Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016337795/museum-perang-dunia-ii-morotai-dorong-wisata-nostalgia
Museum Perang Dunia II Morotai Dorong Wisata Nostalgia
Museum Perang Dunia II Morotai Dorong Wisata Nostalgia

Quote:Merupakan satu-satunya museum yang khusus menyimpan peninggalan Perang Dunia II.

Pembangunan Museum Perang Dunia II di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, memiliki banyak manfaat. Di antaranya untuk mendukung program Pemerintah Daerah setempat dalam mengembangkan wisata nostalgia.

Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai sejak beberapa tahun terakhir mengembangkan wisata nostalgia dengan sasaran peninggalan sejarah PD II di daerah itu.

Pemkab Pulau Morotai mengharapkan para veteran PD II dan keluarganya termasuk masyarakat dari negara yang pernah ambil bagian dalam PD II di Morotai, seperti Amerika Serikat, Australia dan Jepang akan tertarik untuk datang ke Morotai melihat peninggalan PD II di daerah itu.

"Adanya pembangunan museum PD II di Morotai tentu diharapkan semakin mendorong mereka untuk datang ke Morotai, karena di museum itu akan ditampilkan berbagai peninggalan PD II, seperti pakaian tentara, alat perang dan berbagai dokumen," katanya.

Sebelum adanya museum PD II itu, Pemkab Pulau Morotai mengandalkan sejumlah peninggalan PD II yang masih tersisa di daerah itu sebagai daya tarik dalam program wisata nostalgia.

Objek wisata nostalgia itu antara lain bandara peninggalan Sekutu, puing-puing pesawat tempur dan kapal perang, serta Pulau Sum-Sum, tempat peristirahatan panglima Sekutu di Asia, Jenderal Douglas Mc Arthur.

Ia mengatakan, pembangunan museum PD II dengan anggaran lebih dari Rp1 miliar merupakan salah satu program pembangunan berbagai fasilitas publik dan infrastruktur di Morotai, menyusul adanya penyelenggaraan Sail Morotai di daerah itu tanggal 11-15 September 2012.

Museum yang merupakan satu-satunya di Indonesia khusus menyimpan peninggalan PD II tersebut, rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono serangkaian peresmian acara puncak Sail Morotai tanggal 15 September 2012.

Bupati mengatakan, di daerahnya juga telah dibangun monumen Trikora untuk menandai peran Morotai sebagai salah satu Pangkalan TNI saat merebut Papua dari Kolonial Belanda.
Penulis: Antara/ Yusuf Abdillah - sumber



Foto tinggalan perang yang ada di museum

Spoiler for :


Morotai World War II Relics

Spoiler for :

(Morotai Pulau Kenangan) Mengenang Perang Pasifik di Morotai

Museum Perang Dunia II Morotai Dorong Wisata Nostalgia
Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda menyukai sejarah, tak ada salahnya mengunjungi Morotai. Pulau Morotai adalah salah satu dari gugusan pulau yang berada di bibir Samudra Pasifik. Letaknya di utara Pulau Ternate, Maluku Utara.

"Sebagian orang menyebut Morotai dengan 'Mutiara di Bibir Pasifik'. Ada pula yang menyebutnya Morotai The Memory Island (Morotai Pulau Kenangan) karena pernah diduduki oleh tentara Jepang dan Sekutu," kata Syamsul Bahri Rajab, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Selasa (7/12/2010) di Jakarta.

Saat ditemui dalam acara Indonesia Blue Revolution 2010 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Syamsul mengungkapkan, dalam periode Perang Pasifik (Perang Dunia II), Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Pertama, oleh tentara Jepang di bawah pimpinan Jenderal Kawashima pada 1942 dan, kedua, oleh tentara Sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur.

Menurut dia, benda-benda peninggalan Perang Dunia II sangat menarik untuk dikunjungi, baik di darat maupun di bawah permukaan laut. "Pengunjung bisa memainkan senjata yang pelurunya berkaliber 12,8 mm dan memakai topi tentara sehingga merasakan bagaimana tentara Sekutu berperang," kata Syamsul.

"Bahkan, Anda dapat berkesempatan menyelami dasar laut sekitar Morotai untuk menyaksikan benda-benda peninggalan PD II," imbuh pria yang biasa dipanggil Aziz ini.

Ia menjelaskan, sebagian besar benda peninggalan sejarah itu awalnya diangkut tentara Jepang dengan kapal tongkang untuk dibawa pulang ke tanah air mereka pada 1944. Benda-benda itu antara lain senjata perang, panser, tank, dan pesawat tempur. Saat berada di lepas pantai, tentara Sekutu menjatuhkan bom di atas kapal tongkang sehingga muatannya terpendam di dasar laut.

Oleh sebagian warga, benda-benda itu diangkut ke daratan dan disatukan dengan benda-benda lainnya. "Sejak 1950 banyak orang sudah mulai mendatangi Pulau Morotai untuk melihat benda-benda langka ini," kata Syamsul.


FOTO -2 PERANG DI MOROTAI

Spoiler for :


Museum Perang Dunia II Morotai Dorong Wisata Nostalgia
.
masyarakatnya juga harus dididik juga jangan malah nanti pada ngegaliin buat nyari reliks trus pada dijualain
jiah kenapa bangkai besi kaga dijual ada ke tengkulak ? lumayan tuh..
wow, matap itu barang2nya. mahal sepertinya jika ada kolektor atau kolekdol heee

kolekdol = penjual barang koleksi hahahaha

edan masih ada apa tanknya itu ??

mantap yah
dulu banyak peninggalan tank dsana
sayang dijarah sama perusahaan .... apa tu yang bergerak di besi-besi gitu?
Quote:Original Posted By LoE_Seifer
dulu banyak peninggalan tank dsana
sayang dijarah sama perusahaan .... apa tu yang bergerak di besi-besi gitu?


asal ada besi ga pake langsung di rombeng

Museum Perang Dunia II Morotai Dorong Wisata Nostalgia
wah sayang, gak ada patung pak pitler nih
wih klo tuh peralatan perang yg tersisa di rebuild n dipamerin di museum itu bisa jadi daya tarik wisata ampe luar negeri kali ya.. sayang klo di besitua doang.nilai historynya terlalu tinggi..
×