Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016311380/ayo-siapa-mau-warga-berebut-daging-paus-yang-terdampar-di-cianjur
(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur
(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur

Ratusan warga sekitar pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, berbondong-bondong mendatangi Pantai Sinar Laut. Mereka ingin melihat ikan paus seberat enam ton yang mati terdampar.

Bahkan tidak sedikit dari mereka, berebut mendapatkan daging ikan paus yang akhirnya dipotong warga untuk dikonsumsi. Sehingga aparat setempat tidak mampu menahan keinginan warga yang terus bertambah jumlahnya.

"Saat ini, warga yang menyemut di pinggir pantai berebut memotong tubuh ikan paus. Dalam hitungan menit, sebagian besar daging paus, berhasil dibawa warga yang jumlahnya terus bertambah," kata Babinsa Desa Sinar Laut, Pelda TNI Muzakir, Kamis (6/9) seperti dikutip Antara.

Dia menuturkan, selain warga sekitar yang berkerumun di pinggir pantai itu, puluhan warga dari kecamatan lain yang terpisah jarak puluhan kilometer dari lokasi mulai berdatangan menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Sama halnya dengan warga sekitar, warga dari kecamatan lain itu berbaur untuk mendapatkan daging ikan paus tersebut. Petugas yang tidak dapat berbuat banyak, akhirnya membiarkan aksi masyarakat tersebut.

Jamal (32) warga Kecamatan Sindangbarang yang berjarak 50 kilometer dari lokasi penemuan, mengaku sengaja datang ke lokasi paus terdampar untuk mendapatkan daging pasu yang selama ini dipercaya banyak khasiatnya.

"Selain penasaran, saya sengaja datang kesini dengan harapan masih dapat daging ikan paus. Seperti tahun lalu, saya merasakan banyak khasiatnya mengkonsumsi daging paus terutama untuk stamina," ungkapnya.

Sementara itu, kepastian matinya ikan paus hitam sepanjang 10 meter itu diduga karena ditembak pemburu. Di mana warga dan nelayan, menemukan empat lubang bekas tembakan di bagian tubuh paus dan proyektil yang bersarang di bagian perutnya.

"Beberapa orang warga yang memotong daging ikan paus, menemukan proyektil peluru di bagian perutnya. Sehingga dugaan kuat paus itu mati karena ditembak bukan keracunan ikan sarden," kata Rahmat (45) tokoh masyarakat dan nelayan Sindangbarang yang sengaja datang ke lokasi.

Dia menuturkan, temuan ikan paus yang terdampar itu merupakan berkah bagi masyarakat sekitar. Karena selama ini, ungkap dia, daging paus memiliki berbagai khasiat. Sedangkan kulitnya diambil untuk mendapatkan minyak ikan paus yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

http://www.merdeka.com/peristiwa/war...i-cianjur.html

memang daging paus rasanya kayak daging apa y gan
mungkin rasanya kayak tuna gan
Kalau dari fotonya, itu bukan paus. Itu Hiu Paus (Rhincodon typus).

(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur
berkhasiat gundulmu, daging ikan paus itu banyak kandungan merkurinya. dan itu membahayakan sekali
Quote:Original Posted By InRealLife
Kalau dari fotonya, itu bukan paus. Itu Hiu Paus (Rhincodon typus).

(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur


memang bener gan, kalau dilihat dari fotonya sudah jelas itu hiu paus....
Quote:Original Posted By narukustation
berkhasiat gundulmu, daging ikan paus itu banyak kandungan merkurinya. dan itu membahayakan sekali


Ada sumbernya gan... kalau daging ikan hiu paus banyak merkurinya ??

Kasihan mereka yang ga tahu, malah keracunan merkuri.........
Quote:Original Posted By herufarevan


Ada sumbernya gan... kalau daging ikan hiu paus banyak merkurinya ??

Kasihan mereka yang ga tahu, malah keracunan merkuri.........


kali aja ntar ada yg jd Preddy Mercury
lha ini gan ane jg mau gan dagingx, nikmat empuk2 gmn ya rsax gan, send dunk gan
enak nggak sih daging hiu paus?

tapi itu sampai ada proyektil peluru nya
Quote:Original Posted By firewallshop
kali aja ntar ada yg jd Preddy Mercury

Nanti tiba2 ada yang bisa nyanyi Bohemian Rhapsody.
wow ane juga pengen nyoba makan..gimana ya rasanya



Quote:Original Posted By InRealLife
Kalau dari fotonya, itu bukan paus. Itu Hiu Paus (Rhincodon typus).

(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur


Oo..berarti itu hiu paus ya..kalo hiu berarti bangsa ikan (bernapas pakai insang) bukan mamalia kayak paus...

Love 

Quote:Original Posted By herufarevan
Ada sumbernya gan... kalau daging ikan hiu paus banyak merkurinya ??

Kasihan mereka yang ga tahu, malah keracunan merkuri.........



Quote: Faroes, Hati-hati buat pecinta daging ikan paus. Ikan paus memiliki tingkat merkuri dan PCB (bahan kimia sejenis pestisida) yang sangat tinggi dalam daging dan lemaknya.

