alexa-tracking

Seismik Tomografi utk Lihat Isi Peut Bumi (Ahlinya orang Indonesia gan)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016523761/seismik-tomografi-utk-lihat-isi-peut-bumi-ahlinya-orang-indonesia-gan
Seismik Tomografi utk Lihat Isi Perut Bumi (Ahlinya orang Indonesia gan)
Seismik tomografi merupakan sebuah metode geofisika untuk mengetahui kondisi bawah permukaan bumi berdasarkan data waktu tiba gelombang gempabumi (P dan S) yang terekam oleh peralatan seismik (seismometer) yang tersebar di atas permukaan bumi. Hasil pengolahan dan analisa gelombang tersebut akan memberikan gambaran struktur 3D interior bumi secara rinci. Seperti yang pernah penulis jelaskan sebelumnya bahwa metode seismik tomografi ini seperti sistem kerja CT Scan atau USG yang digunakan oleh dokter untuk melihat kondisi organ dalam dan tulang manusia tanpa melakukan operasi. Apabila gambar CT Scan dibuat dalam jumlah banyak dari berbagai arah maka akan didapatkan pencitraan/images dalam bentuk 3 Dimensi. Hal yang sama dilakukan oleh Geofisikawan namun bukan untuk melihat isi dalam tubuh manusia melainkan melihat isi dalam bumi tanpa harus melakukan pengeboran. Sumber getaran yang digunakan bisa dari sumber buatan maupun sumber alami berupa gempabumi yang sering terjadi di seluruh dunia.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, peralatan seismometer juga mengalami perkembangan yang luar biasa dari hari kehari. Seismometer modern yang disebar di seluruh dunia saat ini bisa merekam getaran-getaran kecil gempabumi yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Setelah sekian gempabumi terjadi, data yang terekam dari ribuan seismometer yang tersebar di seluruh dunia dalam sekiat waktu, selanjutnya diproses untuk mendapatkan resolusi tinggi pencitraan keadaan dalam bumi (images of earth’s interior) menggunakan teknik seismik tomografi. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh hasil pencitraan seismik tomografi untuk melihat kondisi penunjaman lempeng tektonik di bawah Amerika.

Seismik Tomografi utk Lihat Isi Peut Bumi (Ahlinya orang Indonesia gan)

Terdapat banyak cara untuk melakukan pencitraan seismik tomografi, sama hal dengan dokter yang memilih teknik CT scan atau USG untuk melihat kondisi dalam tubuh manusia. Salah caranya adalah dengan cara melihat waktu tiba gelombang P (primer/pressure wave) pada setiap seismomoter. Berdasarkan jarak sumber gempa dengan peralatan seismometer dan berapa waktu yang diperlukan untuk sebuah gelombang merambat, para geofisikawan bisa memetakan kondisi bawah permukaan. Hal ini dikarenakan cepat atau lambatnya perambatan gelombang sangat ditentukan oleh kondisi batuan di bawah permukaan. Gambar di bawah ini mengambarkan bagaimana penjalaran gelombang gempa yang melewati berbagai batuan di bawah permukaan dan kemudian getarannya di terima oleh seismometer yang dipasang di atas permukaaan bumi. Makin banyak seismometer yang dipasang maka makin besar pula resolusi gambar bawah permukaan yang bisa didapat.

Seismik Tomografi utk Lihat Isi Peut Bumi (Ahlinya orang Indonesia gan)

Setelah kita mengetahui prinsip kerja dan hasil pencitraan seismik tomografi, bagaimana kira-kira seismik tomografi ini berguna dalam upaya mitigasi bencana gempa bumi dan bagaimana geometri lempeng tektonik di Indonesia?

Geometri Lempeng Tektonik di Bawah Indonesia

Prof. Dr. Sri Widiyantoro yang sekarang ini menjabat ketua Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI 2012-2014) bersama kawan-kawannya pada tahun 2008 pernah memublikasi tulisan yang berjudul Complex slab subduction beneath northern Sumatra di GEOPHYSICAL RESEARCH LETTERS. Kemudian pada tahun 2009 memublikasi paper yang berjudul Seismicity and Structure of Lithosperic Slab Beneath the Sunda Arc, Indonesia. Dari hasil penelitian beliau di dapat pencitraan seismik tomografi sepanjang zona subduksi di wilayah Indonesia.

Selain kedua tulisan tersebut, banyak sekali publikasi beliau yang lain tentang seismik tomografi, jadi pembaca yang penasaran boleh tanya sama si adik Google , knapa saya panggil adik? karena dia baru lahir pada tanggal 15 September 1997…..hehehehhe.

Seismik Tomografi utk Lihat Isi Peut Bumi (Ahlinya orang Indonesia gan)

Pada gambar di atas bisa dilihat hasil melintang seismik tomografi di kawasan pulau Sumatra. Terdapat perbedaan antara masing-masing gambar di atas, misalnya saja antara cross section tomografi C-C’ dengan D-D’. cross section C-C’ di Sumatra bagian utara lebih tunjamannya lebih landai dibandingkan dengan cross section D-D’. Hasil kajian seismik tomografi Prof. Dr. Ir. Sri Widiyantoro seluruh Indonesia juga berkesimpulan bahwa penampang vertikal dari tomogram mengindikasikan bahwa subduksi di bawah Sumatera sangat landai, terutama di mantel bumi bagian paling atas. Geometri subduksi landai ini juga berkorelasi dengan usia yang relatif muda dari litosfer samudera yang menyusup di bawah Sumatera dibandingkan dengan litosfer samudera di sepanjang Andaman maupun Jawa.

