Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016280508/katak-rawa-quotkekarquot-ditemukan-di-riau
Cool 
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
Supported by:

Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau

Selasa, 28 Agustus 2012 | 06:18 WIB
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
Lengan Hylarana rawa terlihat kekar karena adanya humeral gland.

Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
Hylarana rawa


Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Satu lagi jenis katak baru ditemukan di Indonesia, menandakan bahwa Indonesia kaya akan beragam jenis amfibi. Spesies yang ditemukan kali ini dinamai Hylarana rawa.

Penemuan spesies ini melalui proses panjang. Pada tahun 2007, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan beberapa pihak menginventarisasi biodiversitas Suaka Margasatwa Giam-Siak Kecil. Tujuannya, sebagai acuan pengajuan suaka margasatwa sebagai cagar biosfer.

Dalam proses inventarisasi, peneliti dan teknisi herpetologi LIPI, Ir Mumpuni dan Mulyadi, berhasil mengambil satu spesimen katak yang kemudian dideskripsikan sebagai Hylarana rawa ini.

Jumlah spesimen yang berhasil dikoleksi hanya satu. Spesimen itu kemudian dibawa ke Museum Zoologi Bogor. Identifikasi morfologi saat itu hanya berhasil mengidentifikasi hingga tingkat genus, yakni Rana.

Rana sebelumnya adalah marga yang juga menaungi Hylarana. Karena perkembangan taksonomi, maka Rana sekarang terbagi menjadi beberapa marga baru, di mana Hylarana hanya salah satunya.

Identifikasi secara molekuler pada spesimen baru dilakukan Amir Hamidy dari Museum Zoologi Bogor bersama pembimbing S-3-nya di Kyoto University, Masafumi Matsui, pada tahun 2012.

"Dari hasil analisis molekuler dari mitokondria DNA, gen 16S rRNA, bisa diketahui bahwa MZB Amp 14656 (kode spesimen) merupakan jenis baru, dengan perbedaan jarak genetik yang cukup besar 13,9–15,7 persen dari jenis-jenis lain sekerabatnya," urai Amir.

Peneliti juga membandingkan spesimen dengan tiga jenis katak segenus lain, Hylarana baramica, Hylarana laterimaculata, dan Hylarana glandulosa. Ciri-ciri yang membedakan jenis-jenis tersebut diidentifikasi.

"Karena MZB Amp 14656 merupakan spesimen jantan, maka kami berhasil mengidentifikasi salah satu karakter seks sekunder, yaitu memiliki humeral gland (kelenjar di lengan atas) yang sangat besar dibandingkan dengan ukuran badannya," jelas Amir. Kelenjar tersebut membuat lengan katak terkesan kekar.

Selain karakteristik itu, dalam surat elektronik kepada Kompas.com, Senin (27/8/2012), Amir juga mengatakan bahwa Hylarana rawa memiliki selaput kaki yang minimal, tak seperti katak jenis lain.

Tentang nama "rawa" sendiri, Amir mengatakan, nama itu dipilih sesuai habitatnya di rawa. Menurutnya, tak banyak jenis katak yang bisa beradaptasi dan hidup di lingkungan rawa gambut yang asam.

Setelah deskripsi Hylarana rawa sebagai spesies baru, pencarian lagi spesies itu masih perlu dilakukan. Hingga saat ini, informasi biologi seperti populasi dan status konservasinya belum diketahui.

"Jangan sampai penemuan kali ini menjadi yang terakhir ditemukannya Hylarana rawa. Kekhawatiran ini cukup beralasan karena amfibi merupakan hewan yang sangat rentan dengan perubahan lingkungan, termasuk pemanasan global," ungkap Amir.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Current Herpetology edisi Juni 2012.


Hmmmmm...... katak rawa yg kekar
Rajin fitnes ya nek?

Quote:Original Posted By oitesarp nala
ane bangga sama indonesia, kaya akan ragam flora dan fauna
semoga bisa ditemukan katak rawa lainnya sehingga bisa dilestarikan
maju terus dunia sains indonesia


Habitat

Tentang spesies hewan, mampir di trit ane ini gan:
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru <--- HT nih gan
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau Inilah Satwa-Satwa yang Memiliki Nama Pesohor Dunia

Quote:Original Posted By eThex
katak sama kodok beda ya gan

setau ane katak badannya bukan emang kaya gitu gan


Klo gitu tebak2an gan, katak apa kodok?
Nih ane kasih pic yg msh hidup
Quote:Peneliti Identifikasi Spesies Katak Baru di Sumatera
Selasa, 28 Agustus 2012 - 11:41:35 WIB

Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
Katak baru dari genus Hylarana itu ditemukan di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.


JAKARTA - Peneliti mengidentifikasi spesies katak baru dari genus atau marga Hylarana di rawa-rawa gambut Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, bagian dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu di Riau, Sumatera.

Spesies katak baru bernama Hylarana rawa yang diidentifikasi oleh Masafumi Matsui dari Kyoto University serta Mumpuni dan Amir Hamidy dari Pusat Riset Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu sudah dipublikasikan the Herpetological Society of Japan pada Juni 2012, kata Amir melalui surelnya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (28/8).

