Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016163000/siap-siap-8-september-11000-kursi-pns-diperebutkan
Siap-siap! 8 September, 11.000 Kursi PNS Diperebutkan
Quote:Jakarta - Hajat besar penyelenggaraan tes masuk CPNS akan dilangsungkan 8 September 2012. Sebagai tahapan untuk mewujudkan rencana itu, Senin 27 Agustus 2012 kemarin Panitia Nasional menyerahkan master soal kepada 41 panitia lokal (instansi pusat/pemda) pengadaan CPNS.

Master soal tersebut merupakan produk dari konsorsium 10 perguruan tinggi negeri yang direkomendasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak 41 instansi tersebut terdiri dari 21 pemda dan 20 Kementerian/Lembaga (K/L).

Sebenarnya, tahun ini sebanyak 22 K/L melakukan rekruitmen CPNS, namun dua instansi di antaranya, yakni Kementerian Dalam negeri dan Badan Intelejen Negara (BIN) tidak menerima CPNS dari pelamar umum, tetapi hanya dari pendidikan kedinasan.
Instansi lain yang juga menerima CPNS dari pendidikan kedinasan antara lain Kementerian Keuangan, Setjen BPK, BPS, BPKP, serta BMKG. Namun kelima instansi itu juga merekrut CPNS dari jalur pelamar umum.

CPNS dari pendidikan kedinasan tahun ini tercatat sebanyak 4.219 orang, yang tersebar di 7 instansi, yakni Kemendagri 1.494 orang, Kementerian Keuangan 1.607 orang, Setjen BPK 80 orang, BPS 273 orang, BIN 59 orang, BPKP 510 orang, dan BMKG sebanyak 196 orang.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E. Naibaho menyatakan, tahun ini sebanyak 48 instansi pusat dan daerah akan merekrut 14.590 CPNS dari jalur pelamar umum, dan 4.129 dari ikatan kedinasan.

Namun dalam perkembangannya, ternyata satu instansi pusat yakni Kemenko Polhukam menunda pelaksanaan rekruitmen, dan empat pemda yakni Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kota Surabaya, Kota Sibolga, dan Kabupaten Labuhan Batu Utara juga menundanya.

Dengan demikian, tahun ini rekruitmen hanya dilakukan oleh 22 K/L (dua diantaranya hanya dari ikatan dinas), dan 21 pemda. "Jadi hari ini kita bagikan master soal tes CPNS kepada 41 instansi pusat dan daerah," ujar Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto dalam penjelasannya seperti dikutip detikFinance, Selasa (28/8/2012).

Tes CPNS dari jalur pelamar umum ini yang akan dilakukan 41 instansi dimaksud untuk mengisi kebutuhan 11.552 CPNS, yang terdiri dari 8.815 CPNS instansi pusat, dan 2.737 pemda. Tetapi untuk pemda pun juga berkurang jumlahnya, karena terdapat empat pemda urung melakukan rekruitmen tahun ini, sehingga jumlahnya berkurang 393 orang.

Dengan demikian lowongan CPNS untuk pemda tinggal 2.344 orang, sehingga penerimaan CPNS dari jalur pelamar umum tahun 2012 ini hanya sebanyak 11.159 orang.

Padahal, menurut Tasdik, semula pemerintah telah mengalokasikan tambahan formasi CPNS tahun 2012 ini untuk sekitar 130 ribu CPNS. Hal itu tak lepas dari kebijakan moratorium CPNS yang mewajibkan setiap instansi yang mangajukan permohonan CPNS untuk memenuhi berbagai persyaratan.

Antara lain, harus melakukan analisa jabatan, analisa beban kerja. Kalaupun sudah membuat analisa jabatan, Kementerian PAN dan RB masih akan melakukan verifikasi, lolos tidaknya analisis tersebut. Syarat lain, anggaran belanja pegawai untuk pemda tidak boleh lebih dari 50% APBD.

"Syarat-syarat tersebut masih akan tetap diberlakukan untuk tahun-tahun mendatang, meskipun moratorim sudah selesai," tambah Tasdik.



