alexa-tracking

perbedaan ramen & udon

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015213279/perbedaan-ramen-amp-udon
perbedaan ramen & udon
mie ramen memang menjadi makanan yang cukup booming di indonesia setidaknya dalam 1-2 tahun terakhir, dapat kita lihat banyak sekali bermunculan rumah makan baru yang menjual ramen, banyak juga rumah makan yang sudah lama berdiri mendadak menambahkan mie ramen dalam menu yang disajikannya.

jika kita lihat, rumah makan yang menyediakan mie ramen biasanya juga menyediakan mie udon si daftar menunya, bahkan biasanya harganya sama persis, lalu, apa bedanya ramen & udon?

1. Ramen

Spoiler for "ramen":


banyak sekali terjadi kesalahpahaman tentang ramen, banyak yang mengatakan bahwa ramen adalah makanan asli jepang. memang, ramen merupakan makanan yang sangat populer di jepang, tetapi hidangan mie ramen merupakan hidangan yang berasal dari china.

ciri khas dari ramen adalah bentuk mienya yang tipis dan berwarna kuning, sekilas jika dilihat memang mirip mie instan yang ada di indonesia, hanya saja diameter mie ramen sedikit lebih kecil.

ramen biasanya dilengkapi dengan telur rebus, daun bawang, dan potongan daging (di jepang biasanya menggunakan daging babi)

mie yang terbuat dari tepung terigu ini memiliki berbagai pilihan kuah, dan beberapa pilihan kuah ada 2 yang cukup populer yaitu rasa kecap asin dan rasa miso.

2. Udon

Spoiler for "udon":


ada hal yang menarik tentang udon, di jepang, udon telah dibuat standar pembuatannya sendiri, jika udon tersebut berbentuk pipa, maka diameternya harus lebih dari 1,7 mm. selain itu jika udon tersebut berbentuk pipih, maka lebarnya harus lebih dari 1,7 mm.

jika kurang dari itu maka mie tersebut sudah tidak bisa lagi disebut udon, melainkan disebut hiyamugi.

di beberapa rumah makan di indonesia, kuah ramen dan udon seringkali dibuat sama, padahal di jepang keduanya memiliki kuah yang relatif berbeda. di jepang udon memiliki 2 jenis kuah yang umum, yaitu kuah gelap(asin), dan kuah bening(tidak asin). udon sering kali dimakan dengan berbagai macam lauk kering seperti tempura

selain dihidangkan dalam keadaan panas, udon juga dapat dihidangkan dalam keadaan dingin, jadi rebusan udon terbut biasanya disiram dengan air es, umunya udon dingin ini dimakan saat musim panas tiba.

*sumber: http://saatnyamakan.blogspot.com/201...amen-udon.html



kunjungin thread ane yang lain gan:

Quote:
wah embah sih belom pernah nyicipin dua2nya,.
tapi embah klo dirumah dulu sering tuh gan nonton Ramen Rider, ampe berseri-seri he he he

perbedaan ramen & udon
emoticon-Matabelo jadi pengen makan ramen lagi
emoticon-Ngakak

wagh ane belum pernah makan dua-duanya gan ,,,,,
Quote:


emoticon-Matabelo

wah agan ini udah pernah ke Jepang yah emoticon-Matabelo
Enak gan ramen.. yang di mall ane yang pake kuah kecap asin.. kalo di rumah enak yang ramen instan yang puedess emoticon-ricebowl emoticon-Cool
Ane pernah makan ramen, tapi yg mie instant..emoticon-Hammer (S)
Enakan mie ramen lebih pedes dibanding udon asin tp selera sihemoticon-Angkat Beer
dari ukurannya gan klu ane bedain pllg gmpang
trus klu udon bukannya agk kenyal gtu y macem empek" gtu
makanan sejenis itu di tempat ane gak ada gan emoticon-Berduka (S)
Quote:


sekarang dimana-mana udah banyak yang jual ko ganemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


betul gan, udon ukurannya emang lebih gede
Bener banget,, sering banyak yang salah paham ama ni makanan..... yang pasti tu 2 menu diatas sama" enak emoticon-Big Grin dan kalo makan banyak" bisa kenyang emoticon-Big Grin
disundul sekali boleh mungkin buat infonya
jd es udon ya gan??boleh kasi sirup gk??
ramen kan mie, kalo udon kan udang..
ane lebih seneng indomie gan emoticon-I Love Indonesia
jadi pingin ngerasain nih biar tau perbedaannya secara langsung
emoticon-Mewek
Enakan udon... lebih tebel... slurrpp emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


cinta produk dalam negeri ya ganemoticon-I Love Indonesia (S)