alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50854a23552acf145a00001f/diabetes-gejala-serta-cara-mengatasinya
Peringatan! 
Diabetes, gejala serta cara mengatasinya !
emoticon-cystg emoticon-Hot News emoticon-cystg

“Life is not over because you have diabetes. Make the most of what you have, be grateful.” ~ Dale Evans Rogers.


Spoiler for repost?:


Spoiler for Prevalensi:


Quote:

Diabetes, gejala serta cara mengatasinya !

Pada umumnya penyakit diabetes ini ditemukan di daerah perkotaan. banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes ini adalah penyakit keturunan padahal dari sejumlah penderita penyakit kencing manis ini sangat sedikit yang tercatat karena disebabkan oleh faktor keturunan.

Penyakit kencing manis pada umumnya diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol atau sebagai efek samping dari pemakaian obat-obat tertentu,

berikut ini faktor yang dapat menyebabkan seseorang beresiko terkena diabetes

  • Faktor keturunan
  • Kegemukan / obesitas biasanya terjadi pada usia 40 tahun
  • Tekanan darah tinggi
  • Angka Triglycerid (salah satu jenis molekul lemak) yang tinggi
  • Level kolesterol yang tinggi
  • Gaya hidup modern yang cenderung mengkonsumsi makanan instan
  • Merokok dan Stress
  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat
  • Kerusakan pada sel pankreas


Ciri-ciri kencing manis & gejala diabetes

Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi, itu sebabnya penderita diabetes melitus umumnya terlihat lemah, lemas dan tidak bugar. Gejala umum yang dirasakan bagi penderita diabetes yaitu :

  • Banyak kencing (polyuria) terutama pada malam hari
  • Gampang Haus dan banyak minum (polydipsia)
  • Mudah lapar dan banyak makan (polyphagia)
  • Mudah lelah dan sering mengantuk
  • Penglihatan kabur
  • Sering pusing dan mual
  • Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu
  • Berat badan menurun terus
  • Sering kesemutan dan gatal-gatal pada tangan dan kaki


Semua Gejala itu merupakan efek dari kadar gula darah yang tinggi yang akan mempengaruhi ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan untuk mengencerkan glukosa sehingga penderita sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak (poliuri) dan Akibat poliuri ini maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi). Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih, penderita mengalami penurunan berat badan. Untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagi).

Jika anda mengalami ciri-ciri dan gejala seperti daiatas sebaiknya anda segera memerikasakan kadar gula dan jangan lupa untuk selalu membiasakan diri dengan gaya hidup sehat.


emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

JIKA BERMANFAAT
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



MENGATASI DIABETES
POST #2

Mengatasi Diabetes

------------------------------------------
Quote:Bila Anda berusia di atas 45 tahun, atau lebih muda namun berisiko tinggi terkena diabetes (misalnya, karena salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki diabetes atau berat badan Anda di atas normal)… waspadalah! Diabetes selalu mengintai Anda. Semakin hari, semakin banyak orang Indonesia yang menderita diabetes tipe-2 (diabetes yang dimulai pada saat dewasa). Menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jumlah penderita diabetes tipe-2 di Indonesia meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun dan pada 2010 lalu mencapai 21,3 juta orang. Bandingkan dengan tahun 2000, yang jumlah penderitanya baru mencapai 8,4 juta orang.

Diabetes tipe-2 dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. Meskipun ada unsur gangguan sekresi insulin dari sel-sel beta pankreas, cacat utamanya adalah ketidakmampuan tubuh untuk merespon insulin dengan baik. Pankreas telah bekerja keras untuk memproduksi insulin lebih banyak, tetapi jaringan tubuh (misalnya, otot dan sel-sel lemak) tidak merespon dan tidak peka terhadap insulin. Pada titik ini, diabetes terjadi di mana kadar gula darah melambung di atas normal. Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi pada akhirnya akan menimbulkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya, Anda bisa mencegah diabetes tipe-2 melalui perubahan gaya hidup. Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda sekarang dapat membantu Anda mencegah dan mengendalikan diabetes. Pertimbangkan 10 tips pencegahan diabetes berikut:

1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik
Quote:
Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada pria yang diikuti selama 10 tahun, untuk setiap 500 kkal yang dibakar per minggu melalui latihan, ada penurunan 6% risiko relatif untuk pengembangan diabetes. Penelitian itu juga mencatat manfaat yang lebih besar pada pria yang lebih gemuk.

