KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Business Model Canvas ►► [ ‼ Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini ‼ ]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015872243/business-model-canvas-96589658--8252-jangan-mulai-bisnis-sebelum-baca-ini-8252

Business Model Canvas �� [ < Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini < ]

Quote:

ane sangat seneng kalo temen2 kaskuser juga aktif berpartisipasi untuk reply dan diskusi disini. Jadi jangan lupa untuk men subscribe Thread ini atau bookmark dan kasi rate 5 bintang ya gann emoticon-Sundul Gan (S)

bagi rekan2 organisasi, UKM atau pemilik bisnis perorangan kalo perlu dijelasin langsung tentang Business Model Canvas ini di kelas, seminar atau pelatihan boleh kontak ane di:

Spoiler for Kontak Ane :


Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;

Apa itu Business Model ?

Buat kita yang akan memulai suatu bisnis baru atau sedang menjalankan bisnis kadang kita sering bertanya sama diri sendiri atau sama orang kenapa sih bisnis saya ga maju, apa yang salah dengan bisnis saya. Atau saya mendapatkan hasil yang bagus dari bisnis saya saat ini, tapi bagaimana saya mengembangkan bisnis saya? Apa yang bisa saya lakukan untuk mengembangakan bisnis ini? Atau bagi yang lebih advance lagi akan bertanya apa strategi bisnis saya yang akan datang? Bagaimana rupa organisasi saya ke depan?

Pertanyaan2 diatas kadang sulit kita jawab karena kita ga punya alat untuk memotret usaha kita. Untuk mengevaluasi rencana bisnis atau bisnis yang kita sedang jalani kta perlu melihat dari sudut pandang yang jelas dan utuh mengenai model bisnis kita. Nah Business Model Canvas adalah salah satu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani. Dengan tool ini kita seakan melihat bisnis dari gambaran besar namun tetap lengkap dan mendetail apa saja elemen2 kunci yang terkait dengan bisnis kita. Dengan demikian kt bisa melihat gambaran utuh yang sangat membantu dalam menjawab pertanyaan2 seputar bisnis kita. Dengan mengevaluasi satu demi satu elemen2 kunci kita jadi lebih mudah menganalisis apa yang kurang tepat, dan pada akhirnya kita bisa mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnis kita.

Business model canvas

Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menciptakan sebuah framework yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan bisnis kita yaitu Business Model Canvas. Pada business model canvas ini ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen2 kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis. Kesembilan hal tersebut adalah:
  1. Customer segments
  2. Value proposition
  3. Channel
  4. Customer relationship
  5. Revenue stream
  6. Key resource
  7. Key activities
  8. Key partners
  9. Cost


Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;

yang akan kita lakukan adalah mengisi ke sembilan kotak2 di bawah dan mulai menganalisis Business Model kita emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;


Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;
Sebagai Pembicara di Seminar Interaktif business model , HMTL ITB, April 2013

*buat rekan2 yang punya organisasi atau entrepreneur mau bikin kelas, seminar or pelatihan Business Model kboleh kontak ane
Spoiler for Kontak Ane :


oke kita lanjut di bawah gan materinya..

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;
Diubah oleh otten
Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;


1. Customer segment

Customer segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan kita. Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita. Segmen target bisa dibedakan berdasarkan hal2 seperti:
  1. Tingkat ekonomi (menengah, atas atau kalo mau lebih spesifik lagi di segmentasi berdasrkan pendapatan atau uang jajan bulanan target konsumen kita)
  2. Umur
  3. Komunitas tertentu (misalnya komunitas sepeda, komunitas pecinta hewan tertentu atau komunitas ibu2 pengajian dll.)
  4. Perilaku khusus dari target konsumen kita (misalnya reaksinya terhadap harga barang, kadang ada perilaku tertentu yang malah suka dengan barang2 mahal, ada juga yang benar2 sensitif terhadap harga pengen yang murah dll.)


Yang penting adalah kita benar2 bisa membagi (segmentasi) target customer kita, karena dengan membagi kita lebih bisa mengerti dan menangkap kebutuhan khusus dan sifat2 target konsumen kita. Inilah yang harus kita tangkap dari calom konsumen kita.. .kebutuhan konsumen emoticon-Blue Guy Smile (S)

Baca juga: http://en.wikipedia.org/wiki/Market_segmentation

2. Value Proposition

*kalo bingung dengan arti value proposition boleh sementara diganti dengan istilah “Produk”

Value proposition atau mudahnya produk, adalah hal yang kita tawarkan ke target konsumen kita. Misalnya kita jualan bahan makanan organik ke komunitas vegetarian, jualan kreasi dari batik untuk anak muda, jualan aplikasi untuk android misalnya, atau kita menawarkan jasa pelatihan bisnis ke mahasiswa dan UKM, atau arsitek yang jualan jasa desain ke pelanggan yang mau renovasi rumahnya dll.

