alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014816007/travelista-ternate-kota-pusaka-dunia
Thumbs up 
[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia
Ternate Kota Pusaka Dunia

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Ternate merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah barat pantai Halmahera. Ternate ini merupakan salah satu pulau dari deretan pulau-pulau vulkanis yang masih aktif. Di tengah-tengah pulau ini terdapat Gunung Gamalama dan merupakan gunung vulkanik yang masih aktif.

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Ternate dikenal sebagai pusat perdagangan dunia pada abad ke-13, saat pedagang Arab sampai ke Maluku Utara. Kemudian, pada abad ke-16, datanglah bangsa Eropa yaitu Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris. Tujuan mereka sama; mencari rempah-rempah yang melimpah di wilayah ini. Aktivitas ini menjadikan Ternate sebagai jalur sutra perdagangan rempah-rempah, terutama cengkeh dan pala.

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Menuju Ternate :

Menuju Ternate tidak sulit. Ada beberapa penerbangan yang melayani rute ke Ternate dari Jakarta, seperti Batavia Air, Garuda, dan Sriwijaya Air. Harga tiketnya berkisar Rp700.000–Rp800.000. Karena bandara di Ternate terbilang besar, setiap hari ada maskapai penerbangan yang tiba di sini. Sebaiknya, kita mengambil penerbangan pagi dari kota-kota besar di Indonesia, misalnya Jakarta, agar tiba di Ternate pagi hari.


Di dalam Kota :

Berwisata ke Ternate sangat mudah karena merupakan pulau yang bisa dikelilingi menggunakan mobil dalam 1 hari (kecuali jika ingin berkunjung ke pulau-pulau tetangga, waktu yang harus kita sediakan sekitar seminggu). Transportasi dari bandara menuju pusat kota ada beberapa pilihan seperti taksi, travel, atau menyewa mobil. Tarif sewa mobil di Ternate Rp550.000 per hari sudah termasuk sopir dan bensin.

penginapan (hotel dan losmen) di Ternate cukup bersih dan nyaman.


[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Tempat Makan :

Di Ternate ada masakan tradisional yang sangat lezat, yaitu ikan gohu. Ikan ini bisa disebut sushimi asli Indonesia. Ikan gohu khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. Terkadang jika tidak musim ikan tuna, ikan gohu dibuat dari ikan cakalang.

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Ikan cakalang segar dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri garam dan perasan lemon cui, kemudian dicampur potongan daun kemangi. Bawang merah dan cabai rawit diiris lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Tumisan ini dituangkan ke potongan ikan tuna mentah dan tumbukan kasar kacang tanah ditaburkan di atasnya.

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Rasa ikan gohu sangat lezat. Masyarakat Ternate biasa melahapnya dengan pepeda. Memakan ikan ini lebih lezat dengan tangan. Makanan ini bisa kita jumpai di pasar tradisional Ternate. Carilah Warung Tradisional Ternate dan dengan uang Rp35.000 kita bisa makan sepuasnya termasuk ikan gohu ini.


OBJEK WISATA

Dulunya, Ternate dikenal sebagai penghasil rempah-rempah. Inilah yang membuat Protugis dan Belanda tertarik menguasainya. Sekarang, Ternate berbenah menjadi daerah tujuan wisata sebab keindahan alam dan bangunan peninggalan Portugis juga tidak kalah menarik. Ternyata di Ternate masih terdapat kesultanan Islam yang bisa kita jumpai di pusat kota Ternate.

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Untuk berkeliling Ternate, kita hanya perlu waktu 1 hari. Agar perjalanan nyaman, kita sebaiknya menyewa mobil. Berikut ini adalah objek-objek wisata do Ternate yang bisa kita jelajahi.


Keraton Sultan Ternate
Tiket: Rp10.000

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Keraton Sultan Ternate dibangun oleh Sultan Muhammad Ali pada 1810. Bangunan ini terletak di atas Bukit Limau Santosa dan di dalamnya tersimpan benda-benda bernilai sejarah tinggi dan merupakan kekayaan sejarah bangsa Indonesia. Orang umum boleh memasuki pekarangan keraton ini. Namun, untuk bisa masuk ke dalam keraton, kita memerlukan izin khusus dari juru kunci. Jadi saat masuk ke keraton, kita akan ditemani juru kunci yang bertugas sebagai pemandu (besar tip yang dibayarkan bersifat suka rela).