Dengan meningkatkan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfaat pada kebanyakan orang. Penelitian menunjukkan bahwa baik latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes, tapi manfaat terbesar berasal dari program fitness yang meliputi keduanya. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga independen terhadap penurunan berat badan. Namun, bila dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungannya meningkat secara substansial.


2. Dapatkan banyak serat dalam makanan
Quote:
Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti dapat mengendalikan diabetes adalah dedak padi atau bekatul.


3. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian
Quote:
Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Wanita yang mengkonsumsi lebih dari lima porsi satu-ons kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi kacang sama sekali.


4. Turunkan berat badan

Quote:
Sekitar 80% penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Anda kehilangan berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kegemukan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Juga, mereka yang kehilangan sejumlah berat setidaknya 5 sampai 10 persen berat badan awal dan berolahraga secara teratur mengurangi risiko diabetes hampir 60 persen dalam tiga tahun.


5. Perbanyak minum produk susu rendah lemak
Quote:
Data mengenai produk susu rendah lemak tampaknya berbeda-beda, tergantung apakah Anda gemuk atau tidak. Pada penderita obesitas, semakin banyak susu rendah lemak yang dikonsumsi, semakin rendah risiko sindrom metabolik. Secara khusus, mereka yang mengkonsumsi lebih dari 35 porsi produk susu tersebut seminggu memiliki risiko jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 10 porsi seminggu. Menariknya, hubungan ini tidak begitu kuat pada orang yang ramping.


6. Kurangi lemak hewani
Quote:
Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes hampir dua kali dari mereka yang makan diet sehat. Hal ini independen terhadap berat badan dan faktor-faktor lain.


7. Kurangi konsumsi gula
Quote:
Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula dan pengembangan diabetes tipe 2. Wanita yang minum satu atau lebih minuman bergula sehari memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada wanita yang minum satu per bulan atau kurang.


8. Berhenti merokok
Quote:
Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan perkembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dari orang yang tidak merokok. Alasan tepatnya untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Selain itu, ada juga hubungan antara merokok dan distribusi lemak tubuh. Merokok cenderung mendorong bentuk tubuh “apel” yang merupakan faktor risiko untuk diabetes.


9. Hindari lemak trans
Quote:
Hindari mengkonsumsi lemak trans (minyak sayur terhidrogenasi) yang banyak digunakan pada produk olahan dan makanan cepat saji. Mereka telah menunjukkan berkontribusi pada penyakit jantung dan juga dapat menyebabkan diabetes tipe- 2.


10. Dapatkan dukungan
Quote:
Dapatkan teman, keluarga atau sekelompok orang untuk membantu Anda dalam mencegah diabetes. Mereka dapat mendukung Anda dalam memempertahankan gaya hidup sehat baru Anda. emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss

cara ngatasinnya ke mari gan -> http://www.kaskus.co.id/post/508efb5...2acf394b000007
“Life is not over because you have diabetes. Make the most of what you have, be grateful.” ~ Dale Evans Rogers.

Hari ini 14 November, hari diabetes dunia. emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-thumbsup nice info gan , sangat bermanfaat

Cara Mengatasi Diabetes Yang Benar

gan, ada beberapa sumber yang sudah saya ikuti dan manfaatnya nyata sangat bagus ada disini gan, klik Cara Mengatasi Diabetes

Beberapa artikel lainnya klik Cara Atasi Diabetes dan Mengatasi Penyakit Diabetes

emoticon-Matabelo
up dlu emoticon-Sundul Gan (S)
ilmu pengetahuan yg bagus nichh....emoticon-thumbsup
emoticon-Jempol
ayo baca di baca baca
Artikel tambahan gan, siapa tau berguna emoticon-Smilie

