alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016810194/quotkantong-kresekquot-tak-layak-untuk-kemas-makanan
Peringatan! 
"Kantong Kresek" Tak Layak untuk Kemas Makanan
"Kantong Kresek" Tak Layak untuk Kemas Makanan

Badan Pengewas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan kantong plastik kresek, terutama yang berwarna hitam tidak layak untuk digunakan mengemas makanan siap santap, namun seringkali pedagang kaki lima menggunakannya untuk membungkus makanan seperti bakso, mie atau gorengan.

"Kantong kresek terutama yang hitam adalah plastik daur ulang. Ini berbahaya karena riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui dan dalam proses pembuatannya sering ditambahkan bahan tambahan seperti antioksidan atau pewarna," papar Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mustofa dalam media briefing di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Karena merupakan produk daur ulang, riwayat penggunaan sebelumnya yang dapat berupa apa saja, termasuk sebagai bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan/manusia maupun limbah logam berat.

Penambahan bahan lain seperti pewarna menambahkan risiko berbahaya penggunaan kantong kresek yang juga memiliki bahaya mengandung bahan karsinogenik atau pemicu kanker yang terlepas jika dipanaskan.

Untuk menghindari risiko, Mustofa menyarankan untuk tidak menggunakan kantong kresek untuk membungkus makanan, atau tidak menggunakan kresek untuk kontak langsung dengan makanan. Selain plastik kresek, Mustofa juga menyoroti penggunaan kertas bekas sebagai bungkus makanan seperti gorengan.

"Tidak semua kertas layak sebagai kemasan pangan, terutama kertas koran dan majalah, yang malah sering digunakan," katanya.

Tinta yang digunakan untuk mencetak koran dan majalah dapat mengandung Pb atau logam timbal yang berbahaya karena dapat berpindah ke pangan dan masuk ke dalam tubuh manusia, selain itu bahaya juga ditimbulkan oleh pewarna koran/majalah yang disebut ITx.

Berdasarkan SK Kepala Badan POM tentang Bahan Kemasan Pangan No. HK.00.05.55..6497, plastik pembungkus bahan pangan dibedakan menjadi tujuh jenis dan penggunaannya harus disesuaikan dengan bahan pangan yang akan dikemas. Ada tujuh jenis plastik yang diizinkan sebagai kemasan bahan pangan yaitu polyethylene terephthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), polyvinyl chloride (PVC), low density polyethylene (LDPE), poli propilen, polistiren dan plastik lainnya.

BPOM dikatakan Mustofa melakukan pengawasan bagi penggunaan bahan plastik yang tidak sesuai peruntukannya melalui 31 Balai POM di berbagai provinsi. "Saat ini kita berupaya mencocokkan apakah standar yang telah ditetapkan cocok dengan kondisi di lapangan. Sejauh ini tidak ada produk plastik yang melampaui ambang batas yang ditetapkan," ujar Mustofa.


SUMBER

wah...lebih baik back to nature aja...pake daun pisang sebagai pembungkus makanan....emoticon-Big Grin
ya banyak tu penjual mie di jalanan... terutama di jakarta yg demen pakai kresek


gw mah ogah.... kadang kresek nya luntur pula emoticon-Nohope




konsumen juga gak mau negur emoticon-Cape d... (S)




~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
daun pisang, emang pisangnya siapa gan? emoticon-Big Grin
kebun2 dah pada jd perumahan, eh maksutnya rumah emoticon-Hammer (S)
Memang Gan Plastik Kresek ngak layak Terus Solusinya buat konsumen kira2 Apa ya?

a. Menutup Pabrik2 Plastik
b. Membatasi Peredaran Plastik Kresek dengan Izin Khusus terbatas
c. Mengenakan Pajak Tinggi untuk kantong kresek
d. Menempelkan peringatan berbahaya seperti peringatan pada rokok
e. Memanggil Pengusaha Plastik untuk menjaga standar plastik yang aman dan kita sebagai konsumen mungkin bisa mulai gerakan go green dengan membawa bos/tas plastik yang aman untuk pengganti plastik kresek (karena box/tas plastik bisa dipakai berulang-ulang)

Kalo di warung jajanan biasa dipake kertas bekas memangnya gan.. susah kalo kita minta kertas hvs yang baru ??
ane juga suka liat2 klo beli makanan kreseknya spt apaan,yg kira2 gak higienis mending gak jadi beli emoticon-Big Grin
kalau takut gak usa beli.... daun pisang aja susah
Kok baru sekarang ngomongnya .... emoticon-Metal:
Jangankan makanan, beli mie instan di warung aja pas dibungkus pake kantong plastik item, begitu sampai di rumah udara dari kantongnya ga enak.
Quote:Original Posted By Khoontol
Kok baru sekarang ngomongnya .... emoticon-Metal:


sebenernya udah lama banget sosialisasi tentang bahaya kantong kresek, malah ane tau udah dari tahun lalu, dan ini udah yang kesekian kali nya BPOM mengeluarkan peringatan seperti ini, terutama yang kantong kresek item, dari baunya aja udah keliatan ga enak banget, sekarang kebanyakan penjual, bungkus makanan pake kantong kresek putih yang bening..
Quote:Original Posted By the.BlackCat


sebenernya udah lama banget sosialisasi tentang bahaya kantong kresek, malah ane tau udah dari tahun lalu, dan ini udah yang kesekian kali nya BPOM mengeluarkan peringatan seperti ini, terutama yang kantong kresek item, dari baunya aja udah keliatan ga enak banget, sekarang kebanyakan penjual, bungkus makanan pake kantong kresek putih yang bening..


wew ngeri ya
tukang gorengan juga banyak tuh gan yang pake kantong kresek ato kertas bekas

geli ane makannya emoticon-Najisemoticon-Najis
berita 2 tahun lalu... emoticon-Hammer

yg lagi ngetrend sekarang mah tukang gorengan, plastik minyaknya dicemplungin sekalian digoreng... udah bbrp kali nemu yg beginian....
Kemana aja tuh bpom? Udah pada tau keles dari dulu juga emoticon-Cape deeehh
Ngak usah dibungkus gan, makan ditempat aja emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Bash0r
Ngak usah dibungkus gan, makan ditempat aja emoticon-Ngakak


piring mie ayamnya dicuci di kobokan ember emoticon-Najis
Betul ganemoticon-Shakehand2
indonesia,, modal sedikit maunya untung banyak..

ini terjadi di pengusaha kelas atas yang udah Tbk, maupun pegusaha kaki lima,,

saat aturan ditabrak disitulah jalan menuju kesalahan.!
Selain tak layak juga tdk ramah lingkungan. Di negara2 maju sudah go green dgn mengurangi pemakaian kantong plastik. Di sini ga dikasi kantong plastik dibilang pelit emoticon-Big Grin
bener gan, ini sbnrnya dah lama bgt, ane dah denger sosialisasi dari dinkes Prov dki mungkin sejak 2 tahun yg lalu