alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016855057/4-fakta-mengagumkan-tentang-indonesia
4 Fakta Mengagumkan tentang Indonesia
Permisi pak Momod dan Mimin, dan semua kaskuser tercinta. Pertama kita ucapkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME yang menganugerahi sehat jasmani dan sehat rohani, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di Forum kita tercinta ini. Ijinkan ane menerbitkan trit berjudul "4 Fakta Mengagumkan tentang Indonesia".

Sudahkah kita mencintai Indonesia dan alamnya? Kalimat Aku Cinta Indonesia kerap terdengar. Tetapi apakah hal tersebut telah terwujud secara nyata? Kemudian apakah kita sungguh-sungguh mencintai Indonesia berserta mahakaryanya?

Pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum benar-benar mencintai Indonesia. Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah masih ditemukan wisatawan yang mengotori atau bahkan merusak tempat yang mereka kunjungi. Hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran kita dalam menghargai mahakarya yang diciptakan oleh Sang Ilahi.

Tak kenal maka tak sayang. Dari peribahasa tersebut, ada satu hal yang bisa kita pelajari, yaitu sebelum mampu memberikan apresiasi, kita harus terlebih dulu mengetahui serta mengenal keistimewaan yang tersimpan di balik keindahan alam Indonesia. Inilah 4 fakta mengagumkan mengenai Indonesia:

1. Indonesia kaya akan suku bangsa
Spoiler for Cekidot1:

Quote:Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia, yaitu 740 suku bangsa atau etnis. Dengan jumlah suku yang begitu banyak, menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan. Meskipun demikian, semua suku bangsa di Indonesia mampu berkomunikasi dan bersatu dengan bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia.

2. Gunung Toba mempengaruhi iklim global
Spoiler for Cekidot2:

Quote:Letusan Gunung Toba ternyata menjadi penyebab perubahan iklim dunia. Gunung Toba yang merupakan supervolcano meletus sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu dan memuntahkan bahan-bahan vulkanik hingga 2.800 km3 dan abu vulkanik hingga 2.000 km3.

Abu beserta debu vulkanik yang tertiup angin menyebar ke separuh bumi, mulai dari Cina hingga Afrika Selatan. Letusannya sendiri terjadi selama 1 minggu dengan lontaran abu mencapai 10 km di atas permukaan laut. Setelah letusan yang dahsyat itu, terbentuklah kaldera yang kemudian terisi air dan kini dikenal sebagai Danau Toba.


3. Garis Wallace berada di sepanjang Selat Makassar
Spoiler for Cekidot3:

Quote:Pulau Sulawesi telah berhasil memikat ilmuwan alam kebangsaan Inggris bernama Alfred Russel Wallace dengan keanekaragaman spesies endemis yang tak dapat ditemui di kepulauan Indonesia dan bahkan di negara lainnya.

Tercatat ada 127 jenis mamalia Sulawesi yang 79 di antaranya merupakan spesies endemis, 328 jenis burung termasuk 88 spesies endemis dan 104 jenis reptilian dengan 29 spesies endemis. Keanekaragaman satwa yang luar biasa ini disebabkan oleh Garis Wallace, yang membagi Indonesia menjadi dua area, yaitu zona zoogeografi Asia dan zoogeografi Australasia.


4. Pulau Komodo menjadi habitat alami komodo
Spoiler for Cekidot4:

Quote:Komodo adalah salah satu binatang purba yang masih ada dan hidup hingga saat ini. Kadal terbesar di dunia ini panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Secara alami, komodo hanya ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Flores, Rinca dan beberapa pulau lain di Nusa Tenggara.

Hingga saat ini, fakta mengenai sejak kapan komodo berhabitat di Pulau Komodo dan mengapa tidak ada di negara lain, masih menjadi sebuah misteri yang belum berhasil dipecahkan.


Masih banyak fakta-fakta menarik lainnya mengenai Indonesia yang perlu kita ketahui gan. Dengan mengenal atau memahami lebih dalam, maka apresiasi kita terhadap mahakarya Indonesia akan tumbuh secara alami.

Sumber: [url]http://ads2[titik]kompas[titik]com/layer/mahakarya/read/xml/2012/09/24/11313578/Apresiasi.Terhadap.Indonesia[/url]

Bagi kaskuser yang sudah ISO, kalo berkenan:
Quote:4 Fakta Mengagumkan tentang Indonesia