Pantai Dodoku
Tiket: Rp5.000

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Pantai ini tidak jauh dari Keraton Ternate. Di sini ada banyak batu-batuan yang indah. Suasana pantai ini cukup sepi dan alami dan dari sini kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam.


Pemandangan Tidore dan Maitara
Tiket: gratis karena letaknya ada di tepi jalan

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Pemandangan alam Pulau Tidore dan Maitara kita bisa lihat di sepanjang jalan di Ternate. Cobalah membuka selembar uang seribu rupiah. Di sana ada gambar dua gunung. Pemandangan yang diabadikan di lembaran uang ini adalah pemandangan Pulau Tidore dan Maitara.


Benteng Tolukko
Lokasi: arah menuju Desa Sangaji, Kota Ternate Utara
Tiket: Rp5.000

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Menurut catatan sejarah Belanda dimaksudkan sebagai pertahanan terhadap bangsa Spanyol yang memang sedang sibuk menggempur Pulau Ternate.
Di benteng ini kita bisa melihat keseluruhan kota Ternate dan Gunung Gamalama secara jelas—karena letak benteng Tolukko berada di bukit.


Masjid Raya Al-Munawaroh
Lokasi: di tepi laut kawasan Pantai Sewiring Gamalama, kota Ternate

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Masjid Raya Al-Munawaroh Ternante merupakan masjid yang dibangun pemerintah kota Ternate. Letaknya di bibir pantai kota. Masjid ini begitu menawan dipandang dari laut. Dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut, pemandangan masjid ini begitu indah. Masjid Raya Al-Munawaroh kini menjadi landmark kota Ternate. Bila melihatnya dari laut, masjid ini begitu menawan dengan latar belakang Gunung Gamalama.


Menikmati Sunset di Kastela

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Benteng Kastela menyimpan keindahan tersembunyi. Kita pun bisa menikmati sunset di pantai di lokasi benteng ini berada. Konon, di sini adalah tempat terbaik kita untuk menikmati sunset di Ternate. Untuk itu kita sebaiknya datang pada sore hari saat cuaca masih cerah agar bisa mengambil view pantai dan benteng Kastela.


Pantai Bobane Ici
Tiket: gratis

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Pantai ini adalah satu di antara beberapa objek wisata pemandian di Ternate. Selain objek wisata pemandian, di sini juga terdapat restoran tepi laut. Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Kastela, kita juga bisa menikmati matahari terbenam di sini. Namun, pemandangannya lebih indah pada siang hari.


Danau Tolire
Tiket: Rp5.000

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Danau Tolire adalah danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama, Maluku Utara. Danau ini sendiri terdiri atas dua danau, yang disebut masyarakat setempat sebagai Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang hanya dipisahkan sejauh 200 meter.
Air tawar di Danau Tolire Besar merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam ikan. Namun, warga masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau itu. Mereka meyakini bahwa danau berair coklat kekuning-kuningan itu, dihuni banyak buaya siluman.


Pantai Sumaladaha
Tiket: Rp5.000

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

Sulamadaha, begitu orang Ternate menyebut pantai berpasir hitam ini sejak dulu. Pantai ini cukup populer di Ternate. Setiap hari ada saja warga Ternate dan sekitarnya yang berekreasi di sana, terlebih pada akhir pekan dan liburan hari raya. Biasanya masyarakat datang adalah keluarga beserta anak-anak dan tak sedikit pasangan muda-mudi.
Di sebelah kiri ke arah barat Pantai Sulamadaha, terdapat Teluk Saomadaha yang berbentuk piramid. Pantai di Teluk Saomadah berpasir putih dan di dasar perairannya terdapat taman laut sehingga kita bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving.



[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia

[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia


Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia adalah Buku yg merangkum Keindahan alam dan budaya Indonesia. membaca buku 15 Destinasi ini membuat Travelers & Fotografer terinspirasi untuk keliling Indonesia, di Buku ini detail menjelaskan tentang destinasi dan event budaya yang jarang orang tahu dan kunjungi di Indonesia. Bagi Fotografer yang ingin keliling Indonesia Buku ini wajib dimiliki karena merupakan panduan yang lengkap destinasi mana saja yang harus Fotografer harus kunjungi di Indonesia untuk membuat stok foto.

