CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
13 Filosofi Kehidupan Tokoh Wayang Kulit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50990f0a572acf100e00001b/13-filosofi-kehidupan-tokoh-wayang-kulit

13 Filosofi Kehidupan Pada Tokoh Wayang Kulit [Serba 13]

13 Filosofi Kehidupan Tokoh Wayang Kulit


Spoiler for Prolog:


Berikut beberapa makna kehidupan dari tokoh wayang kulit


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Quote:
Diubah oleh signale
Quote:


Quote:


Quote:

Quote:



Spoiler for SUMBER:


STOP SARA, JUNKER, BOT, DAN PENIPUAN


Spoiler for STAR:


Spoiler for N.B.:


emng bner tuh gan,ni tokoh2 pwayangan pny byk bgt pesan moral
ane sukanya puntodewo gan...
dia aslinya sakti tapi g kliatan gan
waa keren..ane suka sama arjuna gan emoticon-Big Grin
........................
Semar yang berarti samar yang bertugas momong atau mengasuh pribadi kita. Dalam kepercayaan jawa, juga dalam Al Quran disebutkan bahwa setiap manusia ada yang momong atau membimbing yang bersifat ghaib, maka Semar dilambangkan dengan laki-laki tetapi seperti perempuan, akan tetapi bukan banci, yang merupakan simbol dari sfat samar atau ghaib. Semar mempunyai kuncung yang menghadap ke atas, yang merupakan simbol ketuhanan. Semar bersifat ghaib tetapi bukan Tuhan, dia hanya wakil Tuhan yg ghaib yang ditugaskan untuk ngemong atau membimbing setiap manusia.n..................

MBEGEGEG UGEG UGEG HMEL2 SAKNDULITA..... LAE2

Quote:

iya gan... sebenernya masih banyak lagi.. cuman ane pilih yg udah pada tau" aja..
Quote:

ane jg gan.. tokoh dewasa, tenang, dan jadi panutan
Quote:

haha.. arjuna kan tokoh paling tampan diwayang sist..

Quote:

"orang yang diam saja dan tak mau berusaha tidak akan mendapatkan apa-apa tetapi orang yang mau bergerak atau mau berusaha pasti akan mendapatkan apa yang dia inginkan meskipun hanya secolekan atau sesuapan" emoticon-Belomatabelo
cuma mau nambahin gan, kalo setahu saya kata "wayang" = "wewayangan" = "bayangan" yang maknanya adalah bayangan atau penggambaran manusia dan kehidupan manusia. bukan hanya dari ceritanya aja gan, semua komponen yang ada dalam pewayangan mulai dari wayangnya (meliputi bentuk, nama, dll) sampai alat musiknya atau gamelanya memiliki makna atau filosofi yang berkaitan dengan kehidupan manusia. makanya ada yang menyebutkan kalo wayang itu filosofinya tinggi banget.emoticon-I Love Indonesia (S)
Like this. Ini nih yg ane cari. Pas banget buat jadi bahan refrensi.

Thx gan . . .
Nice inpo bget deh . . .
kyknya ada yang salah gan ...
SU : artinya linuwih dalam bahasa jawa.

contoh. subagio: lebih bahagia
suharto: linuwih bondo / lebih harta
baru tau ane filosofinya
ternyata tiap karakter di wayang mewakili sifat2 manusia lainnya ya
Ijin share ya Juragan!! emoticon-Repost (S)
Quote:




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di