alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016722406/apa-beda-herpes-zoster-dengan-cacar-air
Peringatan! 
apa beda herpes zoster dengan cacar air?
please gan help me, sorry kalo salah post ato kawan kawannya
gan ane mau tanya apakah herpes zoster itu bisa disebut cacar air ? ato memang beda?
soal ini pengalaman pertama ane,
pertama sih ane kira cacar air karena bentol bentol tapi kaya berair
terus tadi periksa ke dokter katanya kena herpes zoster, nah ane browsing di google kok kayanya mirip ya? please petunjuknya dan cara mengobati yang benar agar tidak menimbulkan bekas luka makasih

oh ya obat yang di kasih berupa aciclovir, obat pegel2 dan neurosanbe.
googlingnya dimana om?

baca wikipedia aja dlu buat HZ sama cacar air nanti klo ngga jelas balik sini.

http://en.wikipedia.org/wiki/Herpes_...ster#Diagnosis

http://en.wikipedia.org/wiki/Chickenpox
Quote:Original Posted By zxasqw
googlingnya dimana om?

baca wikipedia aja dlu buat HZ sama cacar air nanti klo ngga jelas balik sini.

http://en.wikipedia.org/wiki/Herpes_...ster#Diagnosis

http://en.wikipedia.org/wiki/Chickenpox


lupa gan, tadi seinget ane kalo herpes zoster tu lebih gede ketimbang cacar air,
wadawwww, hehe sorry gan ampun kalo bahasa inggris emoticon-Malu (S)
haiyah emoticon-Cape d... (S)

http://id.wikipedia.org/wiki/Herpes_zoster

http://id.wikipedia.org/wiki/Cacar_air


virusnya beda, gejalanya bisa mirip. herpes zoster lesinya ikut dermatom,cacar air nggak. Biasanya herpes zooster lebih sakit. komplikasinya juga beda.obatnya yang biasa dipake sama.
virusnya sama gan vericilla-zoster, nah setelah ane baca ane bingung gan, karena sama sama berisi cairan, dan kalo ane lihat ini cairan yang di badan ane letaknya terpisah dan jauh2 gan, yang besar ada 3 di bagian dada(agak jauh), dan satu di kaki, yang lainya masih kecil2 (dipundak bagian belakang agak banyak sekitar 5-7buletan tapi kecil berderet2 mirip herpes sih). tadi kata dokter sih katanya herpes, tapi kok ga mirip seperti yang digambar ya(yang digambarkan yang cacar kan lumayan banyak dan gak sebesar punya saya, sedangkan yang HZ berjentrek2 kecil kecil dan banyak)? yang terasa gatal cuma di kaki gan.
jadi bingung perbedaan yang mendasar nih gan -,-
emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Cendol (S) ga sia2 ni ane jebmen

artinya agan dah baca kalo sama, brarti cuma beda reaktivasinya aja kan ya. soalnya seringkali HZ diakibatkan virusnya aktif lagi aja, cuma tempat tumbuhnya yang beda.

dokternya mungkin anggap HZ karena deretan lesinya sesuai dermatom (toh obatnya sama)

kalo saya sih ngga pusingin HZ atau cacarairnya ya gan, sebabnya sama. Bentuk lesinya juga ngga musti beda gan.
tak palah, menambah ilmu xixixi. bacaanya juga menarik ada gambar2nya haha emoticon-Big Grin
terus biar cepet sembuh lewat jalan apa ni(selain obat dari dokter kaya buah gitu tapi yang manis dan ga repot + murah meriah + gampang dijumpai gak pake ngejus dulu tetapi langsung makan emoticon-Big Grin) ? biar ga berbekas dan ga bikin pusing gan, uda kelas 3 tapi hari pertama uda ga masuk ni -___-
ntar ane kasih abu gosok deh wkwkkw emoticon-Big Grin
eeeeee, kalu ane sih biasanya suru makan buah naga cuma mahal. Yang makan buah2 kaya vit.c juga biasanya lebih cepet sembuhnya; bisa dicoba tomat jeruk apel, dsb. cepet sembuh gan yaa.

