alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014702831/penyebab-internet-di-indonesia-lelet-dan-mahal
Inspiratif 
icon-hot-thread
Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal
Spoiler for HT KE 2:


cek gan kalau trit ane Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal emoticon-Repost


Quote:bantu rate trit ane dulu gan Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal


mohon di baca dengan teliti ya gan Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal






Quote:Hampir tiap hari GadgetGaul mendengar keluhan Gadgeteers mengenai kecepatan koneksi internet yang lambat dan mahal. Keluhan ini tidak bersifat subjektif hanya dari sebagian Gadgeteers di Indonesia. Data dari lembaga riset Akamai menyebutkan kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia sekitar 772 kbps sedangkan Malaysia 1.7 Mbps, Thailand 3 Mbps, Vietnam 1.5 Mbps, Kamboja 1.2 Mbps dan Laos 956 Kbps. Kenapa internet di Indonesia lambat (dan mahal)?

Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal

Pengamatan GadgetGaul selama ini menyimpulkan setidaknya ada 5 penyebab lambat dan mahalnya koneksi internet di Indonesia. Lima hal tersebut adalah :

Quote:1) Kondisi geografis yang sangat luas dan medan yang beraneka-ragam
Quote:Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terdiri lebih dari 13 ribu pulau yang terbentang dalam luas lebih dari 1.9 juta km2. Kondisi ini ditambah dengan medan yang berbukit dan berlembah tentu menjadi tantangan tersendiri dalam membangun infrastruktur internet baik kabel maupun nirkabel.

2) Tingginya angka pengguna internet
Quote:Pada Desember 2011, pengguna internet Indonesia tercatat mencapai 55 juta jiwa atau 22.4% dari total populasi orang Indonesia. Dengan angka ini, Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan jumlah pengguna internet no. 8 terbanyak di dunia dan terbanyak ke-4 di Asia setelah Tiongkok, India dan Jepang. Semakin banyak jumlah pengguna internet yang harus dilayani tentu membuat rata-rata kecepatan internet semakin turun.

3) Perang promosi operator penyedia koneksi internet
Quote:Perang promosi yang terjadi pada operator penyedia koneksi internet akhir-akhir ini memang membuat harga koneksi internet terasa lebih murah bagi konsumen namun dengan itu semakin turun pula kualitas koneksi internetnya baik dari segi kecepatan maupun kestabilan koneksi yang pada akhirnya tidak jadi lebih murah dari sebelumnya.
GadgetGaul memilih menyebutnya perang promosi dan bukan perang harga karena mereka perang untuk memenangkan pikiran konsumen bahwa harga koneksi internet mereka adalah paling murah dibandingkan yang lainnya sedangkan harga koneksi internet mereka sesungguhnya tetap sama.

4) Harga hosting server lokal lebih mahal dibandingkan di luar negri
Quote:Untuk mereka yang memiliki web tentu paham bahwa harga hosting server lokal relatif lebih mahal dibandingkan dengan hosting server di luar negri seperti Amerika Serikat atau Singapura. Kecepatan web yang dihosting di server luar negri tentu lebih rendah dibandingkan web yang dihosting di server Indonesia namun demi harga hosting yang lebih murah (bahkan terkadang jauh lebih murah), tidak sedikit pemilik web Indonesia lebih memilih menaruh webnya di luar negri dibandingkan hosting di server lokal.

5) Regulasi pemerintah yang kurang efisien
Quote:Hal ini lebih banyak dirasakan oleh rekan-rekan operator penyedia layanan internet seluler seperti kewajiban membayar Biaya Hak Penyelenggaraan (BHP) ke pemerintah yang dirasa oleh operator terlalu tinggi sehingga membuat hitung-hitungan bisnis balik modal (ROI) dari investasi suatu teknologi misal 3G jadi lebih lambat. Jika investasi operator tersebut belum balik modal (ROI) tentu mereka akan menunda investasi teknologi berikutnya misal LTE / 4G.
Saat ini Indonesia memiliki 9 operator seluler dan itu terlalu banyak. Di berbagai negara maju, jumlah operator seluler dibatasi pemerintahnya tidak pernah lebih dari 5 perusahaan. Setiap operator akan mendapatkan spektrum jaringan yang kecil karena harus berbagi dengan operator lain. Hal ini menyebabkan rendahnya kualitas jaringan seluler Indonesia.


Quote:kalau bermanfaat Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal


Penyebab Internet Di Indonesia Lelet Dan Mahal




software Internet Accrelator BUATAN ANAK BANGSA
solusi inet lelet !







sumber
jdi sudah paham kan gan
ane sediki paham gan
koneksi inet di negara kita ternyata paling payah emoticon-Cape d... (S)
Tq buat Ts nya yg udah ngasi inpo na.....

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
bisakah koneksi internet di negri kita tidak lemot???



emoticon-I Love Indonesia—MAJULAH TERUS PERTANIAN INDONESIA™ emoticon-I Love Indonesia

Mampir Kemari Gan emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By L10nelmess1
jdi sudah paham kan gan



SIAP GAN..! ane udah paham...

internet di Indonesia emang payah...
oke sekarang kita tau penyebab leletnya inet di indonesia, solusinya gimana gan biar dapet inet yang cepet dan murah ? selain tentu saja pindah negara
nice inpoh gan
yak setuju ane gan masuk akal semua alasannya emoticon-2 Jempol
jepang tuh murah cepet .. emoticon-Peace
yup tull gan emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol


mank parah kok koneksi negara ini.....
yah mau gimaana lagi, namanya juga negara berkembang emoticon-Nohope
nice ipoh gan.... pantes pnya ane internetnya galau terus emoticon-Cool
kapan kah indonesia internet bisa emoticon-Ngacir seperti di negara lain

coz provider inet di indo kaya emoticon-Ngacir2 boros tapi lambat emoticon-Hammer2
Wahhh gitu toh ternyata... sipp gan.
oh gitu toh gan, nice share dah emoticon-thumbsup
kalo menurut ane intinya pemerintah ngak becus ngatur ISP, padahal sebagai pemegang kebijakan pemerintah harus memaksa ISP untuk menyediakan layanan internet berkuaitas dg harga terjangkau, bukan murah lho....emoticon-Embarrassment
udah susah gan hidup disini emoticon-Hammer2
Hopeless ngeliat perkembangan internet di Indonesia gan.Pengen berharap tp takut kecewa.Potensi yg ada malah jd penghambat.Berharap indonesia mati suri saja.
wah kalau di pikir2 bener juga yach
tapi itu penyelesaiannya itu loh...
gpp ga murah yang penting terjangkau
sesuai lah jangan terlalu murah tapi lelet
kencang tapi terlampau mahal jga salah
iya ngga ??