alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016789739/densus-88-menghadapi-tudingan-baru
Densus 88 menghadapi tudingan baru.
Densus 88 menghadapi tudingan baru.
Satuan Detasemen (Densus 88) menghadapi tudingan baru penyalah-gunaan wewenang di Papua.

Densus 88 yang dilatih dan dibiayai oleh Australia itu dituding telah melancarkan operasi baru terhadap para aktifis kemerdekaan Papua dan menahan delapan orang atas tuduhan membuat bom.

Sementara Komite Nasional Papua Barat mengatakan bahwa pihaknya dijebak dengan bahan peledak demi membenarkan kegiatan Densus 88.

Sebagaimana diberitakan situs ABC, Papua telah diguncang kekerasan dan ketegangan tahun ini dengan sejumlah aktifis kemerdekaan ditahan, dipukuli dan dibunuh.

Pada bulan Juni, tentara melancarkan operasi di Wamena, yakni kubu Komite Nasional Papua Barat atau KNPB.

Akhir pekan lalu polisi sekali lagi menyerbu daerah itu, menggeledah rumah-rumah dan kantor anggota KNPB.

Delapan orang ditahan, dan para saksi, termasuk Ketua KNPB, Victor Yeimo, mengatakan, sekali lagi Densus 88 terlibat.

“Ketika mereka menangkap saudara-saudara kami dari KNPB di Wamena, kami melihat Densus 88 dalam satu mobil, dan satu mobil lagi terdiri dari polisi dan TNI,” kata Yeimo.

Polisi menuduh mereka yang ditahan itu membuat bom dan menyatakan menemukan bahan peledak dalam operasi itu.

Yeimo menolak tuduhan itu dan mengatakan, pihaknya dijebak sebagai teroris untuk membenarkan kehadiran Densus 88.

Di Papua, lembaga advokasi HAM yang dikenal dengan nama ELSHAM mempelajari insiden penangkapan tersebut dan menduga bahwa bahan peledak yang ditemukan polisi memang sengaja dipasang untuk menjebak.

Pandangan ini mendapat dukungan di Australia dari para aktifis kemerdekaan Papua.

“Mereka tidak memiliki kapasitas untuk memperoleh bahan peledak. Menurut Elsham, bahan peledak tersebut mungkin sengaja ditaruh di rumah anggota-anggota KNPB dimana mereka menemukannya dan bukan hal baru bagi aparat keamanan untuk melakukannya,” kata Cammi Webb-Gannon, dari Proyek Papua Barat Universitas Sydney.

“Saya pikir KNPB tidak punya alasan untuk membuat bom karena mereka percaya pada pendekatan damai untuk meraih kemerdekaan, mereka menginginkan referendum kemerdekaan Papua.”

Densus 88, yang dilatih oleh Australia untuk operasi kontra-terorisme, juga dikaitkan dengan serangkaian insiden dalam mana sejumlah pemimpin kemerdekaan Papua ditangkap dan dibunuh.

Ketika jurnalis program 7.30 ABC pergi ke Papua pada bulan Agustus, operasi terhadap gerakan kemerdekaan sudah sangat gencar dan mengakibatkan beberapa korban jiwa, termasuk pembunuhan tokoh KNPB, Mako Tabuni.

Para saksi mata mengatakan, ia ditembak di jalan oleh Densus 88.

Yeimo menggantikan Tabuni sebagai Ketua KNPB dan sejak itu, ia mengatakan, operasi semakin hebat karena ia berkampanye secara terbuka.

“Kami adalah aktifis non-kekerasan di Papua Barat,” katanya dalam sebuah video yang dikirim kepada 7.30.

“Kami akan memperjuangan hak kami untuk merdeka dengan cara-cara damai di Papua Barat.”

“Kami menuntut hak penentuan nasib sendiri, hak untuk menyelenggarakan referendum di Papua Barat secara damai dan demokratis.”

Namun pihak berwenang Indonesia tidak percaya pada pernyataan non-kekerasan Yeimo dan mereka mengejar KNPB lebih keras lagi.

Para pengamat internasional mengatakan, itu karena pemerintah Indonesia merasa terancam oleh gerakan kemerdekaan.

Cammi Webb-Gannon mengatakan, hubungan internasional gerakan kemerdekaan Papua dapat menjelaskan kekhawatiran Indonesia.

“Pertama banyak dari mereka masih muda-muda, mereka mahasiswa, atau baru lulus,” katanya kepada 7.30.

“Jadi mereka memiliki semangat yang kuat, mereka juga mempunyai dukungan rakyat, mereka berjuang dari prespektif akar rumput, dan saya pikir Indonesia khawatir karena mereka mempunyai hubungan internasional.”

Kepala Polisi Baru

Operasi pada akhir pekan itu menyusul pengangkatan Kapolda baru Papua, Brigadir Jendral Tito Kurniawan.

