alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a355e7621243df2b00003d/semua-tentang-kesehatan-mata
SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA
SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

MATA adalah jendela dunia…… Kata-kata tersebut merupakan perumpamaan yang benar-benar mengelitik. Bagaimana tidak? Masa mata disamakan dengan jendela? Tapi benar, jendela adalah bagian untuk melihat bagian luar dari bagian dalam yang terbatas. Untuk dapat menikmati indahnya pemandangan di luar jendala yang indah, maka jendela harus dalam kondisi yang baik dan terawat. Bayangkan bila kaca jendelanya kotor, tentu akan sangat mengganggu pemandangan. Demikian pula dengan mata kita.

Oleh karena itulah kita wajib untuk menjaga kesehatan mata agar kita dapat selalu menikmati indahnya pemandangan di luar sana! Tapi sangat disayangkan masih banyak orang yang tidak terlalu perduli dengan kesehatan matanya. Bahkan ada beberapa orang yang tanpa sengaja malah merusak matanya.

Di thread ini ane berusaha untuk membagi informasi buat agan dan aganwati semua tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata dan lebih mengenal tentang anatomi mata beserta segala macam gangguan dan penyakit yang mungkin mengganggu mata. Tidak tertutup kemungkinan buat agan-agan yang mau share di sini….

Untuk memudahkan mengakses informasi, ane akan berusaha untuk membuat indeks untuk semua informasi yang ane cantumkan.


Quote:Original Posted By Thanks To

Support by:
SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA



Quote:Original Posted By JANGAN LUPA, BANTU NGASIH INI JUGA YA GAN

SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA


YANG INI JUGA NGGA ANE TOLAK LOH GAN!!!

SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA



Quote:Original Posted By Jangan lupa kunjungi juga thread ane yang ini Gan

[WTS] RUMAH DI PUSAT JAKARTA HARGA TERJANGKAU

[WTS] Daihatsu XENIA type XI 1300cc Deluxe A/T 2010

MLM Produk Halalan Tayyiban

SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

Tidak semua Batak Non Muslim, Batak juga Banyak Muslimnya

13 Binatang Paling Misterius di Bumi Ini (SERBA 13)

INDEX

INDEX 1

Quote:Original Posted By part 1

ANATOMI MATA




Quote:Original Posted By part 2

TIPS-TIPS YANG BERGUNA :


4 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

4 MUSUH UTAMA MATA SEHAT




Quote:Original Posted By part 3

PENYAKIT / GANGGUAN PADA MATA

KATARAK

PTERYGIUM

GLAUKOMA

KELAINAN / GANGGUAN REFRAKTIF

BLEFARITIS

HORDEOLUM

CHALAZION

DAFTAR ALAMAT KLINIK MATA NUSANTARA

Berikut ane lampirkan daftar alamat Klinik Mata Nusantara :
  1. Kemayoran
    KMN Kemayoran Jl. Kawasan Niaga Selatan Blok B-15 Kav. 9 Bandar Kemayoran, Jakarta 10610 Telp. +62 21 654 6688 Fax. +62 21 654 5208]
  2. Jakarta Selatan
    Jl. R.A. Kartini No. 99 Lebak Bulus Jakarta Selatan 12440 Telp. +62 21 751 6688 Fax. +62 21 7581 6588
  3. Kebon Jeruk
    KMN Kebon Jeruk Jl. Arjuna Utara No. 50 Kebon Jeruk, Jakarta 11510 Telp. +62 21 564 6688 Fax. +62 21 564 2072
  4. Jakarta Timur
    KMN Jakarta Timur Jl. Dewi Sartika No. 239A Cawang 10610 Telp. +62 21 8087 8833 Fax. +62 21 8087 7474
  5. Semarang
    KMN Semarang Jl. Ahmad Yani No. 164 Semarang, Jawa Tengah Telp. +62 24 8645 6688 Fax. +62 24 841 7770
  6. Manado
    KMN Manado Jl. Ahmad Yani No. 26 Sario Tumpaan, Manado 95114 Telp. +62 431 85 6688 Fax. +62 431 86 4228


VISX Center di Indonesia :
Silahkan lihat di sini.
Reserved
Reserved
Reserved

ANATOMI MATA

Berikut adalah anatomi mata:

SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

4 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Untuk selalu menjaga kondisi mata kita dalam keadaan baik, maka sebaiknya agan/aganwati mengikuti 4 cara berikut ini:

  1. Mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk mata.
    Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia, namun makanan sehat dan sesuai kebutuhanlah yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, begitu pula pada mata kita.

