alexa-tracking

Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016217980/komodo-ditemukan-diluar-kawasan-tnk-taman-nasional-komodo
Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Spoiler for Komodo:


KUPANG, KOMPAS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menemukan puluhan binatang purba komodo hidup secara normal di sejumlah kawasan di Pulau Flores. Itu berarti, habitat kadal raksasa itu tidak hanya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, dua dari 264 pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo atau TNK di Kabupaten Manggarai Barat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BBKSDA NTT, Wiratno di Kupang, Jumat (31/8/2012). Diakuinya, temuan itu adalah bagian dari hasil penelitian tim BBKSDA NTT sejak tahun 2011 lalu.

Penelitian tidak menyentuh kawasan TNK karena flora dan fauna - termasuk komodo - di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab Balai TNK di Labuan Bajo, kota Kabupaten Manggarai Barat.

Penelitian hanya menyisir kawasan di luar TNK, namun lokasi yang disebut sebut sebagai haitat komodo. "Yang di luar TNK itu tanggung jawab kami dari BBKSDA NTT," jelas Wiratno.

Dijelaskan, selama penelitian itu tim mencatat setidaknya terjadi perjumpaan langsung dengan 40 komodo secara terpencar dan jauh hingga lintas kabupaten di Flores. Temuan itu membuktikan keberadaan komodo tidak hanya ada dalam kawasan TNK, tetapi juga di kawasan lain di Flores.

Dari perjumpaan langsung dengan 40 komodo selama penelitian tersebut, 28 di antaranya terjadi di Kawasan Cagar Alam Wae Wu'ul.

Kawasan itu merupakan bagian wilayah Kecamatan Komodo di Manggarai Barat. Kecamatan Komodo sendiri wilayahnya meliputi Labuan Bajo dan sekitarnya di daratan Flores, termasuk Wae Wu'ul, serta kawasan TNK.

Perjumpaan langsung lainnya masing masing enam komodo di Desa Nampar Sempang, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. Menyusul di kawasan Riung (5) dan Taman Wisata Alam 17 Pulau (1). Kedua kawasan terakhir ini di pesisir utara Kabupaten Ngada.

SUMBER

Update:

[Quote=]
KUPANG, KOMPAS.com - Masyarakat Desa Nampar Sempang, Kecamatan Sambirampas di Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sejak beberapa waktu lalu menangkar enam komodo di kampung mereka. Binatang langka itu adalah hasil tangkapan warga dari kawasan sekitarnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur, Wiratno di Kupang, Jumat (31/8/2012) petang.

Keenam komodo itu adalah bagian dari 40 komodo temuan penelitian BBKSDA NTT terkait sebaran komodo di Flores atau luar kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat. Penelitian itu sendiri dilakukan sejak tahun lalu dan akan terus dilanjutnya hingga tahun depan.

Wiratno mengakui pihaknya pernah meminta agar penanganan binatang langka itu diserahkan kepada BBKSDA NTT sesuai ketentuan berlaku. Namun Bupati Manggarai Timur, Yosef Tote berharap tetap dalam pemeliharaan masyarakat bersama pemerintah setempat karena kawanan komodo dibutuhkan untuk peragaan sekaligus menjadi daya tarik bagi kawasan sekitarnya.

"Keinginan Bupati Manggarai Timur itu mungkin saja bisa dipenuhi, namun harus dengan Surat Keputusan Memteri Kehutanan," tambah Wiratno.

SUMBER 2[/Quote]

Pertamax milik TS emoticon-Cool

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Jgn lupa komen ama emoticon-Rate 5 Star nya ya gan
kalo bisa si sekalian emoticon-Cendol (S) nya emoticon-Malu (S)

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
KASKUS Ads
mari lestarikan komodo. emoticon-I Love Indonesia
ya namanya jg hewan liar

biawak yg kecil gitu aja kuat berenang di sungai ampe jauh banget, apalagi komodo emoticon-Hammer (S)
Komodo lepas yah ??? emoticon-Takut
trus pie gan. namanya hewan liar ya penyebarannya gak bisa di batasi
biar lah gan yg pnting g ganggu
Begimana neh nasib Komodo di TNK,, . . . ????emoticon-Bingung
yang penting jangan diburu aja tuh komodonya
kasian nantinya habitatnya bisa berkurang
yang penting jangan diburu aja tuh komodonya
kasian nantinya habitatnya bisa berkurang
komodo petualang kali itu gan

senang pleserin dia emoticon-Big Grin
Begimana neh nasib Komodo di TNK,, . . . ????emoticon-Bingung (S)s
busyeetttt Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)
kalo masyarakat ada yang jadi koraban santapannya gimana tuh Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)

[CENTER]________________________________________________________________[/CENTER]
Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)PancegDina kaskus Babarengan ngajaga kaskus moal ingkah najan aya nu leweih alus
Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)
Komodo ditemukan diluar kawasan TNK (Taman Nasional Komodo)
yang jelas harus segera di cagar alamkan
jgn sampe punah gan biar anak cucu kita bisa tau gimana bentuk asli komodo emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) s
Quote:


SETUJU
emoticon-I Love Indonesia
Quote:


Kayanya begitu gan

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Quote:


Bener banget gan, sayang kalo sampe populasinya mengurang apalagi punah, ga ada yg bisa dibanggain lagi dari segi fauna dari indonesia gan

emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
d'luar taman nasional ternyata ada juga komodo emoticon-Takut
×