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada penderita Diabetes Mellitus (DM) mengakibatkan komplikasi penyakit. Komplikasi DM dapat terbagi kepada dua yaitu komplikasi akut (yang terjadi tiba-tiba) dan komplikasi kronik (yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang). Komplikasi akut yang dapat terjadi pada penderita DM adalah ketoasidosis diabetik (KAD) dan Status Hiperglikemi Hiperosmolar. Pada dua keadaan ini kadar glukosa darah sangat tinggi (pada KAD 300-600 mg/ dL, pada SHH 600-1200 mg/dL) dan gejalanya adalah mual, muntah, nafas pasien berbau tidak sedap dan lebih cepat, bingung, rasa lesu, mengantuk, penglihatan kabur hingga pasien tidak sadarkan diri atau koma. Kondisi ini harus segera ditangani di rumah sakit karena angka kematiannya tinggi. Keadaan hipoglikemia (kurang gula darah) yang tiba-tiba juga dapat menjadi komplikasi akut DM, di mana terjadi penurunan kadar gula darah sampai < 60 mg/dL. Hal yang dapat menyebabkan terjadinya hipoglikemia adalah jika pasien minum obat gula tidak sesuai arahan dokter atau menyuntik dosis insulin tinggi, atau pasien tidak makan setelah minum obat atau menyuntik insulin. Gejala hipoglikemia adalah banyak berkeringat, berdebar-debar, rasa gemetar, rasa lapar, pusing, gelisah, dan jika berat, dapat hilang kesadaran sampai koma. Jika keadaan pasien tidak membaik atau pasien tidak sadarkan diri harus segera dibawa ke rumah sakit untuk penanganan selanjutnya. Penyakit DM yang tidak terkontrol dalam waktu lama akan menyebabkan komplikasi kronik yaitu kerusakan pada pembuluh darah dan saraf. Pembuluh darah yang mengalami kerusakan dibagi menjadi dua yaitu pembuluh darah besar (macrovascular) dan kecil (microvascular). Komplikasi pembuluh darah besar dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan kardiomiopati (bengkak jantung). Selain itu jika terkena pada pembuluh darah di otak, bisa mengakibatkan stroke. Kerusakan pembuluh darah kecil dapat mengakibatkan komplikasi pada pembuluh darah retina dan menyebabkan kebutaan dan komplikasi pada pembuluh darah di gigi mengakibatkan gigi lebih mudah bengkak dan terinfeksi.. Selain itu, dapat terjadi kerusakan pada pembuluh darah ginjal yang akan menyebabkan nefropati diabetikum (gagal ginjal). Saraf yang paling sering rusak adalah saraf perifer, yang menyebabkan perasaan kebas atau baal pada ujung-ujung jari. Karena rasa kebas, terutama pada kakinya, maka pasien DM sering kali tidak menyadari adanya luka pada kaki, sehingga luka menjadi lebih dalam (ulkus kaki) dan yang akhirnya perlu dilakukan tindakan amputasi untuk mencegah infeksi bertambah. Selain kebas, pasien mungkin juga mengalami kaki terasa terbakar dan bergetar sendiri, lebih terasa sakit di malam hari serta kelemahan pada tangan dan kaki. Pada pasien yang mengalami kerusakan saraf perifer, maka harus diajarkan mengenai perawatan kaki yang memadai sehingga mengurangi resiko luka dan amputasi. Komplikasi ini dapat dicegah dengan menstabilkan gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol darah dengan mengatur pola makan yang benar sesuai dengan pola makan khusus penderita DM, olahraga yang rutin dan minum obat.

Penyusun : dr. Adibah Editor : dr. Rena Winasis -

See more at: http://udoctor.co.id/diabetes/kompli....dkWx6YDs.dpuf

Gan kalo minum kopi tanpa gula atau hanya sedikit sekali gulanya, itu bermanfaat mengurangi diabetes ga.(Yang udah kena)
Kalo boleh share artikel nya..
Serem gan bokap ane udah kena
merokok dan stress juga salah satu pemicunya emoticon-Takut (S)
seseorang yang terkena diabetes juga harus menghindari makanan yang dapat memicu penyakit tersebut semakin tambah parah seperti gorengan, minuman berkarbonasi, makanan junk food atau makanan cepat saji, roti putih dan juga mie instan.







Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Diabetes