    Mengkonsumsi makanan yang sehat maksudnya bersih dan mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan mata.

    Zat-zat seperti vitamin A, E, C dan beta karotin adalah beberapa zat yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandung vitamin A, E dan C terkandung dalam berbagai sayuran dan buah seperti, wortel, jeruk dan buah promegranate (buah delima).

    Jaman sekarang memang banyak ekstrak buah (jus dalam kemasan) yang dijual di supermarket, namun ane lebih menyarankan ente untuk memakan buah tersebut langsung! Atau untuk lebih baik membuat sendiri jus buah bila anda ingin mengkonsumsinya dalam bentuk jus! Karena dikhawatirkan bila mengkonsumsi jus dalam kemasan tersebut terdapat kimia sintesis sebagai komponen pembentuknya! Kimia sintesis sangat tidak baik bagi tubuh kita.

  2. Menghindari hal-hal yang merusak mata.
    Sebagian besar faktor yang menyebabkan kerusakan mata lebih disebabkan oleh pemilik mata itu sendiri. Biasakanlah untuk membaca di ruangan yang memiliki intensitas cahaya yang cukup. Sudut membaca juga harus diperhatikan! Yang terbaik adalah arah pandangan terhadap objek yang dibaca membentuk sudut 90 derajat.

    Hindari juga menonton tv atau menggunakan computer terlalu lama tanpa mengistirahatkan mata! Karena mata harus tetap diistirahatkan dan lakukan relaxasi dengan cara mengedip-kedipkan mata agar kornea mata tidak terlalu kering.

    Hindari juga menatap matahari secara langsung. Gunakan kaca mata dengan perlindungan ultra violet bila anda ingin melakukan aktifitas diluar ruang pada saat terik matahari.
  3. Istirahat yang cukup.
    Semua anggota tubuh tetap memelukan waktu istirahat untuk dapat mengembalikan ke kondisi semula. Begitu pula halnya dengan mata kita. Lakukanlah istirahat dengan baik terutama pada malam hari.

    Hindari untuk bergadang! Karena hal ini sangat tidak baik bagi tubuh dan juga mata kita! Pada malam hari mata mengeluarkan zat tertentu yang hanya diproduksi pada saat sedikit cahaya. Oleh karena itulah pada malam hari kita cenderung mengantuk.

  4. Berkonsultasi ke dokter spesialis mata.
    Lakukanlah pengecekan mata secara rutin 6 bulan sekali ke dokter spesialis mata kepercayaan anda untuk memastikan mata anda dalam kondisi sehat dan tidak mengalami gangguan. Karena ada beberapa gangguan pada mata yang tidak secara langsung berefek pada mata, maksudnya kita tidak menyadari bahwa gangguan yang terjadi adalah pada mata kita. Salah satu contohnya adalah glukoma.

    Bagi anda yang belum memiliki dokter spesialis mata kepercayaan, anda bisa datang langsung ke Klinik Mata Nusantara yang sudah memiliki jaringan cabang yang cukup luas. Daftar cabang Klinik Mata Nusantara dan Dokter-dokternya bisa anda lihat di sini!

4 MUSUH UTAMA MATA SEHAT

KESEHATAN mata sebagai indera penglihatan sangatlah penting. Namun tanpa disadari, kita seringkali melupakan pentingnya menjaga mata.
Tahukah jika empat hal berikut ternyata diam-diam menjadi musuh utama untuk mata. Apa sajakah?

  1. Rokok
    
Rokok mengandung akrolein, toluen, dan hidrogen sianida yang berbahaya bagi tubuh. Seperti dikutip Top Sante, akrolein, yang juga digunakan dalam pembuatan gas air mata ini, dikenal sebagai pemicu katarak, degenerasi makula, serta degenerasi syaraf optikal.

  2. Gula
    
Bahan pemanis ini seperti musuh mata yang terselubung. Kadar gulanya yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat membuat seseorang terkena diabetes, yang salah satunya komplikasinya adalah kerusakan pada mata. Terlalu banyak gula juga bisa membuat seseorang menderita rabun jauh dini.

