alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016456973/keliling-indonesia-demi-pancasila
Keliling Indonesia demi Pancasila
Pancasila dalam kurun waktu 3- 5 tahun lagi tidak akan hidup di bumi masyarakat Indonesia.emoticon-Cape d... (S)

[QUOTE=]KUPANG, KOMPAS.com — Liberius Langsimus, pemuda berusia 26 tahun, selama 11 bulan mengelilingi Indonesia hanya untuk memperjuangkan Pancasila. Ia menilai, Pancasila dalam kurun waktu 3- 5 tahun lagi tidak akan hidup di bumi masyarakat Indonesia.

Dalam pertemuan dengan sejumlah siswa SD, SMP, dan SMA di berbagai sekolah, ia menemukan bahwa Pancasila tidak pernah diketahui atau dipahami para siswa. "Saat tiba di Halmahera, anak-anak SMP yang saya tanyai tentang Pancasila bingung. Mereka menjawab, nama itu belum pernah mereka dengar, apalagi menghafalnya. Saya kecewa sekali dengan bangsa ini," kata Liberius.

Ia mengungkapkan, dalam seminar membagi pengalaman tentang Pancasila bersama Liberius Langsimus, yang baru saja selesai mengelilingi Indonesia (dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Ndana) dan semua provinsi di Indonesia, Pancasila sudah berada di ujung kepunahan.

"Jangankan siswa SD, SMP, SMA, tetapi juga sebagian besar mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia tidak paham mengenai Pancasila. Perlu ada revolusi penegakan pada Pancasila di seluruh lini kehidupan masyarakat. Pendidikan moral Pancasila dan program P4 harus dihidupkan kembali melalui sekolah-sekolah dari tingkat SD-perguruan tinggi.

Liberius memulai perjalanan keliling Indonesia mulai dari Ende pada 1 Oktober 2011, tepatnya di pohon sukun, tempat Soekarno merenungkan Pancasila, menuju Aceh sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Ndana. Ia akan kembali ke Ende pada 1 Oktober 2012. Hasil kunjungan Liberius akan dibukukan dalam enam seri tentang Pancasila dan diluncurkan pada 1 Oktober 2012. [/QUOTE]

ternyata pendidikan pancasila untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sudah tak ada... ada nya pendidikan rasa K-pop, Terorisme dll... emoticon-Cape d... (S)

source = http://regional.kompas.com/read/2012...demi.Pancasila
Pancasila ditinggalkan karena tidak pernah diimplementasikan dengan benar dan serius, buktinya korupsi merajalela ...........

#koplak

Quote:Original Posted By DDAAAAfg
Pancasila ditinggalkan karena tidak pernah diimplementasikan dengan benar dan serius, buktinya korupsi merajalela ...........


banyak ajaran pancasila yang hilang.. karna kurikulum untuk pedidikan pancasila sudah g ada
asal nanti nggak jadi pemu** pancasila
aduh miris gan, padahal kita dari SD-perguruan tinggi sealu diajari pelajaran tentang kewarganegaraan. knapa kok para generasi kita banyak yang g tau tentang pancasila.
ini jadi pertanyaan besar knapa bisa begitu? apa yang salah?
apakah karena sistem pendidikkan kita kah?
Quote:Original Posted By Bayaccount
aduh miris gan, padahal kita dari SD-perguruan tinggi sealu diajari pelajaran tentang kewarganegaraan. knapa kok para generasi kita banyak yang g tau tentang pancasila.
ini jadi pertanyaan besar knapa bisa begitu? apa yang salah?
apakah karena sistem pendidikkan kita kah?


pendidikan pengamalan pancasila udah kagak ada...
Quote:Original Posted By edo77
pendidikan pengamalan pancasila udah kagak ada...


