alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta Unik Tentang Air
3.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016200422/fakta-unik-tentang-air

Fakta Unik Tentang Air

Spoiler for repsol ? cek:


Bantu Rate Dulu Ya emoticon-Rate 5 Star
Fakta Unik Tentang Air

Fakta Unik Tentang Air


Fakta Unik Tentang Air


Makhluk hidup mana yang tidak memerlukan air, dari yang bergerak maupun yang tidak bergerak setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air untuk bertahan hidup. Berikut adalah beberapa fakta tentang air:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



[CENTER]sumber[/CENTER]

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3

Tambahan

tambahan tentang keracunan Air
sumber http://www.sehat-utama.com/


KERACUNAN AIR (Water Intoxication)


Di dalam pemahaman umum masyarakat kita seringkali mendengar anjuran untuk banyak minum air putih supaya fungsi ginjal tetap baik. Pandangan ini tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Bila kurang minum, akan menyebabkan batu ginjal dan kerusakan pada ginjal. namun bila minum terlalu banyak juga akan menyebabkan masalah yang dikenal dengan istilah Water Intoxication (keracunan air) dan dapat menyebabkan kematian.

Apa yang dimaksud dengan Water Intoxication ? Definisi sederhananya adalah gangguan fatal pada fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan normal elektrolit pada tubuh dipaksa keluar dari batas wajar karena minum yang berlebihan.

Bagi mereka yang menjalani hidup sehat dengan minum air secukupnya, tidak perlu merasa khawatir dengan mengkonsumsi air putih. Sebagian besar kematian yang terjadi karena Keracunan Air (Water Intoxication) terutama diakibatkan oleh kontes minum dengan mengkonsumsi air lebih dari 10 liter dalam waktu yang singkat.

Bagaimana Keracunan Air terjadi ?

Cairan tubuh kita mengandung elektrolit (utamanya mengandung sodium seperti sodium chloride) dalam konsentrasi yang harus terjaga dalam batas yang kecil. Air masuk dalam tubuh kita secara oral dan keluar dari tubuh terutama melalui urine dan keringat. Jika air masuk dalam tubuh lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk mengeluarkannya, cairan tubuh menjadi terlarut dan terjadi pergantian yang berbahaya pada keseimbagan elektrolit.

Sebagian besar keracunan air disebabkan oleh hyponatremia, yaitu proses pelarutan sodium yang terlalu cepat di dalam plasma darah, dimana selanjutnya menyebabkan terjadinya pergerakan osmotik (penembusan cairan melalui dinding sel) dari cairan diluar sel dengan cairan didalam sel. Sel mengalami pembengkakan akibat tekanan perubahan osmotik dan menyebabkan berhenti berfungsi. Ketika hal seperti ini terjadi pada pusat sarat dan otak, hasilnya ada keracunan air.

Sebagai tambahan, banyak sel di dalam tubuh yang mengalami cytolysis, dimana membran sel yang tidak dapat bertahan terhadap kehancuran karena tekanan osmotik yang tidak wajar, membunuh sel tersebut. Gejala awalnya termasuk sakit kepala ringan diikuiti rasa pening dan mual, muntah, sakit kepala dan atau badan merasa meriang. Plasma sodium berada pada level dibawah 100 mmol/L (2.3g/L) seringkali menyebabkan cerebral edema (kebocoran pembuluh darah diotak), seizures (serangan jantung tiba-tiba), koma, dan kematian dalam beberapa jam setelah kelebihan minum air. Seperti halnya keracunan alkohol, perkembangan dari gejala awal ke tingkat parah dapat terjadi dengan sangat cepat bersamaan dengan masukknya air dengan cepat ke dalam tubuh melalui pencernaan atau pembuluh darah.

Seseorang dengan 2 ginjal yang sehat dapat mengeluarkan sekitar 900ml (0.24 gal)/jam. Mengkonsumsi sedikitnya 1.8 liter air (0.48 gal) pada satu kali duduk dapat menyebabkan gangguan yang fatal untuk orang yang menjalani diet sodium rendah, atau 3 liter (0.79 gallon) untuk orang yang diet normal. Bagaimanapun, hal ini harus disesuaikan dengan besarnya kehilangan air melalui jalur lainnya. Contohnya, seseorang yang berkeringat sangat banyak mungkin kehilangan 1 L/jam (0.26 gal) air hanya dari berkeringat saja, karenanya meningkatkan lebarnya jalur untuk keracunan air. Masalahnya lebih rumti ketiak jumlah elektrolit hilang melalui urine atau keringat, dimana kadarnya berbeda dan dikontrol oleh mekanisme pengaturan tubuh.

Keracunan air dapat dicegah dengan mengkonsumsi minuman isotonik yang banyaknya sebanding dengan jumlah air yang dikeluarkan. Akan tetapi, berapa banyak konsentrasi elektrolit yang dibutuhkan sangat sulit untuk ditentukan dan berfluktuasi dengan berjalannya waktu, dan semakin lama jangka waktunya, semakin kecil perbedaan yang mungkin mencukupi untuk menghasilkan ketidakseimbangan elektrolit dan keracunan air.

