alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a09c47516ea1f62f0000d7/indonesia-masa-kini-merupakan-masa-depan-majapahit
Indonesia Masa Kini merupakan Masa Depan Majapahit
Indonesia Masa Kini merupakan Masa Depan Majapahit

Indonesia Masa Kini merupakan Masa Depan Majapahit

MALANG, KOMPAS.com — Gambaran Indonesia masa kini memiliki bukti dan kaitan erat dengan masa depan Majapahit sebagai sebuah peradaban besar berusia 300 tahun dari abad ke-12 hingga 15.

Artinya, gambaran Indonesia masa kini bisa diacu sebagai bentuk dari peradaban Majapahit pada zamannya, sebagai peradaban dengan keunggulan pencapaian budaya di satu pihak, tetapi juga dengan kepahitan gambaran tragis suksesi, perubahan politik, penaklukan, dan perang hegemoni.

Demikian antara lain yang disampaikan sejarawan arkeolog Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang, Deni Yudo Wahyudi, dalam seminar bertema "Memperingati Delapan Abad Kerajaan Majapahit", pekan lalu. Hadir juga Guru Besar Sejarah Universitas Indonesia Prof Dr Agus Aris Munandar dan Guru Besar Sejarah Universitas Gadjah Mada Timbul Haryono.

Mempelajari sejarah Majapahit bisa menjelaskan kerumitan hasrat kekuasaan Indonesia mutakhir dan sebaliknya. Gambaran kompleks Majapahit paling tidak memberikan sumbangan yang sangat berharga bagi kajian sejarah, perbandingan dengan masa-masa sebelumnya serta refleksi fondasi masa kini.

"Sangat boleh jadi kita bisa memperkirakan masa depan Indonesia dengan memahami dialektika sejarah Majapahit yang, meski gilang gemilang dengan segenap kejayaannya, juga menyimpan kepahitan," katanya.

Guru Besar Sejarah UI Agus Aris Munandar mengungkapkan, Majapahit secara kualitatif bisa dilihat dengan tiga penampakan, yakni, pertama, peradaban Majapahit yang nyata terbuka (overt Majapahit civilization) yang dapat disaksikan sebagai bentukan fisik.

Kedua, peradaban Majapahit yang tidak secara nyata terbuka (covert Majapahit civilization), yakni sistem politik, kebiasaan, budaya yang tak tampak.

Ketiga, peradaban Majapahit yang bersinambung (continuity of Majapahit civilization), yakni bentuk peradaban yang bisa ditemukan sebagai kelanjutan pra-Majapahit (Airlangga abad ke-11, Kediri abad ke-12, dan Singasari abad ke-13) dan berlanjut pada masyarakat Jawa Kuno pasca-Majapahit (Demak abad ke-15) .

Sebagaimana halnya Majapahit merupakan produk berkesinambungan, demikian pula Indonesia juga bukan produk yang berdiri sendiri dalam lembaran sejarah, melainkan lanjutan sejarah sebelumnya.

Guru Besar Sejarah UGM Timbul Haryono menjelaskan, warisan budaya kerajaan Majapahit masih memiliki nilai relevansi tinggi bagi kehidupan masa kini. Karya budaya akan memiliki tiga macam kemanfaatan, yaitu ideologis, edukatif, dan ekonomis.

Nilai ideologis bermakna bahwa warisan budaya masa Majapahit bagi masyarakt kini merupakan sebuah kebanggaan sebab dalam warisan budaya tersebut terdapat nilai-nilai luhur.

Nilai ekonomis dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi melalui sektor pariwisata.

"Nilai edukatif mendorong munculnya pesan-pesan edukatif karena artefak tampak dan tak tampak warisan Majapahit pada hakikatnya mengandung message yang ingin disampaikan oleh seniman sebagai sender kepada masyarakat sebagai receiver," katanya.