Kenapa lebih cocok disebut value proposition adalah biar kita ga terjebak sama istilah produk yang selalu identik dengan barang, sementara value proposition kan ga selalu tentang barang, dia sifatnya lebih luas seperti jasa arsitek atau jasa konsultasi n pelatihan bisnis, atau jasa fotografi, bahkan gabungan produk dan jasa seperti kalo masang kawat gigi dll.

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;


Ok, sekarang bentuk bisnis kita sudah sedikit terlihat, kita sudah punya apa yang konsumen kita butuhkan dan kita sudah tahu apa yang kita akan tawarkan kepada target konsumen kita. emoticon-Blue Guy Peace

Mari kita lanjutkan..
3. Channel

Ok, saat ini kita udah punya customer segment dan value proposition/produk yang siap ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sekarang adalah bagaimana kita bisa memberikan produk/jasa yang konsumen butuhkan untuk sampai ke tangan mereka?

Untuk menyampaikan value proposition ke konsumen kita perlu channel. Channel adalah cara yang digunakan untuk memberikan value proposition kita ke konsumen. Cara ini bisa sangat bermacam2 tergantung dari segmen konsumen yang kita bidik. Chanel ini adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena kalo kurang tepat kita ga bisa meraih target segmen kita. Channel bisa juga disebut bagaimana cara kita menyampaikan produk kepada konsumen. Channel tersebut bisa berupa penjualan langsung, bisa juga melalui distributor, melalui tenaga marketing, bisa juga melalui website, bisa melalui forum jual beli, atau melalui thread kaskus.

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;


Macam2 channel bisa dilakukan, makin kreatif kita menciptakan channel penjualan makin besar peluang kita untuk unggul dalam persaingan dan efektif dalam menjaring pelanggan. Kunci dari pemilihan channel ini adalah cara yang tepat untuk menyampaikan value proposistion kepada segmen target kita.

Quote:



4. Customer Reationship

Salah satu misi marketing adalah untuk terus menambah lagi konsumen yang bisa dilayani. Hal ini tentunya berarti semakin banyak penjualan. Cara untuk mendapatkan, menambah jumlah konsumen dan untuk mempertahankan konsumen agar terus setia dengan kita adalah dengan membuat hubungan baik dengan pelanggan. Ini yang dimaksud dengan customer relationship, yaitu wadah untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan pelanggan kita.

Di era nya teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak cara untuk membuat hubungan dengan konsumen. Sebut aja website, facebook, twitter, kaskus, thread n forum, bbm, ym, whatsapp dll. Semua itu bisa dijadikan cara untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan hubungan yang lancar tersebut kita bisa dengan mudah menyampaikan sesuatu kepada konsumen kita misalnya produk baru, diskon, penawaran khusus dll. Dan yang ga kalah penting adalah kita bisa dapet info tentang apa yang jadi keinginan dari konsumen kita.


Ok, sampai disini kita udah mengisi empat elemen dari sembilan elemen dari bisnis model. Dari empat elemen ini sebetulnya kita sudah bisa merancang dan mengevaluasi apakah bisnis kita ini sudah tepat antara value proposition yang kita tawarkan, segment target yang kita bidik dan channel yang digunakan. semua faktor itu harus selaras dan saling mendukung, keterkaitan dari semua faktor tersebut adalah salah satu faktor kunci dalam keberhasilan bisnis kita.
5. Revenue Stream

Quote:


Oke, setelah kita mengisi lalu mengutak atik keempat elemen di atas kita mulai isi lagi kotak ke lima yaitu revenue stream. Revenue stream ini adalah salah satu yang sangat penting karena inilah nafas yang membut usaha kita tetap hidup.

Kita sudah rancang dengan cermat empat elemen yaitu value proposition (jasa/produk) yang kita tawarkan, lalu dengan jelas kita telah menentukan target segmen (customer segment) yang kita tuju, lalu kita juga telah menentukan channel penjualan kita dan menentukan bagaimana membangun hubungan dengan konsumen (customer relationship). Pertanyaan berikutnya dan salah satu yang terpenting adalah “bagaimana bsnis kita bisa menghasilkan uang?”