  3. Stres

    Berlama-lama menatap komputer untuk menyelesaikan tugas, memang menjadi gaya hidup saat ini. Tapi, Anda juga harus mengistirahatkan mata sejenak.
    Saat terlalu lama terkena radiasi komputer, mata menjadi stress. Jika kemampuan akomodasi mata sudah menurun, maka pusing dan sakit kepala kerap menghampiri. Selain itu, penglihatan juga akan mengalami penurunan.

  4. Matahari
    
Ingat bahwa retina mata sensitif terhadap sinar ultraviolet, terutama UVA. Melindungi mata di balik sunglasses saja tidak cukup, apalagi jika matahari sedang bersinar dengan teriknya. Hindari paparan sinar matahari secara langsung untuk mengurangi ancaman UVA.

KATARAK

Katarak merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan adanya kabut pada lensa mata. Lensa mata normal transparan dan mengandung cairan kental, sehingga cahaya dapat menembusnya dengan mudah. Banyak faktor yang dapat menyebabkan daerah di dalam lensa menjadi buram, keras, dan pejal. Lensa yang tidak bening tersebut tidak akan bisa meneruskan cahaya ke retina untuk diproses dan dikirim melalui saraf optik ke otak.

Penyakit katarak banyak terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia. Hal ini berkaitan dengan faktor penyebab katarak, yakni sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Penyebab lainnya adalah kekurangan gizi yang dapat mempercepat proses berkembangnya penyakit katarak.

Apakah Penyebab Katarak ?
SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

Sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Katarak kebanyakan muncul pada usia lanjut. Data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang berusia di atas 65 tahun menderita katarak. Sekitar 50% orang berusia 75 - 85 tahun daya penglihatannya berkurang akibat katarak. Walaupun sebenarnya dapat diobati, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia.

Sayangnya, Seorang penderita katarak mungkin tidak menyadari telah mengalami gangguan katarak. Katarak terjadi secara perlahan-perlahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. karena umumnya katarak tumbuh sangat lambat dan tidak mempengaruhi daya penglihatan sejak awal. Daya penglihatan baru terpengaruh setelah katarak berkembang sekitar 3-5 tahun. Karena itu, pasien katarak biasanya menyadari penyakitnya setelah memasuki stadium kritis.

Pada awal serangan, penderita katarak merasa gatal-gatal pada mata, air matanya mudah keluar, pada malam hari penglihatan terganggu, dan tidak bisa menahan silau sinar matahari atau sinar lampu. Selanjutnya penderita akan melihat selaput seperti awan di depan penglihatannya. Awan yang menutupi lensa mata tersebut akhirnya semakin merapat dan menutup seluruh bagian mata. Bila sudah sampai tahap ini, penderita akan kehilangan peng­lihatannya.

Secara umum terdapat 4 jenis katarak seperti berikut.
  1. Congenital, merupakan katarak yang terjadi sejak bayi lahir dan berkembang pada tahun pertama dalam hidupnya. Jenis katarak ini sangat jarang terjadi.
  2. Traumatik, merupakan katarak yang terjadi karena kecelakaan pada mata.
  3. Sekunder, katarak yang disebabkan oleh konsumsi obat seperti prednisone dan kortikosteroid, serta penderita diabetes. Katarak diderita 10 kali lebih umum oleh penderita diabetes daripada oleh populasi secara umum.
  4. Katarak yang berkaitan dengan usia, merupakan jenis katarak yang paling umum.


Berdasarkan lokasinya, terdapat 3 jenis katarak ini, yakni nuclear sclerosis, cortical, dan posterior subcapsular. Nuclear sclerosis merupakan perubahan lensa secara perlahan sehingga menjadi keras dan berwarna kekuningan. Pandangan jauh lebih dipengaruhi daripada pandangan dekat (pandangan baca), bahkan pandangan baca dapat menjadi lebih baik. Penderita juga mengalami kesulitan membedakan warna, terutama warna birru. Katarak jenis cortical terjadi bila serat-serat lensa menjadi keruh, dapat menyebabkan silau terutama bila menyetir pada malam hari. Posterior subcapsular merupakan terjadinya kekeruhan di sisi belakang lensa. Katarak ini menyebabkan silau, pandangan kabur pada kondisi cahaya terang, serta pandangan baca menurun.

