alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016528512/jam-sekolah-akan-ditambah-oleh-kemendiknas
Jam Sekolah Akan Ditambah Oleh Kemendiknas
Pemerintah berencana akan menambah jam belajar di sekolah untuk semua siswa di jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh beralasan, nilai sosial yang berubah sehingga menuntut adanya perubahan di dunia pendidikan.

"Alasannya jelas karena ada perubahan sosial. Daripada lebih banyak di luar sekolah dan tercemar hal negatif, lebih baik kita perpanjang waktu di sekolahnya," kata Nuh seusai membuka Indonesian Science Festival (ISF), di Senayan, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Diakui Nuh, berdasarkan hasil kaji ulang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), efektivitas pembelajaran di sekolah masih sangat kurang. "Sekarang ini, berapa lama anak anak-anak ada di sekolah, enam sampai delapan jam. Tapi untuk apa kalau efektivitasnya belum memuaskan, maka kita tambah waktu di sekolahnya," pungkas Nuh.

Untuk diketahui, rencana pemerintah untuk menambah waktu anak-anak di sekolah menuai berbagai tanggapan. Saat ini, rencana itu masih terus dimatangkan oleh Kemdikbud selaras dengan pematangan kurikulum nasional yang baru dan akan mulai berlaku di tahun ajaran 2013-2014.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti tidak sependapat dengan usulan penambahan jam sekolah tersebut. Ia menilai pemerintah keliru besar saat berencana menambah jam di sekolah.

"Wah jangan, menambah jam sekolah akan memberatkan siswa, stres," kata Retno kepada Kompas.com, Selasa (18/9) malam.

Ia mencontohkan, siswa kelas 1 SMA misalnya, saat ini dibebani sekitar 17 mata pelajaran. Rata-rata, mereka berada di sekolah selama enam sampai tujuh jam, lima hari dalam seminggu. Atau siswa di Sekolah Dasar (SD). Meski lebih luang, tapi dinilai Retno juga cukup berlebih.

Hal itu terjadi karena ada beberapa materi pelajaran yang diberikan sebelum waktunya. "Harusnya dikurangi, bukan ditambah. Misalnya anak SD, mereka belum begitu perlu belajar teknologi informasi," ungkapnya.

Pernyataan Retno bukan tanpa alasan. Ia beranggapan setiap siswa harus diberi lebih banyak waktu untuk mengembangkan kompetensi sosial. Misalnya berorganisasi, mendorong mereka berlatih berbicara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

"Kalau lama di sekolah, kapan waktu mereka bersosial, berorganisasi? Menambah waktu di sekolah akan membuat anak menjadi tidak kritis," pungkas Retno.

Sependapat dengan Retno, Psikiater Prof Dr dr LK Suryani SpKj berpandangan, dewasa ini terjadi kecenderungan semakin muda usia penderita sakit kejiwaan karena anak-anak tidak siap menerima beban pelajaran di sekolah. Kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitiannya dan kunjungan ke tempat praktiknya, sudah ada anak SD yang mengalami gangguan jiwa.

Menurut Suryani, penyebab terbesarnya karena beban pelajaran sekolah, anak-anak dituntut cepat bisa membaca, menulis dan berhitung (calistung). Apalagi ditambah mereka harus belajar di sekolah hingga sore hari.

Suryani berharap para guru memahami perkembangan mental anak. Anak jangan dipaksakan belajar, tetapi hendaknya membuat siswa SD dari kelas I sampai III terangsang mempunyai semangat belajar, mau belajar dan berani berbicara.

"Di dalam mendidik, seyogianya guru jangan menganggap anak sudah tahu macam-macam sehingga tidak perlu dididik calistung. Harusnya anak-anak juga diajak menyanyi dan bercerita untuk mengekspresikan emosi," papar Suryani. (kom/brs/ts)

http://esq-news.com/2012/berita/09/1...%28ESQ+News%29

Pejabatnya aja di tambahin jam kerjanya, biar ?ª?>:/ kebanyakan cari proyek karena kebanyakan nganggurnya emoticon-Smilie
apa menjamin mereka akan belajar lebih baik malah ane pikir semaunya pada loyo kebanyakan jam terbangnya emoticon-Ngacir
di surabaya lagi musim FULL DAY SCHOOL

apa mau ditambah juga pak nuh???????

