alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50bb62eae874b4d250000020/apakah-saya-menderita-schizophrenia
apakah saya menderita Schizophrenia?
Gan ane mau tahu nih buat yang psikiater atau psikolog

gejala2 Schizophrenia itu apa aja ya?

karena ane ud mulai ngerasa ada gangguan terhadap kejiwaan ane
kebetulan calon istri ane dilamar oleh orang lain, ane terlambat 2 minggu, ane jadi sedih banget dan depresi, kesulitan berat buat move on karena emang buat ane udah terlalu sulit, dia terlalu berarti buat ane untuk direlain gitu aja emoticon-Sorry


saat ini yang ane alami ane sering berbicara sendiri, seolah saya sedang berbicara dengan calon istri sayakah itu, ortu calon istri sayakah itu, casu istri sayakah itu, atau bahkan seolah saya sedang ngobrol dengan diri saya sendiri

tentu ini tidak dilakukan di dalam hati ya gan, dan bukan bersifat delusional seolah2 sosok2 mereka ada di depan mata saya, tapi ya seolah2 saya punya 2 peran, ngomong sendiri jawab seolah2 saya itu lawan bicara saya misalnya calon istri saya

saya sering melakukannya entah sambil duduk, tiduran, atau sambil mondar mandir

selain itu juga perasaan2 kehilangan motivasi, keengganan untuk keluar dari kamar untuk menghibur diri misalnya ke Mall gitu muncul, paling keluar buat makan sm ke masjid aja

trus juga, selain perasaan depresi juga perasaan nyesek di jantung saya yang kadang2 sambil saya ngomong - ngomong sendiri gitu saya nangis emoticon-Sorry

selain itu juga keengganan untuk bersosialisasi, dalam hal ini memang sejak awal ane orangnya introvert

ya mungkin mirip sama gejala - gejala yg ane googling
• Hilang ketertarikan terhadap aktifitas harian
• Emosi yang lemah
• Berkurangnya kemampuan merencanakan atau melakukan aktifitas
• Mengucilkan diri sendiri dari pergaulan
• Hilang motivasi
• Keperibadian yang tidak teratur, seperti sifat mudah marah yang tidak dapat diprediksi. (sebelum ane diputusin emang ane sempet mengalami hal ini, marah abis itu tar baik lagi)


tolong ya gan bantuin ane, kalau misalnya punya alamat psikiater atau psikolog entah itu rumah sakit atau klinik di daerah sekitar Ciputat dan Jaksel yang bagus dimana, jadwal prakteknya

sama yang terpenting tentu biasanya berapa biaya konsultasi ke psikiatara atau psikolog gitu sekali konsul

ente masuk depresi berat gan kayanya bukan scizophren

sebelumya gw bukan psikiater atau psikolog gan :sory, maaf gan sebelumnya
agan mendengar suara atau melihat mantan agan didepan mata secara nyata? atau agan pingin ngomong sendiri aja...?? orang scizophren biasanya keyakinannya sulit di koreksi misal dia yakin klo dirinya adalah superman, dan keyakinannya ga bisa di koreksi... klo ini agan kan nyadarin sendiri secara garis besar kayanya agan depresi berat niy... tapi perlu waspada klo perasaan dibiarin bisa2 tuh jd scizophren bukannya nakutin orang introvert terkadang ga pernah cerita masalahnya ketika itu di pendem dalem hati tinggal nunggu faktor pencetus nah faktor pencetus agan niy pas masalah mantan ini, sebenernya klo agan udah nyadar.. apalagi suka ke masjid banyak2 ngaji gan, yakin klo dia bukan jodoh kita yg terbaik, dan allah menyiapkan jodoh yg lebih baik buat kita... allah maha kuasa gan.. coba klo udah nyadar kurang motivsai atau mood cari kegiatan positif, klo pun agan ga telat ngelamarnya belum tentu keterima ada aja halangannya klo allah ga ridho,
agan saat ini mikirin mantan agan yang dia sendiri ga mikirin agan, ngapain kita mikirin orang yang ga jelas gan, masih banyak yang perlu kita lakuin dan sayangin contoh adalah keluarga/ ibu yang selalu ada di samping kita niy walaupun susahnya kaya apa, kasian keluarga atau temen2 yang peduli sama kita gan, mereka sedih pasti klo liat kita stress. ngaji yang banyak baca tafsirnya... coba baca juz 30 artinya gan,setidaknya itu mengingatkan kita pada akhirat dunia itu sementara, jd semangat aja gan sekarang cowo sama cewe itu 1:7 santai aja ... yakin klo jodoh kita itu udah ada, itu namanya beriman kepada qodo dan qodar, jangan udah di dunia nangisin istri di akhirat lebih sial lagi... minta perlindungan sama allah cari kegiatan yang positif, usahain bangun subuh mandi, pagi sore, biasanya udah males mandi klo begini maap yaa..
segitu dulu gan klo psikiater/psikolog coba googling aja banyak ko, cuma klo psikolog ga bisa kasih obat, psikiater bisa kasih obat segitu dulu gan wassalam
emoticon-Maaf Agan
Quote:Original Posted By KyraAltair
gejala2 Schizophrenia itu apa aja ya?


KyraAltair, saya pernah menulis artikel mengenai skizofrenia, dapat dibaca di http://kesehatan.kompasiana.com/medi...ia-507681.html

dan tentang depresi dapat dibaca di http://kesehatan.kompasiana.com/medi...si-504226.html (versi pendek) dan [url]http://health.detik..com/read/2009/11/16/143858/1242625/775/[/url] (versi lebih panjang)

Semoga ke-3 artikel tersebut dapat membantu memberikan informasi yang lebih jelas.
satu kata wow

diagnosis

Menurut ane, bukanlah skizophrenia.

krn masi belum ada delusi ( artinya keyakinan yng jelas2 ga mgkn tp masi dipercayai meskipun dah dibantah ma org2) misal merasa lg ngomong Tuhan (jd klo kita org normal yng ngliat, msti ngliat org tersebut kyk ngomong2 sndiri

Yng ke2 tilik diri (insight) anda masi bagus. gampangannya, klo anda merasa gila, berarti anda sebenarnya ga gila

Untuk depresi, mgkn menuju k tahap sana klo anda ga cpt2 pergi k psikolog atau psikiater.

Ketika anda sudah tidak mau melakukan aktivitas sehari2 yang seharusnya dilakukan secara wajar dan otomatis oleh org normal, maka anda ada dalam tahap depresi. klo ga salah klo gejala dirasakan sudah 1 minggu, baru bisa disebut depresi. klo sebelum itu, kita bilangnya gangguan perubahan mood tipe depresi dll. ane dah lupa gan
Quote:Original Posted By Brownxtone
Mkrn masi belum ada delusi ( artinya keyakinan yng jelas2 ga mgkn tp masi dipercayai meskipun dah dibantah ma org2) misal merasa lg ngomong Tuhan (jd klo kita org normal yng ngliat, msti ngliat org tersebut kyk ngomong2 sndiri

Yng ke2 tilik diri (insight) anda masi bagus. gampangannya, klo anda merasa gila, berarti anda sebenarnya ga gila

Untuk depresi, mgkn menuju k tahap sana klo anda ga cpt2 pergi k psikolog atau psikiater.

Ketika anda sudah tidak mau melakukan aktivitas sehari2 yang seharusnya dilakukan secara wajar dan otomatis oleh org normal, maka anda ada dalam tahap depresi. klo ga salah klo gejala dirasakan sudah 1 minggu, baru bisa disebut depresi. klo sebelum itu, kita bilangnya gangguan perubahan mood tipe depresi dll. ane dah lupa gan


Maaf sy koreksi krn informasinya kurang tepat dan bisa menyebabkan salah informasi, skizofrenia ada banyak jenisnya dan tidak semua skizofrenia ditandai dengan gejala waham (delusi). Satu-satunya jenis skizofrenia yang ditandai dengan waham (yang harus berjenis waham kejar atau waham kebesaran) atau halusinasi (harus auditorik dengan tipe commanding atau commenting) adalah skizofrenia paranoid.

Skizofrenia sendiri merupakan gangguan yang termasuk dalam kelompok gangguan psikotik yang ditandai dengan adanya gangguan penilaian realita (realitiy testing ability) yang terganggu. Yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah ketidakmampuan penderita untuk membedakan antara khayalan dengan kenyataan.