[URL="http://finance.detik..com/read/2012/08/28/152515/2001154/4/siap-siap-8-september-11000-kursi-pns-diperebutkan?f991104topnews"]SUMBER[/URL]


Quote:Semoga yang diterima jadi PNS dapat mengemban tugasnya dengan BAIK

Tambahan dari Kaskuser:


Quote:Original Posted By headphon3
gan... biar gimana-gimana kalo mau ngeberesin negara kita ini, juga mesti jadi PNS gan...

ibarat kata negara=mobil, birokrasi=mesin... kalo mobil mogok, mau gak mau kudu ngobok2 mesin gan.... ya kalo takut tangannya kotor mah naik taksi juga boleh kok gan

yang pasti, ane sendiri coba terapin dan selalu cari cara buat jadi yang PNS yang bisa ngasih kontribusi ke negara gan...

emang kendala buat PNS baru yang masih idealis sangat kental... budaya yang sudah mengakar, selain juga sistem memang masih menghambat.

ane mau cerita sedikit nih tentang pengalaman ane masuk PNS...

ane berasal dari kampung dan dari keluarga yang PNS (ortu), dulunya ane sempet kerja di konsultan IT gan, cuman jadi supporting aja sih... begitu ada lowongan PNS ane coba ngelamar2 di beberapa instansi...

pas daftar-daftar itu gan, ane sempet dinasehati ama bos ane (yang notabene keluar dari PNS dgn bayar denda) kalo di PNS itu bobrok banget sistemnya... sekenanya gw jawab aja "bagus tuh mas, berarti tantangannya gede..."

alhamdulillah ane ketrima di salah satu instansi, dan emang bener adanya semua omongan bos ane gan...
1. junior ga punya power
2. banyak orang munafik
3. markup sangat terasa
4. (khusus tempat ane) kerjaan kagak jelas

ane jadi bingung gan, enam bulan pertama ane gak ngapa-ngapain gan... nggak tau apa yang mesti dikerjain...
disitu gw cuma bisa mikir gan...
1. idealisme gw kudu bertahan ampe gw punya power
2. gw kudu bisa bikin sesuatu yang bisa dipake ama negara
3. apapun kerjaan yang dikasi ke gw, gw bikin sesuai hati nurani gw gan
bahkan kalo lagi rapat, gw gak bakal tahan-tahan apa yang gw pikirin, ga peduli siapa yang ada di depan gw (kadang ketambahan faktor emosi gan, sebel liat arah pembicaraannya)

tapi di situ ane bener-bener dapet insight gan, kalo negara ini emang cuma bisa dibenerin lewat jalur birokrasi... mau gak mau kudu banyak orang-orang potensial yang mau masuk jadi PNS gan... bukan cuma jadi pegawai perusahaan asing...

kalo sikap kita negatif terhadap PNS boleh saja, tapi tolong jangan ditunjukkan, karena nantinya akan semakin kurang orang-orang potensial yang mau bekerja untuk negara kita juga gan... masa PNS di republik ini terus akan diisi oleh orang-orang yang kagak bener gan? agan tentunya juga bakal kecipratan dosanya kalo negara ini ambruk loh

itu opini ane gan, pejwan kalo bisa
di banten kapan dibukanya yah gan
tapi ane lagi kuliah si
Hidup Cuma 1 Kali...

Buat apa kalo cuma Jadi PNS... Masuk Kantor... Absen... Upacara Bendera... Kerja Dikit di Kantor... Istirahat sambil Ngobol2 dan Ngopi2... Lalu Pulang...

"Ritual" ini dilakukan berulang sampai Berusia 58 tahun... Lalu Pensiun...

Apa nggak Bosen Hidup cuma Begini...

Hidup Cuma 1 Kali, Kejar yang lebih Besar... Jadi Pengusaha... Jadi Bos untuk Diri Sendiri dan Orang Lain... Seru... Banyak Lika Likunya... mau jadi apa kita yg ambil keputusan untuk diri sendiri...

Kalo Gagal... Coba Lagi... Pasti Suatu Saat Berhasil...

