alexa-tracking

Struktur dan Jenis Air Beserta Manfaatnya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016220331/struktur-dan-jenis-air-beserta-manfaatnya
Struktur dan Jenis Air Beserta Manfaatnya
Spoiler for Check-check:

Beragam Produk Air Minum
Struktur dan Jenis Air Beserta Manfaatnya

Quote:Akhir-akhir ini pasar industri air minum dalam negeri, ramai oleh munculnya 2 jenis air terbaru, yaitu air ber-Oksigen dan air Heksagonal. Kehadiran produk jenis air ini tentu saja mengundang rasa penasaran kita semua. Lalu muncul pertanyaan apa bedanya antara air yang ber-Oksigen dan air Heksagonal dengan air biasa?emoticon-Bingung (S).

Secara struktural, ketiga jenis air di atas memiliki kesamaan, yaitu tersusun atas 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen (H2O). Jadi sebenarnya semua jenis air yang ada di dunia ini mengandung Oksigen. Dan sebenarnya kebutuhan Oksigen untuk tubuh kita, kita dapat bukan dari air tetapi dari udara yang kita hirup.

Pada dasarnya, struktur molekul pada air dibagi ke dalam dua kategori, yaitu:
1. Air Pentagonal
2. Air Heksagonal




Quote:1. AIR PENTAGONAL/Segi Lima (molekul atomnya tidak stabil dan tidak beraturan)
Spoiler for Struktur Molekul Air Pentagonal:
Air biasa (air minum kemasan biasa) dan air ber-Oksigen (atau air RO) adalah dua jenis air yang termasuk dalam kelompok air Pentagonal. Perbedaan yang mencolok terdapat dalam kandungan Oxygen terlarutnya dan kandungan mineral. Karena pada pembuatan air ber-oxygen, oxygen di paksa masuk kedalam air dengan tekanan dan suhu tertentu (dengan sistem RO (Reverse Osmosis)).
Air ber-oksigen/RO (air murni tanpa kandungan mineral).

Pada umumnya kelarutan oksigen dalam air Pentagonal sangat rendah, pada suhu 20 derajat Celsius kelarutan oksigen dalam tekanan 1 atm/atmosfer (1 cm= 0.000968 atm) sekitar 0.0045 mg atau 02/100 mg air. Apabila di tambahkan oksigen ke dalam air dengan cara dipaksa, air secara perlahan akan melepaskan oksigen itu kembali. Karena itu jangan terlalu lama menyimpan air beroksigen, karena ia akan berubah kembali menjadi air biasa walaupun disimpan dalam botol tertutup, karena oksigen dapat menembus botol kemasan plastik (polimer) yang berpori halus sekalipun.
Air biasa (air minum kemasan bukan RO).

Produk ini muncul karena kebutuhan manusia akan air yang bersih dan sehat (mengandung mineral), bukan hanya sekedar pelepas dahaga. Air memiliki fungsi yang sangat penting dalam menentukan derajat kesehatan, karena sekitar 70 % tubuh kita adalah air dan pengaruhnya terhadap kesehatan cukup besar. Apabila air yang kita konsumsi berkualitas buruk, maka kesehatan kita pun menurun. Dan sebaliknya, jika air yang kita konsumsi berkualitas baik maka kesehatan kita akan meningkat.


Quote:Air Heksagonal/Segi Enam (molekul atomnya stabil dan beraturan)
Spoiler for Struktur Molekul Air Heksagonal:
Air Heksagonal seperti halnya air biasa, terbentuk atas susunan H2O. Yang membedakan air ini dengan air biasa atau air yang ber-Oksigen adalah formasi kelompok molekul H2O nya. Rangkaian tersebut terjadi karena ada sejumlah gaya yang bekerja sehingga memungkinkan molekul H2O membentuk formasi yang khas.

Pada air biasa dan air yang beroksigen hanya lima molekul H2O yg berkelompok membentuk formasi Pentagonal, selanjutnya kelompok-kelompok tersebut membentuk rangkaian berupa air yang kita jumpai sehari-hari. Pada air Heksagonal, enam molekul H2O berkelompok membentuk formasi Heksagonal (segi enam) fenomena ini terjadi karena air di pengaruhi oleh gelombang magnet dan radiasi elektrik tertentu (gelombang panjang infra merah).

