Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015736043/suhartina-penemu-kedelai-tangguh-tahan-kekeringan
Suhartina, Penemu Kedelai Tangguh Tahan Kekeringan
Quote:Suhartina, Penemu Kedelai Tangguh Tahan Kekeringan

MALANG--MICOM: Hari beranjak siang. Terlihat seorang pemulia sedang beraktivitas di laboratorium Balai Penelitian Tanaman Kacang-Kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi), Malang, Jawa Timur, Kamis (26/7).

Dengan sabar menyeleksi dan memilah setiap biji kedelai berwarna kuning dalam wadah baskom dan sejumlah wadah plastik berdasarkan ukuran. Hasil seleksi selanjutnya dimasukkan ke bungkus plastik.

Sang pemulia, Suhartina menyapa ramah Media Indonesia sembari mengatakan sedang melakukan kegiatan seleksi galur harapan kedelai DV/2984 -330.

"Biji kedelai ini calon varietas unggul toleran cekaman kekeringan selama fase reproduktif," tegasnya.

Kedelai hasil penelitian selama enam tahun terakhir itu merupakan inovasi terbaru di Indonesia. Memiliki arti penting, solusi mengatasi ketergantungan impor terhadap komoditas pangan.

Selain itu, membuka peluang lebar bagi petani dalam mengembangkan budi daya di musim kemarau, bahkan pada kondisi sangat kering sekali pun.

Ia menjelaskan agroekosistem utama kedelai di Indonesia adalah lahan sawah. Ditanam setelah padi pada musim kemarau 1 dan musim kemarau 2 dengan pola tanam padi-padi-kedelai atau padi-kedelai-kedelai.

Pada kondisi demikian, budi daya kedelai seringkali menghadapi resiko kekeringan. Akibatnya terjadi kekhawatiran terjadi gagal panen. Apalagi akhir-akhir ini terjadi perubahan iklim global yang menyebabkan peningkatan intensitas iklim ekstrim, terutama kekeringan dan kelebihan air atau banjir.

Oleh karena itu, kata dia, perlu inovasi baru varietas unggul yang lebih adaptif. Baik itu varietas berumur genjah atau varietas-varietas yang toleran kekeringan.

Tim pemulia Balitkabi sudah menjalani sidang di hadapan Tim Penilai dan Pelepas Varietas Tanaman Pangan Kementerian Pertanian pada 2 April 2012. Hasil presentasi dinyatakan lulus. Sehingga galur harapan DV/2984-330 siap dilepas sebagai varietas unggul tahun ini.

Dengan pelepasan varietas ini akan menambah koleksi varietas unggul kedelai menjadi 74 varietas, sekaligus memberikan solusi terhadap risiko kekeringan pada tanaman kedelai yang ditanam pada MK2 sekitar Juni-Juli.

Suhartina mengaku sudah menyiapkan sekaligus mengusulkan nama bagi galur harapan kedelai tangguh tersebut sebagai varietas unggul baru dengan nama Dering 1 atau kedelai toleran kekeringan I. (OL-11)


http://www.mediaindonesia.com/read/2...han-Kekeringan

Salah satu prestasi anak bangsa....

Senang juga mendengar hal ini, kalau ada kemauan pasti ada jalan, sekarang tinggal bagaimana sikap pucuk pemerintahan

Selain itu harga beli dari petani juga harus menguntungkan mereka sehingga mereka semangat menanam kedelai
wah...keren sekali....mending kedelai produksi sendiri ketimbang harus impor....


ane bantu gan
Karena kedelai lagi langka dan mahal, berita seperti ini wajar terangkat.
Entar kalo impor udah stabil lagi, mulai gak dilirik lagi deh soal itu

Jangan terlalu berharap ke pemerintah buat melanjutkan pengembangan itu kedelai untuk produksi sendiri, cuma bisa cuap soal langkah dan kayaknya lebih menunggu perkembangan kedelai di luar, bahkan mendag aja pake acara nyalahkan mentan :
Padahal bisa jadi solusi bagus untuk produksi kedelai
Quote:Original Posted By nitsu007
Karena kedelai lagi langka dan mahal, berita seperti ini wajar terangkat.
Entar kalo impor udah stabil lagi, mulai gak dilirik lagi deh soal itu

Jangan terlalu berharap ke pemerintah buat melanjutkan pengembangan itu kedelai untuk produksi sendiri, cuma bisa cuap soal langkah dan kayaknya lebih menunggu perkembangan kedelai di luar, bahkan mendag aja pake acara nyalahkan mentan :
Padahal bisa jadi solusi bagus untuk produksi kedelai


emang kapan pemerintah peduli? soal MOBNAS aja jalan di tempat,

diteken sama asing

apalagi soal kedele, malah buat kecele



lah kalo asing neken-neken supaya ngasih impor yang lebih murah apa mau dikata? lagian sistem distribusi pertanian di Indonesia masih panjang, wajar kalo gak mau ribet yah impor



mantab.... ayo terus berimprofisasi dengan teknologi.....
Quote:Original Posted By nitsu007
Karena kedelai lagi langka dan mahal, berita seperti ini wajar terangkat.
Entar kalo impor udah stabil lagi, mulai gak dilirik lagi deh soal itu