Gejala umum gangguan katarak meliputi :
• Penglihatan tidak jelas, seperti terdapat kabut menghalangi objek.
• Peka terhadap sinar atau cahaya.
• Dapat melihat dobel pada satu mata.
• Memerlukan pencahayaan yang terang untuk dapat membaca.
• Lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu.
katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda. Penyebab katarak lainnya meliputi :
• Faktor keturunan.
• Cacat bawaan sejak lahir.
• Masalah kesehatan, misalnya diabetes.
• Penggunaan obat tertentu, khususnya steroid.
• Mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.
• Operasi mata sebelumnya.
• Trauma (kecelakaan) pada mata.
• Faktor-faktor lainya yang belum diketahui.

Pengobatan secara medis
SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

Tidak ada cara lain sebagai solusi untuk menyembuhkan penyakit katarak kecuali dengan jalan operasi. Operasi katarak sekaran ini sudah canggih sehingga tidak memelukan luka yang besar untuk melakukan pengeluaran katarak dan proses memasukkan lensa buatan. Dengan teknologi terbaru ini proses operasi katarak pun terbilang singkat dan hanya membutuhkan total waktu sekitar 15 – 30 menit saja.
mau ikut bantu boleh bang? emoticon-Big Grin

proses akomodasi mata >> http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu...ion/accom.html

bagaimana mata dan otak memproses cahaya >> http://neuroscience.uth.tmc.edu/s2/chapter14.html

kalo boleh, nanti akan gw buatkan essaynya supaya enak dibaca emoticon-Big Grin gimana bang?
Quote:Original Posted By lamurian
mau ikut bantu boleh bang? emoticon-Big Grin

proses akomodasi mata >> http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu...ion/accom.html

bagaimana mata dan otak memproses cahaya >> http://neuroscience.uth.tmc.edu/s2/chapter14.html

kalo boleh, nanti akan gw buatkan essaynya supaya enak dibaca emoticon-Big Grin gimana bang?


Thanks banget Bang! Itu masih ada tempat diatas buat posting bermutu.....

Ditunggu ya Bang....

emoticon-Shakehand2

Pterygium

SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA

Penyebab pterigium belum dapat dipahami secara jelas. Namun, pterigium banyak terjadi pada mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan banyak terkena panas terik matahari. Faktor resiko terjadinya pterigium adalah tinggal di daerah yang banyak terkena sinar matahari, daerah yang berdebu, berpasir atau anginnya besar. Pterigium Sering ditemukan pada petani, nelayan dan orang-orang yang tinggal di dekat daerah khatulistiwa. Jarang menyerang anak-anak.
Paparan sinar matahari dalam waktu lama, terutama sinar UV, serta iritasi mata kronis oleh debu dan kekeringan diduga kuat sebagai penyebab utama pterigium. Gejala-gejala pterigium adalah mata merah, iritasi, inflamasi, dan penglihatan kabur. Meskipun seseorang yang merasakan gejala tersebut tidak selalu berarti terkena pterigium, tetap disarankan untuk tetap periksa ke dokter mata.
Tampak sebagai penonjolan jaringan putih disertai pembuluh darah pada tepi dalam atau tepi luar kornea.
Pterigium bisa menyebabkan perubahan bentuk kornea sehingga terjadi astigmata dan gangguan penglihatan lainnya. Jika sampai ke daerah pupil dan mengganggu penglihatan, pterigium harus diangkat melalui pembedahan. Untuk mencegah berulangnya pterigium, sebaiknya para pekerja lapangan menggunakan kacamata atau topi pelindung.

Pengobatan secara medis
Untuk pterigium, pengobatan secara medis umumnya dilakukan dengan menggunakan obat tetes mata atau obat minum yang mengandung antiinflamasi. Namun bila pterigium tersebut cukup besar dan sangat mengganggu penglihatan, dapat dilakukan operasi atau pembedahan.
wah threadnya bagus, kaget aku tyt ada penyakit mata selain katarak @_@

sya penasaran akan 1 hal ini, misalkan bapak minus 5 & ibu minus 4,

kira" brp persen kemungkinan anak minus?
apakah dr bayi anak akan langsung minus?
masih adakah kemungkinan anak tidak minus jika orangtuanya lasik sebelum sang ibu hamil? (anggep aja ibu kb 2-3 taun ^^)
masih adakah kemungkinan menurunkan minus mata bagi bapak-ibunya sebelum memiliki anak?