Latar belakangnya sebagai mantan kepada Densus 88 menimbulkan keresahan serius di sebagian kalangan di Papua meskipun ia menjamin penerapan suatu pendekatan baru yang inklusif.

Sementara itu Yeimo mendesak dibebaskannya delapan aktifis yang diciduk pada akhir pekan.

Dan bersama para pendukungnya di Australia, ia menghimbau pemerintah Australia untuk mempertimbangkan kembali pemberian dana kepada Densus 88. (ABC/SOL/RAS)

SUMBER

Ya Tuhan, sepertinya makin keruh saja republik ini gan? emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-I Love Indonesia (S)
bukannya udah biasa jebak-menjebak emoticon-Big Grin

btw eni napa ostrali kalo papua ikut ngehujat densus giliran di solo kagak emoticon-Big Grin
banyak konflik kepentingan yang ada di sana,
kagag cuman soal separatisme doang tapi motif ekonomi juga maen disana.
Wkwkwkwkkkk densus kena batunya deh berhadapan sm pejuang papua....langsung potong kompas euyyy ke sumber dananya emoticon-Big Grin.....udah lanjutin lah obok2 papua,ane pengen nonton kelanjutannya nih emoticon-Big Grin
NKRI Harga mati! emoticon-Big Grin
kalo separatis macam begini gue dukung dencus deh... emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By chicomendez
bukannya udah biasa jebak-menjebak emoticon-Big Grin

btw eni napa ostrali kalo papua ikut ngehujat densus giliran di solo kagak emoticon-Big Grin


lha OPM Diobok-obok, jelas ostrali ga trima lah emoticon-Embarrassment
gara2 australia maneh...

lagi2 australia berulah...
Kalo separatis ya harus ditindak emoticon-army:
NKRI harga hidup!
Papua jangan minta pisah dengan NKRI. Logikanya mesti dibalik.
Kalau kesal dengan kesenjangan pembangunan, minta Jekardah aja yang pisah dari NKRI. emoticon-Ngacir
gan sampai hari ini, ane ng percaya sepenuhnya kinerja dari Densus 88, banyak hal yang menjadi pertanyaan, baik itu kasus yang dibuat, pemaksaan pernyataan. dan penangkapan-penangkapan yang penuh pertanyaan. Sebagai contoh kecil aja gan. Teroris dimanapun dia (indonesia) dalam hitungan jam dh terdeteksi lokasinya. Sedang di papua gan tepatnya di tembagapura tempat tambang freeport, sulit untuk menemukan penembak misterius. agan bisa analisa lebih lanjut lagi.emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By hattamuda
gan sampai hari ini, ane ng percaya sepenuhnya kinerja dari Densus 88, banyak hal yang menjadi pertanyaan, baik itu kasus yang dibuat, pemaksaan pernyataan. dan penangkapan-penangkapan yang penuh pertanyaan. Sebagai contoh kecil aja gan. Teroris dimanapun dia (indonesia) dalam hitungan jam dh terdeteksi lokasinya. Sedang di papua gan tepatnya di tembagapura tempat tambang freeport, sulit untuk menemukan penembak misterius. agan bisa analisa lebih lanjut lagi.emoticon-I Love Indonesia (S)


sebenernya pelaku penembakan di papua itu ditangkep2in loh, situ aja kurang merhatiin berita.. tapi emang iya gak seheboh kalo nangkep 'teroris' di jawa yg 24 jam diliput nonstop
Quote:Original Posted By chicomendez
bukannya udah biasa jebak-menjebak emoticon-Big Grin

btw eni napa ostrali kalo papua ikut ngehujat densus giliran di solo kagak emoticon-Big Grin


ente nanya yang ente dah tau jawabannya.
sejak densus ke papua , mendadak ditemukan bom disana-sini.....padahal yg rame kan penembak gelap? gak pernah ada pengeboman.....Bentar lagi bakal muncul berita kalo teroris di solo dikirimin bom dari papua....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
jangan dong, cuman tinggal densus 88 ama polwan cantik yang bisa punya kesan baik secara nasional emoticon-Frown
es teller 77 rasanya maknyus, apalagi pas cuaca panas... emoticon-Cendol (S)






Densus 88....???

bisa di makan ngga tuh... emoticon-Genit:
mau nanya,. emg Densus dibiayai oleh austral y gan
kalau memang salah harus di tindak tegas..
Tapi minimal berita ini bisa membungkam cangkem beberapa orang yang bilang Densus beraninya sama teroris berkedok Islam doang, ga berani sama teroris berkedok Papua...
Keknya org papua ada yg mesantren di ngruki nih emoticon-Mad:
Quote:Original Posted By InRealLife
Tapi minimal berita ini bisa membungkam cangkem beberapa orang yang bilang Densus beraninya sama teroris berkedok Islam doang, ga berani sama teroris berkedok Papua...


Quote:Original Posted By Bazredd
Keknya org papua ada yg mesantren di ngruki nih emoticon-Mad:


emoticon-Ngakak
×