Buku ini sudah tersedia di Toko Buku Gramedia tanggal 17 November 2012

tapi agan sudah bisa PRE ORDER Buku ini
http://bit.ly/PJ2iSg (Link Pre Order Gramedia.com)
keyen, ternate itu kota liburan impian ane
dari kota langsung laut sama gunung gitu, bener2 mantep dah, gw kl disuruh kerja dapet di situ ga bakal pikir2 lagi buat ngambilnya tuh emoticon-Big Grin

fotonya bening2 om, ambilnya pake kamera apa emoticon-Genit emoticon-Belo

ikan gohu emoticon-ricebowl

btw...pertamax di HT emoticon-Big Grin emoticon-Belo
Kok dipasang di SF traveler yak

jangan2 punya ane ini
[Travelista] Lamongan Pesona Wisata Bahari di Jawa Timur

salah kamar lagi emoticon-Bingung (S)
mana foto tsnya nih ko ga ada...?
udah baca semua artikelnya..wah lengkap banget panduannya..makasih banyak gan.. sepertinya ke ternate bisa pas weekend yah, berangkat jumat pulang minggu..

packing..packing hehehe..
emoticon-Matabelo indah banget gan pemandangannya
Quote:Original Posted By lontong.stroong
keyen, ternate itu kota liburan impian ane
dari kota langsung laut sama gunung gitu, bener2 mantep dah, gw kl disuruh kerja dapet di situ ga bakal pikir2 lagi buat ngambilnya tuh emoticon-Big Grin

fotonya bening2 om, ambilnya pake kamera apa emoticon-Genit emoticon-Belo

ikan gohu emoticon-ricebowl

btw...pertamax emoticon-Big Grin emoticon-Belo


yup bener gan..kalo tinggal di ternate enak, karena kalau udah bosen sama ternate bisa ke pulau sekitarnya.. ada jailolo, ada maitara dan banyak lainnya..

dan disana juga banyak banget pemandangan indahnya gan..
Quote:Original Posted By jn82
udah baca semua artikelnya..wah lengkap banget panduannya..makasih banyak gan.. sepertinya ke ternate bisa pas weekend yah, berangkat jumat pulang minggu..

packing..packing hehehe..


betul gan..ternate pulaunya bisa dikelilingi dalam waktu 1 hari asal cuacanya bagus..ambil aja penerbangan first flight, seharian cukup kok muterin pulau.. kalau mau puas butuh waktu seminggu untuk berkeliling ke pulau disekitar ternate..banyak jg yang bagusnya..
pemandangannya indah banget, masih asli. tampang makanannya juga bikin ngacayyy.. emoticon-Genit

bantu emoticon-Rate 5 Star dulu.. emoticon-Peace
Quote:
Spoiler for title:

jadi ngiler liat yg ini gan [Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia
idiihh okenyaa gaknahan gaannn emoticon-Matabelo

murni indah deh gan serius ane jempolin buat nih ternate :thumbsup

dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Big Grin

Ngakak 

liat tuna asap nya itu loohh..........

bikin ngiler ......



emoticon-Genit:
keren gan ternate... emoticon-thumbsup:

tapi kabarnya gunung gamalama lagi flu ya gan, suka batuk2 emoticon-Takut (S)
wahh bagus banget gan emoticon-Matabelo
ane pengen kesanaaa emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By ajegilegans
jadi ngiler liat yg ini gan [Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia


ikan cakalang ini memang mirip yang ada di manado gan, sama enaknya sama lezatnya hehehe..
Maitaranya sip viewnya gan
Danaunya eksotis, pengen dah travelling ke sana
hihi

ane rate 5 yaa, sekalian nitip ya gan

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

<< Enjoy Stay in Batu, Selamat Datang di Kota Wisata Batu >>

Ayoo join ke
Situs Jejaring Wisata Kota Batu
[Travelista] Ternate Kota Pusaka Dunia
wahh keren keren bgt gan pemandangannya, memang ternate termasuk salah satu kota yang terkenal dengan keindahan pemandangannya gan
bulan madu in de hoy disana muantaab nih emoticon-Genit:
jadi nyesel dulu belum sempat nyicipin gohu.. emoticon-Frown

ane kasi emoticon-Rate 5 Star