alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015129126/10-tanaman-yang-biasa-dijadikan-bahan-baku-teh-herbal
Inspiratif 
10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal
Quote:Welcome ,Semoga tidak emoticon-Repost bantu Rate dulu Gan
Quote:10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal
Bagi emoticon-Bata (S) gan

TEH herbal merupakan sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering yang diolah menjadi minuman. Karenanya, meski disebut "teh", ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh sama sekali. Teh herbal seperti melati atau chamomile terkenal karena masing-masing menawarkan manfaat kesehatan yang unik. Teh herbal dapat membantu pencernaan dan meningkatkan relaksasi. Teh herbal sering terbuat dari campuran berbagai bahan alami seperti daun kering, biji, rumput, kulit, dan bunga. Berikut ini tanaman-tanaman yang biasa dibuat teh herbal, seperti dilansir Womansday.

Quote:1. Kamomil

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Chamomile atau kamomil ialah bunga yang biasa dibuat teh herbal. Bunga ini terkenal karena mempunyai kemampuan menenangkan tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kualitas tidur. Yang dijadikan teh ialah kelopak bunga ini. Kamomil sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti valerian untuk menciptakan efek menenangkan.

Quote:2. Serai

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai juga bisa dibuat menjadi teh herbal. Teh serai sering disajikan sebagai minuman setelah mengonsumsi minuman beralkohol untuk membantu perncernaan. Hal ini disebabkan oleh zat atau bahan aktif dalam serai yang disebut citral (dapat ditemukan juga di kulit lemon). Teh herbal serai dapat dicampur dengan lemon.

Quote:3. Melati

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Bunga melati sering sekali menjadi campuran dalam minuman teh. Tidak seperti teh herbal lain, melati disukai karena aromanya yang kuat, bukan karena nilai kesehatan. Biasanya, minyak dari kelopak bunga melati dikombinasikan dengan teh hijau atau teh roobios untuk menciptakan ramuan teh yang menyehatkan.

Quote:4. Pepermin

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Daun pepermin atau peppermint biasanya menjadi salah satu campuran teh hitam atau teh hijau. Namun, daun ini juga bisa dijadikan sebagai teh herbal dan kadang-kadang disebut sebagai teh mint. Diyakini bahwa mentol yang terkandung dalam daun ini membantu menenangkan sindrom iritasi usus, mual, dan penyakit perut lainnya dengan cara menenangkan otot-otot perut dan meningkatkan aliran empedu. Peppermint juga dikatakan bisa menyembuhkan bau mulut.

Quote:5. Bunga echinacea

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Ada banyak perdebatan mengenai apakah echinacea benar-benar dapat mencegah atau menyembuhkan flu biasa. Tapi teh herbal echinacea diakui secara luas sebagai ramuan kuat mengandung zat aktif yang mampu meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh karena mengandung polisakarida (substansi yang dikenal untuk memicu aktivitas sistem kekebalan tubuh), mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan dan memiliki efek antioksidan. Teh disiapkan dengan menanamkan dengan air panas daun dan bunga dari bagian paling atas dari bagian tumbuhan yang diyakini mengandung polisakarida.

Quote:6. Rosehip

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Rosehip ialah benih warna merah-oranye berbentuk polong sebelum bunga rosehip mekar. Ketika direbus dengan air, mereka menghasilkan teh dengan rasa tajam tart berwarna merah muda. Terkenal karena konsentrasi tinggi vitamin C, minuman herbal ini bernilai karena dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh (beberapa menganggap lebih unggul dari suplemen vitamin C). Setiap teh dengan rasa berry atau buah biasanya berisi rosehip.

Quote:7. Daun blackberry

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Dipetik, dikeringkan di bawah sinar matahari, dan diresapi dengan air mendidih, daun blackberry ialah inti dari teh rasa berry. Studi menunjukkan bahwa daun blackberry mengandung flavonoid yang dikenal karena aktivitas antioksidan mereka.

Quote:8. Kembang sepatu

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Teh herbal bunga kembang sepatu disukai karena rasanya yang tajam dan nilai kesehatan sebagai diuretik alami.

Quote:9. Kulit jeruk

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Teh herbal dari kulit jeruk yang diseduh atau direbus dengan air memiliki aroma kuat dan dikenal karena dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Quote:10. Hawthorn

10 Tanaman yang biasa Dijadikan Bahan Baku Teh Herbal

Daun, bunga, dan buah tanaman hawthorn digunakan dalam berbagai rasa berry. Tanaman ini diyakini mengandung flavonoid kompleks yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, merilekskan tubuh dan pikiran, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres pada jantung. Berry hawthorn juga diyakini dapat meringankan retensi air dengan cara mengeringkan kelebihan garam dalam tubuh.


Spoiler for Source:


Semoga Infonya Bermanfaat ,Buat yang mau nuansa Teh baru boleh di coba.
jangan Lupa di emoticon-Rate 5 Star dan Komen gan emoticon-Angkat Beer
Apabila Berkenan Bagi Ts emoticon-Blue Guy Bata (L) gan
di tunggu Komennya gan .. Bagi emoticon-Bata (S) donk gan
wow wow , nice thread gan , menambah wawasan
saya juga mau menambahkan , daun dari pohon sukun juga bisa dibuat teh herbal, caranya : daunnya diambil dulu gausah banyak banyak 1 aja , di cuci sampai bersih , lalu kasih air dan direbus deh silahkan gan bisa dicoba ,

emoticon-Rate 5 Star lom ISO nih haha
Spoiler for NIH DAUNNYA:
waahhh ternyata bunga melati juga bisa buat bahan herbal juga yak emoticon-Matabelo bentar gan ane mau save as dulu emoticon-Malu sapa tau berguna buat bisnis
ane penggemar teh gan.. tapi baru tau bahannya bisa macem macem gitu

***kunjungi thread ane***

ternyata ada flu kucing gan... WASPADALAH !!!




Mantep gan.
Ane paling suka sama TEH gan.
Seger sih soalnya, apalagi pas adem-adem.
Rupanya teh banyak ya bahan dasar/tanaman yang bisa dijadikan teh herbal


Silahkan emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 ke THREAD ANE GAN
BY SeptiajiAS

Quote:Original Posted By ..MERAH..
wow wow , nice thread gan , menambah wawasan
saya juga mau menambahkan , daun dari pohon sukun juga bisa dibuat teh herbal, caranya : daunnya diambil dulu gausah banyak banyak 1 aja , di cuci sampai bersih , lalu kasih air dan direbus deh silahkan gan bisa dicoba ,

emoticon-Rate 5 Star lom ISO nih haha
Spoiler for NIH DAUNNYA:



wah Pohon sukun ane punya gan ,tapi daun segede gitu bisa buat teh untuk satu RT tuh emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By andhikasukma
waahhh ternyata bunga melati juga bisa buat bahan herbal juga yak emoticon-Matabelo bentar gan ane mau save as dulu emoticon-Malu sapa tau berguna buat bisnis


silahken gan emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By uyilombok
ane penggemar teh gan.. tapi baru tau bahannya bisa macem macem gitu

***kunjungi thread ane***

ternyata ada flu kucing gan... WASPADALAH !!!






Ia gan ,semoga bermanfaat emoticon-Angkat Beer
nice info ganemoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By matkebo
nice info


BSH emoticon-Bata (S)
nice share gan, ane ijin bookmark gan, ane penggemar teh ni emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ane biasa bikin teh sereh gan emoticon-Smilie enakkkk... ane baru tau Hawthorn bentukny kaya gitu gan...
kembang sepatu ? baru denger ane gan emoticon-Bingung
nice info gan emoticon-2 Jempol
teh serei sedep bener pa lg minumnya dr gelas tanah liat emoticon-Blue Guy Peace
teh yang kamomil keknya menenangkan jiwa dan raga yah gan apalagi kalau minum tehnya ditemenin pacar emoticon-Betty
wah ternyata bunga macam macam ya gan mantep dah emoticon-Smilie emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
melati aroma enak sekali kalau untuk teh. ™
Kulit jeruk n kembang sepatu bisa buat teh herbal. serai juga ga....
pengatahuan baru...emoticon-2 Jempol
menambah pengetahuan lagi tentang bahan baku teh herbal..
emoticon-2 Jempol
bantu rate juga donk Gan emoticon-Angkat Beer
ane baru tau ada jenis tanaman kaya gitu gan.. emoticon-Matabelo
×