KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/509a35c9611243be14000094/9-binatang-yang-memiliki-indera-keenam

9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam

JakartaAristoteles adalah filsuf pertama kali yang mendefinisikan bahwa manusia memiliki 5 indera: penglihatan, pendengaran, sentuhan, pengecap dan pembau. Bila Aristoteles memasukkan jenis hewan ke dalamnya, bisa jadi daftar indra itu akan lebih panjang.

Berikut 9 binatang yang memiliki indera keenam seperti dilansir dari Mother Nature Network (MNN):

1 Laba-laba
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Semua laba-laba memiliki sensor reseptor atau mekanoreseptor yang disebut celah sensilla yang memungkinkan mereka bisa merasakan tekanan mekanik pada rangka luar mereka. Manfaatnya mereka bisa memperkirakan ukuran, benda, dan jenis makhluk yang terperangkap dalam jaring laba-laba mereka.

Dengan adanya indera keenam ini, laba-laba bisa mengetahui perbedaan gerakan serangga, angin, atau gunting rumput saat mereka berjalan di sarang mereka.

2. Ular
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Ular berbisa ini memiliki indera keenam, seperti sepasang biji yang terletak di antara lubang hidung dan matanya. Organ ini sangat sensitif pada panas, sehingga ular bisa mendeteksi adanya inframerah.

Dengan organ ini, ular bisa memperkirakan jarak dan ukuran mangsa mereka, bahkan bila indera lainnya tak berfungsi. Alat ini memungkinkan ular berburu di malam hari.

3. Merpati
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Banyak jenis burung memiliki kemampuan mengagumkan untuk mendeteksi medan magnet Bumi yang berfungsi sebagai kompas. Kemampuan ini disebut magnetoreception.

Dan beberapa burung memiliki kemampuan yang baik, seperti burung merpati. Burung merpati memiliki struktur yang mengandung besi di paruhnya, tersusun dalam bentuk 3 dimensi. Hal ini memungkinkan burung ini memiliki sensitivitas orientasi ruang, dan mengidentifikasi posisi geografis mereka.

4. Lumba-lumba dan Pesut
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Mamalia laut ini memiliki indera keenam yang mengagumkan, menggunakan gaung suara untuk menentukan posisinya. Suara dapat merambat lebih baik di air daripada di udara.

Lumba-lumba mampu membentuk bayangan 3 dimensi dari lingkungan sekitarnya berdasarkan suara gelombang ombak, seperti sonar. Kemampuan ini adalah adaptasi yang nyata, utamanya bagi pesut dan lumba-lumba sungai, karena jarak pandang yang terbatas di air yang keruh.

Lumba-lumba bisa menentukan arah dalam sungai keruh yang bercabang-cabang, bahkan bila mata mereka dalam keadaan tertutup.

5. Hiu
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Elektroreseptor adalah kemampuan mengagumkan dari hiu dan ikan pari untuk mendeteksi medan listrik di sekitar mereka. Hiu kepala martil yang kepalanya berbentuk unik itu ternyata didesain untuk menerima getaran arus listrik.

Air laut yang asin, merupakan konduktor atau penghantar terbaik bagi arus listrik. Hiu sangat sensitif dan bisa merasakan hantaran listrik ini dari mangsanya, dari kontraksi otot ikan-ikan lain.

6. Ikan Salmon
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Ikan ini, entah bagaimana, bisa menemukan jalan mereka kembali untuk bertelur di sungai yang sama di mana mereka lahir, meskipun mereka sudah bermigrasi jauh di laut luas selama kehidupan dewasa mereka. Bagaimana mereka melakukannya?

Meskipun sebagian besar masih menjadi misteri bagi ilmu pengetahuan, diduga ikan ini memanfaatkan deposit mineral ferromagnet di otaknya, magnetite, untuk bisa merasakan medan magnet Bumi. Hal ini juga memungkinkan mereka sensitif pada penciuman, dan bisa membedakan bau aliran tempat asal mereka dan aliran yang lain.

