alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016451605/lahan-kedelai-di-indonesia-terus-menciut-digeser-jagung--sawit
Lahan Kedelai di Indonesia Terus Menciut Digeser Jagung & Sawit
Quote:Jakarta - Produksi kedelai Indonesia cenderung menurun karena lahannya semakin menciut. Sebagian besar lahan kedelai dikonversi menjadi lahan jagung dan sawit.

Merujuk pada kondisi ini, pakar pertanian Bustanul Arifin mengatakan Indonesia saat ini sedang mengalami Dekedelaisasi.

"Saya menyebutnya ini dekedelaisasi. Produksi kedelai turun, luas lahan turun, daya saing ancur," kata Bustanul di acara Diskusi Pertanian Berkelanjutan, di Jalan Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/12).

Arifin menjelaskan pada tahun 1992, lahan kedelai di Provinsi Lampung saja mencapai 900 ribu hektar. Seiring dengan berjalannya waktu, lahan kedelai semakin menyusut tergerus oleh alih fungsi lahan, hanya tersisa 70 ribu hektar..

"Tahun 1992, di Lampung itu ada 900 ribu hektar, Lampung saja loh. Di Indonesia sekitar 1,8 juta hektar. Hari ini di Lampung hanya ada 70 ribu hektar, diganti jagung lalu diganti sawit," paparnya.

Ia mencatat total impor kedelai dan produk olahannya mencapai 5 juta ton, terdiri dari 2 juta ton biji kedelai dan 3 juta ton bungkil kedelai dan jumlah sedikit untuk minyak kedelai. "Ini serius, sangat serius jika pemerintah tidak segera menyikapinya," imbuhnya.
sumber : [URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/14/173128/2019953/4/lahan-kedelai-di-indonesia-terus-menciut-digeser-jagung-sawit"]Detik[/URL]

yah wajar sih sebab lebih menjanjikan gitu lho!!!
TS mo jadi petani kedelai ?
*satu dua tiga empat
Ts mo jadi keledai ? *eh


*jit nyi sam shi
kedelai impor dari amrik ntar..disana pemerintahny pro melindungi petani kedele
Petani tergiur penghasilanya

padahal bila pemerintah mendukung distribusi keelai dan produk2nya, pasti tetep aa petani kedelai
Quote:Original Posted By kabei
TS mo jadi petani kedelai ?
*satu dua tiga empat

gak mau soalnya yang udah jadi petani ajah malas nanam
Quote:Original Posted By mrjack
Ts mo jadi keledai ? *eh


*jit nyi sam shi

MAKSUD LOE!!!
Quote:Original Posted By hogswart19
kedelai impor dari amrik ntar..disana pemerintahny pro melindungi petani kedele

memang benar bahkan sampai di belain ribut ribut di WTO
Quote:Original Posted By halim9082
Petani tergiur penghasilanya

padahal bila pemerintah mendukung distribusi keelai dan produk2nya, pasti tetep aa petani kedelai

tanpa bantuan pemerintah yah seperti sekarang jadinya
Quote:Original Posted By dulriza
gak mau soalnya yang udah jadi petani ajah malas nanam

MAKSUD LOE!!!

memang benar bahkan sampai di belain ribut ribut di WTO

tanpa bantuan pemerintah yah seperti sekarang jadinya


bercanda gan emoticon-Peace

ya mo gimana lagi hasil yang diperoleh dari kedelai lebih kecil dari komoditi lain maybe emoticon-Big Grin

dan pasti ada faktor x yang menentukan kenapa jagung dan sawit lebih dipilih kan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dulriza
gak mau soalnya yang udah jadi petani ajah malas nanam

MAKSUD LOE!!!

memang benar bahkan sampai di belain ribut ribut di WTO

tanpa bantuan pemerintah yah seperti sekarang jadinya


kalo lo aja ga mau trus kenapa pengen orang lain tanam kedelai?
Petani kita tanam yg paling nguntungin aja..... Tanaman yg tidak menguntungkan ditanam kita impor aja
yah wajar lah klo dijual murah, mendingan tanam lombok aj
Quote:Original Posted By hogswart19
kedelai impor dari amrik ntar..disana pemerintahny pro melindungi petani kedele


pemerintah asu disana kasih subsidi ma petani kedelai. karenanya produk jadi murah. masuk sini juga masih murah. kalo kpengen petani nanam kedelai subsidi aja kayak di asu sono. jangan subsidi DPR buat jalan-jalan ke LN doank.

DPR? mending bubarin dah! ngga adda guna!
Sawit sama jagung ..... 2-2nya penting.

mungkin pemanfaatan lahan kita yg belum maksimal..... kan banyak lahan yg belum di garap , siapa tau emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mrjack


bercanda gan emoticon-Peace

ya mo gimana lagi hasil yang diperoleh dari kedelai lebih kecil dari komoditi lain maybe emoticon-Big Grin

dan pasti ada faktor x yang menentukan kenapa jagung dan sawit lebih dipilih kan emoticon-Big Grin

becanda juga kok broemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
jagung dan sawit sih sekarang jadi primadona karena tingginya permintaan
Quote:Original Posted By kabei


kalo lo aja ga mau trus kenapa pengen orang lain tanam kedelai?

yang ingin orang lain nanam kedelai siapa???
aku khan cuma bilang petani sekarang kurang mau menanam kedelai karena harga jualnya rendah kalah dengan kedelai impor. nah disini seharusnya tugas pemerintah untuk membantu para petani
Quote:Original Posted By dulriza


yang ingin orang lain nanam kedelai siapa???
aku khan cuma bilang petani sekarang kurang mau menanam kedelai karena harga jualnya rendah kalah dengan kedelai impor. nah disini seharusnya tugas pemerintah untuk membantu para petani


kalo yu mau jadi petani kedelai setidaknya akan nambah 1 orang yang menanam kedelai di negeri ini emoticon-shakehand: