CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
8 Hal yang Jangan di Lakukan di Jepang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ab0632e474b48b740000cd/8-hal-yang-jangan-di-lakukan-di-jepang

8 Hal yang Jangan di Lakukan di Jepang

8 Hal yang Jangan di Lakukan di Jepang

Nah, kalo sedang berkunjung ke Jepang, apa saja ya hal-hal yang tidak boleh agan lakukan?

1. Jangan pernah lupa menambahkan kata san, di belakang nama seseorang, karena akan terdengar tidak sopan jika kita memanggil seseorang tanpa tambahan san ini. Jangan juga menggunakan kata anata (kamu) ketika sedang berbicara dengan orang lain, panggil saja namanya.


2. Ketika sedang makan jangan pernah menambahkan kecap pada nasi putih. Ini dianggap tidak sopan oleh orang Jepang. Sebaliknya, mengangkat mangkok ketika makan nasi atau mie, dan mengeluarkan suara sruputan ketika sedang makan mie, dianggap hal yang wajar oleh orang Jepang. Selain itu jangan pernah menyisakan makanan ketika sedang makan.


3. Ketika sedang menggunakan sumpit, jangan pernah menaruhnya dengan posisi tertancap di nasi, dan jangan pernah memindahkan makanan langsung dari sumpit ke sumpit dengan orang lain, karena hal tersebut mengingatkan dengan penggunaan sumpit pada upacara kematian. Dan jangan menjilat sumpitmu seenak apapun makanan yang kamu makan.


4. Jangan menelepon ketika sedang berada di dalam kereta! Bahkan jika kamu duduk di dekat priority seat (kursi khusus untuk orang tua, penyandang cacat, ibu hamil, dan ibu yang membawa anak-anak), kamu harus mematikan dering telepon genggammu. Menelepon di kereta akan mengganggu orang-orang di sekitarmu, orang-orang dalam kereta, sedangkan mematikan dering telepon genggam jika berada di dekat priority seat bertujuan agar orang tua atau penyandang sakit jantung yang duduk di priority seat tidak kambuh sakit jantungnya karena kaget mendengar telepon genggammu berbunyi tiba-tiba.


5. Jangan pernah memberi tip di Jepang! Memberi tip di rumah makan atau restoran bahkan dianggap sebagai penghinaan.

6. Jangan marah ketika kamu sedang berdiri tiba-tiba ada yang mendorongmu. Itu artinya kamu berdiri di tengah jalan dan menghalangi jalan orang lain. Segeralah menyingkir.Jangan berdiri sembarangan ketika sedang menaiki escalator! Orang jepang punya aturan tidak tertulis tentang ini. Jika kamu sedang berada di daerah Tokyo, escalator sebelah kanan adalah untuk orang yang santai, sedangkan sebelah kiri untuk orang yang buru2 (naik escalator sambil berjalan), sedangkan di Osaka berlaku sebaliknya.


7. Ketika kamu sedang menghadiri sebuah acara “Nomikai” atau Japanese drinking party, jangan pernah minum bir di gelasmu duluan. Tunggu samapi seseorang menyampaikan kata-kata pembukaan lalu setelah berkata “kampai” bersama-sama yang lain barulah boleh minum bir di gelasmu.


8.Jangan pernah terlambat!! Ini hal terpenting yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapat penilaian yang baik dari orang Jepang. Mereka paling tidak suka menunggu orang yang tidak tepat waktu. Jika kamu dengan sangat terpaksa terlambat, teleponlah mereka, jelaskan alasanmu mengapa bisa sampai terlambat, dan sebutkan berapa lama kamu akan terlambat.


Ribet banget ya gan tapi itulah adat istiadat serta larangan masing2 negara berbeda2 dan ane tetapemoticon-I Love Indonesia (S)

bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya agan2
Halaman 1 dari 3
makasih ya gan sharenya..

ane baru tau gan.... emoticon-Matabelo
Quote:

iya gan sama ane juga baru tau emoticon-Ngakak

yg terakhir soal disiplin waktu itu yg beda bngt ma tradisi negara kita gan
Quote:

iya gan betul
nice share gan ;Demoticon-Matabelo tambahan dari ane

1. Jangan panggil orang jepang pake nama, misalnya Takahashi Ryuuji, jangan panggil Ryuuji-kun atau Ryuuji-san, tapi panggil Takahashi-san, karena Ryuuji-kun/Ryuuji-san biasanya dipake buat orang yang akrab sama dia

