alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017000208/belitung-aksi-10000-masyarakat-demo-tolak-kapal-isap-di-belitung
(Belitung) UPDATE...!!! Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

Akhirnya Bupati Belitung hari ini sepakat dan menandatangi kesepakatan penolakan kapal isap dan mencabut izin penambangan timah lepas pantai.

Sebelum nya ane jelasin terlebih dahulu apa itu kapal isap...

Kapal isap merupakan Kapal yang digunakan untuk penambangan timah lepas pantai. Kapal ini merupakan pengganti kapal-kapal pendahulu nya yang digunakan oleh penambang timah jaman dahulu yaitu kapal keruk.

Cara kerja kapal isap ini yaitu menyedot pasir-pasir yang ada di laut dengan daya hisap yang sangat tinggi dan kemudian pasir yang sudah di hisap akan dipisahkan antara pasir dan timah, kemudian pasir nya dibuang kembali ke laut. Tentu saja hal ini akan sangat merusak laut dimana kapal tersebut beroperasi. Karang-karang serta biota laut yang ada akan sangat terancam.

(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
Gambar diatas menunjukkan dampak dari beroperasi nya Kapal isap. (Foto saya ambil dari Om google)

Berikut ini beberapa foto saat Aksi Demo penolakan di Tanjungpandan, Belitung yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2012 yang dimotori Oleh B-Care dan WALHI yang juga diikuti oleh berbagai kalangan Organisasi Masa dan Mahasiswa serta masyarakat dari berbagai desa/kecamatan di Belitung :

* Masyarakat berkumpul di Lapangan Bola Keramik
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Masyarakat mulai berjalan menuju Kantor Pemda Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Masyarakat mulai memasuki Kantor Pemda Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Masyarakat tenang sejenak, menunggu ritual dari perkumpulan Dukun-dukun Belitung selesai.
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Perwakilan dari Pemda Belitung yaitu oleh Sekda Belitung memberikan beberapa statement yang salah satu nya menyatakan bahwa Pemda Belitung belum pernah mengeluarkan izin kapal isap, akan tetapi dari masyarakat langsung membantahnya karena mereka memegang salinan SK izin tersebut. Sempat terjadi kerusuhan dengan lemparan batu dan botol air mineral yang berisi air dan menyebabkan salah satu kaca pintu kantor Pemda pecah dan beberapa org yang ada di depan luka-luka. Syukurnya hal ini tidak berlangsung lama, koordinator aksi bisa langsung meredakan suasana. (Mohon maaf...TS tidak sempat mengabadikan kejadian rusuh ini emoticon-Big Grin soalnya )
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Akhirnya beberapa perwakilan masuk ke dalam kantor untuk menyampaikan aspirasi nya
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Sambil menunggu perwakilan di dalam berdiskusi dengan pejabat setempat, sebagian koordinator lapangan ber orasi di depan masa.
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Dan akhirnya kesepakatan antara pejabat setempat (Sekda Kab. Belitung) dengan masyarakat terjadi, dan kesepakatan tersebut di tuangkan dalam perjanjian yang ditanda tangani berbagai pihak di atas materai. Akan tetapi, sangat disayangkan Bupati sebagai kepala daerah tidak hadir saat itu karna sedang berada diluar Belitung. Dan masyarakat mendesak untuk segera di tanda tangani oleh Bupati pada hari Jum'at ini
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

* Tidak begitu lama setelah Demo berakhir, Hujan pun turun mengguyur Pulau Belitung.. emoticon-Big Grin
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung

Semoga Jum'at ini Bupati Belitung segera menandatangin kesepakatan tersebut...

Berikut foto-foto lainnya :
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
kalau merusak lingkungan, dibiarkan beroperasi ??, tanya siapa dong ??
sumbernya dari mana?
ini kapal milik siapa? ASU atau SINGAPORE? emoticon-Big Grin
naah, gini nih demo yg tertib. suaranya pasti didengar.

war-god periants

Quote:Original Posted By kanga6us
sumbernya dari mana?
ini kapal milik siapa? ASU atau SINGAPORE? emoticon-Big Grin


Sumber gmn nya gan ? klo sumber info nya gak darimana mana... karna ane sendiri yang langsung berada di lokasi.

kapal nya itu sangat disayangkan bukan milik orang luar gan.. akan tetapi milik pengusaha indonesia sendiri, cuma mereka domisili di jakarta. jadi ya gitu, ngubek2x daerah orang trus ngabur dah klo dah dapat hasil. orang belitung sendiri yang nanggung akibatnya...
Quote:Original Posted By biak_bel
Sumber gmn nya gan ? klo sumber info nya gak darimana mana... karna ane sendiri yang langsung berada di lokasi.

kapal nya itu sangat disayangkan bukan milik orang luar gan.. akan tetapi milik pengusaha indonesia sendiri, cuma mereka domisili di jakarta. jadi ya gitu, ngubek2x daerah orang trus ngabur dah klo dah dapat hasil. orang belitung sendiri yang nanggung akibatnya...