tapi kalu mu ga bekas ya jangan sampe kegaruk/kegesek baju sampe pecah. biarin aja sembuh sendiri.

abu gosok nya nanti saya kembaliin besok emoticon-Smilie
ok makasih ya gan, pengalaman berharga nih. hehehe
besok ane minta nyokap beliin dah kalo kepasar, tapi yang murah aja wkkwkw
thx alot dah :* :* :*

siap semoga kaga kegaruk deh emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

ok gan emoticon-Big Grin :* emoticon-Malu good night heheh
koq bisa lu kena barengan ama gw gan ;p
tapi gw diagnosanya varicella zoster, bukan hz.

kata adek gw sih, kemaren dia cacar air minum jus jambu tiap hari (sebaiknya sih buah dijus, tp kalo susah, beli buavita kotak aja) bintiknya cepat ngering, gitu.
selamat berjuang ya emoticon-Malu (S)
woloh kok bisa ya gan? wkwk. varicella-zoster bukanya virusnya ya gan? hehe

ini juga otw to dry. hehe
ok gan GWS GWS emoticon-Big Grin
sering" mandi aj gan, karena virus sendri berkembang biak dari bakteri, jadi kalo agan mengikuti mitos (jangan mandi), yang ada agan akan makin parah, karena makin banyak bakteri dan virus bs berkembang biak cepat..
dan kasi obat anti bacteria dan anti virus, acyclovir emg obatnya gan, bagus..emoticon-Smilie tp kalo mau coba yang alami lebih baik gan, karena lebih aman g ada efek samping, dan bahkan bsa lebih manjur, VCO gan... VCO (minyak kelapa) itu anti bacteria dan antivirus, sangat cocok untuk penyakit kayak gniemoticon-Smilie
untuk info VCOnya kesini aj gan, sori bukan bermaksud promosi, tp sapa tau bermanfaat, cekidot : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13099742
malah dagang doi.. ealah...

buat HZ mah minum aja obatnya sesuai petunjuk gan, karena overall ini penyakit self-limited disease aka akan sembuh dengan sendirinya..

untuk obat yang diberikan fungsinya untuk menekan penyakitnya aja biar ga tambah parah, hitungan 7-10 hari biasanya uda oke gan, cuma untuk nyerinya mungkin bisa sampe bulanan ato taonan ke depan. walopun luka cacarnya uda hilang. jadi jangan kaget..

HZ itu lanjutan dari Cacar air,
jadi kalo kena HZ, mesti ada riwayat pernah terkena cacar air dulu di waktu yang terdahulu.

perbedaannya cuma di distribusinya aja di tubuh kamu, kalo cacar air hampir mengenai seluruh bagian tubuh.
bedanya dengan HZ itu penyebarannya mengikuti penyebaran berkas saraf yang terkena, untuk mengetahui lebih lanjutnya browsing di paman google aja mengenai yang namanya "dermatome"

lain-lainnya seperti demam yang tidak terlalu tinggi dan lebih dominan ke arah nyeri dibandingkan gatal.

obat : anti virus tablet, anti virus salep, anti nyeri, vitamin2 dan yang paling penting istirahat total.
Quote:Original Posted By Billionaireee
malah dagang doi.. ealah...

buat HZ mah minum aja obatnya sesuai petunjuk gan, karena overall ini penyakit self-limited disease aka akan sembuh dengan sendirinya..


buat yang dibold,
maksudnya generally mungkin.

kalo ditunggu sembuh sendiri pas sistem imunnya ngga bener, ga sedikit yang apes jadi komplikasi.
wah penting nih
ijin nyimak
hehehe
Cacar air dan herpes zoster penyebabnya sama, yaitu virus varicella zoster (VVZ). Perbedaannya adalah dari proses timbulnya penyakit, manifestasi penyakitnya, pencegahan, hingga pengobatannya.

