Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016320604/satelit-nasa-perlihatkan-menghilangnya-es-di-puncak-jaya
Satelit NASA Perlihatkan Menghilangnya Es di Puncak Jaya
akibat pemanasan global ni gan dampak nyatax uda smpek indonesia

Tahun 1989, ada lima gletser di Puncak Jaya. Namun, 20 tahun kemudian, dua dari lima gletser itu hilang.

smg ja gak repost

Spoiler for ni gan fotox:


Pemanasan global mulai memperlihatkan dampaknya pada penghuni Bumi. Bukti keberadaannya kali ini dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan foto dari satelit NASA mengenai kondisi es di Puncak Jaya, Papua.

Imaji satelit yang dirilis pekan lalu oleh NASA menunjukkan hilangnya gletser di Puncak Jaya yang merupakan bagian dari Barisan Sudirman. Puncak Jaya memiliki nama lain Carstenz Pyramid, warga lokal menyebutnya Ndugu-Ndugu.

Foto diambil menggunakan Thematic Mapper (TM) di Landsat 4 dan 5. Di ketinggian 4.884 meter, foto satelit NASA membandingkan kondisi gletser di tahun 1989 dan 2009. Tahun 1989, ada lima gletser di Puncak Jaya. Namun, 20 tahun kemudian, tepatnya pada 2009, dua dari lima gletser itu hilang sama sekali. Sedangkan sisa tiga gletser lainnya berkurang secara drastis.

Suasana pendakian oleh tim 7 Summits Indonesia.(Dok. 7 Summits Indonesia).
Menurut Ardheshir Yaftebbi, salah satu pendaki dalam ekspedisi 7 Summits yang mencapai puncak Carstenz Pyramid -puncak tertinggi di komplek Pegunungan Jayawijaya- pada April 2010, ia dan timnya menjadi saksi penyusutan es.

"Saat itu kita melihat salju (di sekitar Carstenz Pyramid) hanya tinggal dua kilometer persegi. Di tahun 1930, salju itu mencapai 20 kilometer persegi," kata Ardhesir saat berbincang dengan National Geographic Indonesia, Rabu (5/9).

Ditambahkannya hal ini sangat menyedihkan karena Puncak Jaya merupakan satu-satunya lokasi di Indonesia yang memiliki es. "Jayawijaya disebut sebagai es abadi, tapi ternyata diprediksi tidak akan ada salju lagi pada lima hingga sepuluh tahun mendatang," ujar Ardeshir yang juga Ketua Tim Ekspedisi 7 Summits yang dimulai tahun 2010 dan berakhir pada Juni 2012.

Carstenz Pyramid masuk sebagai tujuh puncak tertinggi di dunia. Bersama dengan Gunung Kilimanjaro (Tanzania, Afrika), Elbrus (Eropa), Aconcagua (Amerika Selatan), Denali (Amerika Utara), Vinson Massif (Antartika), dan Everest (Nepal, Asia).

Dengan kondisi suhu Bumi saat ini, NASA memprediksi seluruh gletser di Papua akan musnah pada 20 mendatang. Para peneliti juga sudah menyebutkan, hal ini terjadi karena berbagai faktor. Seperti perubahan suhu, kelembapan, hujan, dan pergerakan awan. Kondisi iklim dan penggundulan hutan juga turut berpartisipasi.

"Ini bukan peringatan pertama dan bukan hanya terjadi di negara kita. Es di Antartika juga mencair dan berada pada titik terendah," kata Direktur Program Iklim dan Energi WWF Nyoman Iswarayoga.