Koalisi dari aktivis pecinta lingkungan internasional mendesak WHO menerbitkan pedoman tentang keamanan daging paus. Kelompok ini mengatakan bahwa daging ikan paus sangat terkontaminasi merkuri dan tidak boleh dimakan.

Diharapkan dengan adanya pedoman dari WHO, keinginan orang untuk makan ikan paus berkurang sehingga bisa ikut mengurangi aksi perburuan ikan paus.

Dalam beberapa pekan terakhir, aktivis anti perburuan ikan paus telah menyusun surat untuk meyakinkan WHO agar bertindak, terutama mencoba menarik perhatian pada masalah konsumsi daging ikan paus kecil dan lumba-lumba.

Ikan paus memiliki tingkat tertinggi merkuri berbahaya yang terakumulasi dalam rantai makanan. Cetacean kecil, seperti paus pilot dan lumba-lumba, yang cenderung suka berenang di permukaan laut mengandung banyak senyawa beracun yang terakumulasi dalam jaringan.

Saat ini, WHO tidak memiliki pedoman tentang konsumsi daging ikan paus, tapi pada website-nya dicantumkan merkuri sebagai salah satu dari 10 bahan kimia yang menjadi masalah utama pada kesehatan masyarakat.

"Memang benar bahwa paus pilot memiliki tingkat merkuri dan PCB (bahan kimia sejenis pestisida) yang sangat tinggi dan daging dan lemaknya, hal tersebut dinyatakan sejak tahun 1998," ujar Kate Sanderson, direktur Departemen Lingkungan Laut dan Departemen Luar Negeri Faroes, Atlantik Utara-Timur, seperti dilansir dari BBCNews, Senin (30/8/2010).

Faroes merupakan salah satu tempat peruburuan ikan paus. Menurutnya, pihak berwenang kesehatan yang relevan di Faroes telah mengeluarkan rekomendasi keamanan untuk makan daging paus.

Orang-orang disarankan mengonsumsi jumlah maksimum yang dianggap aman untuk kesehatan, yaitu tidak lebih dari satu atau dua kali per bulan. Sanderson pun menganggap makan daging dan lemak ikan paus masih bisa memberi manfaat bagi manusia.

Tapi bagi aktivis anti perburuan ikan paus, efek berbahaya dari merkuri melebihi semua manfaat tersebut. Efek merkuri paling berbahaya terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Merkuri bisa membahayakan perkembangan otak janin, dapat menyebabkan autisme dan ADHD (hiperaktif) pada anak, serta racun yang terakumulasi itu akan merusak sel-sel gen yang salah satunya bisa menyebabkan berubahnya gen menjadi sel kanker.


(mer/ir)


sumber
indonesia oh indonesia ....
yang beginian jadi berkah ? ampon dah !!!
katrok bener ...
Quote:Original Posted By InRealLife
Kalau dari fotonya, itu bukan paus. Itu Hiu Paus (Rhincodon typus).

(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur


betul gan, dan gilanya dijepang ikan raksasa gini bisa dimasukin aquarium
(ayo siapa mau) Warga berebut daging paus yang terdampar di Cianjur
Quote:Original Posted By narukustation
[URL="http://health.detik..com/read/2010/08/30/132005/1431068/763/daging-ikan-paus-mengandung-banyak-merkuri"]sumber[/URL]


FAILLLLLLL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
INI HIU, BUKAN PAUS

BERITANYA JUGA FAIL!!!!
Hiu Paus (Rhincodon typus) kok dibilang paus

mentang2 namanya mirip
Daripada tuch ikan jadi bangke dan jadi polusi buat masyarakat sekitar ya mending di makan , bayangin ajah bangke segede gaban gitu giman baunya kalo gak di habisin
Quote:Original Posted By Varshavyanka


FAILLLLLLL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
INI HIU, BUKAN PAUS

BERITANYA JUGA FAIL!!!!
Hiu Paus (Rhincodon typus) kok dibilang paus

mentang2 namanya mirip


itu gue kasih sumber emang hiu, tapi ngak tertutup kemungkinan paus juga mengandung mercuri yang besar. soalnya puncak rantai makanan itu ada di hiu dan paus. kedua makhluk tersebut, makan ikan apa saja tidak terkecuali yang mengandung merkuri. understood?
Quote:Original Posted By narukustation
itu gue kasih sumber emang hiu, tapi ngak tertutup kemungkinan paus juga mengandung mercuri yang besar. soalnya puncak rantai makanan itu ada di hiu dan paus. kedua makhluk tersebut, makan ikan apa saja tidak terkecuali yang mengandung merkuri. understood?


memang kedua makhluk tersebut puncak rantai makanan.....

tapi rasanya hiu paus cuma makan plankton deh, lha wong gigi saja gak punya
weh ngeri juga klo makan merkuri

Quote:Original Posted By narukustation
itu gue kasih sumber emang hiu, tapi ngak tertutup kemungkinan paus juga mengandung mercuri yang besar. soalnya puncak rantai makanan itu ada di hiu dan paus. kedua makhluk tersebut, makan ikan apa saja tidak terkecuali yang mengandung merkuri. understood?
oh Indonesia, semua jadi tontonan, musibah, berkah ... semua jadi tontonan