alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016610683/vitamin-d-tingkatkan-kesehatan-otak-janin
Vitamin D Tingkatkan Kesehatan Otak Janin
VIVAlife - Sebuah studi yang dipublikasikan pekan ini menemukan bahwa wanita hamil yang mendapatkan asupan vitamin D cukup akan memiliki buah hati dengan kemampuan otak lebih baik dibandingkan wanita hamil yang kekurangan vitamin D.

Studi Pusat Penelitian Epidemiologi Lingkungan di Barcelona tersebut mempelajari 1.820 wanita dan buah hatinya. Hasilnya, wanita yang memiliki asupan vitamin D cukup selama hamil cenderung melahirkan bayi dengan kemampuan otak cemerlang.

"Studi ini diharapkan menjadi pintu gerbang untuk mengampanyekan pentingnya asupan vitamin D selama masa kehamilan dan prakehamilan," kata Valencia Walker, MD, seorang neonatologi di Mattel Children's Hospital UCLA kepada WebMD. Ia tidak terlibat dalam penelitian ini.

Sementara Eva Morales, peneliti yang terlibat dalam studi yang dipublikasikan di Jurnal Pediatric ini mengatakan bahwa rekomendasi klinis terkait asupan vitamin D masih belum pasti. Tim masih melakukan uji coba untuk membuat keputusan.

Terkait studi tersebut, Walker menambahkan bahwa wanita mungkin menghadapi risiko kekurangan vitamin D ketika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki kulit gelap, atau tinggal di kawasan dingin minim sinar matahari.

Tak hanya untuk otak

Dr Minoo Irani, konsultan dokter anak dari NHS Berkshire East, mengatakan bahwa vitamin D bermanfaat membantu tubuh menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan riketsia pada janin, yaitu suatu kondisi di mana tulang menjadi ringkih. Sementara bagi ibu hamil, bisa memicu osteomalasia atau gangguan nyeri pada tulang dan otot lemah.

Selain berjemur, wanita hamil juga perlu mengkonsumsi makanan mengandung vitamin D seperti margarin dan susu. Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar matahari penghasil vitamin D adalah antara pukul 10.00 hingga 14.00.

Di Inggris, seluruh wanita hamil wajib mengonsumsi suplemen vitamin D secara teratur hingga masa menyusui. Sebab, paparan sinar matahari di negara itu tak maksimal. Tambahan suplemen diperlukan sebagai tindakan pencegahan terhadap defisiensi gangguan tulang seperti rakitis pada bayi dan anak-anak di bawah usia lima tahun.

Untuk memaksimalkan program itu, Departemen Kesehatan Inggris menyediakan suplemen termasuk vitamin D gratis untuk para ibu hamil. Pemerintah setempat juga menyediakan vitamin tetes bagi anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Khusus di Indonesia, vitamin gratis bisa didapatkan melalui posyandu atau puskesmas setempat. (ren)

http://life.viva.co.id/news/read/353...tan-otak-janin
Wah nice info gan, kalo ibunya berjemur (kan matahari Vit. D jg) berefek ngga gan ?? apa harus dengan vit yg di minum aja ??thanks