alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016887114/bahasa-inggris-dihapus-attitude-akan-dimasukkan-kurikulum
Video & Image 
Bahasa Inggris Dihapus, Attitude Akan Dimasukkan Kurikulum
Quote:Bahasa Inggris Dihapus, Attitude Akan Dimasukkan Kurikulum


[url=JAKARTA - ]sumber[/url]Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengubah kurikulum pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), di antaranya penghapusan mata pelajaran bahasa Inggris. Kurikulum baru ini akan diterapkan pada 2013 mendatang.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan, kurikulum yang sekarang ini masih kurang tepat. Dalam setiap kurikulum terdapat tiga kompetensi, attitude, skill dan knowledge. Namun, selama ini hanya fokus kepada peningkatan knowledge dan skill.

"Banyak studi dari ahli, attitude terabaikan ketika mata pelajaran semakin banyak. Dalam penataan kurikulum ke depan, kita akan mengurangi jumlah mata pelajaran, sehingga attitude kita berikan sejak awal," papar Musliar, di Menara 165, TB Simatupang, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Musliar mengimbuh, banyaknya beban mata pelajaran yang diberikan kepada pelajar tidak tepat. "Anak lebih banyak mempelajari pelajaran ketimbang kognitifnya, maka kami akan lakukan evaluasi," jelasnya.

Masalah attitude, misalnya budi pekerti, kata Musliar, sangatlah penting. Dengan attitude baik yang ditanamkan sejak usia dini, tentu nantinya akan baik hingga dewasa.

"Kita sadari, pendidikan budi pekerti sangatlah penting, justru dari awal. Ketika anak terbentuk attitudenya dari awal, nanti ke atasnya akan baik begitu saja," ujarnya.



bnr bgt pak ente biar mencetak generasi yg lbh beretika

Ngakak 

pelajaran etika memang perlu banget diajarkan sejak dini,

cuma menurut ane b. inggris juga ga bisa ditinggalkan, paling ga kelas 5/6 SD sudah mulai di ajarkan walaupun jam nya sedikit, b. indonesia nih jangan dilupakan

"secara gitu loh abg jaman sekarang sering bilang WOW" emoticon-Cape d... (S)

atu lagi, di kenalkan sejak dini budaya lokal biar ga lupa sama budaya sendiri emoticon-I Love Indonesia (S)
bahasa internasional dihapus?? wow.. apa kata dunia.
terus apa budi pekerti seorang manusia nanti juga bakalan dinilai pake angka angka..? emoticon-Big Grin
jadi buruh pabrik outsource ga perlu bahasa inggris
nyatanya bener juga, bahasa daerah aja pada ga tau.. ga usah muluk2 dulu lah.... nati juga di smp dapet bahasa inggris
baguslah kalau begitu, nanti SMP juga masih bisa belajar bahasa inggris kan, asal nama pelajarannya jangan "attitude" nanti bingung anak2nya, lha bahasa inggris aja belon belajar udah dikasih mata pelajaran pake nama bhs inggris emoticon-Hammer
bener sih, utk tingkat SD jgn dibebankan banyak mata pelajaran. emoticon-I Love Indonesia (S)
sip mantap kalo emang jadi dididik pelajaran etika sejak SD..
cuma ane kira bhs inggris juga ga boleh ditinggalkan. apalagi jaman sekarang mulai adanya perubahan iklim pasar dari negara barat ke Asia. emoticon-Malu
Kenapa gak ditambah aza pelajaran etika.. gak setuju ane bahasa inggris dihilangkan... emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By bimo77
Kenapa gak ditambah aza pelajaran etika.. gak setuju ane bahasa inggris dihilangkan... emoticon-Cape d... (S)


tujuannya kan menghilangkan beban om...^^
ayo jangn smpe kecolongan lagi pak, udah liat bejatnya moral ababil2 10 tahun kebelakangkan? belajar bahasa inggris itu mudah. mudah kalipun dibanding beljr attidute
kayaknya baru indonesia nih, yg soal khusus tingkah laku dimasukin kurikulum, ngenilainya gimana coba emoticon-Ngakak (S)
perasaan dulu ane sd budi pekerti kan udah gabung tuh ama ppkn

mestinya kalo alasan sekolah terlalu capek, beban terlalu banyak mending hari sabtu diliburin, jangan mata pelajarannya yg dihilangin.
Bahasa Inggris di hapus...? emoticon-Kagets

Singapura justru menekankan Pelajaran Bahasa2 Internasional ... emoticon-Ngacir

Yang benar tuh... hentikan tayangan2 Berita2 Kekerasan di TV-TV... emoticon-Ngacir

guru bahas inggris sd bnyak yang nganggur dong....emoticon-Bookmark (S)emoticon-Bookmark (S)
Haree gini, bahasa inggris dihapus??? gak salah tu kurikulumnya??
Quote:Original Posted By emhafidz
guru bahas inggris sd bnyak yang nganggur dong....emoticon-Bookmark (S)emoticon-Bookmark (S)


gak akan nganggur gan, kan dia bisa ngajar yang lainnya.
lagian bahasa inggris di SD untuk apa ? gak berguna juga kok, SD harus di ajari pelajaran2 dasar ilmu pengetahuan dan sosial masyarakat supaya gak jadi generasi yg alay. supaya jadi generasi yang perduli sama lingkungan dan masyarakat.

bahasa inggris lebih baik di pelajari di SMP. kalo mau bisa bahasa inggris ya kursus aja, bahasa inggris bukan bahasa yang susah di pelajari kok

gue si setuju tuh di kashi pelajaaran etika gitu.
Inggris di SD ? NOWAY !
Pelajari aja bahasa indonesia deh biar gak pada pake bahasa Alay.

ini referensinya
http://www.edu.gov.on.ca/eng/curricu...ry/grades.html
ane setuju banget gan..

pemerintah sekarang ingin mengurangi volume/beban pelajaran anak SD, dan akan difokuskan untuk materi2 pengembangan karakter dan moral,,sedangkan ilmu pengetahuan lainnya dapat diberikan pada pendidikan lanjutan..dan bahasa inggris ga terlalu berguna buat anak SD..agan coba bayangkan anak kelas 1 SD dikasi pelajaran bhs inggris,,padahal baca tuisan bahasa indonesia aja susah,,gmn coba ngerjakan soal bhs inggris yang kebanyakan tulisan dan pelafalannya berbeda (menurut standar abjad bahasa indonesia),,akhirnya yang ngerjakan PR nya adalah ortunya (kisah nyata nih)...

agan lihat juga isi tas anak SD jaman sekarang dan lihat seberapa berat buku2 bawaan mereka yang banyak..ini tidak wajar dan dapat mengganggu perkembangan fisik dan psikologis anak SD,,,

ane salah satu orang yang mendukung diberikannya waktu lebih banyak buat anak2 untuk bermain,,stop les/kursus2 luar sekolah yang hanya memberatkan anak2...
justru seharusnya pelajaran bahasa asing dimulai sejak anak masih kecil biar gampang menguasainya.

justru pelajaran etika kyknya gak perlu banget deh, kan udah ada PMP.
Quote:Original Posted By emhafidz
guru bahas inggris sd bnyak yang nganggur dong....emoticon-Bookmark (S)emoticon-Bookmark (S)


nyantai aja gan...kan bisa dipindahkan ke pendidikan tingkat menengah,,jadi ini hanya soal relokasi guru (tapi ini yang guru PNS aja ya,,kalo guru bhs inggris swasta ya ane ga tau gan gimana nasibnya, harus pinter2 cari tempat baru emoticon-Hammer )
×