Kalo gue sih Ogah Jadi PNS... Membosankan...
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Hidup Cuma 1 Kali...

Buat apa kalo cuma Jadi PNS... Masuk Kantor... Absen... Upacara Bendera... Kerja Dikit di Kantor... Istirahat sambil Ngobol2 dan Ngopi2... Lalu Pulang...

"Ritual" ini dilakukan berulang sampai Berusia 58 tahun... Lalu Pensiun...

Apa nggak Bosen Hidup cuma Begini...

Hidup Cuma 1 Kali, Kejar yang lebih Besar... Jadi Pengusaha... Jadi Bos untuk Diri Sendiri dan Orang Lain... Seru... Banyak Lika Likunya... mau jadi apa kita yg ambil keputusan untuk diri sendiri...

Kalo Gagal... Coba Lagi... Pasti Suatu Saat Berhasil...

Kalo gue sih Ogah Jadi PNS... Membosankan...


setuju sama kimax bau jemboot

pendapatan sebulan gw mungkin sekitar 10tahun gaji PNS :


*sombong :






biar bawah ane gak minat jd PNS


semoga prosesnya bersih dan jauh dari curang sehingga hanya yang berkompeten yang diterima jadi PNS.
Quote:Original Posted By sinoga
semoga prosesnya bersih dan jauh dari curang sehingga hanya yang berkompeten yang diterima jadi PNS.


apa bisa ya gan ? wani piro ?
di jakarta ga ada pembukaan buat para guru...
Quote:Original Posted By sinoga
semoga prosesnya bersih dan jauh dari curang sehingga hanya yang berkompeten yang diterima jadi PNS.


tadinya ane mau comment nya sama dengan ente

cuman gimana gitu..
calo2 PNS siap panen raya...
Quote:Original Posted By kimaxkaw
hidup cuma 1 kali...

Buat apa kalo cuma jadi pns... Masuk kantor... Absen... Upacara bendera... Kerja dikit di kantor... Istirahat sambil ngobol2 dan ngopi2... Lalu pulang...

"ritual" ini dilakukan berulang sampai berusia 58 tahun... Lalu pensiun...

apa nggak bosen hidup cuma begini...

Hidup cuma 1 kali, kejar yang lebih besar... Jadi pengusaha... Jadi bos untuk diri sendiri dan orang lain... Seru... Banyak lika likunya... Mau jadi apa kita yg ambil keputusan untuk diri sendiri...

Kalo gagal... Coba lagi... Pasti suatu saat berhasil...

Kalo gue sih ogah jadi pns... Membosankan...


ane kurang setuju, kita jadi manusia jangan munafik deh, coba anda survei pendapat di kalangan anak sma / mahasiswa mereka pilih pengusaha atau pns...ane jujur aja pilih pns....

buat calo2 PNS dan pegawai di badan pemerintahan siap2 panen duit saweran dari CPNS

buat CPNS siap2 diperas sampe kering
buat yang mau ikutan,
siapin duit buat di'sumbangkan' ke petugasnnya ya
Wis Khoontol harap ,

Yang pingin jadi PNS moga segera jadi PNS yang baik.
Quote:Original Posted By Gio movic
ane kurang setuju, kita jadi manusia jangan munafik deh, coba anda survei pendapat di kalangan anak sma / mahasiswa mereka pilih pengusaha atau pns...ane jujur aja pilih pns....



Reply agan ini menunjukkan salah satu alasan mengapa Indonesia ga maju-maju.

Gimana mau maju, lha wong kerja carinya yang kerjanya gampang, liburnya banyak, pulangnya cepat, fasilitas melimpah dan lahannya basah?
Quote:Original Posted By ketampananDewa
Reply agan ini menunjukkan salah satu alasan mengapa Indonesia ga maju-maju.

Gimana mau maju, lha wong kerja carinya yang kerjanya gampang, liburnya banyak, pulangnya cepat, fasilitas melimpah dan lahannya basah?


namanya juga manusia, kan pengen hidup enak ..