Skizofrenia ada banyak jenisnya, namun yang diketahui sebagian besar orang umumnya hanya mengerti mengenai skizofrenia paranoid seperti yang saya sudah sampaikan di atas, ditandai dengan waham kejar/kebesaran dan halusinasi yang harus auditorik (harus berupa suara orang yang menyuruh, mengomentari, atau mempercakapkan pasien).

Jenis skizofrenia lainnya adalah skizofrenia katatonik dengan gejala utama psikomotor, skizofrenia hebefrenik dengan gejala utama kekacauan proses pikir, skizofrenia simpleks dengan gejala utama gejala negatif skizofrenia, dan skizofrenia yang tidak terinci.

Sebelum sampai pada tahapan skizofrenia, biasanya ada tahapan yang dikenal dengan prodormal psikotik, selain mulai muncul kondisi di mana pasien mulai bingung membedakan yang nyata dan tidak, kondisi ini dapat disertai dengan gejala-gejala kecemasan, perubahan suasana perasaan (sedih, gembira yang tidak menetap), gaduh gelisah, dan sebagainya. Pada tahapan awal ini tilikan pasien masih baik dalam arti pasien tahu, sepertinya ada yang tidak nyaman yang ia rasakan. Pada saat ini lah seharusnya sudah mulai mencari pertolongan karena intervensi sedini mungkin mencegah untuk pengobatan yang memanjang dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan gangguan sistem dopamin di otak.

Apakah gejala-gejala psikotik seperti yang ditemukan pada skizofrenia, misalnya waham dan halusinasi dapat muncul pada suatu kondisi depresi? Jawabannya bisa namun dengan syarat kondisi depresinya sudah sangat berat. Depresi dalam taraf ringan dan sedang tidak akan mungkin memunculkan gejala psikotik. Mengapa demikian karena pada kondisi depresi berat sistem neurotransmiter serotonin di otak sudah sangat terganggu sehingga di sini kemudian ikut mengganggu sistem dopamin di otak dan baru bisa menyebabkan munculnya gejala psikotik.

Oleh sebab itu penting untuk datang berkonsultasi dengan psikiater terdekat dengan domisili Anda karena diagnosis yang tidak ditegakan dengan benar akan menyebabkan tatalaksana yang salah dan akhirnya justru merugikan pasien di kemudian hari.

Saya harap informasi yang saya berikan di atas dapat membantu.

ane kena skizofrenia jg gan emoticon-Frown
Yg saya pelajari selama saya d psikologi, yg agan rasakan lbh ke depresi berat atau PTSD (Post trauma stress disorder)

Depresi berat jika dibiarkan memang bsa mengarah k schizophrenia. Tapi schizophrenia biasanya sudah tidak mampu memahami apa yg dirasakannya.


Coba lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan berkonsultasi dengan depresi yg agan alami. Karena, penyakit depresi obatnya itu mahal lho gan. Makanya klo bsa jangan sampe ke psikiater yg akhirnya diberikan obat.

Mulai bergaul dan dekat kembali dgn org2 sekitar. Intinya percaya bahwa life must go on setelah apa yang agan alami.

Konsultasi k psikolog umumnya memang agak mahal. Tapi mudah2an bisa membantu karena k psikolog lebih aman dan lebih terjamin kerahasiaannya.
Kayaknya ga ada gunanya aganwati ngejelek-jelekin psikiater karena agan psikolog emoticon-Big Grin. Seolah-olah ke psikolog lebih baik dibanding ke psikiater aja gan ^^.
Psikiater dan psikolog sama aja kok, sama-sama bisa ngerjain psikoterapi dan sekedar konseling, mulai dari yang sederhana seperti psikoterapi suportif sampai yang cukup rumit seperti psikoterapi psikodinamik.

Cuma bedanya biasanya psikiater ngasih obat karena obat sering jauh lebih cepet dari psikoterapi untuk mengatasi gejala problem kejiwaan gan mulai dari depresi, cemas, sampai gejala psikotik. Kalo udah depresi berat mau di psikoterapi, mau nunggu berapa bulan baru kondisinya perbaikan. Atau kalau uda skizofrenia mau di psikoterapi ya jelas ga bisa.