Amir menjelaskan menurut hasil analisis molekuler spesimen katak yang diteliti memiliki perbedaan jarak genetik cukup besar yakni antara 13,9 persen dan 15,7 persen dari jenis-jenis lain sekerabatnya sehingga dikategorikan sebagai jenis baru.

"Umumnya jarak genetik di gen 16 S rRNA antar jenis katak hanya tiga persen sampai empat persen. Penemuan ini sangat menguatkan bahwa spesimen ini merupakan jenis baru," kata Amir, peneliti LIPI yang sedang belajar di Kyoto University, Jepang.

Para peneliti selanjutnya juga mencari karakter morfologi yang membedakan katak jenis baru itu dengan katak jenis-jenis lain yang sekerabat, dan berhasil mengidentifikasi salah satu karakter seks sekunder pada spesimen katak jantan yakni keberadaan kelenjar di lengan atas atau humeral gland yang sangat besar dibandingkan dengan ukuran badannya.

Selain memiliki humeral gland yang merupakan ciri seks sekunder katak jantan beberapa marga, katak jenis baru itu juga memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil untuk ukuran katak dewasa marga Hylarana, serta selaput kaki yang minimum.

"Karena bukti-bukti kuat telah kami temukan selanjutnya kami mendiskripsikannya sebagai jenis baru. Jenis baru ini kami beri nama Hylarana rawa. Nama spesies ini kami ambil dari kata 'rawa' yang merupakan habitat dari jenis ini," jelasnya.

Habitat Hylarana rawa merupakan rawa gambut yang pH-nya cukup rendah (asam). Tidak semua jenis katak bisa hidup di daerah rawa gambut yang asam, hanya jenis-jenis tertentu saja yang bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan seperti itu.

Tambah ragam Spesies katak baru tersebut menambah ragam jenis katak dari marga Hylarana atau yang sebelumnya dikenal dengan nama marga Rana.

Marga Hylrana terdiri atas 86 jenis yang tersebar sangat luas mulai dari Afrika, daerah tropis Asia, sampai ke bagian utara Australia. Dari 86 jenis tersebut, 34 empat jenis diantaranya terdapat di Indonesia.

Sebelumnya di Pulau Sumatra ada 12 jenis katak marga Hylarana. Penemuan spesies baru Hylarana rawa sp. nov. menambah jumlah jenis Hylarana di Sumatra menjadi 13 jenis.

Amir mengatakan, survei lebih lanjut untuk menemukan kembali Hylarana rawa sangat dibutuhkan mengingat informasi biologi dan status konservasi jenis katak itu belum ada.

"Jangan sampai penemuan kali ini menjadi penemuan terakhir Hylarana rawa," katanya.

Kekawatiran ini cukup beralasan karena amfibi merupakan kelompok hewan yang sangat rentan dengan perubahan lingkungan, termasuk pemanasan global. Tingginya laju perusakan hutan, termasuk hutan rawa gambut, akan meningkatkan laju kepunahan amfibi, demikian Amir Hamidy.


Klo menurut ane katak ini gan, soalnya kulitnya kasar CMIIW
wow, kekar bngt tuk katak, apa mrk sk latihan fitness khusus katak ya?? :
Quote:Original Posted By Angry.Bird.Rio
Oh, what the fuck?

Kakak Ane Jadi Korban Pelecehan Seksual Di Jalanan Akibat Menggunakan Rok Mini


Tred andalan ente msh tetep aja gan, mau bangun rumah ya semoga kakaknya sadar ya

Komengnya gak nyambung gan
Dari dulu katak juga spt itu, biasa sj kataknya,
sering latihan bareng KOPASKA tuh jadinya kekar
Ohh gan... kebetulan ane pernah tinggal di Riau... dulu pernah dengar yg namanya katak pesisir... kalau menangkap dari depan suka patah tulang rusuk... beratnya rata-rata 1,5kg satu katak sayang sekarang jadi langka karena banyak dijual ke luar negeri dijadiin swike jumbo!
bangga jadi orang indo karena kaya akan kekayaan alami
tapi jadi kesel kalo ada orang indo yg mengeksplotasi kekayaan alami negara untuk kepentingan pribadi

kembali tercoreng dunia medis di indo,harus segera di usut nih





SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR



MOBIL MURAH TATA NANO
Quote:Original Posted By igoor
sering latihan bareng KOPASKA tuh jadinya kekar


Boleh jadi tuh,,ntar di rekrut jadi prajurit dengan modifikasi DNA kayak film alien
trit baru masa langsung ht
jebol nih kaskus?
keren juga tuh katak bisa kekar gitu
wah kekar nih,enak dibikin swikee gan :
langsung ht


fitness dimana nih katak
wow kya aderaiii wkwkw pisss
Ngeriii tubuh nya gan
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau

paha apa lengan nich, bisa diperjelas lagi
wiw nice info gan !!

muantap !
Quote:
Anda ingin tinggi? pengen yang simple tanpa efek samping?
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
HARI INI HARGA PROMO
Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
*Klik gambar dibawah ini

Katak Rawa "Kekar" Ditemukan di Riau
wooww... ampe keliatan gitu otot lengannya
sering fitnes kali tuh kataknya
kataknya coklat... Indonesia memang kaya baik flora maupun fauna nya
Tinggal di indo seh
Makanya kudu kekar
Enak ga ya kalo digoreng
×