CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
"Diary of Sulteng" - menikmati wisata alam Sulawesi Tengah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016917959/quotdiary-of-sultengquot---menikmati-wisata-alam-sulawesi-tengah

"Diary of Sulteng" - menikmati wisata alam Sulawesi Tengah

Quote:


"Diary of Sulteng" - menikmati wisata alam Sulawesi Tengah

PROLOG

Berawal pada April 2010 yang lalu, tiba-tiba... (eng ing eng)...
Ditugaskanlah seorang jejaka dari tanah Jawa ke Palu, ibukota Sulawesi Tengah emoticon-Cape d... (S)
Awalnya kaget karena harus merantau cukup jauh, ga punya saudara ga punya teman emoticon-Berduka (S)
Tetapi, demi jiwa nasionalisme yang tinggi emoticon-I Love Indonesia (S) berangkatlah saya (asal Jateng) dan teman saya (asal Jatim) ke Palu...

Kesan pertama begitu keluar dari pesawat ---> HOOOTTT emoticon-Cape d... (S)
Secara Sulteng emang salah satu provinsi yg kelewatan Katulistiwa, bayangin donk Jakarta aja dah mayan hot, ini lebih hot lagi... emoticon-Mad (S)

Dua minggu awal di Palu dilewatin dengan hambar (secara cuma 2 jejaka jalan kesana kemari ga tau arah) hingga suatu ketika ketemu temen SMA yang lagi tugas sebagai dokter PTT di daerah pelosok. Bermula dari situ mulailah petualangan-petualangan seru karena akhirnya punya banyak temen di Palu dan enak buat diajak jalan emoticon-Kiss (S) (meski skrg udah pada sibuk ama keluarga dan kesibukan masing-masing - imissyouguys)


"Diary of Sulteng" - menikmati wisata alam Sulawesi Tengah
ket: foto diatas bukan gw... suer... itu temen gw si dokter cakep emoticon-Najis (S)


Apa aja yg udah kami kunjungi akan coba saya tulis pada post- post berikut:

1. Tanjung Karang Beach (Most Recommended Place yg wajib dikunjungi)
2. Taipa Beach (wisata pantai di dekat Kota Palu)
3. Donggala Hill (Perbukitan Donggala ala Hollywood)
4. Matantimali (puncak diatas Kota Palu)
5. Danau Lindu (Taman Nasional)
6. Danau Talaga (Danau dekat laut dengan muara yang ciamik)
7. Kota Palu (dalam berbagai sudut pandang perantau)

Apabila berkenan mohon tinggalkan jejak...
Jangan lupa kasih emoticon-Rate 5 Star
Jangan lupa kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Terima kasih atas kunjungannya emoticon-Shakehand2

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Halaman 1 dari 2

Tanjung Karang Beach

Pantai Tanjung Karang merupakan salah satu favorit saya untuk dijadikan tujuan refreshing.
Dari Kota Palu perjalanan ke Pantai Tanjung Karang sekitar 35km dengan waktu tempuh 45 menit. Santai aja jalan sudah bagus kok, pake citycar ga ada masalah.
Spoiler for Peta Tanjung Karang:


Sebenarnya kami sudah beberapa kali kesana, tetapi ada satu agenda trip yang cukup asyik... emoticon-thumbsup
Ketika itu kami berangkat dari Kota Palu sore, jadi kami berencana menginap di Pantai Tanjung Karang. Di sana ga perlu khawatir masalah tempat menginap, karena banyak disediakan cottage-cottage di pinggir pantai untuk disewakan dari yg fasilitas standar hingga cottage yang kebanyakan dipake bule-bule emoticon-Wowcantik. Harga sewa cottage disana bervariasi antara 200-350rb semalem sampe yang diatas 500rb (cottage Prince John).
Kebetulan waktu itu salah satu temen punya kenalan yg punya cottage jadi saya sendiri ga tau habisnya buat sewa berapa tapi kayanya sekitar 250rb sih...
Spoiler for Cottage Biasa:

Spoiler for Cottage Prince John:


Oh iya, biaya masuknya (retribusi wisata) saya lupa cuma terakhir saya kesana kayanya 1 mobil isi 5 orang sekitar 20rb (maaf lupa itungannya gmana)

Malamnya kami menikmati pantai tanjung karang, maen-maen di pantai pas malam hari yg tenang dan diiringi suara ombak dikit2 ternyata menyenangkan, sayang ga bawa pasangan waktu itu emoticon-Embarrassment
Kami juga main-main teknik foto malam hari pake cahaya senter... emoticon-Malu (S)
Spoiler for Foto Malam Hari:


Setelah puas bermain-main akhirnya kami berangkat tidur, lumayan cottagenya masih bersih, tetapi di ruang sebelah ada yg keganggu tidurnya karena suara ngorok emoticon-Ngakak (S)

Dan malam pun berganti pagi... (ceileeee...)emoticon-Najis (S)

Ketika badan sudah digerak-gerakkan sedikit (basa jawanya: ngulet), kami pun jalan-jalan liat keindahan pantai pasir putih...
Spoiler for Pasir Putih Pantai Tanjung Karang:


Akhirnya kami pun ga tahan godaan air laut.. emoticon-Betty (S)
ga pake lama pun kami nyebur ke pantai...
Spoiler for Byuuur....:


Cuma nyebur di pinggir pantai tidak juga membuat kami puas, sehingga kami putuskan untuk sewa kapal (sekitar 75rb) dan membawa kami ke agak tengah laut untuk menikmati keindahan alam bawah laut emoticon-Kiss (S)
Spoiler for Suasana di Kapal:


Begitu sampai di spot snorkeling, akhirnya kamu nyebur....
(pelampung dan kacamata banyak disewakan antara 15rb-20rb)
Spoiler for Keindahan Bawah Laut:


Capek bermain di Tanjung Karang, kami pun pulang....
Singgah makan siang di Donggala, disana banyak warung ikan laut...
Kebetulan dulu sempet dipamerin Lobster Raksasa yang katanya mau diekspor emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Lobster Raksasa:

Taipa Beach

Taipa Beach terletak sekitar 10km dari pusat Kota Palu, cukup dekat memang jadi tidak buang banyak waktu kalau mau main kesini...
Spoiler for Peta Taipa Beach:


Sayangnya pantai disini tidak sebagus Pantai Tanjung Karang, airnya agak kotor saya pribadi jadi males kalo mau nyebur disini emoticon-Najis (S) Tapi meski begitu temen2 saya masih aja nyebur... emoticon-Cape d... (S)

Satu poin yg mendongkrak area wisata ini adalah sudah dibangunnya prasarana penunjang seperti taman yang sudah tertata, warung-warung dan sarana wisata lain juga sudah ada...

Bingung mau cerita apalagi disini, jadi mending liat aja deh di foto-foto berikut
Spoiler for Taipa Beach:


Spoiler for Tugu Taipa Beach:

Donggala Hill

Yah... saya sendiri belum tau apa nama beken tempat ini... kalo boleh saya sebut sih saya kasih nama "Donggala Hill" hahaha.... emoticon-Ngakak (S)

Yang jelas kalo mau ke Tanjung Karang, pasti lewat sini... yah meski ga ada tempat "resmi" buat kongkow2 setidaknya disini bisa jadi spot buat foto-foto sejenak... Bahkan ketika keluarga saya datang ke Palu, saya sempatkan juga berfoto disini sebagai tanda bukti sudah maen ke Sulawesi Tengah...

Tapi saat ini sedang ada reklamasi, ga tau mau buat apa, denger2 sih mau dibikin hotel dengan view laut... yah kita liat aja nanti...