Kalau mau dibilang ke psikolog murah, nggak juga gan, per sesi konsultasi biasanya para psikolog matok tarif antara 150 ribu sd 250 ribu.. kenapa dibilang sesi, biasanya sesi dihitung per menit biasanya sekitar 50 menit.. dan kalau kliennya si psikolog konsultasi lebih dari waktu sesi yang ditentuin psikolognya, bisa dicharge double dari tarif dasar. Kemudian kliennya diharap dateng seminggu atau dua minggu sekali untuk konsultasi.

Berobat ke psikiater kalo yang praktek swasta relatif sama tarifnya. Tarif konsultasi berkisar antara 150 ribu sampai 200 ribu. Tapi kalau ke psikiater di RS milik pemerintah sangat-sangat terjangkau gan. Bisa gratis malah kalau pakai BPJS, jamkesda, dan jaminan kesehatan lainnya. Dan itu sudah include obat.

Obat psikiatri dibilang mahal? Nggak juga gan, bergantung jenisnya. Ada yang harganya ga sampe 100 perak per biji.. tapi ada juga yang sampe 30 rebu perak per tablet. Relatif. Dan sekali lagi kalau pake BPJS atau jamkesda, obat dan psikoterapi sudah include dalam biayanya jadi gratis.

BTW kami bisa posting kayak gini, karena kami klinik jiwa gan, kami punya psikiater maupun psikolog klinis. Bisa agan cek kebenaran posting kami di http://pantirehabilitasi.com

Mohon jangan posting seperti di atas gan. Kasian orang yang tadinya bisa terbantu kondisinya dan cepat membaik, malah jadi bingung karena posting agan tersebut. Ga baek gan, menjelek-jelekan profesi orang lain.
wah klo agan bisa post gini aja berarti agan ngga skizo emoticon-Big Grin

coba konsul ke psikiater aja gan, supaya dapat terapi yang baik emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By nur.asa.medika
Kayaknya ga ada gunanya aganwati ngejelek-jelekin psikiater karena agan psikolog emoticon-Big Grin. Seolah-olah ke psikolog lebih baik dibanding ke psikiater aja gan ^^.
Psikiater dan psikolog sama aja kok, sama-sama bisa ngerjain psikoterapi dan sekedar konseling, mulai dari yang sederhana seperti psikoterapi suportif sampai yang cukup rumit seperti psikoterapi psikodinamik.

Cuma bedanya biasanya psikiater ngasih obat karena obat sering jauh lebih cepet dari psikoterapi untuk mengatasi gejala problem kejiwaan gan mulai dari depresi, cemas, sampai gejala psikotik. Kalo udah depresi berat mau di psikoterapi, mau nunggu berapa bulan baru kondisinya perbaikan. Atau kalau uda skizofrenia mau di psikoterapi ya jelas ga bisa.

Kalau mau dibilang ke psikolog murah, nggak juga gan, per sesi konsultasi biasanya para psikolog matok tarif antara 150 ribu sd 250 ribu.. kenapa dibilang sesi, biasanya sesi dihitung per menit biasanya sekitar 50 menit.. dan kalau kliennya si psikolog konsultasi lebih dari waktu sesi yang ditentuin psikolognya, bisa dicharge double dari tarif dasar. Kemudian kliennya diharap dateng seminggu atau dua minggu sekali untuk konsultasi.

Berobat ke psikiater kalo yang praktek swasta relatif sama tarifnya. Tarif konsultasi berkisar antara 150 ribu sampai 200 ribu. Tapi kalau ke psikiater di RS milik pemerintah sangat-sangat terjangkau gan. Bisa gratis malah kalau pakai BPJS, jamkesda, dan jaminan kesehatan lainnya. Dan itu sudah include obat.

Obat psikiatri dibilang mahal? Nggak juga gan, bergantung jenisnya. Ada yang harganya ga sampe 100 perak per biji.. tapi ada juga yang sampe 30 rebu perak per tablet. Relatif. Dan sekali lagi kalau pake BPJS atau jamkesda, obat dan psikoterapi sudah include dalam biayanya jadi gratis.