Jangan terlalu berharap ke pemerintah buat melanjutkan pengembangan itu kedelai untuk produksi sendiri, cuma bisa cuap soal langkah dan kayaknya lebih menunggu perkembangan kedelai di luar, bahkan mendag aja pake acara nyalahkan mentan :
Padahal bisa jadi solusi bagus untuk produksi kedelai


ciri khas negara kita, meremehkan hasil penelitian yang dilakukan oleh bangsanya sendiri....
ditambah para menteri yang sekarang didominasi makhluk-makhluk partai
Quote:Original Posted By japek
ciri khas negara kita, meremehkan hasil penelitian yang dilakukan oleh bangsanya sendiri....
ditambah para menteri yang sekarang didominasi makhluk-makhluk partai


peneliti disini ga dihargain gan, kakak ane mpe pindah ke singapura gara2 gaji peneliti ga pernah sampe 2 digit, disana dia digaji 30jt-an perbulan, lah disini... malah kayak pengemis... kapan ya para peneliti diharga setinggi2nya... padahal darisanalah kemajuan sebuah bangsa berasal.
Sebuahterobosanbaruyangsangatspektakuler
Sebuahterobosanbaruyangsangatspektakuler
Sebuahterobosanbaruyangsangatspektakuler
Sebuahterobosanbaruyangsangatspektakuler

Mari dukung trid inijadi HT
ane rasa pemerintahnya yang pura2 gak tahu..
yg begini nih yg hrs diperbanyak orang2 nya,,,
walo disini kartel/mafia perdangangan nya sudah pinter,, tetep aja kedelai di impor dr luar walo produksi disini sudah baik.
jgn sampe para penemu2 kayak bu suhartina tsb di iming2i oleh kapaitalisme sehingga malah loncat ke negara lain, semoga pemerintah(yg amanah) memberi fasilitas yg layak bg para peneliti2 yg berguna kemaslahatan bngsa dan negara.


Quote:sedikit promo trit,,,
UPDATE (TERUS) STADION GEDEBAGE
@stadiongedebage
Suhartina, Penemu Kedelai Tangguh Tahan Kekeringan

Spoiler for sedikit penampakan trit:

klik saja
UPDATE (TERUS) STADION GEDEBAGE
mantab sekali apa yang dilakukan beliau

membuat ane bersemangat untuk kuliah nih, walau jurusan ane jauh dari pertanian tapi kuliah di tempat pertanian
di Grobogan Purwodadi/ Jateng di daerah Pulokulon, Panunggalan juga Kradenan dah bas panen 3.5 ton dgn varites lokal
sayangnya penemuan yang bagus ini, tidak mendapat dukungan dr banyak pihak. Terutama kementrian perdagangan yang lebih hobby import kedelai daripada budidaya kedelai sendiri
Quote:Original Posted By japek

Salah satu prestasi anak bangsa....

Senang juga mendengar hal ini, kalau ada kemauan pasti ada jalan, sekarang tinggal bagaimana sikap pucuk pemerintahan


kmaren baca tweet dr anggota DPR, dinyatakan bahwa Kedelai itu banyak konsumennya dan supaya gak terjadi kasus kek sekarang (gejolak gara2 harga kedelai mahal) makanya harga kedelai dipatok mx Rp6000/kg.
Sedangkan di kalangan petani sendiri, harga segitu gak menguntungkan sehingga lebih memilih komoditi lain untuk ditanam

Makanya ketika Mentan bilang harga kedelai yg naik bagus ya gk sepenuhnya salah juga, justru dengan harga yg sampai RP8000/kg skarang ini malah menggairahkan petani untuk melakukan penanaman kedelai
Quote:Original Posted By Uthe18
kmaren baca tweet dr anggota DPR, dinyatakan bahwa Kedelai itu banyak konsumennya dan supaya gak terjadi kasus kek sekarang (gejolak gara2 harga kedelai mahal) makanya harga kedelai dipatok mx Rp6000/kg.
Sedangkan di kalangan petani sendiri, harga segitu gak menguntungkan sehingga lebih memilih komoditi lain untuk ditanam

Makanya ketika Mentan bilang harga kedelai yg naik bagus ya gk sepenuhnya salah juga, justru dengan harga yg sampai RP8000/kg skarang ini malah menggairahkan petani untuk melakukan penanaman kedelai


sama seperti tebu dan semoga aja beras juga
tebu sekarang sangat menguntungkan karena harga jual tinggi. harga jual tinggi petani pun senang
beras???ga tau kapan pemerintah cuek dengan kenaikan beras biar petani beras pun bisa tersenyum bahagia
Ayo di coba tanam, asal gk mahal sj benihnya pasti laris manis.
Kalau mahal y lebih baik gk usah ditunjukin.
Quote:Original Posted By kabei
sama seperti tebu dan semoga aja beras juga
tebu sekarang sangat menguntungkan karena harga jual tinggi. harga jual tinggi petani pun senang
beras???ga tau kapan pemerintah cuek dengan kenaikan beras biar petani beras pun bisa tersenyum bahagia


ya itulah bei, banyak yg gak tau dan gak paham koar2 gak jelas menyalahkan salah satu pihak. Padahal ada masalah lain yg lebih mendasar dilupakan

paling enak emang menyalahkan Pemerintah, ktanya lebih senang import biar dapet fee
Padahal didalam negeri sendiri pade gk da yg mau menananm akibat disparitas harga terlalu rendah, blum lagi akibat petani sulit ber-regenerasi akibat para kaum mudanya yg lebih intelek lebih senang jadi pegawai/karyawan atau bahkan TKI dibandingkan ke sawah/ladang

kalau kondisi kek gitu trus gak diantisipasi import, ntar stock kosong masyarakat mo menyalahkan sapa kalau bukan pemerintah juga ?
ane dukung penemuannya nih, tapi ane gak yakin babe2 diatas gembira mendengar kabar ini
paling sekarang lagi mikir gimana caranya biar gak banyak yg ikutan nanam
soalnya klu sempat di produksi dalam negeri siapa lagi yg bakal nyewa kapal2 mereka







original post by Abenk8I8I™
Mantap daah..

Tinggal nunggu tindak lanjut dan perhatian pemerintah
tipe orang yg dibenci importir tuh