" jadi pns tapi nyambi jadi pengusaha keknya enak tuh.... kalo dah punya koneksi, minta perijinan kan jadi lebih mudah, dan lain2 , dan lain2 :
pengenya sih gitu "








banyak bgt temen ane yg mikir kek gitu
satu pertanyaan, memangnya semudah itu
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Hidup Cuma 1 Kali...

Buat apa kalo cuma Jadi PNS... Masuk Kantor... Absen... Upacara Bendera... Kerja Dikit di Kantor... Istirahat sambil Ngobol2 dan Ngopi2... Lalu Pulang...

"Ritual" ini dilakukan berulang sampai Berusia 58 tahun... Lalu Pensiun...

Apa nggak Bosen Hidup cuma Begini...

Hidup Cuma 1 Kali, Kejar yang lebih Besar... Jadi Pengusaha... Jadi Bos untuk Diri Sendiri dan Orang Lain... Seru... Banyak Lika Likunya... mau jadi apa kita yg ambil keputusan untuk diri sendiri...

Kalo Gagal... Coba Lagi... Pasti Suatu Saat Berhasil...

Kalo gue sih Ogah Jadi PNS... Membosankan...


YEH KATA SIAPA OM?? PNS CUMA NGOPI2 di KANTOR...
>KE MALL JAM 10
>KE BENGKEL JAM 11
>JAM 12-13 NONGKRONG DI RESTO
WUENAK TENAN JADI PNS, GAJI & TUNJANGAN POLL.......
Gak semua gitu gan..

ane juga PNS, bahkan ane 2 x diterima PNS gak nyogok..

cari PNS pusat jangan daerah..

coba jabatan peneliti atau dosen negeri..

dijamin anda akan sangat sibuk dan overload kerjaan




~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
salah satu solusi mengatasi PENGANGGURAN INTELEKTUAL
selain rekruten parpol :
Quote:Original Posted By pisssexmaniac
setuju sama kimax bau jemboot

pendapatan sebulan gw mungkin sekitar 10tahun gaji PNS :


*sombong :






biar bawah ane gak minat jd PNS




ga semua PNS kaya gitu gan....ane dulu daftar PNS juga ga pake macem2 gan. ditempatin di daerah yg akses kesehatan, pendidikan dan fasum minnim. dapet target yang nyata dalam bentuk angka pula. jadi tolong jangan justifikasi kalo semua PNS ky seorang pemalas yg cuma ngabisin duit negara doank.
ada kalanya kita istirahat juga karena capek juga liatin angka-angka seharian. ada kalanya kami membolos hanya sekedar ketemu keluarga obat kangen itupun harus itung-itungan duit pula buat beli tiket pesawat.
doain kita (PNS_red) supaya tetep amanah mengemban tugas negara ya gan
no offense gan
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Hidup Cuma 1 Kali...

Buat apa kalo cuma Jadi PNS... Masuk Kantor... Absen... Upacara Bendera... Kerja Dikit di Kantor... Istirahat sambil Ngobol2 dan Ngopi2... Lalu Pulang...

"Ritual" ini dilakukan berulang sampai Berusia 58 tahun... Lalu Pensiun...

Apa nggak Bosen Hidup cuma Begini...

Hidup Cuma 1 Kali, Kejar yang lebih Besar... Jadi Pengusaha... Jadi Bos untuk Diri Sendiri dan Orang Lain... Seru... Banyak Lika Likunya... mau jadi apa kita yg ambil keputusan untuk diri sendiri...

Kalo Gagal... Coba Lagi... Pasti Suatu Saat Berhasil...

Kalo gue sih Ogah Jadi PNS... Membosankan...


bangun Mak
1.mana ada kerjaan yg prosedur pemecatannya sulit banget
2.mana ada kerjaan yg asal bos lo nikmatin jilatan pantat lo,lo mau ngapain aja terserah lo
3.mana ada kerjaan yg menjanjikan seorang nubitol gaji nyampai 12jt/bln plus pensiun?
4.mana ada kerjaan yg asal lo ga punya malu,bisa menghasilkan uang saku 10x gaji lo perbulan

mikir lagi dah,harga obat semakin mahal,nyekolahin anak juga butuh jutaan
×