mohon jawabannya, trima kasih ^^
Quote:Original Posted By agehachan
wah threadnya bagus, kaget aku tyt ada penyakit mata selain katarak @_@

sya penasaran akan 1 hal ini, misalkan bapak minus 5 & ibu minus 4,

kira" brp persen kemungkinan anak minus?
apakah dr bayi anak akan langsung minus?
masih adakah kemungkinan anak tidak minus jika orangtuanya lasik sebelum sang ibu hamil? (anggep aja ibu kb 2-3 taun ^^)
masih adakah kemungkinan menurunkan minus mata bagi bapak-ibunya sebelum memiliki anak?

mohon jawabannya, trima kasih ^^


Memang ada keterkaitan bila orang tua memiliki kelainan Myiope, maka anak akan memiliki kemungkinan akan mengalami kelainan myope juga. Kelainan myope ini diakibatkan bentuk bola mata yang terlalu lonjong, sedangkan tindakan lasik tidak mengubah bentuk bola mata melainkan membentuk lensa di kornea bagian dalam di bawah flap.

Dengan kata lain, tindakan lasik tidak akan mengurangi resiko menurunnya kemungkinan myope pada anak dari pasangan orang yang mengalami kelainan myope.

Demikian kira-kira Gan.... Semoga dapat menjawab pertanyaan Agan dan dapat menjadi informasi bagi Agan dan aganwati semua....

Salam kenal,
Ucok Marpaung

GLAUKOMA

Glaukoma merupakan kelainan mata yang dicirikan dengan rusaknya saraf optik yang berfungsi untuk membawa pesan-pesan cahaya dari mata ke otak. Kerusakan saraf optik ini disebabkan oleh kelebihan cairan humor yang mengisi bagian dalam bola mata. Cairan mata yang diproduksi oleh jaringan-jaringan di depan bola mata ini sebenarnya berfungsi untuk membawa makanan untuk kornea dan lensa mata. Cairan mata juga akan mempertahankan tekanan di dalam bola mata agar bentuknya tetap terjaga dengan baik. Tekanan yang dihasilkan oleh cairan mata disebut tekanan intraokuler.

Kelebihan cairan pada bola mata bisa terjadi karena produksinya yang terlalu banyak atau laju pengeluarannya ke dalam aliran darah yang terlalu sedikit. Ketika mulai terakumulasi dalam jumlah banyak, cairan mata menyebabkan tekanan yang semakin besar pada semua bagian mata termasuk saraf optiknya. Tekanan tersebut akhirnya akan menekan sel-sel dalam retina dan menghancurkan saraf mata. Akibatnya, saraf optik tidak mampu lagi membawa pesan-pesannya ke otak yang berakibat penglihatan seseorang menjadi berkurang. Bila tidak segera diobati, orang tersebut dapat mengalami kebutaan total.

Terdapat lebih dari 20 macam bentuk glaukoma yang memiliki perkembangan serupa. Bentuk-bentuk glaukoma tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar sebagai berikut.

  1. Glaukoma Sudut Terbuka
    SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA
    Glaukoma sudut terbuka merupakan penyakit yang bersifat progresif, artinya akan semakin memburuk bila tidak diobati. Awalnya hanya ada beberapa sel saraf yang rusak. Titik-titik kebutaan akan berkembang di daerah sel-sel saraf tersebut berada. Semakin lama, semakin banyak sel-sel saraf yang akan rusak dan semakin besar daerah penglihatan yang hilang. Akhirnya, seseorang dapat mengalami kebutaan total.

    Umumnya tidak ada gejala-gejala awal yang berarti pada glaukoma sudut terbuka. Kehilangan penglihatan terjadi dengan sangat lambat, seringkali berlangsung beberapa tahun. Bila hanya satu mata yang terkena, mata sebelahnya akan mengambil alih fungsi penglihatan. Karena itu, kebanyakan penderita glaukoma tidak menyadari bahwa penglihatannya telah menurun. Seseorang baru akan menyadari adanya gloukoma setelah penglihatannya berkurang parah dan akan lebih sulit diatasi.

  2. Glaukoma Sudut Tertutup
    SEMUA TENTANG KESEHATAN MATA
    Glaukoma sudut tertutup terjadi dengan sangat cepat. Beberapa jenis kecelakaan atau perubahan pada mata dapat menyebabkan cairan mata berkembang secara tiba-tiba. Efek dari glaukoma jenis ini akan muncul dalam waktu sangat singkat.