Keberadaan air Heksagonal yang cukup dalam tubuh, sangat baik bagi kesehatan tubuh. Air ini dapat meningkatkan kualitas cairan sel tubuh, memberikan lebih banyak energi pada sel, membantu melindungi inti sel dari zat sisa metabolisme, meningkatkan kemampuan sel untuk menetralisir dan membuang toksin, meningkatkan kandungan oksigen, meningkatkan daya serap terhadap zat gizi serta meningkatkan kemampuan sel untuk memperbaiki diri.


Quote:
Spoiler for Air Minum:
Terkait dengan perbedaan struktur molekul diatas, maka ada dua jenis air:
1. BONDING WATERAdalah air dengan formasi rangkaian molekul H2O yang cenderung membentuk kelompok besar dan tidak stabil air jenis ini biasanya membentuk formasi Pentagonal antara lain air mineral kemasan, ukuran (H2O) 36-46. air kran, ukuran (H2O) 50-60. air tanah, ukuran (H2O) 70-80 serta air tercemar dan air rebusan, ukuran (H2O) 200-300.

2. CLUSTERED WATERAdalah air dengan formasi rangkaian molekul H2O yang cenderung membentuk kelompok kecil dan stabil misalnya air Heksagonal, ukuran (H2O)6. Secara alami air Heksagonal terdapat di alam namun, keberadaannya semakin langka karna pencemaran di muka bumi yang semakin parah. Tetapi dengan kemajuan teknologi kita mampu membuat air Heksagonal.


Source
Reserved
ternyata air ada macam dan ragamnya ya
baru tahu ane
eh trit si agan emoticon-Malu (S)

Berasa masuk kelas kimia emoticon-Hammer2

nice trit gan nitip yah emoticon-Stick Out Tongue
brarti bener kata temen ane
air oksigen itu kandungan oksigennya ga sebanyak yang di janjikan
maksutnya pada ilang sebelum kita minum
lebih baek aer masak sendiri aja deh emoticon-Big Grin


Quote:Mampir juga di thread ane gan
Tips Menggunakan Persneling Sepeda di Jalanan Kota
Quote:Original Posted By rizkiriz1
eh trit si agan emoticon-Malu (S)

Berasa masuk kelas kimia emoticon-Hammer2

nice trit gan nitip yah emoticon-Stick Out Tongue


Kelas kimia mah bahas Ethanol-formaldehyde gan...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By delaila87
ternyata air ada macam dan ragamnya ya
baru tahu ane


Iya gan..emang ajaib..emoticon-thumbsup

typrtna 1653

nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By sepusa
nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S)


Oke gan...emoticon-thumbsup
masuukkkk banget gann,,,
nice infoh banget...

kebetulan materi kimia ane sedang struktur ikatan hidrogen...
makasih gan...

maap ga bisa ngasih cendol tapi rate5 pasti emoticon-Rate 5 Star
pas liat rumusan kimia ane langsung puyeng seketika gan...
kaya orang dehidrasi di gurun sahara, hehehe emoticon-Blue Guy Peace
tapi dikit2 ngarti lah... kan dibaca dulu
Nice share gan emoticon-army

waduh ternyata banyak juga ya jenis" air.. tapi tetep aja gan, molekul air paling indah ada di air zamzam..
Spoiler for nih gambarnya:
ternyta air ada macam
Quote:Original Posted By AdamFLV
waduh ternyata banyak juga ya jenis" air.. tapi tetep aja gan, molekul air paling indah ada di air zamzam..
Spoiler for nih gambarnya:


Ni termasuk air hexagonal gan, tapi ada kandungan doanya, itu yang bikin mujarab...emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By seemhaseem
masuukkkk banget gann,,,
nice infoh banget...

kebetulan materi kimia ane sedang struktur ikatan hidrogen...
makasih gan...

maap ga bisa ngasih cendol tapi rate5 pasti emoticon-Rate 5 Star


Ok gan,,,makasih...emoticon-Sundul:
ternyta air ada macam
kalo evian kenapa bisa mahal gan??

kan sama2 airm mineral juga tu?
Baru tau ane gan...

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By beibeh18
kalo evian kenapa bisa mahal gan??

kan sama2 airm mineral juga tu?


Evian bukannya air minum import ya gan, jadinya mahal..emoticon-Bingung
mari-mari mampir gan..emoticon-Sundul Up