CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[TIPS] Macet Panjang Saat Mudik, Waspada Overheat!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016100106/tips-macet-panjang-saat-mudik-waspada-overheat

wah untung sodara ane deket jadi gak perlu mudik emoticon-Cool

emoticon-Rate 5 Star

[TIPS] Macet Panjang Saat Mudik, Waspada Overheat!

SEMOGA NO REPOST

Spoiler for Bukti:


[TIPS] Macet Panjang Saat Mudik, Waspada Overheat!


Melakukan perjalanan mudik Lebaran akan dihadapi dengan kendala kemacetan luar biasa. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, termasuk roda empat, pastikan kendaraan dalam kondisi prima untuk terus menyala di atas 20 jam.

Spoiler for Gambar:


Masalah yang kerap dihadapi pengguna kendaraan roda empat adalah kerusakan pada sistem pendingin mobil. Akibatnya mesin mobil bisa menjadi overheat atau keadaan panas mesin yang berlebihan.

Jangan mengabaikan kondisi mesin overheat ini, karena bisa berakibat fatal, atau risiko terbesar adalah mesin ngulet, dan akan mati total karena kondisi panas berlebih ini.

Cara paling mudah mendeteksi suhu mesin mobil, adalah melihat panel temperatur suhu yang ada pada panel instrument. Apabila jarum penunjuk mengarah pada suhu tinggi dan tidak juga bergerak turun, pasti ada masalah pada mobil Anda.

Spoiler for Gambar:


“Langkah pertama yang perlu diambil pinggirkan kendaraan dan mematikan mesinnya. Diamkan beberapa saat dan buka kap mesin sampai kondisi mesin benar-benar dingin. Kap mesin dibuka agar pendinginan mesin bisa dibantu oleh angin,” jelas Kepala Bengkel Proton Pondok Indah, Edi Permana.

Penyebab mesin panas biasanya kebocoran radiator hingga air radiator habis atau di bawah maksimal. Atau bisa juga disebabkan sistem pendingin mesin yang tidak bekerja dengan baik, seperti motor kipas mati.

Periksa bagian bawah kendaraan untuk melihat adanya tetesan air untuk memastikan kebocoran pada radiator. Bila mesin sudah dingin, segera cek tabung air radiator dan lakukan pengisian. Ingat, jangan buka tutup tabung dalam keadaan mesin panas, karena air panas dari tabung akan menyemprot keluar dan membahayakan Anda.

Spoiler for Gambar:



“Untuk memastikan sistem pendinginan tidak ada masalah, jangan ragu untuk memeriksakan kendaraan di bengkel resmi sebelum melakukan perjalanan mudik. Mintalah pengecekan secara teliti di bagian radiator seperti kondisi selang atau tutup radiator dan bagian lainnya,” lanjut Edi.

Edi melanjutkan, usahakan tetap membawa air cooler cadangan untuk berjaga-jaga, atau bisa juga air mineral kemasan bila dalam keadaan darurat. “Paling gampang adalah air hasil sulingan AC rumah. Itu juga baik untuk mengisi air radiator,” tutup Edi.

Spoiler for Buka:

Post ini telah dihapus
motor ane juga kena mogok gan kmren walaupun gak dipake bwt mudik, hihihi....
nice share gan, keep posting emoticon-Add Friend (S)
Baru saja selesai mudik gan..btw thx infonya, buat tahun depan kalau mudik lagi
nais inpo gan . emoticon-Kaskus Lovers

Quote:
iya gan, macet bikin pegel kaki bagi pengguna mobil manual.
Post ini telah dihapus
nice inpoh gan biar g overheat ya
thnks gan untuk info nya yah ???
bermanfaat banget nih info nya emoticon-Smilie
nice share gan
dah lewat gan emoticon-Big Grin
apa baru sempet buka kaskus ya??
wah cocok banget nih buat nyang tinggal di pekotaan emoticon-Matabelo

emoticon-Rate 5 Star
persiapan mudik gan
tips bagus gan emoticon-Smilie
mantap bgt lah lebaran tahun 2012, ane brgkt dari rumah jam 5 pagi.dan setelah skitar 12 km kluar cikampek itu jam 11 mlm.ane balik lagi ke jkt,sampe jkt jam 8 pagi.emoticon-Cape d... (S)
isi air radiator gan
wah, ini tips cocok bagi yg mudik, kalau ane nggak emoticon-Ngakak

ini sumbernya mana ?


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di