alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016348845/majapahit-metropolitan-yang-hilang

Majapahit (Metropolitan yang Hilang)

Bismillahirahmanirahim
Semoga infonya bermanfaat

Siapkah kita menerima kemegahan Majapahit kembali?

Majapahit (Metropolitan yang Hilang)

Oleh Mahandis Y.Thamrin
Foto oleh Dwi Oblo

Kami lalu beranjak menyusuri pekarangan warga menuju lokasi ekskavasi. Sebidang tanah di bekas rumah kepala desa setempat itu kini menjadi lokasi penelitian mereka yang disewa sekitar dua minggu. Sambil berjalan, Eriawati berkata bahwa saat ini timnya tidak bisa melanjutkan penelitian di lokasi yang sama seperti tahun lalu. Saya bertanya kenapa dan mendapatkan jawaban mengejutkan: karena tepat di atas temuan struktur tembok kuno tahun lalu itu, kini telah menjadi kebun pepaya berbuah ranum!

Eriawati memantau struktur permukiman dan lantai kuno yang tengah digali secara hati-hati oleh para ahli arkeologi. Seperti kota-kota modern, di Kota Majapahit juga terjadi pemakaian ulang yang tumpang tindih pada struktur permukimannya. Eriawati menunjukkan dinding-dinding itu saling terobos sehingga sulit membedakan apakah lapisan dinding itu digunakan semasa atau pada periode sebelumnya. Namun, teka-teki belumlah berakhir. Di tepian kotak penggalian itu dia berkata, “Sayangnya, sebagian besar susunan batu batanya sudah amburadul akibat pencarian emas besar-besaran pada 1960-1970-an.”

Teraduknya lapisan budaya dan hancurnya struktur bangunan kuno—yang tentu menyulitkan kerja ahli arkeologi—terus berlanjut dengan maraknya pembuatan growol atau semen bata kuno pada 1980-an. Bahkan, sampai hari ini penduduk masih menggunakan “sumber daya yang melimpah” itu untuk membangun rumah dan pagar-pagar desa.
Beberapa tahun terakhir, Eriawati dan timnya telah berhasil menampakkan unsur permukiman kuno di Sentonorejo.

Hasilnya, kawasan dengan sebaran temuan seperti struktur dinding bersaluran air, hamparan lantai terakota persegi empat dan enam, umpak batu berhias tumpal, dan sisa sumur jobong. Eriawati menduga, terdapat dua lokasi dengan fungsi berbeda menurut banyaknya ragam temuan genting dan peralatan sehari-hari. Di sisi barat “ada bangunan khusus yang bukan untuk kepentingan sehari-hari,” ungkap Eriawati.

“Tetapi, sisi timur itu daerah yang ditempati harian karena temuan keramik dan tembikarnya bervariasi, kebanyakan barang-barang harian, seperti pecahan tempayan, pasu, pinggan, kendi, mangkuk, dan anglo.”

Tahun ini, timnya juga kembali menemukan struktur batu bata yang diperkirakan sebagai pembagi ruang dalam suatu bangunan dan struktur lainnya sebagai tembok pembatas kaveling permukiman. Bak sebuah kota yang agung, seluruh temuan struktur bangunan di kawasan Trowulan, memiliki kesesuaian orientasi dengan jaringan kanal kunonya, yaitu antara 5-12 derajat dari arah utara.

foto-foto
Spoiler for candi:


Spoiler for relief:


Spoiler for Surya Majapahit:


Spoiler for Celengan:


sumber:http://nationalgeographic.co.id/feature/2012/09/metropolitan-yang-hilang
wah makasih bangat ya gan atas infonya ituu
Keren. emoticon-Belo
Kapan2 main ke sana deh. .....emoticon-Ngacir
gak ngerti ane gan maksudnya
Nice inpo gan,.,

Quote:Gak tau

Smile 

Indonesia tuh memang kaya yah...Semuanya ada disini..mangtab...emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)
itu didaerah mana sih emoticon-Belo
wah keren banget yah emoticon-Matabelo

Thumbs up 
Sip gan

Dulu jaman Majapahit Nusantara/Indonesia jaya bgt ya gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Aldinal
itu didaerah mana sih emoticon-Belo

itu terletak di trowulan deket daerah mojo kerto gan

ini petanya kalo agan minat ke sana nggak ada salahnya
Spoiler for peta:
Quote:Original Posted By MuhammadAbid
Dulu jaman Majapahit Nusantara/Indonesia jaya bgt ya gan emoticon-Smilie

iya gan Indonesai dulu memang maju kususnya dalam hal maritim pelaut-pelaut indonesai sudah menjelajah tidak hanya di kawasan nusan tara namun juga sampai mancanegara
salah satu semboyan pelaut Indonesia gan
"SEKALI LAYAR TERKEMBANG, SURUT KITA BERPANTANG"
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
betapa hebatnya kita di masa lalu....
jangan lupakan masa lalu kita yg hebat,untuk di jadikan semangat di hari esok....
Ane percaya dl Indonesia negara maju di dunia
menunjukan bahwa nusantara pernah jayaemoticon-I Love Indonesia (S)
bener2 kejayaan di masa lampau

entah butuh beberapa ratus tahun lagi untuk mengulanginya emoticon-Hammer2
Mungkin salah satu sebab kerajaan dulu maju adalah karena pemimpin yang bagus,
jadi, jangan berharap indonesia bakalan maju kalo pemimpinnya seperti sekarang,
kenapa susah sekali orang kita tuk belajar dari orang dulu,
padahal udah ada bukti nyata mengenai ini,
wuih, keren tuh gan surya majapahitnya..
kayaknya keren ya kalo sekarang ada kerajaan majapahit..
emoticon-Matabelo
wah keren banget yh emoticon-Belo
wah trid nya ngingetin ane dulu pas jaman kuliah di arkeologi emoticon-Malu (S)
majapahit memang aset yg tak ternilai harganya gan