ponakan ane, pulang langsung teler
alhamdulillah, jam bal-balan ku nambah
Nambahin kok nambahin jam sekolah. emoticon-Gila

Lhaa trus aku Ngaskusnya kapaaan .... emoticon-Metal:
meskipun ditambah, itu gak bakalan jadi jaminan mereka tidak akan tercemar hal hal yang negatif.
lahhh pak mentri gimana

emangnye negara ini udh makmur penduduknya ?

kan banyak yang pulang sekolah bantu orang tuanya berdagang

kalo pagi mpe sore di sekolah

yang ada spp bulanannya ga kebayar
malah ga sekolah lagi siswanya


lagian yang negatif itu kan alay2 sekolahan yg pulang sekolah malah nongkrong di sevel / mall2


mohon diliat pake mata hati pak
Buset, anak sekolah zaman skrg disiksa bener, sudah bawa tas berat, jam belajar mau ditambah pula emoticon-Cape d... (S)


[MUST SEE!!!] 10 IKLAN SAFETY DRIVING PALING KREATIF di DUNIA!!!


[Pict!!!] Inilah Wanita Cantik yang Tidak Pernah Menyikat Gigi Selama 10 Tahun!!!
ini jam pelajaran di tambahi, bobotnya ada nda ? jangan udah jam di tambahi bobot dan mutu pelajarannya gak di benerin.

apa untungnya si nambahi jam pelajaran gini ?
dulu sih ane seneng2 aja di sekolah sampe malem.... emoticon-Big Grin

cuma bukan belajar,tapi nongkrong. emoticon-Malu
kasian adek-adek kita yang masih sekolah, mendingan perbaiki aja pak itu gedung-gedung yang udah rusak atau jembatan-jembatan buat kesekolah mereka, ngapain lama-lama disekolah kalo misalnya mutu pelajaran tetep ga ada dan sekolah rusak, lagian ga semua lingkungan di luar itu negatif pak, justru mereka bisa belajar dari lingkungan, ya asal di awasi aja emoticon-Smilie
masih kurang ya jam sekolah anak2 sekarang ??? emoticon-Gila emoticon-Gila
untung ane udah udah bukan anak sekolahan lagi emoticon-Big Grin

kalo full seharian disekolah, belajar sendiri nya kapan?
terus pastinya ga ada PR dong yah emoticon-Big Grin
emang ke jamin gitu pas jam pelajaran semua anak memperhatikan
terus kalau pun udah memperhatikan, emang ga perlu diulang belajar lagi dirumah?

kalo udah kecapean kapan mengulang pelajarannya emoticon-Bingung (S)
namanya anak umur segitu, masih getol-getolnya maen, mau dikekang pake tambah jam belajar?
apa ga semakin tertekan ya? kalo stress kapan bisa naek prestasinya
Bu retno paham maksudnya pak nuh gak sih? Kok kliatanya oot?emoticon-Hammer
paknuh kan bahas durasi bukan beban pelajaran emoticon-Hammer
ckckckck.. nuh ini sebelum menjabat mendiknas basic nya apa sih?? emoticon-Bingung
tambahan jam sekolah tanpa fasilitas yang memadai apa gunanya,.
emang msh kurang berat apa skrg...

negara2 maju yang pendidikan nya jauh di atas kita aja ga segila itu memacu perkembangan anak2 nya...

yg ada skrg makin stress n cm ngejar nilai semata entah gmana cara,akhir nya menjadi rusak itu mental anak2 trus kebawa hingga dewasa,ga heran kl makin ancur indonesia kedepan nya...
Quote:Original Posted By bocahlanangaja
ckckckck.. nuh ini sebelum menjabat mendiknas basic nya apa sih?? emoticon-Bingung


basicnya....orang desa masuk kota...

enak banget nih mentri .... buat peraturan malah buat siswa kecapaian....
bukannya sudah ada kegiatan ekstrakulikuler setelah jam sekolah ?
Kalo jam yang ditambah pelajaran matematika, fisika, biologi, dsb ya cape dong siswanya pak... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak