Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015790420/peneliti-indonesia-temukan-dua-spesies-katak-baru
Thumbs up Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru
ijin ngabadiin HT ya gan
Spoiler for HT:


Supported by

Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru


Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru

L. ingeri (kiri) mempunyai warna ventral bertotol, sedang L. kanowitense (kanan) warna ventral lebih didominasi warna putih.(Istimewa/Dokumentasi Amir Hamidy)

Quote:Original Posted By cendels
TS yang sebelah kanan apa kiri yaa ?

Lho, itu kan foto ente gan


Endemis atau bukan, saya belum berani memastikan sampai ada survei lebih lanjut.


Quote:Jakarta (ANTARA News) - Peneliti Indonesia mengidentifikasi dua spesies katak baru yang dinamai Leptobrachium ingeri dan Leptobrachium kanowitense dalam penelitian yang dilakukan di Belitung (Indonesia) dan Sarawak (Malaysia) mulai tahun 2008 sampai 2012.

Hasil penelitian Amir Hamidy dari Museum Zoologicum Bogoriense, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bersama koleganya dari Kyoto University, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan University of Malaya tersebut dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa tanggal 24 Juli lalu.

Dalam surelnya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, Amir yang sedang belajar di Kyoto University mengatakan, L. ingeri teridentifikasi dalam penelitian di Belitung dan daerah pesisir Sarawak sementara L. kanowitense di bagian daratan Sarawak.

"Kata 'ingeri' pada L. ingeri merupakan nama yang saya dedikasikan untuk Prof. Dr. Robert F. Inger dari Field Museum Chicago. Beliau adalah pakar herpetology di Asia Tenggara, terutama Pulau Borneo," kata Amir, penulis utama hasil studi tersebut.

Sedang kata "kanowitense" pada L. kanowitense dipilih mengacu pada Kota Kanowit di Sarawak, dimana L. kanowitense ditemukan, tambahnya.

Ia menjelaskan, karakter gen kedua spesies baru itu berbeda dengan spesies katak yang lain. Pada katak, jarak genetik minimal tiga persen sudah bisa dikatakan berbeda spesies.

"Kami melihat jarak genetik antara katak jenis L. nigrops, L.ingeri dan L. kanowitense sangat besar, lebih dari sembilan persen," kata dia.

Secara morfologi, lanjut dia, jenis katak baru itu juga punya bentuk ujung jari tangan dan kaki, posisi selaput di kaki, dan warna tympanum (bagian telinga), serta warna ventral yang khas.

Amir menjelaskan pula bahwa dari karakter Deoxyribonucleic acid (DNA) bisa diketahui bahwa L. ingeri, L. kanowitense, dan L. nigrops (bukan jenis baru) dahulunya satu nenek moyang.

"Karena perubahan iklim dan perubahan permukaaan air laut pada masa silam, beberapa pulau seperti Borneo, Sumatra dan yang lainnya terpisah dari Asia daratan. Saat pemisahaan itu terjadi isolasi populasi nenek moyang masing-masing jenis tersebut. Setelah terpisah masing-masing jenis berevolusi menjadi jenis yang sekarang," katanya.

Dalam jurnal Zootaxa para peneliti menyebutkan, nenek moyang L. kanowitense tampaknya telah menginvasi Pulau Borneo jauh lebih awal dibandingkan dengan moyang L. ingeri, yang penyebarannya terjadi selama periode glasial Pleistosen.

Menurut Amir, saat ini L. ingeri menghuni daerah Belitung dan pesisir Sarawak dan L. kanowitense hidup di Kota Kanowit, Sarawak. Sementara L. nigrops bisa ditemukan di Semenanjung Malaya, Sarawak dan pantai timur Sumatra (Riau).

Namun peneliti belum tahu pasti populasi jenis-jenis katak itu dan apakah jenis katak baru itu endemis di daerah tersebut.

(M035)

Editor: Heppy


herpetology adalah cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) reptilia dan amfibia.

Komen TS: ternyata isolasi geografi yg membuat mereka menjadi dua spesies

Di bawah ada diskusi tentang evolusi, ada pro dan kontra. Ane gak ingin membahas itu, krn diluar kemampuan ane. Toh ane mmg tak tahu pasti apa kah benar itu terjadi, wallahu a'lam.

Cuma satu yg ane ingat selama satu semester dulu kuliah evolusi; evolusi di tingkat molekuler (DNA) memang terjadi, hal itulah yg menyebabkan terjadinya variasi pd tingkat takson terendah (spesies). Dimana ada interaksi antara faktor genetik (gen/DNA yg bermutasi) dan faktor lingkungan sehingga menimbulkan variasi2 baru, contohnya variasi pada kedua katak ini. Variasi yg menimbulkan spesies baru

Ngomong2 tentang nama ilmiah/spesies hewan, ane punya trit unik nih gan: Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru Inilah Satwa-Satwa yang Memiliki Nama Pesohor Dunia



Menerima sumbangan cendol gan

Peneliti Indonesia Temukan Dua Spesies Katak Baru PENTING gan, buat yg ingin info lbh lengkap bs baca post #7
Hampir salah baca, L. ingeri klo digabung jd lingeri gan
Moga ditemukan lagi spesies hewan lainnya.