Sodium bukan satu-satunya mineral yang mengalami pelarutan berlebihan dari meminum air secara berlebihan. Magnesium juga dikeluarkan melalui urin. menurut National Institute of Health, "Kekurangan magnesium dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang berperan dalam serangan jantung dan stroke". Magnesium dalam pembuluh darah digunakan dalam cardiac care units untuk mengatasi cardiac arrhythmias (aktivtas elektrik tidak normal pada jantung)

Pencegahan Keracunan Air

Water intoxication atau keracunan air dapat dicegah apabila seseorang mengkonsumsi air dan elektrolit dalam batas wajar kemampuan tubuhnya dalam memproses air yang masuk ke dalam tubuh atau sebanding dengan air yang dikeluarkan tubuh melalui keringat maupun urin. sistem pengaturan tubuh menyediakan batas toleransi yang tinggi terhadap tingkat keamanan apabila kedua hal tersebut mengalami ketidakseimbangan. tetapi beberapa kegiatan yang berlebihan seperti kerja fisk yang berat secara terus menerus, menjadi sama halnya dengan sakit, dapat menyebabkan ketidakseimbangan sistem ini. hindari situasi yang dapat menyebabkan keluarnya keringat untuk waktu yang lama dan berlebihan. Minum minuman yang dapat menggantikan ion tubuh yang hilang dapat juga mencegah keracunan. Makan secara teratur dapat memenuhi elektrolit yang dibutuhkan.

Minuman untuk olahragawan menjadi sangat populer di kalangan atlit karena dapat menyediakan elektrolit yang hilang dari tubuh agar tubuh tetap tahan untuk latihan dengan waktu lebih lama. Minuman tersebut menjaga keseimbangan tubuh dan membawa kadar cairan yang tepat. Bagaimanapun, tidak semua jenis minuman yang diiklankan untuk olah raga cocok untuk tujuan ini, dan saran dari orang yang profesional atau dokter perlu dipertimbangkan untuk alasan tersebut.

Sebagai catatan bahwa orang yang sedang sangat kehausan, lebih sensitif terhadap penyusutan kadar air dibandingkan perubahan elektrolit. Karenanya, sangatlah mungkin untuk menyebabkan keracunan air saat berusaha memuaskan kehausannya, jika meminum air dalam jumlah besar pada jangka waktu yang singkat. Penurunan berbahaya pada jumlah elektrolit, seperti hyponatremia yang mengarah ke keracunan air, tidak akan berpengaruh pada rasa hausnya jika seseorang sudah melepaskan rasa hausnya..

Bagi mereka yang sedang mengalami kehausan karena keluarnya keringat yang berlebihan sehubungan dengan pekerjaan yang terlalu berat atau tekanan panas suhu udara, maka meminum air putih untuk mengatasi kehausan menjadi lebih penting dibandingkan menghindari keracunan air karena kehausan adalah yang umum sedangkan keracunan air adalah hal yang langka terjadi. seseorang seharusnya tidak pernah menghindari minum saat sedang kehausan, walaupun langkah lainnya harus diambil untuk memastikan elektrolit yang terbuang bisa digantikan secukupnya.

Quote:





wah
reserved dulu ya
pesen tempat







Quote:





Thanks infonya gan.. btw 1 triliun ton entu seberat apa yaa...??
emoticon-2 Jempol




Fakta Unik Tentang AirFakta Unik Tentang AirJOGJA013Was HereFakta Unik Tentang AirFakta Unik Tentang Air
Quote:

pokok nya berat lah gan







Quote:





wah.....ternyata air emang unik yha, kok gag masukin bentuk partikel airnya gan?

eniwe, bangga jadi warga suku air emoticon-Ngakak (S)

Quote:
waw.. bener2 kagak disangke gan fakta2nya.. emoticon-Matabelo
Quote:

kalo sempet lah gan ane cariin







Quote:





wah ane baru tau gan klo kebanyakan minum bisa keracunan.

ane dalam sehari bisa lebih dr 10 gelas minum air, makanya ane sering bgt beser".

mungkin harus dikurangin ya biar gk keracunan

nice inpoh gan emoticon-Add Friend (S)
yah gan ane sering banget minum air banyak..emoticon-Cape d... (S) gmn dong? emoticon-Frown
air tawarnya ternyata dikit ya gan

wah mesti ada tehnologi untuk membikin air tawar dari air laut

tentunya dengan harga yg murah sekali

bahan baku kan gratis
Kita semua butuh air untuk hidup
Tugas kita adalah menjaga siklus hidrologi tidak tercemar dan teracuni
Quote:



Quote:

secukup nya aja gan

Quote:



Quote:

ya bener nih
kita harus menjaga siklus hidrologi







Quote:





ganteng bgt infonya gan emoticon-2 Jempol
ini TS pasti berasal dari suku air selatan emoticon-Cool
Quote:

Korban avatar nih







Quote:





kog sepi ya gan
keren nih fakta nya
sundul gan
sepi nih threads aye







Quote:





sepi ya threads nya
sundul ahh







Quote:





nice info bro, thread bagus nih emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di