Pengobatan Secara Medis
Secara medis, gloukoma dapat diatasi, baik melalui operasi ataupun dengan obat. Umumnya sebelum dilakukan operasi, akan dicoba penggunaan obat terlebih dahulu. Obat-obat yang digunakan untuk mengatasi glaukoma adalah obat yang dapat mengurangi tekanan intraokuler. Secara umum, obat tersebut bekerja untuk menurunkan laju produksi cairan mata atau meningkatkan laju pengeluarannya. Namun, semua obat konvensional tersebut memiliki efek samping yang cukup berbahaya seperti reaksi alergi, pandangan kabur, sakit kepala, radang mata, penurunan tekanan darah, penurunan detak jantung, dan timbulnya batu ginjal. Sebagai alternatif, glaukoma dapat diobati dengan pemberian vitamin dan mineral yang dapat menurunkan tekanan intraokuler, seperti vitamin C, B1 (thiamin), kromium, dan seng.

KELAINAN / GANGGUAN REFRAKTIF

Kelainan / gangguan refraktif pada mata dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Myopia (mata minus)
    Miopia atau sering disebut cadok adalah jenis kelainan mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda dari jarakjauh dengan baik. Miopia sering disertai dengan gangguan mata silindris (astigmatis). Kelainan ini timbul dari dalam atau dibawa sejak seseorang masih kecil. Miopia umum ditemukan di seluruh dunia. Di negara maju, persentase pendudukyang menderita miopia biasanya lebih tinggi. Di Amerika Serikat, sekitar 25% dari penduduk dewasa menderita miopia. Sementara itu, di Jepang, Singapura, dan Taiwan, persentasenya jauh lebih besar, yakni mencapai sekitar 44%. Di Indonesia, walaupun tidak ada data statistiknya, dapat diduga hampir di setiap rumah terdapat penghuni yang menderita miopia.
    Mata minus ringan umumnya dapat dikoreksi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Namun untuk mata dengan minus tinggi, penggunaan kacamata seringkali menyebabkan aktivitas penderita terganggu karena kacamata yang digunakan pasti berlensa tebal. Bila sudah demikian, diperlukan operasi refraktif untuk mengatasinya. Bila diobati dengan obat tetes mata keben sebelum masa puber, kelainan ini dapat disembuhkan secara total. Namun bila pengobatan dilakukan setelah masa puber, umumnya hanya dapat diturunkan sekitar 75%, meskipun dalam beberapa kasus ada yang dapat disembuhkan secara total.

  2. Hipermetropia (mata plus)
    Hipermetropia adalah jenis kelainan mata yang menyebab­kan penderitanya dapat melihat dari jarak jauh dengan lebih baik daripada dari jarak dekat. Disebut pula dengan mata plus, rabun dekat, dan hiperopia. Hipermetropia umumnya muncul karena bertambahnya usia seseorang, biasanya di atas 40 tahun. Sama halnya dengan mata minus, mata plus ringan juga dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Sementara itu, untuk plus tinggi diperlukan operasi refraktif

  3. Astigmatis (silindris)
    Astigmatis adalah ketidakteraturan lengkung-lengkung permukaan bias mata yang berakibat tidak terpusatkannya sinar cahaya pada satu titik di selaput jala (retina) mata. Ada dua jenis astigmatis, yaitu astigmatis kornea yang disebabkan oleh ketidakteraturan lengkung atau daya bias kornea dan astigmatis lensa akibat ketidakteraturan daya bias lensa mata. Astigmatis menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan melihat sesuatu secara jelas atau menjadi kabur, terutama untuk obyek-obyek yang berukuran kecil. Astigmatis yang umumnya diderita oleh penyandang miopia ini biasanya dapat dikoreksi dengan kacamata berlensa silindris atau lensa kontak. Dapat juga dilakukan operasi refraktif.

  4. Presbiopia
    Presbiopia adalah jenis kelainan mata yang disebabkan karena gaya akomodasi lensa mata tak bekerja dengan baik akibatanya lensa mata tidak dapat menfokuskan cahaya ke titik dengan tepat. sehingga mata tidak bisa melihat yang jauh maupun dekat. Gaya akomodasi adalah kemampuan lensa mata untuk mencembung dan memipih.

