alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016871974/sebelum-dan-ketika-menyelam
Sebelum dan Ketika Menyelam
Quote:Quote:Sebelum dan Ketika Menyelam


daniel a. Carnadie, instruktur dari bubbles dive center, membantu memastikan bahwa
sebagai pelancong bawah laut pastikan anda tahu aturan main dan sopan santun. Sehingga,
keelokan laut tetap terjaga dan anda layak menyandang sebutan penyelam ramah lingkungan.

Quote:
Quote:Sebelum Menyelam

Quote:berlatih mengendalikan berat badan dan daya apung

penyelam pemula harus menguasai teknik daya apung (buoyancy). Kemampuan mengontrol daya apung ini membuat anda lebih nyaman, ringan, dan membantu anda untuk menghindari kerusakan lingkungan. Karena, dengan cara ini anda menyelam tanpa menyentuh pasir atau karang.


Quote:rencanakan secara detail

kenali terlebih dulu karakter dive site yang akan anda selami. Kondisi di dalam air sangat mungkin berubah setiap saat. Waspadai pergerakan gelombang yang dapat mengurangi kemampuan visual anda. Menyiapkan rute penyelaman secara detail menghindarkan anda tersesat dan hilang arah. Kurangnya persiapan medan bisa menyapu anda ke dalam karang. Benturan anda akan menyebabkan kerusakan pada karang dan alat selam. Lebih jauh, bisa-bisa anda kehabisan udara.


Quote:memasang alat selam dengan sempurna

ini sangat penting. Anda harus mampu merampingkan peralatan seperti selang, regulator untuk menempel dekat dengan badan, tidak boleh menggantung. Jika menggantung, kemungkinan alat tersebut akan menyangkut di karang, sehingga bisa merusak alat dan karang. Setiap penyelam dituntut mandiri dan bertanggung jawab pada peralatan yang terpasang di badannya.


Quote:pilih operator diving yang memakai jangkar apung

operator ramah lingkungan biasanya menggunakan mooring buoy sebagai alat tambat. Mooring buoy adalah suatu blok yang tertanam di dasar lautan, di atasnya terdapat pelampung besar sehingga kapal dan perahu yang berhenti bisa menautkan kapal di pelampung tersebut. Melempar jangkar ke dalam laut efeknya seperti mengempaskan bom atom ke atas sebuah kota. Jangkar yang dilempar bisa menghancurkan terumbu karang di dasar laut. Bayangkan kerusakan hebat yang terjadi jika ada 10 kapal yang melakukan praktik melempar jangkar setiap harinya


Quote:Sebelum dan Ketika Menyelam


Quote:Ketika Menyelam

Quote:lihat boleh, sentuh jangan!

setiap penyelam sebaiknya mempunyai awareness terhadap lingkungan yang ia kunjungi. Analoginya, jika anda bertamu ke rumah orang, anda tentu tidak boleh membuka laci atau menyentuh benda-benda milik tuan rumah. Begitu pula ketika masuk ke laut, anda tidak boleh menyentuh biota laut, seperti ikan, penyu, atau terumbu karang. Sebab, hal ini dapat membuat biota laut stres. Begitu juga saat anda ingin mengabadikan keindahan bawah laut dengan kamera atau video. Perhatikan lokasi tempat anda mengambil gambar. Jangan hanya karena terlalu fokus mengabadikan facebook moment, anda memijakkan kaki di atas terumbu karang.


Quote:jangan menendang pasir ke permukaan karang

ketika anda bergerak maju, anda harus mampu mengendalikan gerakan fin atau sepatu katak sehingga tidak menendang karang atau pasir di dasar laut. Debu pasir yang menutup permukaan karang bisa menghambat pertumbuhan mereka. Pilihlah sepatu katak karet yang pas sehingga anda dapat mengontrol daya apung secara optimal.


Quote:hindari memberi makan hewan laut

para peneliti telah paham bahwa memberi makanan hewan laut liar, seperti hiu, belut laut, dan ikan barakuda dapat mengubah kebiasaan makan dan keseimbangan asupan nutrisi hewan laut. Hal ini juga bisa merusak keseimbangan rantai makanan antara predator dan hewan buruannya. Namun, beberapa wisatawan, bahkan operator wisata, kerap menawarkannya sebagai bagian dari aktivitas. Hal terburuk lain yang mungkin terjadi adalah bahwa kehadiran manusia akan selalu diasosiasikan dengan makanan. Kalau tak ada makanan yang anda bawa, maka, besar kemungkinan andalah yang akan disantap!


Quote:mereka bernilai lebih dari sekadar koleksi

melihat terumbu karang dengan berbagai macam bentuk dan warna yang menawan membuat anda tergoda membawa pulang sebagai suvenir. Hati-hati, jika anda nekat membawanya, anda telah merusak ekosistem yang akan memengaruhi kehidupan laut. Lebih baik anda mengabadikannya melalui foto. Saat ini sudah banyak kamera underwater yang bisa didapatkan dengan harga murah.


Quote: sumber sebelum dan ketika menyelam
emoticon-Paw Mencoba Pertamax Untuk Reserve emoticon-Paw
informasinya bermanfaat gan
terutama untukku yang ingin menyelam emoticon-Embarrassment
wah bagus juga tuh jadi ada persiapan sebelum menyelam emoticon-Blue Guy Smile (S)
sudah lama rasanya aku tidak menyelam
ada baiknya aku lakukan persiapan emoticon-Ngacir
mari kita menyelam emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By thanksforthegen
sudah lama rasanya aku tidak menyelam
ada baiknya aku lakukan persiapan emoticon-Ngacir


mari kita melakukan persiapan sebelum menyelam bang emoticon-Big Grin
melatih mengendalikan berat badan
dan daya apung sebelum menyelam emoticon-Thinking
kalau abang mau menyelam
aku ikut ya emoticon-Request
penting banget nih gan inponya, ane pernah megang salah satu terumbu karang pas lagi nyelem eh ane dimarahin sama guidenya gan emoticon-Cape d... (S)
sebelum menyelam ada baiknya di bookmarks terlebih dahulu emoticon-Bookmark (S)
aku pernah dulu gan
ketika aku menyelam
aku memberi makan hewan di dalam laut.

ternyata tidak boleh ya emoticon-Embarrassment
jadi pengen merasakan menyelam juga emoticon-Malu (S)
kalau aku belum pernah menyelam gan emoticon-Embarrassment
nice inpo gan ,sangat ber,manfaat Infonya emoticon-Angkat Beer
sayang nya aku tidak bisa menyelam emoticon-Malu
nice info gan
informasi tentang menyelam nya bagus juga emoticon-thumbsup
Yang mau belajar menyelam silahkan liat tread ane gan
http://www.kaskus.co.id/post/510a310...75b4d16a000009
Sesudah nyelam triknya gmana gan?katanya perlu aklimatisasi suhu body?
×