Welcome to My Thread..
Beberapa tahun belakangan, satu tren yang paling mencuat di negara Indonesia berkaitan dengan komersialisasi Internet adalah menjamurnya toko online. Kelihatannya e-commerce negara ini sedang bangkit. Tidak peduli apakah Anda seorang mahasiswa/i, ibu rumah tangga, solo entrepreneur, ataupun perusahaan yang sedang melirik sumber pendapatan alternatif yang menggiurkan
toko online menawarkan peluang e-commerce yang tidak tertandingi saat ini.
Jika Anda tergabung dengan 35 juta lebih penduduk Indonesia yang ada dalam Facebook (data 2010), maka tidak pelak lagi tren ini takkan bisa luput dari perhatian. Jumlah toko online di situs jejaring sosial tersebut memenuhi dinding / wall Anda setiap hari. Beberapa rekan saya sempat kesal dengan perubahan yang tiba-tiba terjadi. Apa yang murni interaksi antar teman menjadi ajang promosi yang tiada habisnya.
Nah, bagi yang tertarik untuk memulai atau berekspansi ke dunia maya, tentunya ada daftar panjang pertanyaan yang ada di benak. Bagaimana cara yang tepat untuk memulainya? Adakah pengaruh toko online terhadap pasar dari bisnis tersebut? Apa yang dilakukan para kompetitor? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Tepatnya bagaimana proses seorang pelanggan melakukan pembelian? Apa saja cara pembayaran yang dapat dipakai? Akankah masalah keamanan menjadi momok?
Itu hanya segelintir pertanyaan yang saya terima setiap minggunya. Panduan ini saya tulis untuk menjawab semua pertanyaan di atas, ditambah beberapa tips pribadi dari pengalaman saya menjalankan online shop. Selamat menikmati.
Quote:
Mengapa Membangun Toko Online?
Quote:
Mengapa tidak? Hal yang paling mengagumkan tentang Internet adalah pertumbuhannya yang sangat pesat. Walaupun masih banyak orang yang ragu-ragu untuk berbelanja online, mereka yang memutuskan untuk mencoba dan menyukai kepraktisannya bertambah cepat. Ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah toko online yang terlihat baik di situs jejaring sosial maupun di mesin pencari.
Bagi entrepreneur yang memutuskan untuk fokus pada dunia maya, dunia maya memberikan peluang yang tak tertandingi. Sekecil apapun operasi toko online Anda, di Internet bisa jadi sama menariknya dengan toko besar karena eksistensi toko jenis ini sepenuhnya virtual. Sering juga pelanggan lebih menyukai toko kecil karena kedekatan yang dirasakan dengan pemiliknya. Suatu hal yang tidak didapati dari toko online besar.
Dan bagi badan usaha yang telah memiliki toko dan ingin berekspansi online, mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan
dalam cakupan nasional, bahkan internasional. Yang ragu membeli dapat melihat-lihat katalog produk onlinesuatu tren yang naik daun karena praktis dan hemat waktudan kemudian memutuskan berkunjung ke toko di dunia nyata untuk membeli. Sebenarnya langkah ini bukan merupakan pilihan lagi. Karena jika tidak, kompetitor Anda sedang mempertimbangkan dan melakukannya.
Quote:
Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Online Shop?
Quote:
Membuka sebuah toko online bukan hanya sekedar menyewa satu tim web developer, menegosiasikan jumlah bayaran, mendiskusikan fitur dan kemudian membiarkan mereka melaksanakan tugasnya. Prosesnya memerlukan perhatian yang besar pada setiap langkahnya.
Dengan alasan tersebut, Anda setidaknya harus memahami bagaimana cara kerjanya secara garis besar. Beberapa bidang yang harus diperhatikan dibagi dalam 3 kategori besar:
- Perencanaan. Semua yang perlu diketahui, dipertimbangkan dan diputuskan sebelum memulai projek ini.
- Mengembangkan strategi pemasaran. Bagaimana meluncurkan dan mengembangkan toko virtual tersebut, mendatangkan lebih banyak pengunjung dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan.
- Aspek teknis. Tidak perlu mengerti detilnya, tapi bagaimana setiap komponennya bekerja
membentuk suatu toko di dunia maya.
Mari kita bahas setiap area di atas satu per satu.
LANJUTANNYA DIBAWAH GAN..HEHEHE