Indonesia memang kaya akan Flora dan Faunanya. :







To, Outo.
Tritmu kok ya pakai bahasa berat sih To.
wehhh tret peajaran biologi...


yaaa semoga penemuannya bisa bermanfaat, sape tau tuh katak bisa dijadiin obat AIDS gitu..
dan jangan ampe diklaim orang lagi yak...
akhirnya, keaneka ragaman hayati Indonesia diteliti ama orang Indonesia sendiri
pernah kemaren nonton di natgeo dibelahan timur indonesia tepatnya papua masih banyak spesies yang masih belum diketahui lho
Quote:Original Posted By Khoontol
Moga ditemukan lagi spesies hewan lainnya.

Indonesia memang kaya akan Flora dan Faunanya. :







To, Outo.
Tritmu kok ya pakai bahasa berat sih To.


Biar kaskuser lebih suka berfikir tol (gak ngehina lho ini panggilannya ya )
Thanx sdh selalu komen di trit aq

Quote:Original Posted By bonbenk
wehhh tret peajaran biologi...


yaaa semoga penemuannya bisa bermanfaat, sape tau tuh katak bisa dijadiin obat AIDS gitu..
dan jangan ampe diklaim orang lagi yak...


Poin di kalimat terakhir gan

Quote:Original Posted By flakeheartnet
akhirnya, keaneka ragaman hayati Indonesia diteliti ama orang Indonesia sendiri


ini tambah

Quote:Original Posted By L.Banditz
pernah kemaren nonton di natgeo dibelahan timur indonesia tepatnya papua masih banyak spesies yang masih belum diketahui lho


Kesempatan ini buat peneliti Indonesia, dan sebaiknya tak perlu mengajak ilmuwan dr negara lain. Kerjakan sendiri aja, agar bisa diklaim sendiri

-------edit--------

Baru dapat berita tambahan gan
Nih, buat yg betah baca
Spoiler for tambahan:
pasti masih banyak yang belum ditemukan..mungkin hanya sebagian kecil saja
kenape musti pake nama peneliti asing??

kenape gak kasih nama daerah tempat ditemukannya, biar bikin negara kita makin terkenal?
pakar khusus pulau borneo ?
kemungkinan msh buaannyak spesies katak lainnya
Quote:Original Posted By reyvan3
kenape musti pake nama peneliti asing??

kenape gak kasih nama daerah tempat ditemukannya, biar bikin negara kita makin terkenal?

kan udah jelas gan, untuk mendedikasikan nama pakar Herpetology yang telah berjasa itu, khususnya untuk borneo
Quote:Original Posted By clcyep
pakar khusus pulau borneo ?
kemungkinan msh buaannyak spesies katak lainnya


Sangat banyak gan, tinggal kita (eh peneliti ding ) mau memberdayakan keanekaragaman organisme di egara kita gak? Klo gak ya bakal ditemuin peneliti luar
syukurlah sudah dimuat di jurnal Ilmiah duluan. jangan sampe kasus yang lalu diserobot peniliti asing...
Quote:Original Posted By autoband
Komen TS: ternyata isolasi geografi yg membuat mereka menjadi dua spesies

Evolusi kan menyangkut populasi.
Karena populasinya terpisah (terisolasi), maka variasi genetis yang muncul dan tersebar di masing-masing habitat juga berbeda. Karena tidak ada migrasi, sifat yang eklusif dari satu populasi tidak tersebar pada populasi lain.

*Tapi biasa kalau pakai jurus kreasionis, mereka akan bilang: tetap aja katak, gak berubah!
masih banyak spesies yang belum di temukan....
ayo om...om... peneliti temukan spesies baru lagi
Di Indonesia banyak di temukan spesies allay baru yang bermunculan... silahkan cek saja gan
yang kedua, mata sama pantat nya besaran matanya

katak

wah mantap itu mungkin masih banyak lagi katak jenis lain
Quote:Original Posted By Pi-One
Evolusi kan menyangkut populasi.
Karena populasinya terpisah (terisolasi), maka variasi genetis yang muncul dan tersebar di masing-masing habitat juga berbeda. Karena tidak ada migrasi, sifat yang eklusif dari satu populasi tidak tersebar pada populasi lain.

*Tapi biasa kalau pakai jurus kreasionis, mereka akan bilang: tetap aja katak, gak berubah!


Pro evolusi ya gan?
kebetulan ane orang Biologi gan, satu semester pernah belajar evolusi

Evolusi biologi mmg terjadi, tp maaf ane tak sepakat dg pendapat yg menyatakan manusia berasal dr monyet, dll. Evolusi biologi yg ane pelajari adl pd tingkat gen (molekul) krn interaksinya dg faktor lingkungan, yg pd akhirnya akan memunculkan variasi seperti ini. Jd emang betul apa yg ente bilang di atas, apa yg ane bold: tetep aja katak, walau akhirnya beda spesies
Quote:Original Posted By autoband
Pro evolusi ya gan?
kebetulan ane orang Biologi gan, satu semester pernah belajar evolusi

Evolusi biologi mmg terjadi, tp maaf ane tak sepakat dg pendapat yg menyatakan manusia berasal dr monyet, dll. Evolusi biologi yg ane pelajari adl pd tingkat gen (molekul) krn interaksinya dg faktor lingkungan, yg pd akhirnya akan memunculkan variasi seperti ini. Jd emang betul apa yg ente bilang di atas, apa yg ane bold: tetep aja katak, walau akhirnya beda spesies

Benaran pernah belajar biologi? Lalu kenapa masih celoteh soal 'manusia dari monyet'? Monyetisme itu propaganda kreasionis, bukan dari evolusionis.

Dan agan gak pernah dengar frogamander, yang mungkin merupakan moyang bersama katak dan salamander? Atau baca artikel tentang evolusi katak, termasuk katak-katak purba dan perbedaannya dengan katak modern?