10.000 Orang Kepung Kantor Bupati Belitung

(Belitung) Aksi 10.000 Masyarakat Demo Tolak Kapal Isap di Belitung
Sekitar 10.000 warga Belitung, Rabu (17/10/2012), berunjuk rasa menolak pemberian izin penambangan pasit timah lepas pantai. Pengoperasian kapal isap akan menghancurkan pariwisata dan perekonomian setempat.

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com- Sebanyak 10.000 orang ari berbagai elemen masyarakat menyerbu Kantor Bupati Belitung di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Rabu (17/10/2012) pagi. Mereka menolak kehadiran kapal isap di sekitar pantai Belitung.

Para pengunjukrasa yang terdiri nelayan, para pelaku wisata, komunitas adat, mahasiswa, dan aktivis lingkungan itu berorasi dan mendesak masuk ke kantor Bupati Belitung yang saat kejadian tak berada di Belitung.

Mereka menuntut Bupati Belitung mencabut semua izin mengenai tambang timah lepas pantai, baik eksplorasi maupun eksploitasi. Penolakan ini menyusul penerbitan izin (IUP) eksplorasi untuk sejumlah perusahaan tambang timah lepas pantai.

Setidaknya terdapat empat IUP yang telah diterbitkan bupati setempat di Belitung Timur dan Belitung untuk kegiatan eksplorasi tambang timah di lepas pantai Pulau Belitung. Masyarakat menilai kehadiran kapal isap akan menghancurkan laut Belitung yang selama ini menjadi sandaran ekonomi masyarakat pesisir.

"Sektor wisata dan sektor perikanan akan hancur jika kapal isap beroperasi," kata Koordinator Lapangan yang juga Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bangka Belitung Budi Ratno.

Aksi ini merupakan serangkaian aksi yang telah digelar sebelumnya terkait kapal isap. Pemerintah telah berungkali berjanji untuk hentikan tambang timah lepas pantai di Belitung. Namun, kemarahan masyarakat kembali timbul karena proses Amdal terus dipertimbangkan pemerintah.

Saat ini proses Amdal salah satu perusahaan tambang timah lepas pantai terus berjalan. Lokasinya berada di pusat nelayan teripang, ikan, dan kerang di Kabupaten Belitung.

"Ada 35 desa terancam kalau memang jadi kapal isap itu beroperasi. Di dalamnya ada usaha kecil pengolahan ikan asin dan teripang," kata Sarpan, salah satu tokoh nelayan dari Desa Keciput, Kabupaten Belitung.

Unjukrasa terus berjalan dengan keras. Warga terlihat makin beringas mendesak kantor.

Editor :Marcus Suprihadi

http://regional.kompas.com/read/2012...upati.Belitung

ini berita yang dari media Kompas gan. emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By biak_bel
Sumber gmn nya gan ? klo sumber info nya gak darimana mana... karna ane sendiri yang langsung berada di lokasi.

kapal nya itu sangat disayangkan bukan milik orang luar gan.. akan tetapi milik pengusaha indonesia sendiri, cuma mereka domisili di jakarta. jadi ya gitu, ngubek2x daerah orang trus ngabur dah klo dah dapat hasil. orang belitung sendiri yang nanggung akibatnya...


mantap gan.... ditunggu good newsnya hari jumat besok, semoga lancar dah tuh dan bupatinya ga mata duitan emoticon-I Love Indonesia (S)
Mantap. Silahkan kasih deadline ke birokrat. Bila lewat deadline kapal isap masih beroperasi, kepung dan bakar di tempat itu kapal. emoticon-shakehand
Ini nih yg bikin pantai2 jadi rusak. Maaf ya ane dari bangka. Dulu pantai2 di bangka itu bagus2 dengan air jerni lah pokoknya. Pas era tambang timah dibuka untuk umum ( siapa saja boleh menambang timah ) itu sekitar era 2000an. Hampir semua pantai rusak, air nya keruh, abrasi parah. bukan cuma pantai saja yg rusak, sungai2 juga pada keruh dan terjadi pendakalan karena pasir hasil tambang di hanyutkan lagi ke sungai. Dulu waktu kecil ane maen layangan dari pulang sekolah jam 12 sampe 6 sore pake kaos oblong gk ada istilahnya kulit gosong, sekarang 1 jam aja berjemur kulit jadi belang karena banyak hutan di babat buat tambang.
Dan yang menjadi masalah baru adalah keamanan (maaf) pekerja tambang dari luar daerah (luar pulau) beramai2 datang ke bangka (gaji harian sebagai penambang kala itu bisa melebihi gaji org kantoran di kota besar hitungan ratusan ribu per hari, makan, camp ditanggung bos), awalnya kerja tapi begitu 1 sudah tidak dibutuhkan lagi ( krn tambang ditutup yg punya krn tidak menghasilkan lagi) mulai lah terjadi beberapa tindak kejahatan ( maaf bukan menuduh, tapi sudah ada bukti emang hanya beberapa org dari kumpulan yg datang tersebut).
ane stuju kalo emang merusak lingkungan ngapaen dibiarin
dukung pelestarian alam
Miris gan, ane sebagai putra babel prihatin dng keadaan yg trus terjadi gini,
Kerusakan lingkungan bkl membuat dampak buruk bagi BABEL....

Harusnya pemerintah daerah dan propinsi menindak tegas bagi para perusak lingkungan......

Tapi susah, EKO MAULANA ALI gubernur babel aja punya kapal isap dan smelter, secara dy jg berkecimpung di bisnis ini.....

Klo aja MEGAWATI ga mengizinkan eksplorasi dan eksploaitasi TAMBANG TIMAH secara bebas, mgkn BABEL ga kaya gini......

Ane rasa masyarakat babel bisa hidup tanpa bergantung penuh thdp tambang timah, toh dah sejak jaman BELANDA, BABEL dikenal dng penghasil lada dll...

Tanya knp babel bisa sperti ini, smua ini kepentingan oknum perorangan, dari masyarakat sampai pemerintahan, harga TIMAH yg melambung tinggi membutakan semua orng utk mendapat hasil instan tanpa memikirkan dampak di masa depan......

Btul kata agan, sungai yg dulu jd tempat FAVORIT ane dan teman2 masa kecil bermain, skrg sdh menjadi lahan tambang dgn air kopi susu, laut yg dulu hampir tiap bulan ane datangi bersama keluarga, skrg sudah menjadi tempat yg tdk enak dipandang mata.......


SELAMATKAN BABEL, ANAK CUCU KITA NANTI MAU MAIN DI SUNGAI YG MANA, PANTAI YG MANA, HUTAN YG MANA?????????

Lam knl gan
jauh dari akal sehat klo muspida g kecipratan setoran emoticon-Embarrassment
tuh kapal isap punya mitra / PT. Timah apa bukan?
Quote:Original Posted By vanstox
Miris gan, ane sebagai putra babel prihatin dng keadaan yg trus terjadi gini,
Kerusakan lingkungan bkl membuat dampak buruk bagi BABEL....

Harusnya pemerintah daerah dan propinsi menindak tegas bagi para perusak lingkungan......

Tapi susah, EKO MAULANA ALI gubernur babel aja punya kapal isap dan smelter, secara dy jg berkecimpung di bisnis ini.....

Klo aja MEGAWATI ga mengizinkan eksplorasi dan eksploaitasi TAMBANG TIMAH secara bebas, mgkn BABEL ga kaya gini......

Ane rasa masyarakat babel bisa hidup tanpa bergantung penuh thdp tambang timah, toh dah sejak jaman BELANDA, BABEL dikenal dng penghasil lada dll...

Tanya knp babel bisa sperti ini, smua ini kepentingan oknum perorangan, dari masyarakat sampai pemerintahan, harga TIMAH yg melambung tinggi membutakan semua orng utk mendapat hasil instan tanpa memikirkan dampak di masa depan......

Btul kata agan, sungai yg dulu jd tempat FAVORIT ane dan teman2 masa kecil bermain, skrg sdh menjadi lahan tambang dgn air kopi susu, laut yg dulu hampir tiap bulan ane datangi bersama keluarga, skrg sudah menjadi tempat yg tdk enak dipandang mata.......


SELAMATKAN BABEL, ANAK CUCU KITA NANTI MAU MAIN DI SUNGAI YG MANA, PANTAI YG MANA, HUTAN YG MANA?????????

Lam knl gan


Dulu mah gan sungai tempet maen favotit walo pulang2 ke rumah ane di kejer2 pake sapu ( maklum gk di izinin maen ke sungai agan pasti tau kenapa hehehe ) mandi2 ( maen aer di sungai ) dulu bisa berjam2 kalo sekarang kena kaki aja aernya rada jijik, aernya paling 30 cm lumpurnya 1 meter hadow hadow jadi bahayakan. coba anak2 yg maen yg biasa mokat tenggelam dalem aer sekarang mokad tenggelam dalem lumpur. Pengalaman pribadi ni ya gan, ane maen kesungai ( waktu TI udah di perbolehkan) lagi jalan2 mo mancing tiba2 jlebbbb..... masuk lupur sebatas pinggang mana temen ane kabur gk bantuin untung deket sama tanah pijakan yg keras jadi dengan susah paya sendirian bisa naek lagi ck ck ck.

lam kenal gan