Cacar air timbul bila seseorang menghirup VVZ, nah menghirupnya dari mana? Bisa dari udara yang dihembuskan seseorang yang sakit cacar air atau bentol berisi cairan yg pecah (walau proses ini jarang dan kemungkinan hanya terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh rendah, misalnya AIDS). Kuman kemudian akan memperbanyak diri dalam tubuh, menyebar dalam darah, sehingga cacar air menimbulkan kelainan pada hampir seluruh permukaan kulit. Nah, sebagian VVZ tersebut akan ada yg bersembunyi dalam serabut saraf di dekat tulang belakang. Bila ada suatu pencetus yang menimbulkan penurunan daya tahan tubuh (capek, penyakit lain, usia tua), maka virus ini akan terbangun dan menimbulkan herpes zoster...

Jadi, herpes zoster disebabkan oleh kuman yg sama, yg terbangun dari tidurnya saat keadaan seseorang sedang kurang sehat. Karena VVZ seringkali hanya bersembunyi di salah 1 serabut saraf, makanya kelainan kulitnya hanya timbul di 1 unit lokasi yg disebut dermatom (tanya ke om google, cari picnya). Tapi bisa saja kelainan kulitnya menyebar hingga ke dermatom tetangganya, jadi mencakup 2-3 dermatom totalnya.

Pada keadaan tertentu, herpes zoster bisa menimbulkan kelainan kulit ygagak jauh dari dermatom asalnya, disebut herpes zoster aberrans. Bisa juga menyebar ke hampir seluruh tubuh, menyerupai cacar air, yg disebut herpes zoster generalisata. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh menurun cukup banyak.

Pencegahan kedua penyakitnya beda, karena vaksinnya juga berbeda. Vaksin cacar air dibuat untuk anak-anak, sedangkan vaksin herpes zoster dibuat untuk dewasa, dgn kandungan (dosis) yg lebih besar. Begitu pula pengobatannya, cacar air dapat sembuh spontan sehingga kadang tidak perlu diberi antivirus, hanya perlu obat gatal dan perawatan lecet. Sedangkan pada herpes zoster, peradangan pada saraf lebih berat, sehingga ada kemungkinan perlu antinyeri golongan berbeda dari yg biasa.



Quote:Original Posted By zxasqw
kalo saya sih ngga pusingin HZ atau cacarairnya ya gan, sebabnya sama. Bentuk lesinya juga ngga musti beda gan.

Pada TS, harus diperhitungkan apakah penyakit ini cacar air atau herpes zoster, karena bila herpes zoster timbul pada usia muda dan lokasinya berjauhan dari dermatom asalnya, maka ada kemungkinan gangguan pertahanan tubuh, karena herpes zoster sering timbul pada usia dewasa-tua.

Kemungkinan lain yg harus diperhitungkan adalah apakah benar penyakitnya herpes zoster? Atau apakah kelainan pada kaki merupakan penyakit yg sama?

Quote:Original Posted By zxasqw
eeeeee, kalu ane sih biasanya suru makan buah naga cuma mahal. Yang makan buah2 kaya vit.c juga biasanya lebih cepet sembuhnya; bisa dicoba tomat jeruk apel, dsb. cepet sembuh gan yaa.

tapi kalu mu ga bekas ya jangan sampe kegaruk/kegesek baju sampe pecah. biarin aja sembuh sendiri.

abu gosok nya nanti saya kembaliin besok emoticon-Smilie
Belum terbukti, Gan...

Quote:Original Posted By dekonasi
sering" mandi aj gan, karena virus sendri berkembang biak dari bakteri, jadi kalo agan mengikuti mitos (jangan mandi), yang ada agan akan makin parah, karena makin banyak bakteri dan virus bs berkembang biak cepat..
dan kasi obat anti bacteria dan anti virus, acyclovir emg obatnya gan, bagus..emoticon-Smilie tp kalo mau coba yang alami lebih baik gan, karena lebih aman g ada efek samping, dan bahkan bsa lebih manjur, VCO gan... VCO (minyak kelapa) itu anti bacteria dan antivirus, sangat cocok untuk penyakit kayak gniemoticon-Smilie
untuk info VCOnya kesini aj gan, sori bukan bermaksud promosi, tp sapa tau bermanfaat, cekidot : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13099742

Setau saya belum ada penelitian dengan kualitas baik tentang efek VCO sebagai anti-VVZ. Soal ga ada efek samping pun belum tentu benar, karena semua zat pasti ada efek sampingnya
hmmm.. rooks?

