alexa-tracking

Cara merawat komputer ...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016862391/cara-merawat-komputer
Cara merawat komputer ...
[size=+2]C.Merawat Komputer[/size]

Beberapa tips untuk melakukan perawatan komputer
[size=+2]1.[/size]\tBersihkan motherboad dan Periferal (hardware) dari debu secara berkala, untuk membersihkannya dapat menggunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang.
Setidaknya 2 bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka cassingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan Motherboard dan Periferal lain (RAM, Video card,Modem,SoundCard,CDR/CDR.W/DVDRW,Tv tunner)dengansikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer(Monitor, CPU, Keyboard/mouse)dengan cover sehingga tidak masuk kedalam komputer.

[size=+2]2.[/size]\tUninstall program yang tidak berguna ruang hardisk yang terlalu
banyak tersisa akan memperlambat proses Read/Write. Hardisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat,sehingga hardisk akan lebih cepat rusak. Biasanya biasanya akan muncul WARNING space Hardisk anda sudah penuh. Sistem operasi windows sudah mendukung hal seperti ini bersihkan.

[size=+2]3.[/size]\tRicyle Bin secara bersih. Sebenarnya file/forder yang anda hapus tidak langsung hilangdari hardisk karna akan di tampung dahulu di rycle bin ,namun ada beberapa jenis settingan yang bisa anda gunakan antara lain: memberikan peringatan menghapus, lalu hapus di tempat sementara atau hapus permanen untuk settingan yg di hapus ,lalu simpan di tempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila masih di butuhkan dapat mengembalikan lagi.Rycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang hardsik yang dapat menyebabkan pembacaan hardisk menjadi lelet. Caranya jalankan windows explorer>klik rycle bin >klik file >klik empty rycle bin. Atau anda menjalankan fungsi disklean up kemudian pilih drive yg mau d bersihkan >setelah itu centangilah opsi rycle bin kalau perlu centang juga yg lain (seperti tempolary file ,temporary internet file,setelah itu klik ok)

[size=+2]4.[/size]\tInstall program anti virus dan update secara berkala. Untuk dapat mengenali virus/trojan-trojan baru sebaiknya update program anti virus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan hardisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering di install ulang. Ada baiknya anda menonaktifkan system restore yaitu dengan cara klik kanan my computer>pilih system restore>lalu beri tanda centang pada cek box dengan keterangan Turn Off system restore all drive.

[size=+2]5.[/size]\tTuttup/close program yang tidak berguna. Selain program yang di Load atau menjalankan membutuhkan memori (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memori yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.

[size=+2]6.[/size]\tDefrag hardisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file hardisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/wrrite sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur hardisk. Caranya klik menu start > program > accecoris > system tool > disk defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak selalu sering, mengapa? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringnya proses pengikisan hardisk.

[size=+2]7.[/size]\tVentilasi yang cukup. Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga pentilasi udara dari dan ke monitor/CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen komputer atau rangkaian elektronik yang lainya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pakai kipas angin di dalam ruangan. Aka lebih baik lagi akan menggunakan AC.

[size=+2]8.[/size]\tJangan meletakkan speaker aktif dekat dengan monitor karena medan magnet pada spreaker itu mempengaruhi mkonitor yaitu warna monitor menjadi belang belang.

[size=+2]9.[/size]\tPasang kabel ground.apabila casing komputer nyetrum,ambil kabel dengan panjang dengan panjang seperlunya ujung satu dihubungkan dengan CPU (pada casing) sedangkan ujung lain ditanam dalam tanah hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang “nyasar” sehingga dapat membuat kom[ponen elektronik menjadi awet.
walau sudah sering baca emoticon-Big Grin makasih gan tips nya mengingatkan selalu emoticon-Cendol (S)
judulnya kalo bisa tambahin (SHARE) gan emoticon-Malu
KASKUS Ads
wah yg no 9 ane gak kepikiran.thx infonya gan
nice info gan, biar ga sekedar bisa pke komputer aja.
ikutin saran no9 ah....
Makasih tipsnya gan emoticon-2 Jempol
mantaap gan tipsnya
lanjuuut
bagus gan info nya ,.

di coba dlu yak beberapa tips nya., hehe emoticon-Big Grin
lumayan Lah tuk dibaca2 ulang Gan emoticon-Smilie
Quote:

iiia maf gan Ane lupa Gan .. Terimakasih Banyak gan udah Ingetin ...




Terimakasih Banyak juga sama agan agan yang sudha mampir .. semoga Thread ane bisa bermanfaat Gan meski sudah banyak yang Post juga .. mungkin masih ada yang tidak tau atau ada yang kurang dari yang sebelum nya Gan .. Makasih Banyak GAn
mantep gan emoticon-Big Grin

ane baru aja selese nih beres2 pc sebulan sekali emoticon-Big Grin
Quote:

sippp GAn supaya seger lagi yah GAn hahah
no. 8 : crt ane dulu belang pernah kena toel speaker, nah klu untuk monitor lcd berlaku ga?
no. 9 : setau ane ini juga berguna klu pake modem kabel telpon, krn klu tiang telpon kesambit gundala, tu komputer bisa langsung r.i.p
image-url-apps
No 8: Klo speaker nya udah ada magnetic shield tdk apa" gan demikian jg bl udah pke monitor lcd lain hal bila masih pke tabung/ctr

No. 7: perasaan tulisan yg benar itu Ventilasi bukan pentil-ASI kan
×