Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015693938/hari-tempe-di-jepang
Poll: Karena Tempe sudah Hak Paten Jepang , menurut anda Pemerintah sudah benar belum ?
a. sudah benar karena sudah banyak perubahan 6% (43 votes)
b. belum benar karena tidak bisa menyelamatkan tempe sbg makanan dari Indonesia 70% (529 votes)
c. bingung saya ;) 25% (188 votes)
Hari TEMPE di Jepang
Cerita tempe yang diPATENkan oleh Jepang


Quote:

Hari TEMPE di Jepang

Hari TEMPE di Jepang
pabrik tempe terbesar di Jepang milik WNI , bernama "Rustono" mantan pegawai hotel di Yogyakarta


Memasuki hari ke lima bulan Ramadan, masyarakat Indonesia dikejutkan oleh naiknya harga kedelai yang tinggi dari sebelumnya. Harga kedelai yang semula harganya Rp 520.000 per kuintal, kini menjadi Rp 800.000 per kuintal atau Rp 8.000 per kilogram yang sebelumnya sekitar Rp 7.500 per kilogram.

Harga kedelai yang kembali meroket semenjak 2008 membuat para produsen dan pengrajin tempe kelabakan. Maklum saja, kedelai adalah bahan utama untuk membuat tempe.

Hari ini, para pengrajin tempe di Jakarta menghentikan produksi. Kabar tak sedap ini tentunya merupakan kabar buruk bagi masyarakat Jakarta, karena tempe merupakan satu komoditas yang cukup laris di pasaran. Tempe yang harganya relatif cukup murah memang identik dengan masyarakat Indonesia dan hampir di seluruh penjuru nusantara pernah mengkonsumsi tempe.

Populernya tempe tidak hanya di kalangan rakyat menengah ke bawah yang mengkonsumsi tempe. Namun kalangan pejabat dan pengusaha pun sering mengolah tempe dengan berbagai varian.

Namun demikian, meskipun tempe identik dengan Indonesia, ada ironi dibalik populernya tempe. Sebab, Jepang sudah terlebih dahulu mematenkan tempe terlebih dahulu. Meskipun kabar dipatenkan tempe tidak sebesar ketika batik yang ingin diklaim Malaysia, rakyat Indonesia pantas untuk gigit jari dengan dipatenkan makanan kaya protein tersebut.

Dahulu, ada istilah mental tempe untuk menggambarkan mental seseorang yang lemah dalam melakukan sesuatu. Hal itu seakan cocok untuk menggambarkan mental masyarakat saat tempe dipatenkan. Pemerintah dan rakyat Indonesia seolah ikhlas memberikan paten tersebut.

Tempe sekarang tidak hanya digemari di Indonesia. Di Jepang, tempe sudah menjadi komoditas utama karena nilai gizinya sangat berguna bagi warga jepang yang etos kerjanya tinggi. Gaung tempe pun sudah masuk ke negara adi daya Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, tempe sudah mulai terkenal.



Quote:Comment TS :
Tempe itu asal mulanya dari indonesia , di sosialisasikan sampai ke negara orang untuk di budidaya .. Tp kenapa malah negara orang "JEPANG" yang mematenkan TEMPE ??? Pemerintah cuma bisa diam .. bagaimana ini masyarakat indonesia ??


SUMBER :
merdeka.com
karena sifat orang indonesia yang masa bodoh, yang penting hari ini bisa makan, gak peduli sama masa depan
dasar pemerintah mental tempe
awkwkek
setau gw yang dipatenkan itu mikroba untuk membuat tempe itu dah...
bukan tempenya, tapi entahlah, mungkin ada hal lain terjadi dibelakang itu
Kan udah lama tuh gan?

tapi salah indonesia juga sih ga segera bertindak
setau saya paten tsb cuma berlaku buat di jepang, jadi kalo kita mau buat tempe di jepang maka kita harus bayar biaya RnD ke perusahaan yg bikin paten disono. beda kalo itu perusahaan jepang bikin paten di indonesia, kita baru harus bayar, dan gamungkin itu perusahaan bikin paten di indo, toh orang sini ga pake penelitian udah bikin tempe turun temurun

jadi kalo di bandingin sama batik/ kebudayaan yg diklaim negara lain kayanya ga apple to apple. kalo misalnya tempe dikalim sama jepang ke unesco sebagai budaya asli mereka baru kita bisa nuntut balik. dan lagi2 seluruh dunia udah tau kalo tempe asli indonesia