Quote:Original Posted By digitalist
(untuk menghemat tempat, maka topik yang telah dibahas pada post sebelumnya saya edit)



  • Pada TS, harus diperhitungkan apakah penyakit ini cacar air atau herpes zoster, karena bila herpes zoster timbul pada usia muda dan lokasinya berjauhan dari dermatom asalnya, maka ada kemungkinan gangguan pertahanan tubuh, karena herpes zoster sering timbul pada usia dewasa-tua.
  • .... pada herpes zoster, peradangan pada saraf lebih berat, sehingga ada kemungkinan perlu antinyeri golongan berbeda dari yg biasa.


setuju untuk pernyataan ini, untuk menghindari kerancuan pemahaman komunitas awam, saya tambahkan bahwa, bukan berarti HZ tidak bisa timbul pada usia dewasa muda.
  • Tidak adanya standar resmi mengenai ambang batas imunokompetens berarti tidak harus seseorang menderita gangguan fungsi imun yang bermakna sebelum dapat menderita HZ.

  • Bukankah permasalahan nyeri dermatomal (bukan postherpetic neuralgia) didasarkan pada analgesic ladder? maka apapun yang sesuai dan dapat menghilangkan nyeri / mengurangi hingga dapat ditolerir, menurut saya sudah cukup.


[Quote:Original Posted By digitalist

Kemungkinan lain yg harus diperhitungkan adalah apakah benar penyakitnya herpes zoster? Atau apakah kelainan pada kaki merupakan penyakit yg sama?


karena TS tidak menyertakan foto klinis dan hasil pemeriksaan penunjang lain, sulit untuk menegakkan salah satu dari kedua kemungkinan diatas (susahnya ber-forum ria)

Quote:Original Posted By digitalist

Belum terbukti, Gan...

dengan mengacu pada kepustakaan (dan penjelasan agan di post sebelumnya) mengenai korelasi imunokompetensi, epidemiologi dan perjalanan penyakit HZ maka:

menurut saya, pemberian roboransia dan antioksidan yang dimaksudkan sebagai imunomodulator tidak diluar konteks terapeutik empiris.
Beberapa penelitian (http://ije.oxfordjournals.org/conten.../35/2/307.full)
tinjauan pustaka dan laporan kasus menyatakan manfaat vitamin/suplemen dalam pencegahan, penatalaksanaan HZ dan dan sekuelaenya.

Quote:Original Posted By digitalist

Setau saya belum ada penelitian dengan kualitas baik tentang efek VCO sebagai anti-VVZ. Soal ga ada efek samping pun belum tentu benar, karena semua zat pasti ada efek sampingnya


sudah jelas, meskipun dasar pemikirannya dapat diarahkan ke perbaikan sistem imun.

NB: ini.. kayaknya orang yang sering seliweran di R.15?
Quote:Original Posted By dekonasi
sering" mandi aj gan, karena virus sendri berkembang biak dari bakteri, jadi kalo agan mengikuti mitos (jangan mandi), yang ada agan akan makin parah, karena makin banyak bakteri dan virus bs berkembang biak cepat..
dan kasi obat anti bacteria dan anti virus, acyclovir emg obatnya gan, bagus..emoticon-Smilie tp kalo mau coba yang alami lebih baik gan, karena lebih aman g ada efek samping, dan bahkan bsa lebih manjur, VCO gan... VCO (minyak kelapa) itu anti bacteria dan antivirus, sangat cocok untuk penyakit kayak gniemoticon-Smilie
untuk info VCOnya kesini aj gan, sori bukan bermaksud promosi, tp sapa tau bermanfaat, cekidot : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13099742

kemaren minggu sore habis mandi malah paginya pada muncul gan -__-
Quote:Original Posted By Billionaireee
malah dagang doi.. ealah...

buat HZ mah minum aja obatnya sesuai petunjuk gan, karena overall ini penyakit self-limited disease aka akan sembuh dengan sendirinya..

untuk obat yang diberikan fungsinya untuk menekan penyakitnya aja biar ga tambah parah, hitungan 7-10 hari biasanya uda oke gan, cuma untuk nyerinya mungkin bisa sampe bulanan ato taonan ke depan. walopun luka cacarnya uda hilang. jadi jangan kaget..