Oh ya, foto di malam hari juga cukup cakep loh hasilnya... emoticon-Kiss (S)

Spoiler for Donggala Hill:


Spoiler for Perkantoran Donggala:

Matantimali

Matantimali adalah salah satu spot yg berada di ketinggian...
Dan ini adalah salah satu tempat yang saya suka dimana saya tidak merasa kepanasan di Sulawesi Tengah emoticon-Ngakak (S)

Sebetulnya saya kesini ketika diajak temen saya untuk mengunjungi tempat kerjanya di Puskesmas Dombu, tapi apa salahnya sekalian sambil jalan2... emoticon-Malu (S)

Perjalanan ke puncak bisa ditempuh dengan motor atau mobil, tapi kalo mobil jalannya aga ngeri karena sempit dan musti pake sopir yg bener2 ngerti medan. Jadi kita putuskan buat naek motor rame2...

Sekitar 1 jam kita baru nyampe di lokasi dan benar saja, Kota Palu terlihat indah dari atas... Kata teman saya, daerah disekitar sini emang cukup tinggi bahkan tidak jarang posisi awan itu dibawah kita, jadi serasa berdiri diatas awan...

Oh ya tempat ini juga digunakan sebagai tempat olahraga paralayang, dan pernah digunakan sebagai arena dalam kejuaran PON.

Spoiler for Matantimali:

Danau Lindu

Nah kalo yg satu ini sebenarnya perjalanan saya sekaligus perjalanan dinas. Jadi ceritanya mau ada Perayaan Festival Danau Lindu dimana akan ada kegiatan kesenian dan budaya yang dipusatkan di Danau Lindu, sehingga saya diajak oleh bos di kantor buat nengok kesana sekaligus mau ambil sampel air Danau Lindu. emoticon-Kiss (S) (meskipun ternyata festivalnya ditundaemoticon-Cape d... (S))

Semangat donk pastinya...
Browsing2lah mengenai Danau Lindu dan didapet cerita bahwa jalan akses kesana itu termasuk jalan yg ngeri emoticon-Cape d... (S)

Ya sudah, berbekal semangat 45 kita berangkat ber3 dari Palu ke Kecamatan Kulawi di Kabupaten Sigi. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam untuk sampai ke pintu gerbang pendakian Danau Lindu.

Begitu sampe di pintu gerbang, disana sudah banyak ojek2 yang siap mengantar kita sampai ke Danau Lindu. Ketika itu sedang abis ujan sehingga jalan lumayan licin dan mereka pasang tarif 100rb untuk mengantar PP, katanya kalau jalannya nggak becek sih mereka mau kasih lebih murah.

Ya sudah, kita berangkat naik 3 ojek dan ternyata benar, jalan pendakian Danau Lindu cukup ngeri, sebelah tebing dan sebelah jurang... Apalagi kita ga pake helm emoticon-Cape d... (S)
Dan saya kasih saran kalau mau kesini usahakan pas musim kemarau deh biar jalan ga becek, ngeri broooo... Mana tukang ojek nya cerita kalau sering ada orang jatuh ke jurang akibat lom biasa naek keatas...emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Jalan Akses Pendakian Danau Linu:


Sampai di tengah pendakian karena cuaca aga gerimis, kita berenti di semacam pos gitu lah...
Spoiler for Pos Istirahat:


Akhirnya kita sampai ke Dusun di Danau Lindu meski jalannya masih becek emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Jalan Dusun:


Begitu sampai di Danau Lindu puas sudah hati ini... Kita menuju ke area Cottage dan dermaga.
Spoiler for Cottage dan Dermaga:


Karena tujuan kita mau ambil sampel air, maka kita pergi sewa kapal (kalau ga salah 250rb karena kita hanya mengelilingi separo danau)
Spoiler for Kapal di Danau Lindu:


Di tengah Danau Lindu terdapat Pulau Kecil semacam Pulau Samosir di Danau Toba
Spoiler for Pulau di tengah Danau Lindu:

Spoiler for Cottage diliat dari tengah Danau Lindu:


Setelah puas berkeliling kita pun makan ikan mujair bakar khas Danau Lindu (25rb/porsi) dan pulanglah kita karena cuaca waktu itu mendung. Kalau sampai hujan bisa2 kita nginap disana deh meski ada cottage yg harganya katanya sekitar 150-200rb saya ga tau pastinya...