Pada umumnya bisnis, terutama perdagangan menghasilkan uang dari keuntungan penjualan, atau kadang disebut laba atau profit. Laba atau profit adalah salahsatu model revenue stream yang sederhana. Profit didapat dari selisih semua pendapatan penjualan (omzet) dikurangi semua biaya. Conto kalo kita jualan makanan buka puasa misalnya es teler, berarti profit secara sederhana adalah semua uang dari penjualan dikurangi biaya bahan+upah kerja+biaya listrik+sewa tempat+kemasan.

Namun demikian tidak semua model bisnis menghasilkan uang dari selisih penjualan-biaya (profit) aja. Misalnya bisnis jasa. Model bisnis perusahaan yang menawarkan jasa tentu tidak menghasilkan uang dari profit (saja) tapi yang lebih utama adalah dari pembayaran atas jasa yang diberikan. Contoh model bisnis jasa ini ada jasa konsultasi, jasa pembuatan desain arsitektur, desain web, biro iklan, jasa fotografi produk dan masi banyak lagi. Ada juga beberapa model usaha yang menghasilkan uang dari komisi, biaya iklan, atau ada juga model pay per click kalo di web advertising ada juga yang menghasilkan uang dari royalty fee, frenchise fee ada juga yang revenue stream nya beberapa dia dapet bayaran jasa + komisi juga dari supplier, misalnya dokter, dia dapet dari pembayaran jasa nya dan juga dapet dari perusahaan obat karena sudah menuliskan resep obat dengan merk tersebut dan banyak model lain dari revenue stream ini.

Quote:


Syarat dari business model yang bisa hidup adalah jelas bagaimana bisnis ini bisa menghasilkan uang. Jadi kalo kita ditawarin bisnis trus ga jelas revenue stream nya ga jelas bagaimana bisnis tsebut bisa menghasilkan uang, maka ini bukan jenis bisnis yang bisa terus bernafas dan tumbuh.. .if its sounds to good too be true then it is not true, sebuah bisnis yang baik dan mantap harus memiliki arus pendapatan (revenue stream) yang sangat jelas dan masuk akal.

Contoh:

dari lima elemen yang kita sudah rencanakan tadi, kita sudah bisa mulai menuliskan rencana bisnis kita secara sangat sederhana yaitu:
apa yang kita tawarkan kepada konsumen, segmen target konsumen kita dan bagaimana kita menyampaikan penawaran kita kepada target konsumen kt

berikut adalah contoh ide untuk mengisi rencana bisnis, saat ini deket lebaran ane jadi kepikiran kue lebaran hehehe, ini salah satu contoh yang sangat sederhana. Disini kita bisa lihat apa yang ditawarkan kepada konsumen, konsumen seperti apa yang jadi target kita, lalu bagaimana menyampaikan penawaran itu kepada masing2 target konsumen. Selalu ingat dalam merencanakan model bisnis kesesuaian semua elemen adalah salah satu kunci keberhasilan rencana kita. Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan segmen konsumen dan cara menyampaikannya pun harus tepat. .

berikut adalah contoh sederhana hubungan ketiga elemen tadi, ini masih contoh jadi masih terbuka kemungkinan untuk menghilangkan, menambahkan masing2 item dalam elemen2 ini:

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;


dari potongan business model diatas udah bisa kita pake untuk diskusi , dari sini kita udah bisa diskusikan apakah target konsumen kita bisa kita targetkan dua2 nya ataukah akan membidik satu target aja?? konsumen perorangan apa cuman ke kantor2 aja...atau dua2nya.. lalu chanel yang digunakan apakah semuanya bisa dilakukan atau akan fokus ke channel yang khusus aja misalnya hanya akan jualan via kaskus?? atau via facebook aja?? apakah sudah cocok target segmen yang kita bidik dengan channel yang akan digunakan ??

emoticon-Blue Guy Peace

*Salah satu video yang ngejelasin Business Model Canvas di youtube, bro cekidot .. .