HZ itu lanjutan dari Cacar air,
jadi kalo kena HZ, mesti ada riwayat pernah terkena cacar air dulu di waktu yang terdahulu.

perbedaannya cuma di distribusinya aja di tubuh kamu, kalo cacar air hampir mengenai seluruh bagian tubuh.
bedanya dengan HZ itu penyebarannya mengikuti penyebaran berkas saraf yang terkena, untuk mengetahui lebih lanjutnya browsing di paman google aja mengenai yang namanya "dermatome"

lain-lainnya seperti demam yang tidak terlalu tinggi dan lebih dominan ke arah nyeri dibandingkan gatal.

obat : anti virus tablet, anti virus salep, anti nyeri, vitamin2 dan yang paling penting istirahat total.

ok deh gan siap siap emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
bingung antara HZ / cacar -__-
Quote:Original Posted By zxasqw


buat yang dibold,
maksudnya generally mungkin.

kalo ditunggu sembuh sendiri pas sistem imunnya ngga bener, ga sedikit yang apes jadi komplikasi.

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By digitalist
Cacar air dan herpes zoster penyebabnya sama, yaitu virus varicella zoster (VVZ). Perbedaannya adalah dari proses timbulnya penyakit, manifestasi penyakitnya, pencegahan, hingga pengobatannya.

Cacar air timbul bila seseorang menghirup VVZ, nah menghirupnya dari mana? Bisa dari udara yang dihembuskan seseorang yang sakit cacar air atau bentol berisi cairan yg pecah (walau proses ini jarang dan kemungkinan hanya terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh rendah, misalnya AIDS). Kuman kemudian akan memperbanyak diri dalam tubuh, menyebar dalam darah, sehingga cacar air menimbulkan kelainan pada hampir seluruh permukaan kulit. Nah, sebagian VVZ tersebut akan ada yg bersembunyi dalam serabut saraf di dekat tulang belakang. Bila ada suatu pencetus yang menimbulkan penurunan daya tahan tubuh (capek, penyakit lain, usia tua), maka virus ini akan terbangun dan menimbulkan herpes zoster...

Jadi, herpes zoster disebabkan oleh kuman yg sama, yg terbangun dari tidurnya saat keadaan seseorang sedang kurang sehat. Karena VVZ seringkali hanya bersembunyi di salah 1 serabut saraf, makanya kelainan kulitnya hanya timbul di 1 unit lokasi yg disebut dermatom (tanya ke om google, cari picnya). Tapi bisa saja kelainan kulitnya menyebar hingga ke dermatom tetangganya, jadi mencakup 2-3 dermatom totalnya.

Pada keadaan tertentu, herpes zoster bisa menimbulkan kelainan kulit ygagak jauh dari dermatom asalnya, disebut herpes zoster aberrans. Bisa juga menyebar ke hampir seluruh tubuh, menyerupai cacar air, yg disebut herpes zoster generalisata. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh menurun cukup banyak.

Pencegahan kedua penyakitnya beda, karena vaksinnya juga berbeda. Vaksin cacar air dibuat untuk anak-anak, sedangkan vaksin herpes zoster dibuat untuk dewasa, dgn kandungan (dosis) yg lebih besar. Begitu pula pengobatannya, cacar air dapat sembuh spontan sehingga kadang tidak perlu diberi antivirus, hanya perlu obat gatal dan perawatan lecet. Sedangkan pada herpes zoster, peradangan pada saraf lebih berat, sehingga ada kemungkinan perlu antinyeri golongan berbeda dari yg biasa.




Pada TS, harus diperhitungkan apakah penyakit ini cacar air atau herpes zoster, karena bila herpes zoster timbul pada usia muda dan lokasinya berjauhan dari dermatom asalnya, maka ada kemungkinan gangguan pertahanan tubuh, karena herpes zoster sering timbul pada usia dewasa-tua.