    Presbiopia lebih disebabkan faktor usia yang mengakibatkan penurunan fungsi akomodasi lensa. Aleh sebab itu Presbiopia lebih dikenal dengan sebutan mata tua. Biasanya presbiopia mulai dirasakan pada usia 40 thn. Presbiopi dapat diatasi dengan lensa ganda yang berisi lensa plus dan minus.


Pengobatan Medis
Umumnya, mata minus, mata plus, silindris dan mata tua dapat diatasi dengan iLASIK, penggunaan kacamata dan lensa kontak. Operasi juga dapat dilakukan sebagai alternative bagi orang yang ingin di LASIK namun bukan kandidat yang baik untuk di LASIK yang diakibatkan jumlah minus yang terlalu tinggi (red: pengecualian pada penderita presbiopia, tidak disarankan untuk di LASIK). Melalui tindakan operasi, mata pasien akan ditanamkan sebuah lensa (Implant Contact Lens) sehingga bebas ribet dan dapat melihat normal tanpa menggunakan kaca mata.
Perlu diketahui, untuk tindakan LASIK memang dapat mengoreksi refrasi mata baik untuk penderita kelainan MYOPIA, HIPERMETROPIA, ASTIGMATIS dan bahkan PRESBIOPIA. Namun perlu diketahui bahwa FDA (BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN AMERIKA SERIKAT) belum memberikan sertifikasi aman bagi tindakan LASIK untuk menghilangkan PRESBIOPIA, sehingga alangkah baiknya untuk tidak melakukan tindakan tersebut untuk keamanan diri.

Thanks buat informasi tambahan dari Agan zxasqw yang telah menginformasikan bahwasannya tindakan LASIK pada hipermetrope telah mendapatkan approval dari FDA.

APPROVAL LINK FOR HIPERMETROPIA
akhirnya ada yang bikin thread yang lumayan bermutu ditengah H&M yang penuh sampah ini

Salut buat TS.

tapi:
1. sumbernya tolong dimasukkan
2. Kalo copas dari web, tolong yang tidak berkaitan dengan medis diedit dulu lah.. misalnya:

Quote:Original Posted By ucok.marpaung

Mata plus merupakan kelainan yang berasal dari luar (bukan bawaan) sehingga pengobatan dengan obat tetes mata keben dapat menyembuhkannya secara total.



Namun perlu diketahui bahwa FDA (BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN AMERIKA SERIKAT) belum memberikan sertifikasi aman bagi tindakan LASIK untuk menghilangkan HIPERMETROPIA,


approval FDA untuk hipermetropia sudah lama keluar kok, cuma jarang dikerjakan. Disini sih belum ada yang bisa (baca: tersertifikasi)

Oya, TS ada hubungan profesional dengan KMN?
Quote:Original Posted By zxasqw
akhirnya ada yang bikin thread yang lumayan bermutu ditengah H&M yang penuh sampah ini

Salut buat TS.

tapi:
1. sumbernya tolong dimasukkan
2. Kalo copas dari web, tolong yang tidak berkaitan dengan medis diedit dulu lah.. misalnya:



approval FDA untuk hipermetropia sudah lama keluar kok, cuma jarang dikerjakan. Disini sih belum ada yang bisa (baca: tersertifikasi)

Oya, TS ada hubungan profesional dengan KMN?



Thanks Gan ud mampir....

Ane jawab satu2 ya Gan:
  1. Mohon maaf, hampir semua yang ane posting adalah informasi yang ane miliki sendiri. Memang sebagian kecil ada yang diambil dari luar seperti buku dan lainnya....
  2. Itu bagian yang memang di CoPas, namun memang ada penambahan dari informasi yang ane miliki.


Untuk approval FDA untuk pengkoreksian dengan LASIK, bisa ane minta referensinya ngga Gan???? Soalnya ane blom nemu nih! Thanks b4 ya!

Ane adalah seorang Tabib Bekam Gan, cuma memang ada kenalan ane di situ.... Semoga ini menjawab pertanyaan terakhir Agan!

Salam kenal,
Ucok Marpaung
terima kasih keterangannya. saya juga bukan spesialis mata kok.


ini approvalnya:

sengaja saya carikan yang visx, walaupun yang customvue

salam kenal juga