alexa-tracking

Tradisi Lompat Batu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a08e2f7b1243c278000014/tradisi-lompat-batu
Hepi 
Tradisi Lompat Batu
Ingin bisa slam dunk gan? coba belajar dari orang-orang ini [yang hobi maen basket masupp gan] emoticon-I Love Indonesia

Batu yang harus dilompati tingginya sekira 2 meter, berlebar 90 cm, dan panjangnya 60 cm. Dengan ancang-ancang lari yang tidak jauh, seorang pemuda Nias akan dengan tangkas melaju kencang lalu menginjak sebongkah batu untuk kemudian melenting ke udara melewati sebuah batu besar setinggi 2 meteran menyerupai benteng. Puncak bantu tidak boleh tersentuh dan sebuah pendaratan yang sempurna harus dituntaskan karena apabila tidak maka resikonya adalah cedera otot atau bahkan patah tulang.


Sedari 7 tahun anak lelaki di Pulau Nias berlatih melompati tali yang terus meninggi takarannya seiring usia mereka yang bertambah. Bila saatnya tiba maka mereka akan melompati tumpukan batu berbentuk seperti prisma terpotong setinggi 2 meter. Ini juga sekaligus menjadi penakar keberanian dan kedewasaan mereka sebagai keturunan pejuang Nias.

Tradisi lompat batu di Pulau Nias, Sumatera Utara atau disebut sebagai hombo batu atau fahombo telah berlangsung selama berabad-abad. Tradisi ini lestari bersama budaya megalit di pulau seluas 5.625 km² yang dikelilingi Samudera Hindia dan berpenduduk 700.000 jiwa itu.

Tradisi fahombo diwariskan turun-termurun di setiap keluarga dari ayah kepada anak lelakinya. Akan tetapi, tidak semua pemuda Nias sanggup melakukannya meskipun sudah berlatih sedari kecil. Masyarakat Nias percaya bahwa selain latihan, ada unsur magis dari roh leluhur dimana seseorang dapat berhasil melompati batu dengan sempurna.

Lompat batu di Pulau Nias awalnya merupakan tradisi yang lahir dari kebiasaan berperang antardesa suku-suku di Pulau Nias. Masyarakat Nias memiliki karakter keras dan kuat diwarisi dari budaya pejuang perang. Dahulu suku-suku di pulau ini sering berperang karena terprovokasi oleh rasa dendam, perbatasan tanah, atau masalah perbudakan. Masing-masing desa kemudian membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu pun lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang.

Saat itu, desa-desa di Pulau Nias yang dipimpin para bangsawan dari strata balugu akan menentukan pantas tidaknya seorang pria Nias menjadi prajurit untuk berperang. Selain memilki fisik yang kuat, menguasai bela diri dan ilmu-ilmu hitam, mereka juga harus dapat melompati sebuah batu bersusun setinggi 2 meter tanpa menyentuh permukaannya sedikitpun sebagai tes akhir.

Kini tradisi lompat batu bukan untuk persiapan perang antarsuku atau antardesa tetapi sebagai ritual dan simbol budaya orang Nias. Pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat menikah. Kadang orang yang berhasil melakukan tradisi ini juga akan dianggap menjadi pembela desanya jika terjadi konflik.

Atraksi hombo batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi seorang pemuda Nias tetapi juga untuk keluarga mereka. Keluarga yang anaknya telah berhasil dalam hombo batu maka akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.

Anda dapat menikmati atraksi mengagumkan ini di beberapa tempat di Pulau Nias, seperti di Desa Bawo Mataluo (Bukit Matahari) atau di Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan. Saat menyambangi Pulau Nias jangan lewatkan juga untuk mengamati kemegahan warisan budayanya berupa arca peninggalan megalit, rumah tradisional, dan tentunya berselancar (surfing) atau menyelam (diving).

Ini gan contoh gambar - gambarnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for gambar1:


Spoiler for gambar2:


Spoiler for gambar3:


Spoiler for gambar4:



Menurut Agan - Agan semua, apa rahasia kesuksesan melompati batu setinggi itu ? emoticon-Bingung
jawab ya kaka emoticon-thumbsup
menurut saya ya banyak latihan emoticon-Ngakak
bagus kk infonya emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo

tp sy gk bisa jawabnya emoticon-Blue Repost
KASKUS Ads

Cool 

Tradisi Lompat Batu
ya sering2 latihan saja biar kesampaian kayak gitu gan. emoticon-Ngakak emoticon-Malu (S)
bingung juga gan emoticon-Bingung
intinya sering latihan, pasti bisa emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Hehehehe....... lumayan buat nambah pengetahuan ane tentang budaya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Rahasianya itu percaya diri aja cukupemoticon-thumbsup
Banyak latihan dan berusaha membuat tubuh seringan mungkin ketika mengudara emoticon-Big Grin
menurutku iku lompatan jelas dari teknik sama kecepatan pelari
jadi harus latian serius tuh biar bisa sukses lompat batu

emoticon-2 Jempol
Salah satunya dengan memasang pemberat di kedua kaki emoticon-Big Grin I
Hanya dengan bantuan do'a dr sodara2nya sekalian.. emoticon-Ngakak


Pokoknya yah latian keras ajah.. emoticon-I Love Indonesia emoticon-2 Jempol
Kalo menurutku rahasianya biar bisa lompat tinggi ya lompat dari gedung tertinggi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
karena ane ga pernah nyoba itu gan mangkanya ane pgen tau rahasianya emoticon-Smilie emoticon-Smilie

share rahasianya ya gan emoticon-Big Grin

emoticon-Toast
rahasia pingin lompat kya gitu y latihan ajah terus emoticon-2 Jempol
itu batu tingginya berapa meter ?
emoticon-Ngakak
mungkin berat badan pelari, arah laju angin juga diperhitungkan
ini trit kayaknya yang ngepost cuma satu emoticon-Hammer

nias bukannya di sumut yaa?


CMIIW
nice share gan emoticon-thumbsup
bukannya itu tradisi orang nias di sumutemoticon-Peace

mungkin dibanyakin latihannya terutama dr kecil...mungkin sedikit mantra mantra (asumshit)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)
ya Latian yang banyak aja
kebelutan ane pernah 4thn tinggal di nias gan...sebelum batu gede nya ada batu kecil nya untuk bantuan lompatan.
awal nya si pelompat berlari kencang..trus bertumpu pada batu kecil sebelum melompat ke batu gede nya...
×