Kemungkinan lain yg harus diperhitungkan adalah apakah benar penyakitnya herpes zoster? Atau apakah kelainan pada kaki merupakan penyakit yg sama?

Belum terbukti, Gan...


Setau saya belum ada penelitian dengan kualitas baik tentang efek VCO sebagai anti-VVZ. Soal ga ada efek samping pun belum tentu benar, karena semua zat pasti ada efek sampingnya


wawawawa, komflit bener emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tapi bingung ni herpes ato cacar -__-
cepet sembuh aja dah.. udah banyak yang kempes (tapi kok warnanya gosong ya gan?)
Quote:Original Posted By digitalist
Cacar air dan herpes zoster penyebabnya sama, yaitu virus varicella zoster (VVZ). Perbedaannya adalah dari proses timbulnya penyakit, manifestasi penyakitnya, pencegahan, hingga pengobatannya.

Cacar air timbul bila seseorang menghirup VVZ, nah menghirupnya dari mana? Bisa dari udara yang dihembuskan seseorang yang sakit cacar air atau bentol berisi cairan yg pecah (walau proses ini jarang dan kemungkinan hanya terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh rendah, misalnya AIDS). Kuman kemudian akan memperbanyak diri dalam tubuh, menyebar dalam darah, sehingga cacar air menimbulkan kelainan pada hampir seluruh permukaan kulit. Nah, sebagian VVZ tersebut akan ada yg bersembunyi dalam serabut saraf di dekat tulang belakang. Bila ada suatu pencetus yang menimbulkan penurunan daya tahan tubuh (capek, penyakit lain, usia tua), maka virus ini akan terbangun dan menimbulkan herpes zoster...

Jadi, herpes zoster disebabkan oleh kuman yg sama, yg terbangun dari tidurnya saat keadaan seseorang sedang kurang sehat. Karena VVZ seringkali hanya bersembunyi di salah 1 serabut saraf, makanya kelainan kulitnya hanya timbul di 1 unit lokasi yg disebut dermatom (tanya ke om google, cari picnya). Tapi bisa saja kelainan kulitnya menyebar hingga ke dermatom tetangganya, jadi mencakup 2-3 dermatom totalnya.

Pada keadaan tertentu, herpes zoster bisa menimbulkan kelainan kulit ygagak jauh dari dermatom asalnya, disebut herpes zoster aberrans. Bisa juga menyebar ke hampir seluruh tubuh, menyerupai cacar air, yg disebut herpes zoster generalisata. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh menurun cukup banyak.

Pencegahan kedua penyakitnya beda, karena vaksinnya juga berbeda. Vaksin cacar air dibuat untuk anak-anak, sedangkan vaksin herpes zoster dibuat untuk dewasa, dgn kandungan (dosis) yg lebih besar. Begitu pula pengobatannya, cacar air dapat sembuh spontan sehingga kadang tidak perlu diberi antivirus, hanya perlu obat gatal dan perawatan lecet. Sedangkan pada herpes zoster, peradangan pada saraf lebih berat, sehingga ada kemungkinan perlu antinyeri golongan berbeda dari yg biasa.




Pada TS, harus diperhitungkan apakah penyakit ini cacar air atau herpes zoster, karena bila herpes zoster timbul pada usia muda dan lokasinya berjauhan dari dermatom asalnya, maka ada kemungkinan gangguan pertahanan tubuh, karena herpes zoster sering timbul pada usia dewasa-tua.

Kemungkinan lain yg harus diperhitungkan adalah apakah benar penyakitnya herpes zoster? Atau apakah kelainan pada kaki merupakan penyakit yg sama?

Belum terbukti, Gan...


Setau saya belum ada penelitian dengan kualitas baik tentang efek VCO sebagai anti-VVZ. Soal ga ada efek samping pun belum tentu benar, karena semua zat pasti ada efek sampingnya


silahkan googling gan, VCO untuk obat cacar koemoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By dekonasi
silahkan googling gan, VCO untuk obat cacar koemoticon-Blue Guy Peace


maksudnya yang sudah terbukti secara ilmiah, bukan empiris maupun klaim.