Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016341782/mendikbud-hukuman-fisik-untuk-siswa-sah-saja-asalbagaimana-menurut-anda
Mendikbud: Hukuman Fisik untuk Siswa Sah Saja asal...bagaimana menurut anda??
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai hukuman fisik dari guru kepada siswa sah-sah saja untuk diberikan. Hanya saja, hukuman fisik itu harus mendidik dan menjadi jalan terakhir untuk memberi pemahaman kepada peserta didik.

"Hukuman, misalnya fisik, itu kan pelajaran juga, selama tidak dalam bentuk berlebihan," ungkapnya di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Hal ini disampaikan Mendikbud menyusul munculnya kembali aduan tentang kekerasan di sekolah, terutama yang dilakukan oleh guru kepada siswanya. Hukuman fisik, lanjutnya, apalagi diberikan oleh guru, jelas tidak boleh diberikan secara berlebihan. Namun, jika diberikan pun, guru dan orangtua harus berangkat dari pemikiran bahwa hukuman ini penting untuk mendidik anak sehingga tak orangtua tak perlu bereaksi berlebihan.

"Bagaimanapun juga guru perlu dilindungi. Jangan sedikit-sedikit mengadu ke komnas, saya pikir itu lost energy. Seharusnya kan bisa balance," ucapnya.

Menurutnya, perlindungan yang berlebihan terhadap salah satu warga sekolah juga tidak baik. Semua warga sekolah, baik siswa maupun guru, sama-sama perlu mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan porsinya.

"Tentu harus dilindungi, tetapi overprotective juga tidak bagus," tambahnya,

Kasus kekerasan yang dilakukan guru kepada siswa kembali mencuat. Terakhir, orangtua seorang siswa kelas III SDN 23 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, melaporkan seorang gurunya yang diduga melakukan kekerasan fisik terhadap siswanya. Setidaknya, ada empat siswa yang mengaku telah menjadi korban hukuman fisik yang diberikan oleh guru Rh karena mereka disebutkan tidak membuat pekerjaan rumah. Sampai saat ini kasus tersebut dalam penanganan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
Editor :
Caroline Damanik

http://edukasi.kompas.com/read/2012/....Sah.Saja.asal.
Jaman ane SD, murid nakal dijewer gurunya, guru lapor ke orang tua, di rumah si anak dimarahi lagi oleh orang tuanya karena orang tuanya malu .
sekarang murid nakal dijewer gurunya, si anak ga terima terus cerita ke orang tua, orang tuanya ngaduin gurunya ke polisi atas pasal perbuatan tidak menyenangkan .
Quote:Original Posted By .untitled
Jaman ane SD, murid nakal dijewer gurunya, guru lapor ke orang tua, di rumah si anak dimarahi lagi oleh orang tuanya karena orang tuanya malu .
sekarang murid nakal dijewer gurunya, si anak ga terima terus cerita ke orang tua, orang tuanya ngaduin gurunya ke polisi atas pasal perbuatan tidak menyenangkan .


jd yg bermasalah pasal karetnya ya gan?

anak2 jaman sekarang emang lebay, ditowel dikit ngadu
ada perbedaan pola didikan sekarang. Orang tua lebay anak salah dihukum balik hajar gurunya!

semakin dibiarkan anak berbuat salah oleh orang tuanya!

kalo kasus TAWURAN... anggap saja kesalahan FATAL! ndak perlu di hukum panasan diluar sekolah, langsung KELUARKAN!
hukuman fisik tapi yang sewajarnya aja lah
hati-hati... ntar siswanya bisa kayak gini lho

Mendikbud: Hukuman Fisik untuk Siswa Sah Saja asal...bagaimana menurut anda??

Vbot jadi guru ga yah ?
rasanya dijewer, disetrap dan disuruh push-up plus squat masih wajar kok
kalo dijewer, dijitak, pukul 1x pake penggaris...masih wajar
tapi kalo dipukuli sampe babak belur, ada cacat permanen....itu yg gak boleh
apalagi digunakan sebagai pelampiasan emosi guru karena masalah pribadi
kalau hukuman fiisiknya msh dalam tahap wajar dan msh bisa di toleransi sih ok2 ja.

dan ortu jg hrs cross cek dlo donk jgn maen marah2 aje klo anaknya di hukum guru.
karena ada pola pikir orang tua modern yang ingin anaknya tidak di kasari oleh siapapun,
tapi setidaknya pembelajaran jaman dulu nyatanya lebih berhasil ketimbang ada rsbi dan semacamnya..
keras dan mendidik, selain mengajarkan kesopanan juga kedisiplinan,
pembelajaran kan gak mesti ilmu eksak
GURU kan orang tua di sekolah...
kita sewaktu di sekolah itu menandakan kita adalah ANAK-ANAK.
NAKAL itu adlah sifat alami dari anak-anak .. so kalo dijewer ,kalo dipukul karena nakal ya jangan mewek
Kalo hukumannya bersifat olahraga (push-up, lari keliling lapangan) saya setuju karena justru bermanfaat buat si anak.

Atau kayak di sekolah-sekolah luar, hukumannya suruh nulis essay sekian halaman tentang topik tertentu. Ini juga lebih bermanfaat.



Persoalannya adalah profesi guru yang masih dianggap enteng. Di Indonesia, gak nyampe setengah dari total guru itu adalah mereka yang bener-bener bercita-cita jadi guru waktu masih kecil.

Kebanyakan bercita-cita sebagai insinyur, dokter, pengacara, akuntan, pengamat ekonomi, peneliti, dll. Tapi karena cita-cita itu kandas di tengah jalan, maka apa boleh buat, mereka jadi guru. Oleh karena itu mereka gak bener-bener menjalankan profesi ini dengan serius. Agan aja kalo disuruh kerja yang bukan minat agan, sulit untuk komitmen 100% kan?

Ane bukannya jelekkin guru secara umum. Kayak ane bilang sebelumnya, masih ada sebagian kecil yang bener-bener berdedikasi sebagai pendidik, sayangnya mereka cuma sedikit...
kalau menurut ana cari dulu konsesus mana yang betul mana yang salah antara guru ama murid
karena ane liat jaman sekarang banyak ga singkronnya
contoh simpelnya aja soal HP bagi semua murid hp adalah hal biasa tp bagi sebagian guru itu bkn soal biasa

bkn apa klw masih ga singkron
mau hukuman dalam bentuk apa pun
apalagi hukum fisik yang pada nyatanya ga ada toleransinya
ga akan membawa efek positif apa2
cuma sakit ati doang
sakitnya ga terlalu lama tapi sakit atinya ampe mati mungkin masih ingat

secara ane aja pernah di tampar pas kelas 6 masih berasa kesal ampe sekarang karena ane ditempeleng satu kelas krn ulangan dadakan kami jelek dan materi ga ada pernah di ajarkan
dan ternyata cuma alasan tu guru aja krn lg kesal sama anaknya
Quote:Original Posted By Stealthflanker
hati-hati... ntar siswanya bisa kayak gini lho

Mendikbud: Hukuman Fisik untuk Siswa Sah Saja asal...bagaimana menurut anda??

Vbot jadi guru ga yah ?


hahaha...lucu gan..

pendidikan dengan cara melakukan kekerasan terhadap anak hanyalah untuk orang2 terbelakang, ini sebuah metode disipliner yg anut oleh orang2 idiot dimiliter untuk menghasilkan individu2 tangguh tanpa perasaan (semacam robot pembunuh)..

kekerasan terhadap anak akan berdampak secara psiokologis dan sosial kepada sianak. ada solutif yg lebih pintar dalam memberikan reward-punishment terhadap anak tanpa harus memukul dan menyakiti secara fisik.
Quote:Original Posted By .untitled
Jaman ane SD, murid nakal dijewer gurunya, guru lapor ke orang tua, di rumah si anak dimarahi lagi oleh orang tuanya karena orang tuanya malu .
sekarang murid nakal dijewer gurunya, si anak ga terima terus cerita ke orang tua, orang tuanya ngaduin gurunya ke polisi atas pasal perbuatan tidak menyenangkan .


iya gan, dulu ane sering ditempeleng di jewer n dipukul sama guru, malah takut ngelapor sama ortu karena pasti akan dimarahin lagi

kalo sekarang ortu dan siswa nya lebay banget, ditempeleng karena memang si anak salah trus lapor sama ortunya kalo ga ngehajar guru yang nempelengnya pasti dilaporin sama polisi
Jaman ane STM dikick ama guru sampe hidung bocor hal biasa gan....
jangan samain dengan jaman dulu
model pendidikan pake fisik udah kliatan hasilnya sekarang
manusia pada brutal . dikit-dikit pake kekerasan . ga punya penghargaan sama nyawa sesama
Hukuman dalam bentuk kontak fisik? Kok kayak ajarin binatang aja?

Quote:Original Posted By bvcxz
jangan samain dengan jaman dulu
model pendidikan pake fisik udah kliatan hasilnya sekarang
manusia pada brutal . dikit-dikit pake kekerasan . ga punya penghargaan sama nyawa sesama


bener... liat di negara2 yg kualitas pendidikannya bagus mana ada yg pake cara2 FPI dalam mendidik pelajarnya...
kok cemen2 ya anak sekarang

ane dulu waktu sd,smp gw mending kena gampar guru di sekolah ....
kena pukul penggaris panjang n tebal , kena jemur 1 jam tengah hari , kena rotan ...biasa aja tuh . masi mending guru yg kasi hukuman


kalau sampe bokap ane yg gampar ................
×