Untuk mencegah perubahan iklim lebih lanjut bisa dilakukan beberapa hal, baik secara kolektif maupun individu. Kolektif bisa berwujud gerakan masyarakat yang diwadahi pemerintah. Sedangkan gerakan individu dimulai dengan perubahan gaya hidup yang lebih "hijau."

go green
umur bumi emang udah semakin tua....
Permukaan bumi memang dinamis gan

laut jadi gunung, gunung jadi laut.... Itu biasa dan sudah berlangsung semenjak bumi tercipta...... Cuma prosesnya lambaaaaaat (kalo cepet baru banyak korban)
Quote:Original Posted By baikkupanjang
umur bumi emang udah semakin tua....


iya gan uda tanda2 mau hancur

Quote:Original Posted By bung.kus
Permukaan bumi memang dinamis gan

laut jadi gunung, gunung jadi laut.... Itu biasa dan sudah berlangsung semenjak bumi tercipta...... Cuma prosesnya lambaaaaaat (kalo cepet baru banyak korban)


haha agan ini uda kyak pakar di bidangx
Quote:Original Posted By bung.kus
Permukaan bumi memang dinamis gan

laut jadi gunung, gunung jadi laut.... Itu biasa dan sudah berlangsung semenjak bumi tercipta...... Cuma prosesnya lambaaaaaat (kalo cepet baru banyak korban)



Yup, bahkan 2-3 minggu lalu ane ga kaget pas ada ujan es di kawasan tengger ...
pemanasan global yg semakin mengkhawatirkan .

alam sudah mulai kehilangan keseimbangan , siap2 menghadapi seleksi alam
padahal yang paling banyak ngerusak lingkungan itu negara maju seperti amerika, negara2 eropa. kenapa negara kita yang dikejar2 buat menjaga kelestariannya, padahal yang merusak ya investor2 dari negara asing juga.

silahkan dimulai dengan memberi contoh buat menjaga kelestarian, baru mengajak negara lain untuk itu
jangan percaya pemanasan global. posisi bumi memang semakin dekat dgn matahri karena tertarik medan magnet planet lain.
Quote:Original Posted By Ryuu..
pemanasan global yg semakin mengkhawatirkan .

alam sudah mulai kehilangan keseimbangan , siap2 menghadapi seleksi alam


betul gan emng harus pny persiapan untuk menghadapix,
Quote:Original Posted By babycebong
padahal yang paling banyak ngerusak lingkungan itu negara maju seperti amerika, negara2 eropa. kenapa negara kita yang dikejar2 buat menjaga kelestariannya, padahal yang merusak ya investor2 dari negara asing juga.

silahkan dimulai dengan memberi contoh buat menjaga kelestarian, baru mengajak negara lain untuk itu


iya gan spekat nih ma pendapatx, tpi stidaknya qt jg harus menjaga lingkungan gan, klo gak gt ya qt hampir mirip ma negara2 eropa gan
mungkin kaya di pelem2 itu teorinya bener kali siklus hidup bumi. dulu kan bumi perna ngalamin jaman es mencari juga. sampe jaman jadi jaman es
gimana ga makin abis, selain pemanasan global, kegiatan penambangan disana membuat proses pencairan semakin cepat
umur bumi makin tua, tapi cara berpikir manusianya ga maju2
Sudah saatnya kita memulai gerakan Bersahabat dengan Lingkungan.



Go Green ,

Give me Cendol.


Ehhh ... salah.



Save mother Earth.
itu bakal mempengaruhi ke tinggi permukaan laut ga ya?

kalo iya semakin hari semakin bertambah tinggi aja permukaan laut dan ancaman banjir makin hari makin besar aja
emang gan.. akibat pemanasan global kali gan..
Kita ga perlu mengkhawatirkan nasib Bumi
Pasti survive lah, dah berkali2 diterjang meteor, zaman es, gempa, gunung meletus dll dll
Yang ngerasain akibatnya kan yg menghuni
Buat Bumi sendiri, manusia cuma salah satu dari ribuan spesies yg silih berganti lahir. Manusia musnah? Tar ada spesies baru lain yg akan menggantikan

Jadi ga usa munafik go green utk "menyelamatkan bumi". Bumi ga perlu diselamatkan, tapi KITA

Jaga lingkungan, hidup go green, demi kepentingan diri kita sendiri
sudah saat'na mendekatkan diri kpd yg maha kuasa



Posted with kaskusBetaQR
ayoo selamatkan bumi saatna go green, kapan yah muncul motor listrik di indonesia?wakaka
lagi musim panas gan, gpp. Ane kadang bingung nih, ada pendapat yg mengatakan climate exchange bikin dingin. yang bener mana?