2. Kalo ngangkat telpon jgn langsung ngomong ke intinya, mereka punya salam gan "moshimoshi", kalo nutup telpon/berpamitan juga ada salamnya 'jya(baca: ja)"

3. kalau mau makan jangan langsung nyeruput makanan aja kan, tapi ucapin 'itadakimasu' artinya kita berterimakasih ama orang yg udah nyiapin makanan itu,, kalu mau pergi, jangan nyeronong pergi aja gan, tapi ucapin 'itekimasu' yang artinya saya pergi, kalau pulang/datang jgn lupa ucapi 'tadaima' dan klo ada orang di rumah, jawab 'okaeri' selamat datang.

4. kalau misalnya kita naik lift gan di jepang, jangan pernah ngobrol atau nelpon, karena itu dianggap gak sopan sama orang jepang.

5. kalo naik bus umum, beda sama bus di indonesia, kalo di indo, duduk dulu baru bayar, kalo di jepang bayar dulu baru duduk. biasanya bayarnya deket supirnya..

6. kalo naik kereta api di jepang sama kaya naik bus way di jakarta, bayar sekali bisa kemana-mana.. haha emoticon-Ngakak

7. Oh iya, satu lagi,... kalo di jepang kata kerja ada 5 macamnya, kalo bhs inggris kan ada 3.. nah, kalo ama orang yang baru kenal, ngomong jangan pakai kata kerja yang akhirannya -u atau -ru, tapi pake yang akhirannya -masu, buat yang mau ke jepang ntar juga diajarin kok..

8. dan yang paling parah nih.. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Spoiler for Buka:
informasi yang sangat berguna,..
beda lapangan emang beda rumput yah gan ^_^
nice share gannn
ane baru tau nih sekarang
hahahahaha
emoticon-2 Jempol
banyak yang ane baru tahu emoticon-Malu
makasih sudah share emoticon-Angkat Beer
baru tau ane gan... emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:



yang 5 g jg tuh klo lagi naek bus ke area wisata biasa duduk dulu turun baru masukin card emoticon-Stick Out Tongue
6 yakin? osaka tokyo klo g naek shinkansen 1x bayar salut gw kecuali tim" pro yang suka nembus kereta or tiket di lilinin dulu (indopro kereta jerman aja di tembus emoticon-Ngakak)
8 tergantung itu mah , tapi klo cowok sih iya doutei emoticon-Ngakak

gah kapan gw minggat ke jp lagi -_-, di negara sendiri sakit melulu gara" alergi
yang gw salut di sana selain etika waktu yaitu buang sampah pada tempatnya dan g merokok sembarangan
walau sampah kadang ada yang bandel tapi masih banyak dari pada g ketemu tempat sampah , sampahnya di masukan ke tas dulu lalu buang di rumah
biasa di daerah kobe, karena jarang banget nemu tempat sampah di sana@_@
Diubah oleh zepray
Quote:




haha,, kan itu secara umumnya gan/sist... gw kuliah di kyoto, jadi jarang ke osaka sama tokyo.. paling ke tempat temen yg sama dari indo di todai bro.. haha ... jangan songong ya emoticon-Matabelo
ternyata mereka sangat menjunjung tinggi sekali ya gan tingkat kedisiplinan, salut dahh emoticon-thumbsup
wahhhh masih enak di sini dong kalau gitu, udah tau jamnya karet ehh cengar cengir lagi
Quote:

mantap gan atas tambahannyaemoticon-Ngakak

repot juga ya,, apalagi nuangin kecap di nasi emoticon-Sorry
Nambahin gan,,,, budayakan antri di manapun kita berada di Jepang,,,bahkan kalau toilet penuh juga harus antri

Quote:



Di Tokyo dan di daerah lain ane lihat sebelah kiri utk yg santai,,tapi yg kanan utk yg buru-buru gan...

Spoiler for escalator tokyo:

thnxs infonya cpha tau ane ntr ke Jepang. Amin.
nice share gan ... emoticon-Cendol (S) nambah wawasan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
hal-hal kecil tapi memiliki fungsi yang besar emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di