Diubah oleh otten
Thread bagus gini kok belum ada yang comment emoticon-Hammer
Ijin menyimak gan emoticon-Big Grin

Bikin kopi dulu ah ________ emoticon-Ngacir

oh ya buat yang mau donlot image ini dalam ukuran besarnya bisa click imagenya langsung ya

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;
Quote:


6. Key Resource
Kalo di translate Resource kira2 artinya Sumber daya (sumber daya yang utama), maksudnya resource2 yang kt punya, atau kita harus punya. Key resource ini adalah syarat yang harus dipenuhi atau resource yang harus kita miliki untuk melakukan aktivitas utama bisnis kita, kalo kita kehilangan key resource ini bisnis kita ga jalan bro. Mungin ane coba jelasin pake conto aja yah:

misal kmu mulai buka usaha kantin di deket kampus, maka key resource adalah yang harus dimiliki untuk kantin itu jalan, seperti:
tempat usaha/gerai nya, pegawai n juru masak, alat2 masak.

kira2 penjelasan key resource ga terlalu panjang, kayanya akan lebih jelas kalo sambil ngebahas key activities dan key partner, karena ketiga elemen ini saling berhubungan dan bisa juga dibilang ketiga elemen ini adalah kegiatan produksi, atau kegiatan operasi. Inilah kegiatan2 yang bikin usaha kita menghasilkan value proposition.

7. Key Activities
Nah ini adalah apa saja kegiatan utama yang perlu dilakukan agar bisnis kita berjalan, kalo kegiatan ini ga bisa dilakukan ya bisnis ga jalan alias mandek gan. Ini menentukan bisnis kita ini ngapain aja sih kegiatan nya, kalo dilist lumayan banyak lho dan ketauan ntar berarti harus ada orang yang ngerjainnya. dan pertanyaan yang mesti bisa dijawab adalah ..bisakah semua item pekerjaan itu kita lakukan?

Misalnya kita bisnis makanan unik berbahan dasar tempe. nah tentunya kegiatan2 yang perlu dilakukan adalah: beli bahan2, memasak (produksi), mengepak produk tersebut, lalu bikin kemasan, itu dari kegiatan produksi, dari kegiatan marketingjuga kita perlu bikin iklan, ngurus social media marketing nya, lalu melayani pesanan..dan lain2 emoticon-Cendol (S)

Lumayan yah ternyata bisnis kecil pun udah cukup banyak kegiatan nya (key activities)

8. Key Partners
Kadang dalam menjalankan usaha, ga semua pekerjaan operasional bisa dilakukan sama kita. Contoh nya gini gan, terusin conto bisnis olahan snack dari tempe ya gan. Nah kita kan ga bikin tempe nya mulai dari bentuk kacang kedelai kan ? kalo udah gede sih perusahaannya bisa aja invest bikin pabrik tempe sendiri, tapi buat perusahaan kecil tentu paling mudah adalah beli tempe dari supplier. Supplier bahan baku ini adalah partner yang menentukan dalam bisnis kita. Key partnership itu maksudnya, gan, kita mesti bisa menentukan siapa yang jadi partner/supplier utama kita.

Menentukan key partners adalah keputusan kita sendiri gan. Apakah kita akan menyerahkan kegiatan kepada partner atau mau kita lakukan sendiri oleh perusahaan.

9. Cost
Cost ini maksudnya semua biaya yang dikeluarkan untuk jalannya usaha kita, gan. Semua kegiatan yang memiliki porsi cukup menentukan dituliskan disini. Biasanya di sini dituliskan biaya bahan baku, biaya gaji pegawai, biaya operasional -listrik, internet, pulsa telepon dll.- yang penting2 aja.

Kesimpulan
Setelah kita ngisi semua kotak di Business Model Canvas, berikutnya adalah kita diskusi tentang hasil business model tersebut. Dari sini kita bisa otak atik, apakah satu sama lain kotak sudah match atau belom ? apakah cost kita terlalu banyak ? dari mana kita dapet revenue ? apa lagi yang bisa kita improve di masing2 kotak ? apakah kita bisa menghapus, atau menambah item2 di kotak tersebut ?

Perlu juga diperhitungkan Revenue - Cost. Rumus sederhana nya mulai usaha adalah Revenue harus lebih besar dari Cost. Atau pendapatan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Emang sih ini kaya sepele, "semua orang juga tau gan kalo gitu, gausah pake business model segala". Eh, jangan salah gan, banyak perusahaan -ane sendiri jadi saksinya, perusahaan sodara ane percetakan yang udah establish 15 tahun lebih- sekarang lagi mengalami kesulitan karena simply, salah menghitung pengeluaran, banyak cost yang ga keitung, akhirnya cost lebih besar dari revenue dan sedikit2 mengambil uang kas perusahaan untuk operasional tanpa terasa.