7. Kelelawar
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Beberapa kelelawar pemakan serangga memiliki kemampuan menentukan lokasi dari pantulan suara, untuk menangkap mangsa mereka dan menavigasi lokasi saat mereka terbang di gua atau langit yang gelap.

Mereka memiliki laring atau pangkal tenggorokan yang bisa menghasilkan suara yang dikeluarkan melalui mulut dan hidung. Saat mengeluarkan suara itulah mereka bisa menangkap gaung dari sekitar, dan bisa berfungsi seperti radar. Faktanya, wajah mereka yang berkeriput itu lebih berfungsi seperti telinga untuk menangkap suara.

8. Platipus
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Binatang bermuka unik seperti bebek, mamalia namun bertelur ini memiliki elektro reseptor seperti halnya hiu. Mereka merasakan getaran listrik dari kulitnya, yang bisa merasakan medan listrik dari mangsa mereka yang berkontraksi.

Seekor platipus mengayunkan kepalanya saat berenang untuk memaksimalkan reseptor ini.

9. Penyu Laut
9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam
Seperti ikan salmon yang bisa kembali ke tempat lahir mereka setelah bermigrasi jauh, penyu laut juga lebih suka kembali ke pantai tempat mereka lahir sebagai sarang. Mereka memiliki kemampuan untuk merasakan medan magnetik Bumi.

Namun, kemampuan mereka tidak dapat menjelaskan pembelokan dari arus laut, dan beberapa kura-kura berjalan tanpa tujuan untuk jangka waktu yang lama di laut saat arus kuat. Mungkin kelemahan ini menjelaskan mengapa mereka berusia panjang!



mudah²an bermangfaat maaf kalo emoticon-Blue Repost yang berkenan silahkan emoticon-Cendol (S)

suber "
Quote:
Halaman 1 dari 4
keren nih emoticon-Matabelo
Quote:
waw dasyat, kalo versi orang. ini adalah salah satu nya yang memiliki indra ke 6

9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam


atau bisa ini

Spoiler for indra ke 6:
Diubah oleh donatedbyme
keren2 nih indera keenam ny.. bisa ngerasain getaran listrik emoticon-2 Jempol

9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam

indah bgt sampe binatangpun punya indra keenam tingkatkan gan emoticon-Kaskus Banget
Post ini telah dihapus

Ikan Salmon

ikan salmon sejati bgt hahahahemoticon-Toast
ternyata binatang juga punya indra ke enam ya gan emoticon-Matabelo
kita juga bisa ko kaya gitu gan
tapi ya perlu di asah lagi 9 Binatang yang Memiliki Indera Keenam

Ayo berkunjung kesini gan emoticon-Peluk
»» Menurut agan alasan pacaran itu apa sih? kalo menurut ane pacaran itu... ««
»» Jadilah Seorang PRIA! Bukan Cowok ataupun Laki² ««
»» jadilah seorang WANITA! bukan CEWEK ataupun PEREMPUAN «« NEW
»» [url=http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16951862 ] PEROKOK si TUKANG NGELES [/url] «« NEW
»» kalau agan senasib sama kaya ane, agan mau ngapain? «« NEW
»» 1 ucapan / perilaku yg sama namun punya arti yg beda saat kita in relationship «« NEW

۞ original posted by ۞

♥ titatutet ♥

@tata_puspita12 on twitter
baru tau ane gan..emoticon-Big Grin
lebih tepatnya insting kali yah,,hehe
nice gan..emoticon-Big Grin
ane kira lihat setan gan

buat bertahan hidup ternyata ya hahaha emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo wow bisa merasakan medan magnet bumi, jadi klo pergi kemana" gak tersesat emoticon-Big Grin
sori kelebihan emoticon-Big Grin
Diubah oleh daystrike
ikan salmon bentuk nya kayak gtuh ya?
kok anjing dan kucing gak masuk gan ? emoticon-Hammer (S)
ane baru tau nih gan..

nice share gan.. emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo gileeee
baru tau ane...
nice share
nice share gan emoticon-thumbsup
wah salmon punya yah...baru tau ane...
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di