Danau Talaga cs

Danau Talaga berada di Kabupaten Donggala, berjarak sekitar 120km dari Kota Palu dan bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan dengan mobil.
Spoiler for Peta Danau Talaga:


Kebetulan waktu kesana bareng ama rekanan yang lagi cari data, jadi saya cuma ikut menemani sekaligus jalan2...
Setelah 2 jam perjalanan (jalan saat ini sudah mulus gan) akhirnya kami sampai di Danau Talaga. Bermain air sebentar lalu kami putuskan sewa perahu untuk membawa kami ke seberang danau. Waktu itu sewa perahu ke warga dan cukup mengganti uang bensin dan uang rokok sekedarnya.

Danau Talaga ini marupakan danau yang cukup dekat dengan muara di Laut. Danau ini sering digunakan sebagai tempat olahraga dayung dan disini sudah dibangun camp untuk olahraga dayung.
Spoiler for Danau Talaga:


Setelah puas dari Danau Talaga, kami melanjutkan melihat ke muara danau yang masuk ke laut. Kata penduduk sekitar, sungai yang menuju muara banyak buaya (tapi bukan buaya darat yah emoticon-Cape d... (S)).

Ternyata pantai disini cukup bagus dan masih alami... Pasir putih dan ada batu kecil menjulang di Pantai... ga rugi deh sudah maen kesini....
Spoiler for Muara:

Spoiler for Pantai di Muara Danau Talaga:


Nah kalo ini bonus foto di perjalanan lain ketika saya dan gank maen ke Tompe, tepatnya kalo ga salah di Pantai Enu (terletak antara Palu dan Talaga)....
Spoiler for Pantai Enu:
-= Reserved =-
manteb gan perjalanannya pasti menyenangkan yah emoticon-Blue Guy Smile (S)
Quote:


Makasih gan... Monggo dijadiin list tujuan sapa tau besok2 mampir kemari.... emoticon-Malu (S)
Keren gan poto2nya.. saran ane mungkin agan bisa jalan2 ke puncak poboya daerah penambangan pemandangannya hampir sama dengan puncak matantimali tapi tidak setinggi dsana.. yang pasti seru juga.. emoticon-Angkat Beer
Quote:


dah pernah ke Poboya sih tapi cuman lewat... kalo ada foto2nya boleh donk dishare sekalian gan.... emoticon-thumbsup
wahhh ini dia theardnya ternyata ada kaskuser palu yg buat theardnya
-
krenn banget neh gan emoticon-shakehand:
Quote:


makasih gan.. cuma iseng-iseng aja gan daripada kesepian merantau hahahaha... emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Sundul Up

Sapa tau ada yg mau liburan akhir tahun... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
suasana pantainya masih indah banget yah emoticon-Matabelo
nemu jg thread wisata paluemoticon-Traveller bntu sundul emoticon-Sundul
lanjuutt gan..klo pny crta tmpat2 wisata lain di wil sulteng update lg yaaa..kyk saloupa waterfall, situs megalitikum boleh tu..ato mgkn togean emoticon-Wowcantik
btw salam kenal gan...sesama perantauan di palu emoticon-Shakehand2
Ane tambahin deh video ny emoticon-Big Grin

Sulawesi Tengah Exploration


Negeri diatas awan "Matantimali"


Enjoy emoticon-Big Grin
traveling di sulawesi trus istirahat sambil menikmati Buras/Burasa, mantab brooo
Quote:

iya gan... masih banyak yg alami.... emoticon-Kiss (S)

Quote:

lam kenal juga gan... sapa tau bisa hangout bareng... tapi sekarang dah susah soalnya dah punya buntut unyil.... emoticon-Malu (S)

Quote:

makasih gan... di lanjut lagi update-an nya gan....

Quote:

betul... mantap itu....

Sudah 4 bulan di Palu malah baru tahu Tanjung Karang. Mantap gan critanya. Pengen jalan2 juga ahh ngikutin jejak agan.
Btw, sudah ke Pusat Laut blum? Bagus juga tuh.
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di