Oke sampai sini, langsung praktekkin ya gan trus posting disini deh hasil dan ide nya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh otten
beda euy yang sekolah bisnis mah. nice share gan. emoticon-Big Grin
lanjutannnya mana gan??

dari kemarin ane ditanyain mulu, mana bisnis modelnya... ane bingung... hehe
gan, ane baca buku versi PPM management, kok agak kurang ngerti ya mau ngapain lagi setelah baca emoticon-Big Grin
Ditunggu lanjutanya gan.....emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


Tadi baru abis ngeprint sheetnya sih.
ini lagi di isi. ________ emoticon-Ngacir

Contoh business model

gan ane mau share nih waktu dulu kuliah (skarang juga kuliah lg ..hehe masih masuk kategori student-preneur kan gw?)
ane sempet usaha bikin pesanan kaos untuk eo atau panitia n komunitas2
untuk usaha yang dijalani sambil kuliah, usaha ini lumayan oke dan banyak pelajaran tentang konsumen dan proses produksi yg ane dapet dari bisnis ini... .untuk menjelaskan bisnis ini ane pake tools business model ..ky gini kira2 bentuk bisnis ane, cuman untuk edisi ini ane tambahkan di "channel" nya pake internet marketing.. dulu waktu ane kuliah belom ada internet gan emoticon-Malu (S)


bisnis pesanan T Shirt

Business Model Canvas &#9658;&#9658; &#91; &#8252; Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Ini &#8252; &#93;

silakan di komeng bro.. .ini tentunya bukan model bisnis terbaik, brkali ada agan2 yang mau menambahkan atau mungkin punya ide lain silakan kita skalian diskusikan ..itung2 belajar strategi n bikin business model..

atau mungkin punya ide usaha lain yang mau dibikin business model nya

emoticon-cystg
Diubah oleh otten
Soree gan
Sambil sundul thread, oiya buat yang punya ide bisnis, or bikin bisnis model nya silkan gan, sangat ane tunggu n cendol siap meluncur
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Lanjutannya masi ane coba bikin om...sambil jalan ok

Silakan kasi komen, gan,....jgn lupa bookmark n subscribe emoticon-Blue Guy Cendol (S)
rate 5 star done

kayaknya asik klo ngikutin

masih tangan dibawah emoticon-Sorry
wuah ..
ini nih yg ane cari .. lagi galau nih pengen bisnis apaan ..
ijin sedot ya gan + numpang nyimak di thread ini emoticon-Big Grin
bahasanya akademis banget gan....
ane kagak ngarti. emoticon-Matabelo
ayo lanjutin donk Gan, ane juga baru mulai belajar bisni (resign dari kerja), tapi masih bingung mau bisnis apa?
Quote:


Belajar bisnis ga perlu resign dari kerja.
malah kerja ama orang kamu lebih cepet belajar bisnis, dibayar lagi _____ emoticon-Ngacir
Sore, gan ane dah update satu point lagi diatas, salah satu yang terpenting yaitu revenue stream. ..cekidot

gimana gan udah ada yang coba2 bikin business model nya? salah2 dikit gapapa gan.. yang penting bisa kita diskusikan dan pelajari bersama emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Cendol (S)

pertanyaan gan, kalo bisa jawab berarti udah ngerti revenue stream

1. perusahan seperti google dan yahoo revenue stream nya dari mana aja gan?
2. Revenue stream kaskus dari mana coba? padahal kalo kita ngiklan gratis kan
3. Revenue stream nya "changcuters" kira2 apa aja gan ?


Nah, kita coba bikin yuk business model, ntuk itu ane perlu ide dari om n tante kira2 bisnis apa yah yang kita coba bikin business model canvas nya . ...ane tunggu idenya dari temen2 semua, tar ane coba bikini business model nya.. spt biasa berhadiah cendol setiap hari nya
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
walau belum begitu mengerti, ikut menyimak dlu emoticon-Smilie
business model canvas ini lagi tren di sekolah2 bisnis karena menyederhanakan bisnis plan yang panjang2.

tapi kalo menurut ane, bisa jadi komplemen dengan bisnis plan.
setahu ane, training bisnis canvas model ini harganya mahal emoticon-Cendol (S)
jadi ini ilmu yg cukup berharga

ane juga sudah mulai membawakan di seminar/pelatihan bisnis yg ane bawain..


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di