Karena landainya tunjaman lempeng Indo-Australia terhadapa Eurasia di sekitar Sumatra menyebabkan zona gesekan antara keduanya menjadi sangat luas. Makin luasnya area gesekan antara kedua lempeng tersebut menyebabkan zona kuncian (lock) juga makin luas dan bisa memicu gempa-gempa besar. Pada tulisan ini, penulis juga pernah membahas indikasi suatu kawasan masih dalam keadaan lock

Dari hasil tomografi tersebut bisa dilihat bahwa kawasan subduksi di Sumatra bagian atas memiliki potensi gempa lebih besar dibandingkan dengan kawasan subduksi di pulau Jawa. Dengan adanya informasi seismik tomografi dari Geofisikawan ini tentu sangat membantu pemerintah Indonesia dalam membuat kebijakan sebagai upaya mitigasi bencana gempabumi.

SUMBER

Bacaan lain yang terkait:

Mempelajari Lapisan Bumi dgn Data Gempa
Potensi Gempa di Patahan Sumatra
Kembang-Kempis Gunungapi
3 Zona Sumber Gempa di Sumatra
Mengenal Seismic Gap

Mengharap emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan kalau bacaanya terlalu berat jgn di BATA ya gan....emoticon-Sorry
Wah keren nih gan,
wah ternyata ane pertamaxxxx, tadi sempet baca isinya, scroll2 ke bawah eh belum ada yang komen, emoticon-Ngakak (S)
komen:

baca dlu ah...
penting nih, emoticon-Cool
"Makin banyak seismometer yang dipasang maka makin besar pula resolusi gambar bawah permukaan yang bisa didapat."
Wahhh....sepi thread ane..emoticon-Matabelo
jaman gw SMA dulu geofisika sepi peminat lantaran ngga banyak yang diketahui soal program ini dan passing grade nya malah rendah. pas kuliah baru deh ngerti kalo anak geofisika keliling dunia nyari sumur emas hitam dan digaji paling besar diantara engineer2 lain di O&G company hehe emoticon-Stick Out Tongue
iya gan, ane dulu kuliah ambe MIPA fisika tp beruntung ada bidang minat Geofisika dan ane gabung disitu... Jadi skarang ini ane sebar2 ilmu geofisika biar rame yang masuk geofisika gan.
Baru tau ada bidang ilmu namanya geofisika emoticon-Malu (S) dan ternyata ada ahlinya orang indonesia pula emoticon-I Love Indonesia (S)

waduhh... laut terdalam kita hanya 11km, gunung tertinggi 9km, total cuman 20km, bandingkan dengan ratusan km lempeng bumi

jadi pergeseran kerak bumi, laut jadi darat, darat jadi laut itu tidak mustahil emoticon-Takut
beda yah sama seismik yang dilakuin saat nyari sumber minyak bumi?
kadang disebut juga 3d hi res- seismic survey itu..
Perkara gempa atau musibah adalah hal ghaib yang tidak akan pernah bisa diprediksi sampai hari kiamat. Walaupun manusia diberikan kemampuan untuk mempelajari keadaan bumi beserta isinya
Nice sharing gan
Semoga ke depannya lebih banyak lagi scientist di Indonesia yang bisa memajukan ilmu pengetahuan di negara kita. Ane lihat anak2 jaman sekarang lebih tertarik ke bidang lain daripada science. CMIIWemoticon-Blue Guy Smile (S)
Dengan seismograph seperti ini semoga bisa membantu mengurangi impact terhadap manusia dan lingkungan serta mengurangi kerugian finansial.
keren banget, salut buat orang Indonesia
Nice Post gan....
Quote:


Ini baru yang bisa disebut orang pintar, salah satu putra terbaik bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
orang hebat begini jarang dipake ama pemerintah indonesia emoticon-Cool
pemerintah lebih demen make begundal2 yg ada di gedung hewan doang emoticon-Ngakak (S)
enakan jadi PNS PAJAK daripada jadi ahli seismik tomografi emoticon-Wowcantik
gaji kecil resiko besar emoticon-Stick Out Tongue
kalo jadi PNS PAJAK, mah enak banget gan emoticon-Big Grin
gaji dan remun lancar jaya emoticon-Ngakak (S)
toh yg bayarin juga pajak2 ente sekalian emoticon-Cool
saya prihatin emoticon-Nohopeemoticon-norose
ahli seperti ini kok ga keliatan ya?
padahal kalau kita berdayakan, negeri ini nda kekurangan "ahli" yg sebenarnya,
daripada ahli2 retorika ug ada di partai dan gedung dHewan emoticon-Nohope



HIDUP BEMOKRATTT!!!!!!!!
emoticon-Kagets


ilmu beginian bisa dipake buat nge cek masalah LAPINDO gak ya? emoticon-Kagets

kalo ternyata bisa, dia harus gw pekerjakan dulu nih di salah satu anak perusahaan gw emoticon-Kagets
artikelnya bagus ga,,,
emoticon-Toast emoticon-Toast
beritanya berat gan, gak mampu dicernah dengan baik ini emoticon-Sorry
ngaco, ga juga ah emoticon-Stick Out Tongue

geofisis exp 15 y sama geologist 8 y aja kalah. belum lagi sama org wellsite. belum juga drilling engineer

rejeki ditangan tuhan nak *pukpuk*


Quote:



Quote:


emoticon-Sundul