alexa-tracking

[Sekedar Informasi] Tahanan Korupsi Hanya 1 Orang, Keseriusan Polri Dipertanyakan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016936649/sekedar-informasi-tahanan-korupsi-hanya-1-orang-keseriusan-polri-dipertanyakan
Breaking News! 
[Sekedar Informasi] Tahanan Korupsi Hanya 1 Orang, Keseriusan Polri Dipertanyakan
Quote:Tahanan kasus korupsi sangat kontras dibandingkan dengan tahanan Dirtipidum yang mencapai 31 orang lebih (kebanyakan kasus judi) dan Dirtipidsus yang mencapai 12 orang.

Polri tak pernah luput mengklaim jika pihaknya serius untuk ikut berjibaku bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan dalam perang melawan korupsi.

Hanya saja, jika klaim keseriusan itu ditilik dari jumlah tahanan kasus korupsi di Rutan Bareskrim Polri, tampaknya klaim itu hanyalah pepesan kosong.

Saat ini, berdasarkan data yang dikumpulkan, jumlah tahanan kasus korupsi di Rutan Bareskrim yang ditangani Ditipidkor Bareskrim Polri hanya satu orang.

Dia adalah Budi Susanto, 46, yang ditahan sejak 3 Agustus. Budi adalah tersangka kasus Simulator SIM Korlantas.


Dalam kasus ini sebenarnya ada tiga tersangka lainnya yang juga ditahan oleh Ditipidkor. Mereka adalah Brigjen Didik Purnomo, Ajun Komisaris Besar Teddy Rusmawan, dan Komisaris Legimo.

Tapi mereka bertiga di tahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat karena alasan keamanan.

Tahanan kasus korupsi yang cuma semata wayang ini tentu sangat kontras dibandingkan dengan tahanan Dirtipidum yang mencapai 31 orang lebih (kebanyakan kasus judi) dan Dirtipidsus yang mencapai 12 orang.

Quote:Apalagi, jika Budi Susanto akan diserahkan ke KPK, sebagaimana perintah SBY, maka habislah tahanan kasus korupsi di Bareskrim Polri.

Lalu apa saja yang dilakukan Dirtipidkor Bareskrim Polri sehingga terkesan melempem karena tidak ada penyidikan kasus korupsi menonjol yang mereka tangani selain kasus Korlantas?

Kabag Penum Polri Kombes Agus Rianto yang dikonfirmasi soal ini kontan membantah. Menurutnya akan ada sejumlah kasus korupsi tingkat elit dan kakap yang akan segera diungkap Bareskrim Polri.

"Salah satunya Gubernur Maluku Utara (Thaib Armayin) yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dia akan segera diperiksa di Bareskrim untuk kemudian dilakukan penahanan bila diperlukan. Juga ada seorang walikota atau bupati di Kalimantan yang juga sudah jadi tersangka," katanya Sabtu (13/10) siang.

Thaib yang merupakan mantan Ketua DPD I Partai Demokrat Maluku Utara itu terseret kasus dugaan korupsi APBD tahun 2004 pada pos anggaran Dana Tak Terduga senilai Rp 6,9 miliar. Dia sudah dicekal untuk bepergian keluar negeri.

Karo Penmas Polri Kombes Agus Rianto juga tak mau kalah memaparkan fakta. Menurutnya tidak benar jika Dirtipidkor yang digawangi Brigjen Noer Ali itu adem ayem tak ada kerjaan.

Menurut data yang dia tunjukan, hingga September 2012 ini ada 885 perkara korupsi yang diterima polisi di seluruh kantor-kantor polisi di Indonesia.

Dari jumlah itu 329 kasus berhasil dilimpahkan ke Kejaksaan (P21) dan 27 kasus dihentikan alias SP3 dengan alasan yang beraneka ragam.

Dari total perkara yang dilaporkan itu, potensi keuangan negara yang ditilap sebesar Rp 1,670 triliun.

"Dari jumlah itu Rp 190 miliar berhasil disita dan dikembalikan ke negara. Itu memang data performance pemberantasan korupsi oleh seluruh polisi di Indonesia. Kalau spesifik apa yang dikerjakan Dirtipidkor, memang belum terbaca dari data ini," imbuhnya.

Agus juga tak mengetahui lebih detil kasus-kasus korupsi yang ditangani Bareskrim Polri di tengah "belantara" kasus korupsi.

EMBER

Quote:Udah hanya satu kasus SIMulator pula
wah kayaknya tar bakal ada yang dikorbanin buat nambah jumlah tahanan tuh gan,
padahal kayaknya klo dolo bisa lepas dah klo bisa bayar..ini kayaknya loh,..
habis ini polri mememoticon-babi buta dalam menetapkan tersangka,atas kasus2 korupsi yg udah diterimanya. Demi ngejar target.. emoticon-Big Grin

Quote:Menurut data yang dia tunjukan, hingga September 2012 ini ada 885 perkara korupsi yang diterima polisi di seluruh kantor-kantor polisi di Indonesia.
Polri ?? apa si itu ? Pemalak Orang Lemah Republik Indonesia ??

Komputer di Polri Error

Itu komputer kalau di kepolisian, dikasih command "koruptor", yang keluar adalah message: "system error".

Selanjutnya, "Press Del to continue...."
masih mending daripada gak ada sama sekali emoticon-Hammer2

kayak gak tau tradisi polisi indonesia aja..

selalu menunggu saat yang tepat emoticon-Cape d... (S)
napi korputor nya di delete sama vbot
makanya tinggal 1 doang...kebanyakan napinya repost
yah ga mungkin lah , pulisi2x sadar diri trus masuk kurungan sendiri, ya ga emoticon-Big Grin

kenapa diindonesia korupsi merajarela?
ya krn semuanya korupsi, ga ada yg bersih, ga mungkin toh penjahat nangkep penjahat emoticon-Big Grin
thanks gan, nais inpoh banget nih
harap maklum gaji pulisi kecil, kalau dimasukan penjara semua nanti ngga ada tambahan lagi emoticon-Malu
polisi di lawan... paling ujung ujungnya wani piro, dibayar ma koruptor ya dilepas lha koruptornya
ya mungkin karna tahanan korupsi kan ada uang tuh... emoticon-Big Grin
jadi bisa tau sama taulah... emoticon-Cape d... (S)

satu juga kasus korlantas SIM emoticon-Cape d... (S)

ketahuan baru dah koar2,
... akan ada... akan ada ... ckckck kayak foke kampanye aja... emoticon-Big Grin
kan wakapolri udah ngaku kalo anak2nya digaji ga cukup, makanya dimaklumkan kalo mau nakal..

pastinya kasus korupsi adalah ladang yg basah tuh..