekolah serta contoh nyatanya,dari diri lo aja sendiri klo misalnya lo ga sekolah sekarang udah jadi seperti apa lo ,apakah pengusaha,pengangguran,presiden gubernur dll....coba beri bukti konkritnya klo ga sekolah itu baik
entah mengapa ane juga berfikir klo skolah itu buang" waktu ...
munkin juga ane salah
×