*edit: paten amerika lebih banyak, 35. jepang 5, indonesia 2
yg dipaten adalah hasil riset lebih lanjut tentang tempe, bukan pembuatan tempe tradisional
Quote:Original Posted By tuiyulNgaskus
setau saya paten tsb cuma berlaku buat di jepang, jadi kalo kita mau buat tempe di jepang maka kita harus bayar biaya RnD ke perusahaan yg bikin paten disono. beda kalo itu perusahaan jepang bikin paten di indonesia, kita baru harus bayar, dan gamungkin itu perusahaan bikin paten di indo, toh orang sini ga pake penelitian udah bikin tempe turun temurun

jadi kalo di bandingin sama batik/ kebudayaan yg diklaim negara lain kayanya ga apple to aplle. kalo misalnya tempe dikalim sama jepang ke unesco sebagai budaya asli mereka baru kita bisa nuntut balik. dan lagi2 seluruh dunia udah tau kalo tempe asli indonesia


Setubuh gan.. paten hanya berlaku lokal per negara.

Lagian gak bakal berani lah daftar paten ke indonesia, kita orang indonesia dilindungin sebagai pemakai utama. Gak ngefek dan mungkin aja ditolak karena tempe merupakan custom di Indonesia.

Lagian mungkin yang dipatenkan adalah teknik cara pembuatannya kali.. karena paten setau ane melingkupi hal tersebut. Jadi kalo ada norang jepan lain yang mau bikin tempe, ya dia harus minta lisensi dulu ke pendaftar patennya
Aaahhh,,masa bodo ama paten gan

wong para pejabat ga bakal mau menghargai budaya sendiri..eh,,tempe termasuk budaya ga sih ??
Tempe makanan favorit ane,
Pemerintah tdk pernah berpihak kepada rakyat kecil
hoalah ternyata sudah di patenkan jepang ? jadi gimana dong ?
Semoga tempe tetep ada dan murah di indonesia


[QUOTE=]

[CENTER]Hari TEMPE di Jepang
\tJasa Dekorasi Bunga BERPENGALAMAN : Pelaminan Pernikahan, Krans Duka Cita DLL, (SINCE 1980)
Hari TEMPE di Jepang
Hari TEMPE di Jepang
[/CENTER]
[/QUOTE]
Quote:Original Posted By tuiyulNgaskus
setau saya paten tsb cuma berlaku buat di jepang, jadi kalo kita mau buat tempe di jepang maka kita harus bayar biaya RnD ke perusahaan yg bikin paten disono. beda kalo itu perusahaan jepang bikin paten di indonesia, kita baru harus bayar, dan gamungkin itu perusahaan bikin paten di indo, toh orang sini ga pake penelitian udah bikin tempe turun temurun

jadi kalo di bandingin sama batik/ kebudayaan yg diklaim negara lain kayanya ga apple to aplle. kalo misalnya tempe dikalim sama jepang ke unesco sebagai budaya asli mereka baru kita bisa nuntut balik. dan lagi2 seluruh dunia udah tau kalo tempe asli indonesia



mungkin ia gini ya,, cuma di jepang ...
sekarang tempe di indonesia jadi langka gan,,,,, klo ada juga mahal banget
haduh makin banyak aja warisan, budaya, tradisional indonesia yg ilang
pemerintah indonesia mana mikir begituan, yang dipikir bagaimana mumpung masih menjabat bisa ngumpulin duit banyak-banyak
mungkin hak paten hanya di jepang gan, ga mungkin indonesia membiarkan kebudayaan turun menurun diambil oleh orang lain.
Quote:Original Posted By dhunia
Tempe makanan favorit ane,
Pemerintah tdk pernah berpihak kepada rakyat kecil


kurang perhatiannya kpd rakyat kecil terutama gan
baru kalo ada masalah gede gini langsung heboh
tapi tidak langsung melakukan suatu tindakan real
Yah pemerintah cm bisa diem, rakyat lebih gak bisa apa2 lagi, cm bisa berikicau disini. Kaya ane
udah makin langka aja
sekarang kek nya di kuasai oleh dunia luar

hayooo... indonesia rebut kembali
apa jadinya kalo harga tempe sampai selangit gitu....bisa-bisa perusahaan tempe yang sudah lama eksis memproduksi tempenya,bisa gulung tikar tuh gan.saking melambungnya harga tempe yang sekarang ini
loh, tempe itu dri Indonesia . dan ane denger2 Jepang tu cmn klaim aj