Sumber
yah klo masa depannya diwarnai ama banyaknya pejabat yg korup,
rakyatnya saling gonthok2an satu sama lain gag yg tua gag yang muda.
pasti bangsawan n pendiri majapahit kagag mau kerajaannya berakhir kayak gini.
Quote:Original Posted By pakmomon
yah klo masa depannya diwarnai ama banyaknya pejabat yg korup,
rakyatnya saling gonthok2an satu sama lain gag yg tua gag yang muda.
pasti bangsawan n pendiri majapahit kagag mau kerajaannya berakhir kayak gini.


emang dulu majapahit berakhir kayak gimana, gan emoticon-Bingung (S)
majapahit itu ASEAN emoticon-I Love Indonesia (S)

rebut kembali Tumasik emoticon-I Love Indonesia (S)
wew emoticon-Matabelo ibukotanya tuh daerah mojokerto sekarang kalo ga salah emoticon-Malu
majapahit ya majapahit...indonesia ya indonesia.
NKRI = V.O.C....sama korupnya. Mudah2n gak sampe hancur kayak V.O.Cemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Kamen-x
NKRI = V.O.C....sama korupnya. Mudah2n gak sampe hancur kayak V.O.Cemoticon-Ngakak


agree...

temen ane pernah baca buku sejarah buatan belanda, dikisahkan kenapa negara ini gampang dijajah ? karena pada zaman itu para raja-raja gampang disuap dengan uang.

ironisnya hal ini masih berlaku sampai sekarang, bahkan sampai ke level gotong royong korupsinya emoticon-Ngakak

lagian indonesia segini luas dari sabang sampai merauke, coba bahas kerajaan dan kehidupan papua, sulawesi, sumatera, kalimantan kek...

masa yang diomongin majapahit doank, jangan mempersempit indonesia lah...
kayaknya setelah peradaban majapahit hancur, nusantara juga ikut hancur dah, terbelah-belah menjadi beberapa kerajaan, kerajaan2 yang baru itulah yang membuat bangsa Indonesia menjadi sekarang ini. emoticon-Berduka (S)
Nice info, gan.
Quote:Original Posted By batu.merah


agree...

temen ane pernah baca buku sejarah buatan belanda, dikisahkan kenapa negara ini gampang dijajah ? karena pada zaman itu para raja-raja gampang disuap dengan uang.

ironisnya hal ini masih berlaku sampai sekarang, bahkan sampai ke level gotong royong korupsinya emoticon-Ngakak

lagian indonesia segini luas dari sabang sampai merauke, coba bahas kerajaan dan kehidupan papua, sulawesi, sumatera, kalimantan kek...

masa yang diomongin majapahit doank, jangan mempersempit indonesia lah...


bener gan . .
menurut ane Sriwijaya itu lebih hebat daripade Majapahit
iya sekarang ini indonesia seperti jaman majapait waktu masih pait-paitnya
Majapahit Empire emang luas daerah kekuasaan nya...
mantabs....








______________________________________________________
"Always Have a Contigency Plan"
Saya salah satu orang yang ragu tentang kebesaran majapahit ini...majapahit sendiri apa arti sebenarnya ? Yang jadi sumber utama sejarah majapahit adalah kitab Pararaton dan Negarakertagama sedangkan bukti fisik tentang kerajaan ini sangatlah sedikit. Dalam bukunya yang berjudul Indonesia : People and Histories Jean Gelman Tylor menyatakan bahwa majapahit hanyalah sebuah kerajaan kecil yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lihat artikel ini :

Spoiler for Mitos majapahit:


Kalaupun memang sebesar Indonesia sekarang mestinya terdapat pengaruh budaya majapahit di berbagai wilayah yang pernah menjadi kekuasaanya. Hal tersebut sulit ditemukan berbeda dengan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat ajaran Buddha Vajrayana, banyak peziarah dan sarjana termasuk salah satunya pendeta tiongkok I-tsing yang singgah di kerajaan Sriwijaya dalam perjalananya menuju India. Pengaruh Sriwijaya dapat terlihat dari seni arsitektur, pakaian adat serta agama yang kini ada di Thailand.