alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016618995/info-pendidikan-kurikulum-2013-fokus-pada-4-pelajaran-saja
Thumbs up 
[info pendidikan] Kurikulum 2013 Fokus pada 4 Pelajaran saja
Kurikulum baru untuk 2013 yang saat ini sedang digodok di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan difokuskan untuk empat mata pelajaran terlebih dulu. Empat pelajaran yang kurikulumnya akan direvisi adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

“Tapi bukan berarti mata pelajaran lain diabaikan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Khairil Anwar Notodiputro kepada Tempo, Selasa 25 September 2012.

Keempat mata pelajaran tersebut dipilih karena dianggap bisa mempengaruhi rasa nasionalisme dan meningkatkan karakter generasi muda. Saat ini, pendidikan di Indonesia dirasa masih terlalu liberal.

Menurut Khairil, kurikulum ini akan mengalami banyak perubahan dibanding kurikulum sebelumnya yang dibuat tahun 2006. Selain isi pengajaran, juga mengubah cara penyampaian termasuk penyiapan dan penyediaan buku ajarnya. Kelak empat mata pelajaran itu harus menggunakan buku yang distandarkan oleh kementerian. Sedangkan mata pelajaran lain, boleh menggunakan buku pedoman yang lain namun harus di bawah pengawasan kementerian.

Khairil berharap tidak ada buku-buku pelajaran yang mempunyai konten terlalu liberal. "Semoga tidak lagi menemukan gambar (miyabi) itu di buku-buku pelajaran," kata Khairil menanggapi buku pelajaran setingkat SMP yang memuat gambar artis porno di salah satu halamannya.

Kurikulum 2013 nantinya tidak hanya bersifat kognitif atau hafalan saja. Tetapi juga mementingkan sikap dan ketrampilan para siswa. "Misalnya, bagaimana anak-anak ini mempunyai nilai Pancasila, tidak hanya hafalan sila pertama dan seterusnya," kata Khairil. Metode inilah yang saat ini sedang dicari dan diterapkan di kurikulum baru.

Sedangkan untuk mata pelajaran lain, kata Khairil, ada kemungkinan beberapa akan digabung jika memungkinkan untuk membentuk kurikulum yang lebih sederhana dan efektif. "Diajarkan 5 jam lebih bagus asal efektif daripada 10 jam tapi banyak yang tidak bermanfaat," ucap Khairil.

Saat ini, kurikulum baru itu masih dalam tahap pematangan draf. Pematangan tak hanya melibatkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, tetapi juga merekrut anggota tim evaluasi dari perguruan tinggi, dan tim independen yang berkonsentrasi pada beberapa bidang mata pelajaran.

http://www.tempo.co/read/news/2012/0...da-4-Pelajaran

semoga dengan pemampatan kurikulum semoga semongat nasionalisme dan semanfgat belajar bs naik
bener nih.......layak dicoba, seperti di australia juga cuma empat mata pelajaran tuh
GAGAL PERTAMAX ternyata emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)

waw hebat lah gan setuju banget
coba sejak dini di tambahkan matapelajaran KEWIRAUSAHAAN

biar mencetak anak2 yg kreatif dan mampu berinovasi
Bukan hanya soal 4 pelajarannya. Tapi isi dari kurikulum yg ga membebani siswa.
kurikulum sebagus apapun tetep aja balik ke pendidik dan terdidik emoticon-Ngacir
selama ini kurikulumnya kebanyakan teori gak efektif emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Torpedo_Joe
kurikulum sebagus apapun tetep aja balik ke pendidik dan terdidik emoticon-Ngacir

Setuju sama agan yang satu ini. Bagaimanapun kurikulumnya tergantung pada pelakunya sendiri. emoticon-Blue Guy Peace
ide bagus nih gan, ane yang disekolah difokusin sama 10 mata pelajaran lebih malah bikin stress gan emoticon-Cape d...
setuju, 4 pelajaran wajib sisanya opsional emoticon-Big Grin
smoga menjadi titik balik kerarah dunia pendidikan yang lebih baek
bahasa inggris ngak masuk kah? emoticon-Bingung
Sayang sekali saya sudah keluar sekolahemoticon-Berduka (S)
bolehlah konsepnya. lebih baik kalo seimbang antara pengembangan IQ dan EQ.
para siswa masih harus ikut bimbel2 lagi nggak ya sepulang sekolah
Saya Setuju Tapi Juga Ini Harus Diimbangi Dengan IQ Dan EQ Nya
kira2 bisa mencegah tawuran gak yah?

kalo dari guru nya gak di didik ya ane kira bakal sama aja hasilnya.

Yang lebih hebat adalah para koruptor disini title nya bederet coy.

Atau harus dididik dari Menteri nya kali yee...

Tapi manalah dia ngerti selain proyek n proyek

Anak murid?? biarlah pada kelenger karena beban studynya.

Bagi yang salah kaprah, malah mendidik nya menjadi teroris antikeberegaman.

Alangkah Lucu nya Negeri Ini....
Quote:Original Posted By mubarak.20
Saya Setuju Tapi Juga Ini Harus Diimbangi Dengan IQ Dan EQ Nya




berarti yg IQ dan EQ nya ga seimbang ga bisa sekolah dong ? emoticon-Embarrassment
berarti bener kata guru PKN ane...
taun depan PKN jadi PPKn lagi...
emoticon-Confused:
Masuk jam 7 pagi keluar jam 3.30 sore. Dari pola jam belajar yg begitu lama udah ada lom hasilnya buat Indonesia? Sama sekali blom ( kalau secara personal saya yakin udah bgt ). Ada yang salah di pendidikan kita, kita terbiasa menciptakan kuli bukannya entrepeneur sehingga satu orang yang sukses dgn jam belajar sedemikian padat tidak bisa mengayomi beberapa pengangguran tanpa pendidikan di sekelilingnya.