Negara aja udah lupa sama pancasila bro, gimana warganya
mnrt gw pancasila itu penting banget


~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
ada tuhan baru
yg artinya sila ketuhanan yang Mahaesa perlu direvisi
PANCASILA SOEKARNO: DEMOKRASI TERPIMPIN

PANCASILA SOEHARTO: ASAS TUNGGAL

yang berkuasalah yang menentukan penafsiran tentang pancasila emoticon-Big Grin
Isi pancasila sangat bagus, setuju pancasila ditetapkan sebagai dasar negara, dasar dari segala peraturan di indonesia..
tapi sayang pancasila hanya sebagai slogan semata.. angan2 doank..
implementasinya jaaaauhhh.....
Tapi sebenernya Pancasila itu adalah tetap 1 Makna...
Tapi memang namanya manusia.. jadi bnyak yang salah menafsirkan makna dari Pancasila itu sendiri... Memang sungguh ironi.
Dimana dulu Bansa kita dipuji" gara" Pancasila. Kini negara kita seakan tenag" saja saat Pancasila mulai tergerus oleh budaya" asing dan paham rasis emoticon-Matabelo emoticon-Sorry

Spoiler for SSsst:




Posted with kaskusBetaQR
45 butir pancasila:

Sila Pertama

1.\tBangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.\tManusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.\tMengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
4.\tMembina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
5.\tAgama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
6.\tMengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.\tTidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Sila kedua
1.\tMengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
2.\tMengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
3.\tMengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
4.\tMengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
5.\tMengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
6.\tMenjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
7.\tGemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
8.\tBerani membela kebenaran dan keadilan.
9.\tBangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
10.\tMengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

Sila ketiga
1.\tMampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
2.\tSanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
3.\tMengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
4.\tMengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
5.\tMemelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
6.\tMengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
7.\tMemajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Sila keempat

1.\tSebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
2.\tTidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
3.\tMengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
4.\tMusyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
5.\tMenghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
6.\tDengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
7.\tDi dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
8.\tMusyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
9.\tKeputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
10.\tMemberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

Sila kelima
1.\tMengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2.\tMengembangkan sikap adil terhadap sesama.
3.\tMenjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4.\tMenghormati hak orang lain.
5.\tSuka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
6.\tTidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
7.\tTidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
8.\tTidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
9.\tSuka bekerja keras.
10.\tSuka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
11.\tSuka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
yah nunggu aja sampe di claim sama malon, baru deh koar2 emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By b.i.m.o
45 butir pancasila:

Sila Pertama

1.\tBangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.\tManusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.\tMengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
4.\tMembina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
5.\tAgama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
6.\tMengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.\tTidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Sila kedua
1.\tMengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
2.\tMengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
3.\tMengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
4.\tMengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
5.\tMengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
6.\tMenjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
7.\tGemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
8.\tBerani membela kebenaran dan keadilan.
9.\tBangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
10.\tMengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

Sila ketiga
1.\tMampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
2.\tSanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
3.\tMengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
4.\tMengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
5.\tMemelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
6.\tMengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
7.\tMemajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Sila keempat

1.\tSebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
2.\tTidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
3.\tMengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
4.\tMusyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
5.\tMenghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
6.\tDengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
7.\tDi dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
8.\tMusyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
9.\tKeputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
10.\tMemberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

Sila kelima
1.\tMengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2.\tMengembangkan sikap adil terhadap sesama.
3.\tMenjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4.\tMenghormati hak orang lain.
5.\tSuka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
6.\tTidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
7.\tTidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
8.\tTidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
9.\tSuka bekerja keras.
10.\tSuka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
11.\tSuka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.


jadi inget waktu SD gan pas ulangan mata pelajaran pancasila emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By DDAAAAfg
Pancasila ditinggalkan karena tidak pernah diimplementasikan dengan benar dan serius, buktinya korupsi merajalela ...........


Korupsi terjadi karena pejabat sudah tidak punya hati nurani lagi dalam bekerja gan, bukan karena meninggalkan pancasila emoticon-Malu (S)
For Pancasila dasar Negara :
Keliling Indonesia demi Pancasila
Tapi emang bener, para generasi kita banyak juga yang gak hafal pancasila, apa lagi untuk mengamalkannyaemoticon-Berduka (S)
lambang hanya sekedar lambang gan
dan pada saat kita belajar hanya disuruh menghafalkan saja
Mari kita ajukan kembali Menghidupkan Kembali Pendidikan Moral Pancasila ke Departemen Pendidikan sekarang.. emoticon-Smilie
Apaan itu Pancasila gan???.... kue jenis baru kah?