BTW kami bisa posting kayak gini, karena kami klinik jiwa gan, kami punya psikiater maupun psikolog klinis. Bisa agan cek kebenaran posting kami di http://pantirehabilitasi.com

Mohon jangan posting seperti di atas gan. Kasian orang yang tadinya bisa terbantu kondisinya dan cepat membaik, malah jadi bingung karena posting agan tersebut. Ga baek gan, menjelek-jelekan profesi orang lain.


wah sory klo ada kata yg menyinggung emoticon-Big Grin

tp saya sama sx gda maksd untuk nyinggung apalagi menjelek2an, mgkn salah pmbahasaan saja dari saya emoticon-Smilie
Ya aganwati semoga kami cuma salah tafsir aja dgn postingan aganwati

Quote:Original Posted By Missteapoison
Makanya klo bsa jangan sampe ke psikiater yg akhirnya diberikan obat.


Konsultasi k psikolog umumnya memang agak mahal. Tapi mudah2an bisa membantu karena k psikolog lebih aman dan lebih terjamin kerahasiaannya.


Taon 2010 lalu ane didiagnosa depresi amat berat dan schizophrenia ama dokter.. abis sampe ga bisa makan ama tidur.
Delusi nya yg banyak yg ane alami. Ane terus2an dibombardir oleh pikiran2 aneh yg seperti bukan dari ane sendiri, sperti dicecoki dari luar sana, seringkali ada 2 peran sekaligus yg terus menerus saling bertengkar satu sama lain di kepala ane..
Ane jg merasakan kalo lingkungan sekitar ane ini membahayakan, terus menerus berprasangka bahwa akan ada hal buruk atau ada seseorang yg mau jahatin ane..
Sering jg apa yg ane lagi pikirkan waktu itu seperti di'perkuat' atau di'setujui' oleh lingkungan/alam dgn cara memberi tanda2 tertentu, seperti pukulan2 palu ke besi (ini sering skali), muncul burung2 gagak yg bersuara koak2 menyeramkan, dr perkataan org2 lain yg mendukung pikiran ane saat itu, dll..
Satu saat selama sebulanan ane jg merasakan diteror oleh guntur2/petir2 setiap hari, suaranya ane rasakan amat keras sampe ane cuman bisa duduk di ranjang dan menutup ke-2 kuping... sambil bertanya2 apa ini peringatan dr Tuhan atau tdk terhadap sesuatu yg ane lg pikirkan saat itu..
Pokoknya byk kejadian2 yg berkaitan dgn pikiran2 ane waktu lagi skizo itu.. sampe menyaksikan bingkai lukisan di rmh pernah bergerak2 sendiri tanpa ada angin atau yg lain.. trus penglihatan brg2 yg berubah wujud jd kecoa dan serangga2 lain..
Pikiran2 ane jg bermacam2.. ada yg ttg ane menjadi pahlawan dunia yg bisa berkomunikasi lgsg dgn Tuhan, mencoba memecahkan masalah dunia ini.. ada lagi ttg bentuk dan ukuran sebenarnya dr alam semesta ini dan bagaimana cara kerjanya, sperti diilhami dr dunia sana..
Ane jg perna ga mau bicara atau sengaja bisu selama 3-4 bulan.. karena ada pikiran yg menyuruh ane utk diam sampe bisu..
Masi byk lagi yg laen.. kira2 ini terjadi selama sekitar 1,5 taon, dari 2010 sampe 2011.. abis itu semua pikiran2 tsb lenyap begitu saja dan ga ada lagi tanda2 yg berkaitan dgn pikiran2 ane..
Quote:Original Posted By Traex
Taon 2010 lalu ane didiagnosa depresi amat berat dan schizophrenia ama dokter.. abis sampe ga bisa makan ama tidur.
Delusi nya yg banyak yg ane alami. Ane terus2an dibombardir oleh pikiran2 aneh yg seperti bukan dari ane sendiri, sperti dicecoki dari luar sana, seringkali ada 2 peran sekaligus yg terus menerus saling bertengkar satu sama lain di kepala ane..
Ane jg merasakan kalo lingkungan sekitar ane ini membahayakan, terus menerus berprasangka bahwa akan ada hal buruk atau ada seseorang yg mau jahatin ane..
Sering jg apa yg ane lagi pikirkan waktu itu seperti di'perkuat' atau di'setujui' oleh lingkungan/alam dgn cara memberi tanda2 tertentu, seperti pukulan2 palu ke besi (ini sering skali), muncul burung2 gagak yg bersuara koak2 menyeramkan, dr perkataan org2 lain yg mendukung pikiran ane saat itu, dll..
Satu saat selama sebulanan ane jg merasakan diteror oleh guntur2/petir2 setiap hari, suaranya ane rasakan amat keras sampe ane cuman bisa duduk di ranjang dan menutup ke-2 kuping... sambil bertanya2 apa ini peringatan dr Tuhan atau tdk terhadap sesuatu yg ane lg pikirkan saat itu..
Pokoknya byk kejadian2 yg berkaitan dgn pikiran2 ane waktu lagi skizo itu.. sampe menyaksikan bingkai lukisan di rmh pernah bergerak2 sendiri tanpa ada angin atau yg lain.. trus penglihatan brg2 yg berubah wujud jd kecoa dan serangga2 lain..
Pikiran2 ane jg bermacam2.. ada yg ttg ane menjadi pahlawan dunia yg bisa berkomunikasi lgsg dgn Tuhan, mencoba memecahkan masalah dunia ini.. ada lagi ttg bentuk dan ukuran sebenarnya dr alam semesta ini dan bagaimana cara kerjanya, sperti diilhami dr dunia sana..
Ane jg perna ga mau bicara atau sengaja bisu selama 3-4 bulan.. karena ada pikiran yg menyuruh ane utk diam sampe bisu..
Masi byk lagi yg laen.. kira2 ini terjadi selama sekitar 1,5 taon, dari 2010 sampe 2011.. abis itu semua pikiran2 tsb lenyap begitu saja dan ga ada lagi tanda2 yg berkaitan dgn pikiran2 ane..


bisa disharing gan, gmn caranya agan bisa "sembuh" dari hal diatas?
Quote:Original Posted By suprivat


bisa disharing gan, gmn caranya agan bisa "sembuh" dari hal diatas?


Ane terus menerus makan obat gan, dari fluoxetine sampe olanzapine... trus perna jg terapi ECT (electro convulsive therapy), tapi menurut ane itu ga terlalu membantu, efek nya hanya menghilangkan ingatan jangka pendek...
Sebenernya ga terlalu jelas jg kenapa ane bisa tiba2 'sembuh', alias ga ada pikiran/delusi lagi... tiba2 aja berhenti itu semua

Hepi 

pertama, ane ikut "feel sorry" sama yang terjadi dalam hidup agan, ane mungkin ngga akan bisa terlalu ngerti apa yang agan rasakan, tapi ane tau pasti berat melewati momen kehidupan yang baru agan lewati bersama mantan kekasih agan..walaupun ane ngga kenal sama agan, ane berharap agan tetap semangat dan bisa mengambil hikmah dari kejadian ini dan bisa menanamkan ke dalam diri agan, bangkit walaupun pelan, walaupun sedikit demi sedikit..

sedikit info gan ane juga pernah mengalami masalah psikologis yang "trigger"-nya mirip2 agan, jadi mungkin bisa sharing2 sedikit..

ane juga bukan psikolog gan, tapi ane sudah pernah konsultasi ke psikolog (sampai sekarang pun masih) jadi ada beberapa hal yg ane tau mungkin bermanfaat, kalo menurut analisa ane dari yang agan ceritain, ane merasa agan belum termasuk kategori skizo, karena agan masih menyadari kalo ada yang "salah" dalam diri agan, setau ane penderita skizo ngga bisa membedakan mana yg halusinasi mana yg bukan, beda dengan agan, agan masih bisa sadar kalo agan kadang berbicara sendiri walaupun kadang seperti berbicara dengan dua orang/kepribadian yang berbeda,,jadi agan tidak skizo gan..

untuk saran psikiater / psikolog yg bagus maaf ane belum bisa bantu karena ane tinggalnya bukan di jakarta

kalo ada hal lain yang bisa saya bantu tolong kasih tau saya gan emoticon-Cendol (S)

semoga cepat sembuh gan dan kembali sehat normal seperti sedia kala kembali..Aamiin